Monday, November 14, 2022

TUGAS PPG LK. 1.4 MASALAH TERPILIH YANG AKAN DISELESAIKAN

 LK. 1.4 Masalah terpilih yang akan diselesaikan

 

No.

Masalah terpilih yang akan diselesaikan

Akar Penyebab masalah

4

Rendahnya kemampuan menulis teks Bahasa Inggris siswa (siswa belum menguasai dg baik kemampuan prasyarat menulis teks berbahasa inggris)

Pembelajaran di kelas masih menggunakan model teacher centered sehingga siswa tidak memiliki kesempatan yang cukup untuk mengembangkan dan mengasah writting skill

5

Rendahnya pemahaman guru terkait materi HOTS Bahasa Inggris

Pelatihan HOTS yang spesifik bahasa Inggris kurang diberikan

 

TUGAS PPG LK. 1.2 EKSPLORASI PENYEBAB MASALAH

 LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah

 

No.

Masalah yang telah  diidentifikasi

Hasil eksplorasi penyebab masalah

Analisis eksplorasi penyebab masalah

1

Siswa kesulitan membaca teks bahasa Inggris

 

1.  Minimnya kosa kata

2.  Bacaan kurang menarik

3.  Malu dengan teman dan takut salah

 

1.   Minat baca siswa kurang

2.   Siswa tidak percaya diri

 

2

Siswa kesulitan menulis teks Bahasa Inggris

 

1.    Minimnya kosa kata

2.    Tidak terbiasa menulis teks bahasa Inggris

 

1.   Siswa malas mencari kosa kata baru

2.   Siswa jarang mempraktekan menulis bahasa Inggris

3

Guru sulit membangun komunikasi dengan orang tua dan wali santri

 

1.    Orang tua tidak mempunyai HP

2.    Orang tua kurang memperhatikan perkembangan pendidikan anaknya

3.    Orang tua sibuk dengan urusannya masing-masing

 

1.    Bakcground pendidikan dan ekonomi orang tua

2.    Hubungan dengan orang tua di handle oleh wali kelas

 

4

Guru belum mengaplikasikan model-model pembelajaran inovatif

 

1.    Minat baca guru kurang

2.    Guru belum faham dengan model pembelajaran inovatif

3.    Guru bingung menentukan model pembelajaran inovatif yang sesuai

1.    Guru belum mengikuti pelatihan model pembelajaran inovatif

 

5

Pembelajaran HOTS belum optimal

1.    Guru bingung dengan KKO

2.    Siswa kesulitan menjawab soal dengan level HOTS

3.    Guru belum mengerti dengan apa HOTS itu sendiri

4.    Guru betah di zona nyaman (Ada rasa takut siswa tidak bisa/akan dapat nilai kecil jika diberi soal HOTS)

1.    Siswa tidak terbiasa menjawab soal HOTS

2.    Pelatihan mengenai pembuatan soal HOTS yang khusus Bahasa Inggris masih minim.

 

6

Terbatasnya sarana IT dalam mengaplikasikan pembelajaran inovasi

 

1.    Penggunaan sarana IT dalam pembelajaran rebutan dengan guru lain

2.    Guru belum faham menggunakan IT dalam pembelajaran

3.    Siswa belum faham mengoperasikan IT

1.    Sarana belum lengkap

2.    Guru dan siswa belum melek teknologi

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS PPG LK 1.3 PENENTUAN PENYEBAB MASALAH

 LK 1.3 Penentuan Penyebab Masalah

 

No.

Hasil eksplorasi penyebab masalah

Akar penyebab masalah

Analisis akar penyebab masalah

1

1.  Kosa kata siswa rendah

2.  Bacaan kurang menarik

3.  Malu dengan teman dan takut salah

 

Guru belum menerapkan pembelajaran kreatif dan inovatif

Guru belum memahami model pembelajaran inovatif

2

1.    Kosa kata siswa rendah

2.    Siswa tidak terbiasa menulis teks bahasa Inggris

3.    Minat siswa belajar bahasa inggris rendah.

 

Siswa menganggap bahasa inggris sulit.

Siswa belum memiliki keinginan kuat belajar bahasa inggris

3

1.    Orang tua tidak mempunyai HP

2.    Orang tua kurang memperhatikan perkembangan pendidikan anaknya

3.    Orang tua sibuk dengan urusannya masing-masing

Orang tua belum memahami pentingnya pendidikan anak 

Rendahnya pengetahuan orang tua mengenai parenting

4

1.     Minat baca guru kurang

2.     Guru belum faham dengan model pembelajaran inovatif

3.     Guru bingung menentukan model pembelajaran inovatif yang sesuai

Guru belum memahami karakteristik model pembelajaran inovatif

Guru belum mengikuti pelatihan mengenai model pembelajaran inovatif

5

1.    Guru belum menguasai penggunaan KKO

2.    Siswa kesulitan menjawab soal dengan level HOTS

3.    Guru belum mengerti ciri materi menggunakan HOTS itu sendiri

Guru belum memahami karakteristik materi HOTS

Pelatihan materi HOTS khusus Bahasa Inggris masih minim.

6

1.    Penggunaan sarana IT dalam pembelajaran rebutan dengan guru lain

2.    Guru belum faham menggunakan IT dalam pembelajaran

3.    Siswa belum faham mengoperasikan IT

Guru memiliki kemampuan IT rendah

Guru belum mengikuti pelatihan penggunaan IT dalam pembelajaran

7