Wednesday, June 12, 2013

Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar


  1. Pengertian
Penilaian adalah salah satu proses untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh, tentang proses dan hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa melalui kegiatan belajar mengajar yang ditetapkan sehingga dapat dijadikan dasar untuk menentukan perlakuan selanjutnya.
  1. Tujuan
  • Memberikan umpan balik kepada guru dan siswa dengantujuan untuk memperbaiki cara belajar mengejar yang lebih tepat sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimiliki siswa. 
  • Memberikan informasi kepada siswa tentang tingkat keberhasilan dalam belajar dengantujuan untuk memperbaiki atau mendalami dan memperluas pelajarannya. 
  • Menentukan nilai hasil belajar siswa yang dilaporkan kepada orang tua murid, penentuan kenaikan kelas, penentuan kelulusan siswa.
  1. Prinsip-prinsip Penilaian
a)      Meyeluruh,
b)      Berkesinambungan,
c)      Objektif,
d)     Mendidik.
  1. Alat Penilaian
a)      Tes tertulis dan uraian,
b)      Tes tertulis dan bentuk objektif,
c)      Tes lisan,
d)     Tes perbuatan,
e)      Tes diagnostic,
f)       Pengamatan/observasi,
g)      Skala sikap,
h)      Skala penilaian.
  1. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a)      Penilaian proses melibatkan seluruh aspek dalam keterampilan proses,
b)      Penilaian kemampuan intelektual,
c)      Penilaian sikap dan kepribadian dan watak,
  1. Langkah-langkah Penggunaan Hasil Penilaian
a)      Penentuan nilai rapor,
b)      Umpan balik untuk perbaikan PBM,
c)      Penetuan kenaikan kelas,
d)     Penentuan kelulusan/memperoleh Ijazah.

No comments: