Penilaian
Pengetahuan
Tabel 10. Kisi-Kisi
dan Soal
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
3.4 Mengevaluasi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
3.4.1 Menjelaskan struktur dan
kaidah teks negosiasi
3.4.2 Menjelaskan jenis-jenis teks negosiasi
3.4.3 Membeda-kan jenis-jenis teks
negosiasi
|
Siswa dapat menjelaskan secara tertulis struktur dan kaidah teks
negosiasi
|
Tes tulis
|
1.
Jelaskan struktur
yang terdapat dalam teks negosiasi perusahaan!
2.
Jelaskan struktur
yang terdapat dalam teks negosiasi perdagangan!
3.
Jelaskan kaidah
yang terdapat dalam teks negosiasi!
4.
Jelaskan jenis-jenis
teks negosiasi yang ada!
5.
Definisikan dan
klasifikasikan jenis-jenis teks anekdot!
|
Rubrik
penyajian pembuatan teks negosiasi.
Indikator penilaian pengetahuan:
a.
Struktur teks
negosiasi perusahaan dan bawahan
1)
Jika menjawab 3
struktur dengan benar skor 4
2)
Jika menjawab 2
struktur dengan benar skor 3
3)
Jika menjawab 1
struktur dengan benar skor 2
4) Jika salah jawabannya skor1
b. Struktur teks negosiasi perdagangan
1)
Jika menjawab 7
struktur dengan benar skor 4
2)
Jika menjawab 5
struktur dengan benar skor 3
3)
Jika menjawab 3
struktur dengan benar skor 2
4)
Jika menjawab 1
struktur dengan benar skor1
c. Kaidah teks negosiasi
1)
Jika menjawab 6
struktur dengan benar skor 4
2)
Jika menjawab 4
struktur dengan benar skor 3
3)
Jika menjawab 2
struktur dengan benar skor 2
4)
Jika menjawab 1
struktur dengan benar skor1
d. Jenisnya
1)
Jika menjawab 3
jenis negosiasi dengan benar skor 4
2)
Jika menjawab 2
jenis negosiasi dengan benar skor 3
3)
Jika menjawab 1
jenis negosiasi dengan benar skor 2
4) Jika jawaban salah skor1
e. Perbedaannya
1)
Jika jawaban
perbedaan dilihat dari pengertian, struktur dan cirinya mendapat skor 4
2)
Jika jawaban
perbedaan dilihat dari pengertian, struktur skor 3
3)
Jika jawaban
perbedaan dilihat dari pengertian saja skor 2
4) Jika jawaban perbedaan semuanya salah skor 1
Rumus Konversi Nilai,
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = X
4 =..............
Jumlah skor maksimal
1.
Penilaian Keterampilan
Tabel
11. Instrumen Penyajian Pembuatan Teks Negosiasi
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||||
Isi
|
Struktur
Teks
|
Kosakata
|
Kalimat
|
Mekanik
|
|||
30
|
20
|
20
|
20
|
10
|
|||
1
|
Dini
|
4
|
4
|
3
|
4
|
2
|
3.33
|
2
|
Dana
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
|
3
|
Bina
|
3
|
4
|
3
|
4
|
2
|
|
4
|
Bani
|
3
|
3
|
3
|
2
|
1
|
2.00
|
Contoh Pengolahan
Nilai
Nilai Akhir Dini
= (4x30)+(4x20)+(3x20)+(4X20)+(3X10) = 92,5
= 3.67
4
Nilai Akhir Dana
= (4x30)+(3x20)+(3x20)+(3X20)+(3X10) = 82,5
= 3.00
4
Nilai Akhir Bani
= (2x30)+(2x20)+(2x20)+(2X20)+(2X10) = 50 = 2.00
4
Tabel 12. Rubrik Penilaian Ketrampilan
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
Isi
|
4
|
menguasai
topik tulisan; substantif; abstraksi orientasi krisis reaksi koda; relevan
dengan topik yang dibahas
|
3
|
cukup
menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan
dengan topik, tetapi kurang terperinci
|
|
2
|
penguasaan
permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai
|
|
1
|
tidak
menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak
dinilai
|
|
Struktur
|
4
|
ekspresi lancar; gagasan terungkap padat,
dengan jelas; tertata dengan baik; urutan logis (abstraksi orientasi krisis
reak si koda); kohesif
|
3
|
kurang lancar; kurang terorganisasi,
tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap
|
|
2
|
tidak lancar; gagasan kacau atau tidak
terkait; urutan dan pengembangan kurang logis
|
|
1
|
tidak komunikatif; tidak terorganisasi;
tidak layak dinilai
|
|
Kosakata
|
4
|
penguasaan kata
canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukan kata;
penggunaan register tepat
|
3
|
penguasaan kata
memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ungkapan kadang-kadang salah,
tetapi tidak mengganggu
|
|
2
|
penguasaan kata
terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan, dan penggunaan
kosakata/ungkapan; makna membingungkan atau tidak jelas
|
|
1
|
pengetahuan
tentang kosakata, ungkapan, dan pembentukan kata rendah; tidak layak nilai
|
|
Kalimat
|
4
|
konstruksi kompleks
dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa
(urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi)
|
3
|
konstruksi
sederhana, tetapi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks;
terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/urutan kata, artikel,
pronomina, preposisi), tetapi makna cukup jelas
|
|
2
|
terjadi
kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi
kesalahan pada kalimat negasi, urutan/fungsi kata, artikel, pronomina,
kalimat fragmen, pelesapan; makna membingungkan atau kabur
|
|
1
|
tidak menguasai
tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak
dinilai
|
|
Mekanik
|
4
|
menguasai aturan
penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf
kapital, dan penataan paragraf
|
3
|
kadang-kadang
terjadi kesalahanejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan
paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna
|
|
2
|
sering terjadi
kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf;
tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur
|
|
1
|
tidak menguasai
aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan
huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca; tidak layak
dinilai
|
Nilai
total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (isi, struktur, kalimat, kosakata
dan mekanik). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d.
4
Tabel 13. Konversi Skor
Interval
Skor
|
Hasil
Konversi
|
Predikat
|
Kriteria
|
96-100
|
4.00
|
A
|
SB
|
91-95
|
3.67
|
A-
|
|
86-90
|
3.33
|
B
|
B
|
81-85
|
3.00
|
B+
|
|
75-80
|
2.67
|
B-
|
|
70-74
|
2.33
|
C+
|
C
|
65-69
|
2.00
|
C
|
|
60-64
|
1.67
|
C-
|
|
55-59
|
1.33
|
D+
|
K
|
<54
|
1.00
|
D
|
Sumber: SK Dirjen Dikmen No 781
Tahun 2013 tentang LCK SMK.