Analisis penerapan materi dalam kehidupan nyata secara kontekstual pada Kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Al Husna Cisaga
Nama Mahasiswa : Ari Nugraha
Nomor Peserta : 201503280480
Pembelajaran
apresiasi sastra merupakan bentuk seni yang bersifat apresiatif. Oleh karena
itu, pembelajaran sastra hendaknya lebih ditekankan pada segi apresiasinya.
Apresiasi sastra meliputi apresiasi prosa, puisi, dan drama. Pembelajaran
apresiasi puisi merupakan salah satu pembelajaran apresiasi sastra. Materi yang
harus diberikan kepada siswa, adalah materi yang bertujuan agar siswa lebih
mengenal, memahami, menghayati kepribadian, sikap, wawasan, serta peningkatan
pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi maupun berbahasa. Pembelajaran
apresiasi puisi memiliki beberapa fungsi dalam kehidupan manusia. Pembelajaran
puisi sangat penting bagi siswa karena dapat membentuk sikap manusia yang
memiliki pengetahuan luas, memiliki moral, dan kepribadian. Kenyataan di
lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran puisi kurang begitu optimal. Kondisi
seperti ini mengakibatkan tingkat apresiasi siswa dan aktualisasi diri siswa
terhadap puisi masih rendah. Penyebab rendahnya pembelajaran apresiasi puisi
adalah kurang aktifnya siswa dalam memahami puisi, selain itu kurangnya buku – buku
tentang sastra yang ada di sekolah.
Karena guru
merupakan faktor dominan terhadap keberhasilan pembelajaran apresiasi puisi di
sekolah khususnya di kelas yang diampunya. Seorang guru dituntut mampu membuat
perencanaan pembelajaran dengan baik, memilih materi pelajaran yang sesuai
dengan kompetensi dasar, menggunakan berbagai metode yang sesuai dengan
kegiatan belajar mengajar, menggunakan media pembelajaran dengan tepat, membuat
skenario pembelajaran, mengetahui hambatan-hambatan yang muncul dalam pembelajaran
apresiasi puisi, dapat mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapinya serta
melaksanakan evaluasi ataupun penilaian.
Hasil
analisis yang ditemui di kelas X TKJ di SMK Al Husna Cisaga antara lain sebagai
berikut :
1.
Tujuan pembelajaran apresiasi puisi di kelas X
TKJ di SMK Al Husna Cisaga dikaitkan dengan aspek-aspek pengetahuan, pemahaman,
dan penggunaan bahasa puisi pada khususnya dan bahasa keseharian pada umumnya.
2.
Bahan pembelajaran apresiasi puisi di kelas X
TKJ di SMK Al Husna Cisaga mengacu pada bahan pembelajaran apresiasi puisi tak
langsung dan bahan pembelajaran apresiasi langsung.
3.
Media pembelajaran apresiasi puisi di kelas X
TKJ di SMK Al Husna Cisaga belum dapat menstimulasi pengalaman buatan,
pengalaman aktual dan pengalaman sosial- emosional intelektual siswa.
4.
Penilaian kemampuan berapresiasi puisi siswa
selama pembelajaran dilakukan secara acak untuk memberi nilai lebih kepada
siswa yang menonjol apresiasi puisinya.