Thursday, March 24, 2022

LK 2 Modul 6 : Lembar Kerja Refleksi Modul Bidang Studi/Jurnal Harian

 

Nama Mahasiswa          : Ari Nugraha

Nomor Peserta PPG       : 201503280480

Mapel                          : Bahasa Indonesia

Instansi                       : SMK Al Husna Cisaga

LPTK                            : Universitas Muhammadiyan Prof.Dr.Hamka

Judul Modul

Modul 6 Genre Teks dalam Bahasa Indonesia

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1.    Konsep Dasar Teks Berbasis Genre

2.    Genre Teks Fiksi dalam Kurikulum 2013

3.    Genre Teks Nonfiksi Kurikulum 2013

4.    Penyusunan Perangkat Pembelajaran Teks Berbasis Genre

No

Uraian

Respon/Jawaban

1

Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai pemecahan masalah dalam memahami materi yang mengalami kesulitan

1.    Pembelajaran bahasa sebaiknya di berikan kepada anak sejak dini, supaya anak-anak Indonesis  mampu berfikir secara kritis

2.    Dalam pembelajaran  Bahasa Indonesia, terutama dalam pembuatan soal harus Hots terutama dalam RPP, LKPD dan Instrumen Penilaian

3.    Fungsi bahasa sebagai sarana berfikir bisa kita terapkan dalam pemebalajaran bahasa Indonesia

4.    Komponen-komponen Pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu mencerdaskan anak bangsa, baik itu dari pemerintah, guru, siswa maupun orang tua.

5.    Bahasa indonesia sebagai sarana berfikir, dapat meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi, terkontrol dan kritis

6.    Siswa semakin banyak membaca teks  , maka bertambah pula kosa kata siswa dan siswa semakin cerdas

7.    Pembelajaran Esplorasi dapat dikaitkkan dengan pembelajaran materi,mengapa/ karena anak datang ke sekolah bukan lagi dalam keadaan kosong, maka untuk mengukur tingkat pemahaman siswa, guru memberikan ilmu pengetahuan sesuai yang dibutuhkan siswa yaitu kebutuhan kognitif, kemudian guru dapat mengecek sejumlah mengetahuan siswa yang telah diperoleh setelah pembelajarn

8.    Pendekatan proses yang paling efektif ydalam mencapai tujuan adalah materi yang sesuai dengan kebutuhan siswa, adapun beberapa alternatif yaitu dengan metode pembelajarn PBL dan PJBL.

9.    Upaya mengatasi kebiasaan diri untuk dapat terampil menyelesaikan soal UNBK.Sering berlatih membaca teks dan membaca literasi

10. Pada pembelajaran bahasa indonesia dalam pembuatan soal berstandar Hots, ada beberapa yang harus dituntut diantaranya, 

·         Diberikan dasar pertanyaan( stimulis)

·         Mengukur kemampuan berfikir kritis 

·         Mengukur keterampilan memecahkan masalah

·         Membandingkan 

·         Adanya hubungan sebab akibat

·         Memberikan alasan

·         Meringkas

·         Mengelompokkan

·         Menciptakan

·         Menerapkan

·         Menganalisis

·         Sisntesis.

11. Referensi pembelajaran

12. Panjang teks disesuaikan dengan tingkat satuan pendidikan/level

13. Persoalan yang memerlukan pemikiran

14. Pemerolehan bahasa

15. Cara menentukan indikator

16. Perbedaan teks eksposisi dan eksplanasi

17. Pendekatan paling efektif dalam kegiatan pembelajaran

18. Perbedaan kritik sastra dan esay

19. Persoalan dalam penyajian teks yang utuh

20.  Perbedaan komunikasi verbal dan non verbal

2

Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai miskonsepsi di modul ini

1.    Pengertian antara teks prosedur sederhana dan kompleks

2.    Pengrtian antara cerpen mini dan cerpen ideal

3.    Pengertian antara wawancang dan kramagung

4.    Pengertian antara verba material dan mental

5.    Genre tekstual di dalam pembelajaran teks

6.    Kendala keterampilan berbahasa siswa

7.    Membaca memerlukan kemampuan memahami teks hanya 50 %

8.    Pemberian soal yang kurang berpikir tingkat tinggi pada siswa

9.    Fungsi bahasa sebagai sarana berfikir

10. Semakin banyak membaca teks semakin memperbanyak kosakata siswa

11. Lingkungan Keluarga memengaruhi Perkembangan Potensi Bahasa siswa

12. Pemahaman Kritik dan esai

3

Hambatan yang dialami pada pembelajaran analisis materi pembelajaran berbasis masalah di modul ini

1.    Mahasiswa sering mengalami hambatan dalam memahami isi modul yang terlalu banyak.

2.    Banyak definisi dan istilah yang harus dipelajari dengan waktu yang singkat

4

Hal yang akan dilakukan untuk sukses di pembelajaran modul berikutnya

1.    Berdoa dan terus jaga kondisi badan supaya sehat

2.    Menyiapkan bahan materi untuk kasus yang ada di sekolah

3.    Menyampaikan permasalahan yang ada disekolah untuk didiskusikan

 

LK 2 Modul 5 : Lembar Kerja Refleksi Modul Bidang Studi/Jurnal Harian

 

Nama Mahasiswa          : Ari Nugraha

Nomor Peserta PPG       : 201503280480

Mapel                          : Bahasa Indonesia

Instansi                       : SMK Al Husna Cisaga

LPTK                            : Universitas Muhammadiyan Prof.Dr.Hamka

Judul Modul

Modul 5 Keterampilan Berbahasa Produktif

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1.    Keterampilan Berbicara

2.    Pembelajaran Keterampilan Berbicara

3.    Keterampilan Menulis

4.    Pembelajaran Keterampilan Menulis

No

Uraian

Respon/Jawaban

1

Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai pemecahan masalah dalam memahami materi yang mengalami kesulitan

Latar Belakang :

·         Negosisasi itu selalu ada di kehidupan sehari hari.

·         Karena  SMK menggunakan kurikulum industri yang berkaitan dengan kegiatan negosiasi.

·         Karena kurang pengetahuan penunjang keterampilan berbicara pada umumnya

Permasalahan :

Kadang anak mengalami kesulitan dalam bernegosiasi. Sehingga dalam tawar – menawar tidak bisa berjalan dengan baik

·         Tidak adanya rasa percaya diri dan memiliki rasa takut dalam mengeluarkan pendapat

·         Kurangnya pembendaharaan kata dalam berbicara

·         Siswa tidak memiliki kemampuan mengajukan negosiasi secara lisan

·         Ssiwa tidak memahami hakikat negosiasi

·         Ketepatan mimik, gestur, dan intonasi yang belum baik

·         Kurangnya siswa bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru (dalam prakteknya di masyarakat)

·         Kurang menguasai struktur negosiasi.

·         Tidak punya referensi dalam negosiasi.

Solusi

Setelah menemukan permasalahan siswa mengenai Negosiasi, maka hal yang dilakukan pendidik adalah :

·         Guru menyampaikan penguasaan taktik dalam mencapai  win – win solution di negosiasi.

·         Penekanan dalam penggunaan kalimat persuasi.

·         Banyak berlatih sebelum memulai praktek.

·         Observasi lapangan terlebih dahulu sebelum melakukan negosiasi.

·         Siswa langsung turun ke lapangan untuk berkomunikasi langsung dengan masyarakat.

·         Melatih siswa dalam berbicara dalam tataran yang sopan dan santun.

·         Belajar dari medsos cara bernegosiasi yang baik. (youtube dan google)

Hasil Analisis Kelompok :

Adanya peningkatan kemampuan siswa dalam Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan maupun tulis dengan pendekatan Project Based Learning. (PJBL)

 

2

Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai miskonsepsi di modul ini

1.  Mengapa tawar-menar siswa SMK rendah? Pada kegiatan materi Negosiasi

2.  Negosiasi harus ada 2 pihak atau lebih

3.  Ada perbedaan pendapat atau persengkataan

4.  Hakikat negosiasi tawar-menawar

5.  Hidup penuh dengan negosiasi, beda berembuk, musyawarah

3

Hambatan yang dialami pada pembelajaran analisis materi pembelajaran berbasis masalah di modul ini

1.    Mahasiswa sering mengalami hambatan dalam memahami isi modul yang terlalu banyak.

2.    Banyak definisi dan istilah yang harus dipelajari dengan waktu yang singkat

4

Hal yang akan dilakukan untuk sukses di pembelajaran modul berikutnya

1.    Berdoa dan terus jaga kondisi badan supaya sehat

2.    Menyiapkan bahan materi untuk kasus yang ada di sekolah

3.    Menyampaikan permasalahan yang ada disekolah untuk didiskusikan