Semua pasti setuju & meyakini bahwa pendidikan merupakan gerakan untuk membangkitkan bangsa & negara supaya mampu berdiri tegak, kokoh, maju dan terpandang dalam pergaulan di dunia internasional. Untuk membangun bangsa tentunya harus memiliki sumber manusia yang produktif, bermutu, disiplin dan bermartabat (human dignity). My Chanel : https://www.youtube.com/c/AriTeacherBahasa atau Join me in Facebook http://facebook.com/shinobi.ari.csg atau Follow me in twitter: @AriTeacher24
Thursday, January 22, 2015
Kata-kata Bahasa Indonesia yang Sering Tertukar Makna
Sebagai orang Indonesia, tentu tak asing dengan bahasa Indonesia. Selain sebagai bahasa komunikasi resmi, bahasa Indonesia juga telah ditetapkan sebagai bahasa nasional, bahasa negara, dan bahasa persatuan.
Melihat fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia yang cukup penting tersebut, maka bahasa Indonesia perlu dibakukan. Untuk itu, diterbitkanlah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) oleh Pusat Bahasa. Penerbitan KBBI ini diharapkan dapat menjadi rujukan setiap orang jika ingin menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dari segi bentuk maupun maknanya.
Namun demikian, dalam kenyataannya masih banyak masyarakat yang enggan menjadikan KBBI sebagai rujukan dalam penggunaan bahasa. Hal ini terlihat masih adanya penggunaan kata-kata yang saling tertukar makna dalam komunikasi sehari-hari di masyarakat. Kata-kata yang sering tertukar makna tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
1. acuh
Masih ingatkah Anda dengan lirik lagu populer dari grup band d’Masiv Cinta Ini Membunuhku yang berbunyi sebagai berikut.
Kau membuat ku berantakan
Kau membuat ku tak karuan
Kau membuat ku tak berdaya
Kau menolakku acuhkan diriku
Kau membuat ku tak karuan
Kau membuat ku tak berdaya
Kau menolakku acuhkan diriku
Dalam KBBI kata acuh (v) berarti peduli; mengindahkan. Namun demikian, dalam lirik lagu tersebut terlihat bahwa kata acuh dimaknai sebagai tidak peduli. Sebab tentu tak mungkin terjadi jika seorang yang menolak, tapi mengacuhkan.
2. geming
Kata geming dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti geming Jk bergeming (v)”tidak bergerak sedikit juga; diam saja”. Namun, dalam keseharian banyak ditemukan kata bergeming yang justru diartikan ”bergerak”. Sebagaimana terlihat dalam kalimat berikut.
Para demonstran tidak bergeming meski terik matahari membakar kepala. (salah)
Bila dicermati, tidak bergeming dalam kalimat tersebut menjadi bermakna tidak diam saja ataubergerak. Kalimat yang benar seharusnya berbunyi: Para demonstran bergeming meski terik matahari membakar kepala. (benar)
3. hirau
Mana yang lebih tepat dari kalimat-kalimat berikut?
(a) Hiraukan saja sms tak jelas itu, barangkali itu kedok penipuan.
(b) Jangan hiraukan sms tak jelas itu, barangkali itu kedok penipuan.
(a) Hiraukan saja sms tak jelas itu, barangkali itu kedok penipuan.
(b) Jangan hiraukan sms tak jelas itu, barangkali itu kedok penipuan.
Menurut KBBI, hirau itu berarti~ hi·rau, meng·hi·rau·kan (v) memedulikan; mengacuhkan; mengindahkan; memperhatikan: ia tidak ~ nasihat orang tuanya.
Mencermati arti yang terdapat dalam kamus tersebut, maka bila ingin menyuruh seseorang untuk tidak memedulikan atau memperhatikan sms tak jelas itu, kalimat yang tepat adalah kalimat (b). Sedangkan kalimat (a) justru bermakna menyuruh untuk memedulikan atau memperhatikan.
4. kasatmata
Dalam KBBI kata ka·sat·ma·ta (a) berarti dapat dilihat; nyata; konkret: kalau pekerjaan yg — saja, dapat saya lakukan. Namun, dalam keseharian kata kasatmata sering diartikan sebagai sesuatu yang tidak terlihat atau tidak nyata. Sebagaimana terlihat dalam kalimat Pendidikan karakter lebih mengembangkan nilai-nilai yang kasatmata. Kasatmata dalam kalimat tersebut kurang tepat karena justru mengacu pada hal-hal yang tidak terlihat (nilai-nilai yang tidak terlihat). Oleh karena itu, agar kalimat tersebut tepat seharusnya sebelum kata kasatmata didahului dengan kata “tidak” sebagaimana dalam kalimat Pendidikan karakter lebih mengembangkan nilai-nilai yang tidakkasatmata.
5. senonoh
Dalam KBBI senonoh (a) berarti tidak — , kurang — tidak patut atau tidak sopan (tt perkataan, perbuatan, dsb); tidak menentu atau tidak manis dipandang (pakaian dsb): kelakuan yg tidak –; pakaian tidak –;
Namun, dalam penggunaan bahasa sering ditemukan penggunaan kata senonoh sebagaimana terlihat dalam kalimat berikut.
(a) Jangan melakukan perbuatan senonoh agar tidak memalukan keluargamu.
(b) Jangan melakukan perbuatan tidak senonoh agar tidak memalukan keluargamu.
(a) Jangan melakukan perbuatan senonoh agar tidak memalukan keluargamu.
(b) Jangan melakukan perbuatan tidak senonoh agar tidak memalukan keluargamu.
Jika frasa tidak senonoh berarti tidak/kurang patut, maka kata senonoh sendiri berarti patut atau sopan. Dengan demikian, kalimat yang benar adalah kalimat (b), perbuatan tidak senonoh/tidak patut tentu akan mempermalukan keluarga.
6. seronok
Dalam KBBI kata seronok (a) berarti menyenangkan hati; sedap dilihat (didengar dsb). Namun, dalam keseharian, kata seronok seringkali diartikan sebagai tidak baik, tidak sopan. Misalnya terlihat dalam kalimatArtis dangdut yang sedang naik daun itu dilarang pentas karena berpakaian seronok.
Kata seronok dalam kalimat tersebut dimaknai sebagai hal yang tidak baik, tidak sopan. Penggunaan kata seronok dengan makna yang tepat misalnya terlihat dalam kalimat Penampilan artis muda itu sangat seronok sehingga mendapat banyak pujian.
Kata seronok dalam kalimat tersebut dimaknai sebagai hal yang tidak baik, tidak sopan. Penggunaan kata seronok dengan makna yang tepat misalnya terlihat dalam kalimat Penampilan artis muda itu sangat seronok sehingga mendapat banyak pujian.
sumber : https://bektipatria.wordpress.com/category/kebahasaan/
Wednesday, January 21, 2015
MATERI KULIAH BAHASA INDONESIA
Materi kuliah bahasa Indonesia biasanya berisi tentang dasar-dasar dan alat-alat yang menunjang kompetensi mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Hasil yang diharapkan dari mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah bahasa Indonesia adalah kecakapan dalamberbahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai pendukung utama kecakapan mahasiswa dalam melaksanakan tugas keilmuannya. Keahlian, kecakapan, kesanggupan dan semacamnya tersebut menunjuk pada kemampuan menggunakan bahasa Indonesia ragam baku-ilmiah dalam penulisan karya ilmiah. Jadi, titik fokusnya bukan pada penulisan karya ilmiah, melainkan pemakaian bahasa ragam baku-ilmiah untuk menulis karya ilmiah.
Secara umum materi kuliah bahasa Indonesia ini mencakup beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu :
- Penjelasan mengenai ejaan dan penggunaannya di dalam penulisan karya ilmiah
- Penggunaan diksi di dalam penulisan karya ilmiah atau pilihan kata yang tepat didalam penulisan karya ilmiah
- Penggunaan kalimat efektif dan tidak berbelit-belit di dalam penulisan karya ilmiah
- Penggunaan paragraf yang baik dan efektif dalam penulisan karya ilmiah
- Bentuk perencanaan karangan ilmiah, mulai dari yang global kemudian mengerucut kedalam bahasan karya ilmiah
- Cara penyuntingan karya tulis ilmiah dan konvensi dalam penulisan karangan ilmiah.
Selain hal-hal tentang tata cara penulisan seperti diatas perlu juga dilakukan praktek atau presentasi atau diskusi sebagai bentuk pelaksanaan dan penggunaan tata bahasa Indonesia yang baik secara ilmiah.
MATERI KULIAH BAHASA INDONESIA
berdasarkan SK. Dikti No. 43/DIKTI/Kep/2006, pasal 3, ayat (2) c seharusnya materi kuliah bahasa Indonesia dapat menjadikan mahasiswa memiliki pengetahuan dan sikap positif terhadapbahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa nasional, dan mampu menggunakan secara baik dan benar untuk mengungkapkan pemahaman, rasa kebangsaan dan cinta tanah air, dan untuk berbagai keperluan dalam bidang ilmu, teknologi serta penyesuaian apabila diperlukan.
Berikut sedikit Materi Kuliah Bahasa Indonesia yang saya bisa bagikan, saya cari-cari dari internet juga dan saya kumpulkan jadi satu di sini :D
1. Penulisan Huruf Kapital klik disini
2. Penulisan Cetak Miring klik disini
3. Penulisan Tanda Baca klik disini
4. Penulisan Nomor klik disini
5. Penulisan Kata Ulang klik disini
6. Kata Depan klik disini
7. Kata Baku dan Tidak Baku klik disini
8. Kalimat Efektif klik disini
9. Paragrap / Alenia klik disini
10.Tata cara Mengutip klik disini
11.Abstrak dan Daftar Pustaka klik disini
12.Kerangka karangan dan pengembangannya klik disini
Berikut sedikit Materi Kuliah Bahasa Indonesia yang saya bisa bagikan, saya cari-cari dari internet juga dan saya kumpulkan jadi satu di sini :D
1. Penulisan Huruf Kapital klik disini
2. Penulisan Cetak Miring klik disini
3. Penulisan Tanda Baca klik disini
4. Penulisan Nomor klik disini
5. Penulisan Kata Ulang klik disini
6. Kata Depan klik disini
7. Kata Baku dan Tidak Baku klik disini
8. Kalimat Efektif klik disini
9. Paragrap / Alenia klik disini
10.Tata cara Mengutip klik disini
11.Abstrak dan Daftar Pustaka klik disini
12.Kerangka karangan dan pengembangannya klik disini
Tuesday, January 20, 2015
TRIKS DAN TIPS MENJAWAB SOAL UN BAHASA INDONESIA
Kenali Konteks Materi
Pertama-tama sebelum memulai ujian kita harus mengetahui dulu materi yang diujikan, di antaranya paragraf (wacana); karya sastra (prosa, drama, puisi); surat; tata bahasa (ejaan, tanda baca, imbuhan, kalimat); pidato; karya tulis (laporan ilmiah, jurnal ilmiah); dan iklan/poster. Pembahasan lebih lanjut akan dijelaskan setelah tips-tips ini selesai dibahas.
Banyak Membaca dan Menyerap Informasi dari Berbagai Media
Membaca di sini bukan hanya membaca buku teks pelajaran bahasa Indonesia, melainkan banyak menyerap informasi/berita dari berbagai media, seperti televisi, radio, maupun internet. Mengapa? Karena soal yang berhubungan dengan teks wacana biasanya nggak jauh-jauh dari berita yang lagi marak saat ini (teksnya up to date); misalnya tentang bencana banjir, maraknya perdagangan anak di Indonesia, atau berita seputar hukum dan kriminal. Percaya, deh, soalnya nggak jauh-jauh dari itu.
Meringkas Materi
Apa guna meringkas? Meringkas akan mempermudah kalian mengingat informasi/hal-hal penting berkaitan dengan isi teks/wacana. Selain itu, meringkas akan mempermudah kita menyimpulkan isi teks.
Baca buku Tata Bahasa (EYD & KBBI)
Dengan baca buku ini, kalian akan mudah menjawab soal-soal yang berkaitan dengan pemakaian tanda baca, penulisan kata serapan yang tepat, penulisan lambang bilangan, serta nama geografis. Pokoknya, hal-hal yang berkaitan dengan ketatabahasaan (linguistik). Nah, kalo nggak punya bukunya gimana? Gampang, kalian tinggal men-downloadnya dari internet, ada kok…
Banyak Latihan Soal !
Hal ini penting dilakuin karena dengan banyak berlatih soal, kalian akan bisa secara otomatis melatih memori mengingat hal-hal yang berkaitan dengan soal tersebut. Jangan lupa, perhatikan juga kurikulum yang berlaku dalam buku tersebut (pilih yang terbaru!)
Banyak berlatih teknik membaca skimming dan scanning
Apa beda skimming dan scanning? Skimming digunakan untuk memperoleh informasi dalam wacana (bacaan) sedangkan scanning digunakan untuk membaca tabel, grafik, dan jadwal perjalanan.
TIPE SOAL BAHASA INDONESIA DALAM UJIAN NASIONAL
A. PARAGRAF
Materi ini mencakup menentukan ide pokok paragraf, gagasan utama + gagasan penjelas, menentukan kalimat untuk melengkapi paragraf, menyusun paragraf padu, dan pertanyaan yang berhubungan dengan paragraf tersebut.
Khusus untuk soal ini, kalian nggak perlu ngabisin waktu berlama-lama untuk membaca seluruh isi teks karena waktunya akan habis terbuang hanya untuk membaca teks itu. Cukup dengan memperhatikanjudul dan kalimat utama paragraf tersebut (biasanya ada di paragraf pertama kalimat pertama). Gimana kalo ternyata kalimat utamanya ada di tengah-tengah atau akhir paragraf? Ingat, gunakan teknik membaca skimming (membaca sekilas dan cepat untuk mengetahui isi pokok bacaan). Hal ini akan menghemat waktu kalian untuk mengerjakan soal. Jangan lupa, pake juga teknik 5W + 1H (What, Why, Who, When, Where, dan How). Keenam kata kunci ini bakal ngebantu kalian ngejawab soal.
Kalian bisa nemunin tipe-tipe soal seperti ini di website zenius.net berikut ini
Materi Bhs Indonesia : Ide Pokok dan Kesimpulan Paragraf
Materi Bhs Indonesia : Pertanyaan Sesuai Bacaan
B. KARYA SASTRA
(Prosa, Puisi, dan Drama)
Dalam menjawab soal ini, kalian tidak hanya memerlukan nalar, tetapi juga naluri. Mengapa? Karena jawaban dari pertanyaan soal yang berhubungan dengan karya sastra tidak selamanya tersurat (tertulis), melainkan juga tersirat (tidak tertulis).
Contoh:
Dengan peluit di mulutmu
Dan aba-aba dengan tanganmu
Engkau atur pemakai jalan
Agar tidak terjadi kecelakaan
Tokoh dalam puisi tersebut adalah….
- Tukang Parkir
- Polisi Lalu Lintas
- Prajurit
- Pahlawan Negara
Nah, kalau kita hanya menggunakan nalar, bisa saja kita memilih jawaban A, akan tetapi, jika kita perhatikan lagi dengan saksama pada baris ketiga (Engkau atur pemakai jalan)…jawaban itu sudah menyiratkan tokoh Polisi Lalu Lintas.
Soal-soal yang berkaitan dengan karya sastra bisa kalian lihat di
Materi Bhs Indonesia : Cerpen, Novel, Hikayat
Materi Bhs Indonesia : Makna Puisi dan Kata Bermakna Lambang
C. SURAT, TATA BAHASA, EJAAN
Seperti yang dikatakan dalam pengantar, membaca buku tata bahasa akan membantu kita mengerjakan soal-soal UN. Demikian juga dengan soal-soal yang berkaitan surat, tata bahasa, dan ejaan. So, sering-seringlah baca buku tersebut, ya, temans… J Soal-soal yang berkaitan dengan surat, tata bahasa, dan ejaan bisa kalian lihat di link-link berikut di
Pembahasan: Bahasa Dalam Surat dan Acara Resmi
Pembahasan Pokok dan Kesimpulan Paragraf
Contoh Soal Tata Kalimat
Contoh Soal Tata Makna
Latihan Soal UN Bahasa Indonesia Set 01
Latihan Soal UN Bahasa Indonesia Set 02
Latihan Soal UN Bahasa Indonesia Set 06
D. PIDATO, DISKUSI, DAN WAWANCARA
Pertanyaan yang sering muncul berkaitan dengan soal jenis ini adalah seputar pikiran utama pidato, kalimat tanggapan diskusi, dan kalimat melengkapi teks wawancara. Untuk jenis soal ini, kalian gunakan teknik membaca cepat (skimming) dan juga banyak berlatih mengerjakan soal dari modul atau kumpulan soal UN.
Nah, untuk soal yang berhungan dengan tema-tema tersebut, kalian bisa juga lihat di www.zenius.net di link berikut:
Contoh Soal Pidato, Diskusi, dan Wawancara (Soal Nomor 1)
Contoh Soal Pidato, Diskusi, dan Wawancara (Soal Nomor 32)
Contoh Soal Pidato, Diskusi, dan Wawancara (Soal Nomor 6)
E. KARYA TULIS
Materi ini mencakup : Laporan Pengamatan, Laporan Ilmiah, dan Laporan Kunjungan.
Jenis pertanyaan yang sering muncul berkaitan dengan hal ini antara lain: struktur laporan, kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan, dan ciri-ciri laporan. Tips: banyak membaca artikel dari surat kabar atau internet (khusunya mengenai laporan ilmiah)! Soal mengenai karya tulis bisa dilihat pada link berikut:
Contoh Soal dari UN Bahasa Indonesia Tahun 2012 - Nomor 31, 41, 42
F. FAKTA DAN OPINI
Bagaimana membedakan fakta dan opini? Fakta sifatnya objektif dan nyata (benar-benar terjadi), sedangkan opini sifatnya subjektif dan relatif (belum tentu sesuai kenyataan/belum pasti kebenarannya). Contoh :
FAKTA : Pada hari Sabtu, 01/02/2014 terjadi kecelakaan lalu lintas di Jl. TB Simatupang.
OPINI : Kecelakaan tersebut diperkirakan memakan delapan korban jiwa
Kumpulan Soal Fakta dan Opini I (nomor 14)
Kumpulan Soal Fakta dan Opini II (nomor 15)
Kumpulan Soal Fakta dan Opini III (nomor 18–19)
Kumpulan Soal Fakta dan Opini IV (nomor 22)
Kumpulan Soal Fakta dan Opini V (nomor 6, 7)
G. PETUNJUK PEMAKAIAN OBAT ATAU BARANG
Biasanya yang sering muncul di soal ini adalah melengkapi kalimat petunjuk pemakaian sesuatu atau petunjuk pemakaian sesuatu yang disusun secara acak. Tips: bacalah dengan teliti (baca dengan saksama petunjuk tersebut, dan temukan kata kunci yang mengindikasikan untuk memulai sesuatu).
Contoh: Petunjuk Obat Tradisional untuk Sakit Gigi
- Setelah itu masukkan ke dalam air hangat dan tambahkan sedikit garam
- Pakailah ramuan ini untuk berkumur
- Ambil setangkai serai yang bagus
- Saringlah airnya, buang ampasnya, lalu pakai air tersebut untuk berkumur
- Cucilah yang bersih, lalu tumbuklah hingga halus
Urutan yang benar adalah: 3-5-1-4-2
Di antara kata-kata dalam kalimat petunjuk pemakaian tersebut, yang menjadi kata kunci adalah Ambil; sedangkan kata-kata lainnya mendapat imbuhan –lah yang menandakan kalimat imperatif (kalimat perintah).
Contoh Soal dari UN Bahasa Indonesia tahun 2007 - Soal Nomor 28
H. JADWAL PERJALANAN, TABEL, GRAFIK
Untuk menyelesaikan soal jenis ini, gunakan teknik membaca memindai/membaca tatap (scanning); tujuannya untuk memperoleh informasi dengan sangat cepat. Kalian juga dapat mempelajari soal jenis ini di link berikut:
Contoh Soal dalam Interactive Module
Contoh Soal dari UN Bahasa Indonesia tahun 2010 - Soal Nomor 15-16
I. MENEMUKAN PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ISI TEKS
Gunakan teknik membaca layap (skimming) untuk memperoleh informasi dalam kedua teks bacaan. Selain itu, ingat rumus 5W+1H untuk memperoleh kata kunci yang bisa mempermudah menjawab soal.
Buat yang mau liat pembahasan soal buat UN Bahasa Indonesia, bisa juga latihan di zenius.net :
Pembahasan soal UN SMA Bahasa Indonesia tahun 2006 - 2013
Buat yang mau lihat prediksinya, bisa juga liat di zenius.net
Prediksi soal (+video pembahasan) UN SMA Bahasa Indonesia 2014
Sekian tips-tipsnya untuk persiapan belajar UN Bahasa Indonesia SMA 2014, selamat belajar, dan semoga bermanfaat!
SUMBER : https://www.zenius.net/blog/3167/un-ujian-nasional-bahasa-indonesia-sma-2014-tips-belajar-soal
Monday, January 19, 2015
DONWLOAD E-BOOK KURTILAS PELAJARAN PRODUKTIF TINGKAT SMK
Download Buku Kurikulum 2013 SMA Kelas 10 Lengkap Terbaru 2014 Silahkan Download semua. Bagi yang membutuhkan Download Buku Kurikulum 2013 SMA Kelas 10 Lengkap Terbaru 2014 silahkan Pilih aja sesuai kebutuhan saudara-saudara sekalian, pada link di bawah ini :
Buku Kejuruan SMK Kelas 10/X
Produksi Pakan Alami 2 [KELAS X] DOWNLOAD
Produksi Pakan Alami 1 [KELAS X] DOWNLOAD
Produksi Makanan dan Minuman Herbal [KELAS X] DOWNLOAD
Peralatan Proses dan Utilitas [KELAS X] DOWNLOAD
Pengelolaan Kualitas Air 1 [KELAS X] DOWNLOAD
Penanganan Material [KELAS X] DOWNLOAD
Pengetahuan Pedalangan 2 [KELAS X] DOWNLOAD
Dasar Artistik 2 [KELAS X] DOWNLOAD
Dasar Artistik 1 [KELAS X] DOWNLOAD
Role Play [KELAS X] DOWNLOAD
Dasar Pemeranan [KELAS X] DOWNLOAD
Pengetahuan Teater [KELAS X] DOWNLOAD
Penyuluhan Pertanian [KELAS X] DOWNLOAD
Pembiakan Tanaman [KELAS X] DOWNLOAD
Alat Mesin Pertanian [KELAS X] DOWNLOAD
Pengetahuan Teater [KELAS X] DOWNLOAD
Agribisnis Tanaman Sayuran Kelas 10
TeknikKelistrikandanElektronikaInstrumentasi Kelas 10
TeknikKelistrikandanElektronikaInstrumentasi Kelas 10
Teknologi Bahan Furnitur Kelas 10
Teknologi Bahan Furnitur Kelas 10
MekanikaTeknik Kelas 10
Kelistrikan Mesin Kelas 10
Geologi Dasar Kelas 10
Geologi Dasar Kelas 10
Mekanika Teknik dan Elemen Mesin Kelas 10
Paleontologi Kelas 10
Paleontologi Kelas 10
Ilmu Batuan Kelas 10
Ilmu Batuan Kelas 10
Rekayasa dan Pemodelan Furnitur Kelas 10
Rekayasa dan Pemodelan Furnitur Kelas 10
Matematika (Buku Siswa) [KELAS XI] DOWNLOAD
Bahasa Inggris (Buku Guru) [KELAS XI] DOWNLOAD
Bahasa Inggris (Buku Siswa) [KELAS XI] DOWNLOAD
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik (Buku Guru) [KELAS XI]
DOWNLOAD (guru) DOWNLOAD (siswa)
Produksi Hasil Perkebunan [KELAS XI] DOWNLOAD
Produksi Hasil Nabati [KELAS XI] DOWNLOAD
Power Train dan Hydraulic Alat Berat 4 [KELAS XI] DOWNLOAD
Power Train dan Hydraulic Alat Berat 3 [KELAS XI] DOWNLOAD
Power Train dan Hydraulic Alat Berat 1 [KELAS XI] DOWNLOAD
Teknik Pr oduksi Migas - Teknik Reservoir dan Cadangan Migas [KELAS XI] DOWNLOAD
Teknik Produksi Migas 4 [KELAS XI] DOWNLOAD
Teknik Produksi Migas 3 [KELAS XI] DOWNLOAD
Teknik Produksi Migas - Proses Produksi Migas [KELAS XI] DOWNLOAD
Teknologi Produksi Migas Peralatan Produksi atas dan bawah permukaan [KELAS XI] DOWNLOAD
Teknik Produksi Migas Proses Produksi Migas [KELAS XI] DOWNLOAD
Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi 2 [KELAS XI] DOWNLOAD
Perekayasaan Sistem Antena [KELAS XI] DOWNLOAD
Perawatan Engine dan Unit Alat Berat 6 [KELAS XI] DOWNLOAD
Perawatan Engine dan Unit Alat Berat 5 [KELAS XI] DOWNLOAD
Peralatan Gudang 4 [KELAS XI] DOWNLOAD
Prakarya dan Kewirausahaan (Buku Siswa) [KELAS XI] DOWNLOAD
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Buku Guru) [KELAS XI] DOWNLOAD
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Buku Siswa) [KELAS XI] DOWNLOAD
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Buku Guru & Siswa) [KELAS XI]
Peralatan Gudang 3 [KELAS XI] DOWNLOAD
Pengujian Mutu Pangan [KELAS XI] DOWNLOAD
Pengolahan H asil Samping Pro Perikanan Rumput Laut [KELAS XI] DOWNLOAD
Pengolahan Hasil Perikanan Tradisional [KELAS XI] DOWNLOAD
Pengolahan Hasil Perikanan Standar Eksport [KELAS XI] DOWNLOAD
Pengolahan Diversifikasi Hasil Perikanan [KELAS XI] DOWNLOAD
Penanganan Bahan Hasil Pertanian dan Perikanan 2 [KELAS XI] DOWNLOAD
Penanganan Bahan Ha sil Pertanian dan Perikanan 1 [KELAS XI] DOWNLOAD
Pemeliharaan Chasis Sepeda Motor [KELAS XI] DOWNLOAD
Konversi Tanah dan Air [KELAS XI] DOWNLOAD
Pengukuran dan Pemetaan Hutan [KELAS XI] DOWNLOAD
Teknik Pemeranan 2 [KELAS XI] DOWNLOAD
Ilmu Ukur Kayu [KELAS XI] DOWNLOAD
Ilmu Ukur Kayu [KELAS XI] DOWNLOAD
Pengujian Mutu Benih Tanaman [KELAS XI] DOWNLOAD
Pengolahan Hasil Perikanan Tradisional [KELAS XI] DOWNLOAD
Pengolahan Hasil Perikanan Standar Eksport [KELAS XI] DOWNLOAD
Pengolahan Diversifikasi Hasil Perikanan [KELAS XI] DOWNLOAD
Penanganan Bahan Hasil Pertanian dan Perikanan 2 [KELAS XI] DOWNLOAD
Penanganan Bahan Ha sil Pertanian dan Perikanan 1 [KELAS XI] DOWNLOAD
Pemeliharaan Chasis Sepeda Motor [KELAS XI] DOWNLOAD
Konversi Tanah dan Air [KELAS XI] DOWNLOAD
Pengukuran dan Pemetaan Hutan [KELAS XI] DOWNLOAD
Teknik Pemeranan 2 [KELAS XI] DOWNLOAD
Ilmu Ukur Kayu [KELAS XI] DOWNLOAD
Ilmu Ukur Kayu [KELAS XI] DOWNLOAD
Pengujian Mutu Benih Tanaman [KELAS XI] DOWNLOAD
Agribisnis Perbenihan Pertanian [KELAS XI] DOWNLOAD
Agribisnis Tanaman Buah (Buah Melon) Kelas 11
Teknik Pengambilan Contoh Kelas 11
Agribisnis Tanaman Pangan dan Palawija Kelas 11
Aircraft Electrical System Assembly Kelas 11
Aircraft Manufacture & Assy Parts Kelas 11
Aircraft Component CNC Machining Kelas 11
Aircraft System Kelas 11
Buku Kejuruan SMK Kelas 12/XII
KELAS 12 Pengukuran dan Perpetaan Digital [KELAS XII] DOWNLOAD
Agribisnis Tanaman Buah (Buah Melon) Kelas 11
Teknik Pengambilan Contoh Kelas 11
Agribisnis Tanaman Pangan dan Palawija Kelas 11
Aircraft Avionics Drawing Kelas 11
Teknik Pengendalian Instrumen Logam (ANWAR, Kelas 11
Teknik Pengendalian Instrumen Logam (ANWAR, Kelas 11
Aircraft Electrical System Assembly Kelas 11Teknik Pengendalian Instrumen Logam (ANWAR, Kelas 11
Aircraft Electrical System Assembly Kelas 11
Aircraft Manufacture & Assy Parts Kelas 11
Aircraft Component CNC Machining Kelas 11
Aircraft System Kelas 11
Buku Kejuruan SMK Kelas 12/XII
KELAS 12 Pengukuran dan Perpetaan Digital [KELAS XII] DOWNLOAD
> Buku Kurikulum 2013 SMA-SMK-MA Kelas 10-11-12 Semester 2-1 Edisi Revisi 2014 | 2015 Melihat.net
Subscribe to:
Posts (Atom)