SMA NEGERI ………………………………………………..
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
- A PENDAHULUAN
Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang
tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang
bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus
sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya … (Sulistyo Basuki, 1993). Di
samping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, di
sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi
bukan satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di
sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut.
Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu
pengelolaan atau manajemen yang tepat dan cepat sehingga fungsi
perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang adalah
tidak sedikit perpustakaan sekolah yang pengelolaannya masih kurang
profesional. Kalaupun sudah baik, bagaimana perpustakaan sekolah mampu memenuhi
kebutuhan penggunanya akan berbagai pengetahuan dan informasi secara
mudah dan cepat di era globalisasi ini. Untuk itu diperlukan suatu sistem
informasi managemen perpustakaan (SIM Perpus) dengan memanfaatkan komputer.
Akan tetapi mampukah para pengelola perpustakaan terutama kepala sekolah
sebagai stake holder di sekolah mewujudkan perpustakaan sekolah yang
berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) dengan menggunakan SIM
Perpustakaan?
Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan,
sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna
merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususnya kepala sekolah
harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah, dan
tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak
terpakai, bahkan tempat bermain saat tidak ada KBM. Hal ini tentu sangat ironis
dan tidak mendidik.
Dari berbagai sudut pemikiran diatas, Perpustakaan ………………..
berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan
sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah. Berbagai program dan
terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar
agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge dapat terealisasi
secara optimal.
B. DASAR HUKUM
1 1. Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah
- Surat Keputusan Kepala SMA ………………… Nomor…. Tahun ………. tentang pengangkatan kepala Perpustakaan ……… tahun ……./………….
C. TUJUAN
C.1 TUJUAN UMUM
Menjadi perpustakaan sekolah berbasis ICT terdepan di …………..
serta pusat IPTEK dan sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegitan
belajar mengajar di sekolah dan merealisasikan visi misi serta suksesnya
program KEMILAU
C.2. TUJUAN KHUSUS
- Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan, dalam berbagai sektor kehidupan;
- Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi;
- Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustakan secara tepat guna dan berhasil guna;
- Meletakkan dasar kearah proses pembelajaran mandiri;
- Memupuk dan mengembangkan minat dan bakat siswa;
- Menumbukan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif;
- Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha sendiri
C.3. TUJUAN STRATEGIK
- Melaksanakan layanan perpustakaan berbasis ICT;
- Merintis E-Library untuk wider accesing informasi & IPTEK;
- Mewujudkan qualitas dan quanitas buku bacaan dan referensi;
- Melayani semua warga sekolah dengan layanan prima;
- Menerapkan administrasi pustaka yang professional dan akuntabel;
D. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat belajar
mengajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat
melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di SMAN ……………,
perpustakaan sekolah berfungsi:
- Wadah atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunaannya;
- Sumber rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai yang berada dibawah naungan SMAN ………………..
- Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional;
- Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar;
- Sumber yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan budaya.
E. SASARAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
- Para siswa …………………
- Kepala sekolah dan guru …………………..
- Staf administrasi dan tatalaksana SMAN ……………
F. PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Rencana kerja perpustakaan sekolah yang tertuang dalam
program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok
perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari
oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar
yang efektif dan efisien.
G.1. PROGRAM JANGKA PENDEK
- Menyediakan dan menghimpun bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum sekolah;
- Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan;
- Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan system tertentu shingga memudahkan penggunaannya;
- Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik;
- Meningkatkan minat baca murid, guru, dan staf tata laksana;
- Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pegguna layanan perpustakaan;
- Pembuatan proposal permintaan buku/majalah/jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit tertentu;
- Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak.
- Menerbitkan kartu perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana;
- Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan (kartu buku, kantong, lebeling, catalog buku, dll;
- Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka;
- Entry data anggota perpustakaan pada Sistim Informasi Perpustakaan (SIP);
- Pelayanan peminjaman buku perpustakaan;
- Penerbitan Surat Tandan Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas XII sebagai syarat pengambilan Ijazah;
- Mengikuti beberapa lomba perpustakaan sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau nasional.
G.2. PROGRAM JANGKA PANJANG
- Menerapkan system layanan perpustakaan berbasis ICT;
- Menerapkan E-Library learning;
- Merealisasikan qualitas dan quantitas buku minimal 1500 judul dengan 15.000.000 eks pada tahun 2015;
- Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.
H. RENCANA PROGRAM & ANGGARAN BIAYA
PERPUSTAKAAN TAHUN 2014-2015
Program
|
Jumlah
|
Biaya
|
Pelaksanaan
|
1.Pembenahan ruang perpustakaan
sebagai rumah belajar yang nyaman dan kondusif
1. Pengadaan sarana perpustakaan
(lemari buku, meja baca, kursi, lemari, kotak katalog, tempat penyimpanan
Koran/majalah, lemari tempat TV, VCD, CD/DVD, dll);
2. Pengadaan kordeng ruangan
3. Pengadaan karpet
4. Pengadaan kipas angin besar
5. Mading/Pusat informasi
perpustakaan
6. Pembenahan administrasi
perpustakaan:
7. Service & pembelian CD Writer
komputer untuk perpustakaan
8. Menyempurnakan software
perpustakaan
9. Cetak Kartu kendali buku
10. Cetak kartu pinjaman
11. Kantong buku
12. Cetak Lebel buku
13. Cetak Kartu perpustakaan
14. ATK, dll
1. Pengadaan buku dan media belajar
lainnya:
1. Buku pelajaran @ 5 eks x 13 pel. X
3 kelas
2. Pengadaan buku referensi
3. Pengadaan buku pengetahuan umum,
karya sastra, dll.
4. Langganan bulanan majalah/bulletin
(Hidayatullah, Hidayah, Sabili, Bola, Intisari, Realita, the Jakarta
post, dll.) secara bergantian
5. Pengadaan CD/DVD pembelajaran yang
memadai
2. Penerbitan kartu perpustakaan
3. Inventarisasi bahan pustaka
4. Entri buku pustakan pada SIM
5. Katalogisasi, lebeling buku
pustaka
6. Pembuatan dan pengiriman
proposal bantuan buku/jurnal/majalah dan bahan pustaka lainnya
7. Memanfaatkan SIM Perpustakaan
8. Mengikuti Lomba Perpustakaan
9. Perbaikan buku yang rusak
10. Pelayanan pinjaman bahan
pustaka
11. Penerbitan Surat Tanda Bebas
Perpustakaan (STBP)
|
|||
Jumlah
|
I. SUMBER DANA
1. RAPBS tahun 2014-2015;
2. Subsidi dana SBI 2014-2015;
3. Siswa baru tahun 2014-2015;
4. Bantuan alumni 4968
5. Pemerintah, lembaga swasta, penerbit dll. yang
tidak mengikat
J. JENIS-JENIS LAYANAN PERPUSTAKAAN
1. Peminjaman berbagai jenis buku pelajaran,
referensi, sastra, majalah, dll.
2. Multimedia (TV, VCD/DVD, Infokus, dll
3. Pemutaran Film-film/CD/DVD pembelajaran
4. E-Library learning
K. STRUKTUR PENGELOLA PERPUSTAKAAN
1.
Penanggungjawab
: ……………………. (Kepala SMAN ……………..)
2. Kepala
Perpustakaan : …………………………………..
3. Bag.
E-Literacy
: ………………………….............
4. Bag.
Teknis
: …………………………………
5. Bag. Layanan/Sirkulasi : ………………………………….
L. PENUTUP
Program kerja perpustakaan ini merupakan acuan,
pedoman dan rencana untuk 1 tahun. Program kerja ini diharapkan dapat menjadi
titik awal kemajuan perpustakaan SMAN ……………. Peran serta semua pihak sangat
berpengaruh pada realisasi program ini. Karenanya, diharpkan semua pihak dapat
terlibat baik secara langsung maupun tidak lagsung dalam rangka merealisasikan
berbagai program yang telah dibuat.
………….., Juli 2014
Mengetahui: Kepala
Perpustakaan
Kepala SMAN …………...
……………………………. …………………………
NIP……………………….. NIP………………………