Tuesday, February 2, 2016

CARA PENDAFTARAN SNMPTN 2016

Latar Belakang

Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah pendidikan menengah menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNMPTN.
Dalam kerangka integrasi pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi, sekolah diberi peran dalam proses seleksi SNMPTN dengan asumsi bahwa sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan karakter. Dengan demikian, sekolah berkewajiban mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar, serta mendorong dan mendukung siswa dalam proses pendaftaran.

Tujuan

Tujuan SNMPTN adalah sebagai berikut:
  1. memberikan kesempatan kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri yang memiliki prestasi unggul untuk memperoleh pendidikan tinggi,
  2. memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.

Ketentuan Umum

  1. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik.
  2. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
  3. Sekolah yang siswanya akan mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  4. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik, serta terdaftar di PDSS.
  5. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.

Ketentuan Khusus

Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
  1. SMA/MA, SMK negeri maupun swasta, (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN.
  2. Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

Persyaratan Siswa Pendaftar

Pendaftaran SNMPTN

Siswa SMA/MA, SMK kelas terakhir pada tahun 2016 yang:
  1. memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    1. akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
    2. akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
    3. akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
    4. akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
  2. memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  3. memiliki nilai rapor semester satu sampai semester lima (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester satu sampai semester tujuh (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  4. memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).

Penerimaan di PTN

Peserta diterima di PTN, jika:
  1. lulus satuan pendidikan;
  2. lulus SNMPTN 2016; dan
  3. lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Tata Cara Mengikuti SNMPTN

Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui tiga tahap, yaitu (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, (2) pemeringkatan, dan (3) pendaftaran SNMPTN oleh siswa.

Pengisian dan Verifikasi PDSS

  1. Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  2. Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  3. Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.
  4. Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Pemeringkatan

  1. Panitia Nasional melalui sistem, membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) 2016 pada semester tiga, semester empat dan semester lima.
  2. Bagi siswa yang memenuhi syarat yakni memiliki prestasi akademik unggul berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Panitia Nasional sesuai ketentuan akreditasi sekolah yang diijinkan untuk mendaftar SNMPTN 2016.

Pendaftaran SNMPTN

  1. Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  3. Pendaftar pada program studi seni dan keolahragaan wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
  4. Pendaftar mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
Bagi sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet, dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.

Jadwal SNMPTN

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
Pengisian dan Verifikasi PDSS 18 Januari – 20 Februari 2016
Pendaftaran SNMPTN 29 Februari – 12 Maret 2016
Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN 22 Maret – 21 April 2016
Proses Seleksi 24 Maret – 8 Mei 2016
Pengumuman Hasil Seleksi 10 Mei 2016
Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi 31 Mei 2016
bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2016

Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi

  1. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  2. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan dalam satu PTN sebanyak-banyaknya boleh memilih 2 (dua) program studi.
  3. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
  5. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2016 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Biaya

Biaya SNMPTN ditanggung Pemerintah, sehingga Siswa Pendaftar tidak dipungut biaya apapun (gratis).

Prinsip dan Tahapan Seleksi

Prinsip Seleksi

Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:
  1. mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi akademik lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih;
  2. memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah, antara lain: akreditasi sekolah, prestasi mahasiswa alumni sekolah bersangkutan, jumlah siswa yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri tahun sebelumnya, serta prestasi lainnya yang ditentukan oleh masing-masing PTN;
  3. menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

Tahapan Seleksi

Seleksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:
  1. Pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi,
  2. Pendaftar yang memilih dua PTN, apabila dinyatakan tidak lulus pada PTN pilihan pertama, maka akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

Sanksi Bagi Sekolah dan/atau Siswa yang Melakukan Kecurangan

Penerapan secara tegas bagi siswa/calon mahasiswa dan/atau sekolah yang melakukan kecurangan dengan sanksi sebagai berikut:
  1. Sekolah yang melakukan kecurangan tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berikutnya.
  2. Siswa yang melakukan kecurangan dibatalkan status kelulusan SNMPTN.

Laman Resmi dan Alamat Panitia Nasional

  1. Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
  2. Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041 450 450.
  3. Informasi juga dapat diperoleh di kantor Humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat.
  4. Alamat Panitia Nasional SNMPTN 2016:
    Gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sayap Utara Lantai 1
    Jl. Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,
    Telepon (0274) 544049,
    Faksimile (0274) 520 325,
    E-mail : sekretariatseleksi2016@uny.ac.id

Lain-lain

  1. Siswa Pendaftar dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.ristekdikti.go.id/.
  2. Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN Tahun 2016 akan diinformasikan melalui laman http://www.snmptn.ac.id.

Monday, February 1, 2016

STRATEGI PEMASARAN ONLINE

Untuk menjalankan Strategi Pemasaran Online bisa menjangkau semua kalangan, baik kalangan bahwa, kalangan menengah dan kalangan atas tentu membutuhkan sebuah trik dan cara yang tepat sasaran. memang ini tidak akan mudah kita kerjakan namun bila kemauan dan kerja keras tentunya akan mendapatkan hasil yang memuaskan. dalam menjalankan Strategi Pemasaran Online kita harus tahu dimana akan kita targetkan, hal ini untuk memastikan bahwa target anda selalu tepat dan efektif tentunya.
Strategi Pemasaran Online tidak bisa anda lakukan hanya perorangan sebab ini mencakup sebuah rencana dan aksi. yang dimana semua bisa berjalan mulus sesuai dengan target pasar, untuk mempersiapkan Strategi Pemasaran Online yang perlu anda bangun adalah konten (content marketing), komukasi, hubungan, ide dan masih banyak lagi. semua hal ini tidak gampang untuk melakukan Strategi Pemasaran Online yang efektif.
Strategi Pemasaran Online Paling efektif

Cara Pemasaran Online Yang Efektif

  1. Menentukan Target Pasar : yang pertama anda lakukan adalah mengetahui target pasar online. Strategi Pemasaran Online bisa efektif bila anda mengetahui yang sedang tren untuk saat ini. jika anda keliru dalam kalkulasi rencan kemungkinan anda tidak akan mendapatkan apa-apa dari pemasaran online. untuk mengetahui hal ini anda bisa menggunakan tool online. seperti Keyword planner yang di sediakan oleh google adwords.
  2. Membangun Website : untuk membanguan kepercayaan sekaligus untuk memperlihatkan keseriusan anda dalam bidang online dan merupakan salah satu  Strategi Pemasaran Online, website adalah satu yang harus anda bangun. pelanggan online akan percaya bahwa anda mempunyai layanan yang lebih profesional yaitu dengan membangun website. untuk memperhitungkan dengan baik anda menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sesuai dengan Strategi Pemasaran Online yang anda jalankan.
  3. Membuat rencana promosi : untuk mengembangkan bisnis online dan Strategi Pemasaran Online seperti yang sudah tercantum diatas, anda tidak bisa melakukan hal ini sendiri. bahkan bila anda memaksakan diri kemungkinan Strategi Pemasaran Online yang sudah anda rencanakan tidak akan mampu untuk berjalan dengan baik. untuk itu anda memerlukan seorang designer, developers dan marketing yang handal. semua hal ini akan membawa anda untuk mendapatkan apa yang anda rencanakan dalam bisnis online dan salah satu Strategi Pemasaran Online.
  4. Website Harus di TOP Rank Google :  untuk menjalankan Strategi Pemasaran Online website anda harus berada di halaman satu google, ini merupakan salah satu strategi untuk mendatangkan pengunjung ke website anda, perlu anda ingat, jika website anda bisa mendapatkan posisi terbaik yaitu dihalaman pertama pencarian, ini merupakan salah satu bukti nyata bahwa anda adalah seorang pebisnis online profesional. namun untuk mendapatkan halaman satu google itu tidak mudah, sebagai solusi anda bisa meminta bantuan ahli SEM (Search Engine Marketing), Jasa SEO dan iklan PPC, semua media ini bisa anda kontrak untuk  melaksanakan Strategi Pemasaran Online yang efektif.
  5. Menjalankan Email Marketing : Strategi Pemasaran Online berikutnya menggunakan email marketing, sampai saat ini email marketing masih banyak respon baik, untuk itu rencanakan Strategi Pemasaran Online anda dengan melakukan beberapa cara dan trik untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak dari email.
  6. Konsultasi dengan Pakar Marketing : sesering mungkin anda berdiskusi dengan ahli internet marketing, maka anda akan mendapatkan pengalaman baru dari mereka, sekaligus anda bisa mengatur semua Strategi Pemasaran Online.
  7. Menulis untuk Konten Marketing : untuk mendapatkan perhatian dari pelanggan baru Strategi Pemasaran Online  yang harus anda gunakan adalah dengan membuat konten marketing. pemasaran konten bukan tidak mempunyai pengaruh, justru dengan pemasaran konten yang tepat dan kaya dengan ide baru bagi pengunjung akan mendapatkan respon yang sangat baik. penjelasan anda sangat dibutuhkan sebelum menentukan. namun bila anda masih bingung untuk menulis anda bisa menggunakan jasa penulis konten, jadi anda tidak harus melakukan ini semua sendiri.
  8. Blogging dan Berinteraksi : membangun komunitas online memang sulit, namun sesulit apapun itu harus anda lakukan untuk Strategi Pemasaran Online yang lebih baik. perlu anda ingat bahwa dengan blogging dan berinteraksi dengan mereka ini merupakan salah satu strategi dan tentunya mempunyi dampak baik untuk pemasaran online anda.
  9. Gunakan instant messenger : anda bisa membangun komunikasi dengan mudah dan mungkin kecil tentang biaya adalah dengan membangun komunitas online dengan menggunakan media sosial. ada banyak media sosial seperti Facebook, Twitter dan google plus, dan ini merupakan salah satu Strategi Pemasaran Online yang harus anda lakukan.
  10. Mobile Marketing : sebagai tambahan untuk menjalankan Strategi Pemasaran Online anda bisa menggunakan fasilits mobile marketing, untuk jelasnya anda bisa langsung membuka halaman cara melakukan pemasaran online dengan ponsel.
Itulah Beberapa cara untuk melakukan Strategi Pemasaran Online Paling efektif untuk tahun ini, semua bisa anda jangkau pelanggan baru anda dengan menerapkan beberapa cara strategi pemasaran online seperti diatas.

Sumber : https://prositenews.com/strategi-pemasaran-online-paling-efektif/