Wednesday, November 29, 2017

CONTOH SOAL UN BAHASA INDONESIA

Ungkapan adalah gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidak ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya.
Arti ungkapan buah bibir menurut KKBI adalah yang selalu menjadi bahan sebutan (pembicaraan) orang (pilihan jawaban E).

RINGKASAN MATERI
Pengertian Ungkapan
ungkapan/ung·kap·an/ n kelompok kata atau gabungan kata yang menyatakan makna khusus (makna unsur-unsurnya sering kali menjadi kabur); (https://kbbi.web.id/ungkap
Ungkapan merupakan gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidak ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya. (https://id.wikibooks.org/wiki/Bahasa_Indonesia/Ungkapan)

Contoh:

ü  tinggi hati : 'sombong'
ü  ringan kepala : 'mudah belajar'
ü  darah daging : 'anak kandung'
ü  dingin hati : 'tidak bersemangat
ü  uang panas : 'uang tidak halal'
ü  panas rezeki : 'sukar mencari rezeki'

Langkah-langkah menentukan makna ungkapan yang tepat sesuai ilustrasi/dalam paragraf

  1. Bacalah dengan cermat ilustrasi yang dimaksud.
  2. Data kejadian-kejadian atau penjelasan-penjelasan dalam ilustrasi.
  3. Tentukan gagasan pokok sesuai dengan kejadian-kejadian atau penjelasan-penjelasan dalam ilustrasi tersebut. 
  4. Cari dan tentukan makna ungkapan yang sesuai dengan gagasan pokok ilustrasi. 
Makna ungkapan dapat juga dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

CONTOH PREDIKSI SOAL 2017/2018 KOMPETENSI MENENTUKAN MAKNA  UNGKAPAN

(1) Saat ini banyak kalangan masyarakat yang menganggap bahwa pelajar tidak berguna dan tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya. (2) Pelajar hanya merusak dan menggangu ketertiban dan ketenangan lingkungan masyarakat. (3) Pelajar hanya bisa berpangku tangan. (4) Anggapan seperti itulah yang akhirnya rnenyebabkan munculnya paradigma masyarakat yang mengungkapkan bahwa tugas pelajar yang baik adalah belajar dengan tekun.

Makna ungkapan dalam kalimat nomor (3) pada paragraf tersebut adalah ... .

A.        bermain-main                                              

B.         bercanda

C.         bersukaria               

D.        bermalas-malasan

E.         bersenang-senang

CONTOH SOAL PPG 2018

Kemendikbud melalui Dirjen GTK telah mengumumkan terkait PPG 2018 melalui akun SIM PKB. Dirjen GTK mengundang Guru calon PPG melalui akun SIM PKB. Tidak semua Guru yang belum sertifikasi mendapatkan mendapatkan undangan untuk mengikuti PPG 2017. Kegiatan pendataan dimulai sejak tanggal 1 November sampai dengan 20 November 2017. Pendataan calon peserta PPG dalam jabatan ini diprioritaskan untuk guru yang telah memenuhi persyaratan.
Rangkaian persiapan PPG 2018 sudah dilakukan GTK sejak November 2017 ini. Ada 500rb guru yang terundang mengikuti Seleksi Calon Peserta PPG 2018 berdasarkan data dapodik yang memenuhi syarat.
Syarat umum seorang guru menjadi peserta seleksi PPG 2018 yaitu:

1.        Belum Sertifikasi
2.        Harus S1/D4
3.        Harus PNS, GTY atau Guru Honor Daerah
4.        Tmt dibawah 31 Des 2015
5.        Belum pensiun, usia paling tua kelahiran tahun 60, usia paling muda kelahiran '95 (asumsi sudah lulus S1)
6.        Tidak harus memiliki NUPTK
7.        *Punya no.peserta UKG dan harus masuk SIM PKB *
Semua syarat diambil dari Dapodik per tanggal 31 Juli 2017
Tahapan seorang guru menjadi peserta seleksi PPG 2018 :

1.        Pemberitahuan di SIM-PKB, peserta mengisi form isian, menentukan bidang studi yg akan diikuti dalam PPG 2018 dan mengunggah Ijazah S1
2.        Setelah mendaftar, data akan diverifikasi oleh LPMP untuk ditolak atau dijadikan calon peserta seleksi PPG 2018
3.        Peserta seleksi PPG 2018 harus mengikuti ujian seleksi (mulai tanggal 25, lokasi menyusul akan diinfokan GTK)
4.        Jika lolos seleksi, baru GTK pilah untuk diundang pelaksanaan PPG di tahun 2018
5.        Pendataan ini hanya dilakukan dari tanggal 1 - 20 November 2017. Tahapan yang ada di tahun 2017 ini hanya merupakan seleksi guru-guru mana saja yang layak mengikuti PPG 2018 . Jika tidak layak, menunggu pendataan kembali ditahun depan.
Untuk mengukur dan menilai kompetensi guru pada umumnya berupa soal-soal pedagogik dan profesional (bidang studi) yang dikembangkan dari permendiknas nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. 

KISI-KISI SOAL PPG 
KLIK DI SINI
Berikut ini akan disajikan soal-soal persiapan ujian seleksi PPG tahun 2018 kompetensi pedagogic.

BACA JUGA: SOAL URAIAN PEDAGOGIK

100 SOAL PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPG 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK


1.      Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.


Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....


A.    kemampuan kognitif
B.     kemampuan interaksional
C.     kemampuan integrasi diri
D.    kemampuan komunikatif
2.        Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A.      kemampuan berkomunikasi
B.       Kemampuan untuk memecahkan masalah
C.       kemampuan berinteraksi
D.      kemampuan untuk mengintegrasikan diri
3.        Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A.      0 - 2 tahun
B.       2 -- 7 tahun
C.       7 -- 11/12 tahun
D.      11/12/ -- 14/15 tahun
4.        Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A.      Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B.       Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C.      Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D.      Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

5.        Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A.      Kognitif
B.       Sosial
C.      Emosional
D.      moral
6.        Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A.      sosial-emosional
B.       kognitif
C.       moral
D.      spiritual 
7.             Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
A.      penalaran pascakonvensional
B.       penalaran konvensional
C.       penalaran prakonvensional
D.      penalaran interkonvensional

8.        Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
A.      Prakonvensional
B.       Konvensional
C.      Pascakonvensional
D.      Interkonvensional
9.        Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A.      mengemukakan gagasan
B.       mengaktualisasikan diri
C.       penciptaan hubungan yang baik
D.      menformulasikan tindakan
10.    Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat

D. emosional dan kepribadian

TUTOR PENGISIAN E-RAPORT

Dirjen Pendis Kementerin Agama telah merilis Petunjuk pengisian aplikasi Emis Rapor Siswa Kemenag (Pendataan Nilai Rapor). Petunjuk aplikasi ini menandai diberlakukannya aplikasi pendataan nilai raport untuk murid madrasah melalui aplikasi emis.


1. Download Petunjuk Pendataan Nilai Rapor

Sebagai panduan, Tim Emis Pendis Kemenag telah menyusun dan mengpload Petunjuk Pendataan Nilai Rapor dalam bentuk file PDF.

Petunjuk cara pengisian Aplikasi Pendataan Nilai Rapor untuk Murid Madrasah dapat diunduh langsung di website Verval UN Kemenag dengan terlebih dahulu login dengan menggunakan akun lembaga masing-masing.

Untuk mengunduhnya, caranya adalah:

Masuk ke situs Verval UN Kemenag di alamat http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun/index.php
Login dengan email dan password akun lembaga masing-masing
Klik menu Download hingga terbuka sub-menunya
Klik submenu Aplikasi Raport - Petunjuk

Download Petunjuk Pendataan Nilai Rapor

UPDATE 17 MEI 2017

Terhitung mulai hari ini, pengunduhan aplikasi Emis Raport tidak melalui situs Verval UN melainkan berganti ke situs Emis SDM.

Untuk mengunduh aplikasi ini, silakan:

Masuk ke situs Emis SDM di http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/index.php
Masukkan username (email) dan password masing-masing
Klik menu "Rupa-rupa"
Klik "Unduh Aplikasi/Dokumen"
Klik :
Aplikasi Update MA/MTs/MI untuk mengunduh Patch
Aplikasi Raport MA/MTs/MI untuk mengunduh Aplikasi Emis Raport
Juknis Aplikasi Raport MA/MTs/MI untuk mengunduh Petunjuk Pengisian

2. Mirror Download Petunjuk Pendataan Nilai Rapor

Jika kesulitan masuk ke situs Emis Pendis Verval UN Kemenag, silakan download petunjuk dan cara pengisian Aplikasi Pendataan Nilai Rapor tersebut melalui mirror download yang Admin sediakan.


Petunjuk Pengisian untuk MI
Petunjuk Pengisian untuk MTs (Revisi 17 Mei 2017)
Petunjuk Pengisian untuk MA (Revisi 17 Mei 2017)

Catatan, ketiga petunjuk untuk masing-masing jenjang sebenarnya sama saja isinya.

3. Download Aplikasi Pendataan Nilai Rapor

Sedangkan untuk mengunduh aplikasi emis raport (Pendataan Nilai Rapor) tersebut caranya hampir sama silahkan mengunduh melalui situs resmi Verval UN Kemenag.

4. Tutorial Cara Pengisian Emis Rapor

Untuk membantu para operator madrasah dan guru madrasah dalam mengoperasikan (melakukan pengisian) Aplikasi ini, Admin telah membuat artikel tentang panduan tutorial pengisiannya secara step by step dengan dilengkapi gambar dan video.

Untuk melihat tutorial mengerjakan Aplikasi Raport Emis silahkan play video berikut:


TUTORIAL CARA MENGISI DATA RAPOR EMIS PART II


Sedangkan Alamat-Alamat Emis dapat anda klik pada Link berikut
1. Emis SDM Link
2. Emis Data Peserta UN Link
3. Emis Data Siswa Personil dan Lembaga I Link