Thursday, June 13, 2013

SKENARIO PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP


Sebelum seorang guru mengajar di kelas, alangkah bijaksananya sebelumnya menyiapkan terlebih dahulu bahan materi yang akan diajarkan guru kepada siswanya. Selain itu guru juga harus menyusun skenario proses KBM dari mulai awal sampai akhir. Biasanya guru mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai atau pada hari kemarinnya. Skenario pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia ini untuk siswa kelas VII semester II dan untuk SK/KD Menulis Puisi Lama Berkenaan Dengan Keindahan Alam. 
Adapun skenario peran seorang guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa di kelas adalah sebagai berikut : 
  1. Guru mempersiapkan buku materi dan bahan ajar puisi lama antara lain sebagai berikut :
                           a)         Buku teks materi Bahasa Indonesia Kelas VII.
                           b)         Puisi lama yang berkaitan dengan keindahan alam.
                           c)         Gambar pemandangan alam. Ini dikarenakan agar siswa dapat melihat gambar ini untuk bahan materi pembuatan puisi.
                           d)         Majalah/ Koran yang berkaitan dengan penulisan puisi lama.
                           e)         Pemandangan alam di sekitar sekolah.
  1. Guru berangkat dari rumah sekitar pukul 6.30 pagi sebelum bel tanda masuk sekolah berbunyi.
  2. Biasakan guru datang lebih awal untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk memperlancar KBM. Dengan datang lebih awal akan mempersiapkan mental psikologis seorang guru sebelum berhadapan dengan siswanya.
  3. Tanda bel masuk berbunyi. Guru harus datang ke kelas untuk mengajar kira-kira 2 menit setelah bel masuk berbunyi. Ini dikarenakan agar semua siswa masuk semua ke kelas dan duduk rapih.
  4. Biasakan sebagai umat muslim kita membacakan salam sebelum masuk kelas.
  5. Guru masuk kelas dan duduk. Setelah itu siswa membacakan doa sebelum pelajaran dimulai.
  6. Guru membuka buku daftar hadir siswa untuk mengabsen siswa satu-satu. Ini bertujuan agar dapat menandai siswa yang hadir dan yang terlambat hadir dapat diketahui.
  7. Sebelum materi pelajaran selanjutnya dimulai, guru menyisihkan waktu 10 menit untuk mengulang kembali materi pelajaran yang kemarin. Kegiatan ini bertujuan agar siswa tidak lupa dengan apa yang telah diajarkan guru kemarin kepada siswa. Adapun beberapa cara mengstimulus siswa antara lain :
                           a)         Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang kemarin diberikan.
                           b)         Guru mengecek tugas PR siswa yang diberikan kemarin. Ini agar siswa selama di rumah dapat belajar pelajaran yang sudah diberikan, meskipun di luar jam sekolah.
  1. Setelah itu kemudian guru melanjutkan materi pelajaran baru dengan syarat siswa mampu menerima pelajaran yang diberikan guru. Jangan sampai materi yang diberikan guru berlebihan, lebih baik setahap demi setahap agar siswa mampu mengikutinya. Untuk itu guru wajib membuat indicator-indikator hasil belajar siswa. Dalam materi menulis puisi lama berkenaan dengan keindahan alam guru membuat indicator antara lain sebagai berikut :
a)     Siswa mampu menulis puisi lama.
b)     Siswa mampu mengenal macam-macam puisi lama.
c)      Siswa mampu menulis larik-larik puisi lama dengan benar.
d)     Siswa mampu menyunting puisi lama hasil karya sendiri.
  1. Dalam proses KBM guru diberikan kebebasan dalam memilih metode apa yang sesuai untuk siswanya. Tetapi kebanyakan guru menggunakan metode ceramah kira-kira 60%. Ini masih dianggap wajar tetapi jangan sampai siswa terus-terus diberikan materi oleh guru. Seharusnya siswa yang mencari sendiri permasalahannya, ini sesuai dengan metode pembelajaran teori konstruktivistik yang menjadikan siswa kreatif. Dalam hal ini materi pelajaran menulis puisi lama menggunakan metode yang diberikan antara lain :
                           a)         Metode ceramah, ini dimaksudkan siswa sebelum menulis puisi lama dapat mendengarkan penjelasan guru tentang puisi lama itu sendiri, bagaimana cara membuatnya dan jenis-jenis puisi lama.
                           b)         Metode diskusi, ini bertujuan agar siswa dapat bekerja sama dengan teman-temannya dalam forum diskusi sederhana. Dan ini juga agar siswa dapat mandiri sesuai dengan KTSP yaitu siswa sebagai Student Centre dan guru hanya sebagai fasilitator.
  1. Dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia, guru bahasa dalam menyampaikan materi harus sesuai dengan kurikulum yang mencakup komponen kemampuan berbahasa dan sastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
ü  Mendengarkan
ü  Berbicara
ü  Membaca
ü  Menulis
  1. Dalam hal ini menulis puisi lama berkenaan dengan keindahan alam guru mengelompokan beberapa siswa menjadi beberapa kelompok yang masing-masing anggotanya 5 orang siswa. Ini bertujuan untuk :
                                 a)         Siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan masalah pelajaran.
                                 b)         Siswa dapat berbagi ilmu dengan teman-temannya dalam hal ini tentang menulis puisi lama.
  1. Agar siswa tidak cepat bosan dengan menulis puisi lama, guru mengajak siswa ke luar kelas dan mencari bahan untuk menulis puisi lama dengan melihat keindahan alam di sekitar sekolah dengan memberikan waktu sekitar 15 menit.
  2. Setelah siswa mendapatkan bahan untuk menulis puisi lama, guru mengumpulkan siswa kembali di dalam kelas untuk proses selanjutnya yaitu membuat puisi lama.
  3. Guru mengumpulkan pekerjaan siswa dan mengevaluasinya. Adapun beberapa evaluasi/ penilaian yang diberikan guru antara lain :
·         Jenis Tes :
a)     Tes tertulis : Membuat puisi lama.
b)     Tes lisan : Membacakan puisi lama hasil suntingan sendiri.
·         Bentuk Tes :
a)     Objektif
b)     Uraian
  1. Guru setelah memberikan KBM memberikan waktu 5 menit kepada siswa sebelum pelajaran berakhir untuk bertanya kepada guru yang tidak mengerti dalam proses KBM tadi.
  2. Untuk mencegah siswa melakukan kegiatan yang tidak bermangfaat di luar jam sekolah, siswa diberikan pekerjaan rumah berupa kerja kelompok atau individu untuk mencari jenis-jenis puisi lama.
  3. Sebelum bel tanda berakhirnya jam pelajaran, siswa kembali diabsen bertujuan agar tidak ada siswa yang bolos melarikan diri pada waktu pelajaran tadi.
  4. Guru keluar kelas dengan mengucapkan salam.

Itu merupakan skenario seorang guru SMP kelas VII semester II dalam proses awal persiapan seorang guru sebelum mengajar sampai proses KBM dimulai dan berakhir. Dalam hal ini materi yang diberiakan sesuai dengan SK/KD yaitu Menulis Puisi lama berkenaan dengan keindahan alam.

No comments: