PENDAHULUAN
I. PENDAHULUAN
Perpustakaan sekolah adalah
perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh
sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai
tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya……(Sulistyo Basuki,
1993). Di samping itu dalam penjelasan undang-undang pendidikan Nasional kita,
di sebutkan bahwa satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan
satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah
perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat
pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau
manajemen yang tepat dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar
terwujud. Namun masalahnya sekarang adalah tidak sedikit perpustakaan sekolah
yang pengelolaannya masih kurang propesional. Walaupun sudah baik, bagaimana
perpustakaan sekolah mampu memenuhui kebutuhan penggunanya akan berbagai
pengetahuan dan informasi secara mudah dan cepat di era globalisasi saat ini.
Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi managemen perpustakaan dengan
menanfaatkan komputer. Akan tetapi mampukah para pengelola perpustakaan
terutama kepala sekolah sebagai Stake holder di sekolah mewujudkan perpustakaan
sekolah yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan menggunakan aplikasi?
Perpustakaan sebagai jantung sebuah
lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang
strategis guna merealisaikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususunya
kepala sekolah haru memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di
sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas,
barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain saat tidak ada KBM. Hal
inilah tentunyan sangat ironis dan tidak mendidik.
Dari berbagai sudut pemikiran
diatas, perpustakaan SMP Negeri 45
Jakarta.berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi
perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi misi sekolah. Berbagai
program dan terobosan yang di rencanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang
lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai bentuk center of knowledge dapat
terealiasi secara optimal.
B. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Selain untuk
mengaktualisasi UU No. 2 Tahun 1989 Pasal 35 tersebut, Perpustakaan Sekolah
mempunyai tujuan utama yaitu membantu proses belajar mengajar disekolah agar
para pendidik, para tenaga kependidikan dan para peserta didik mendapat
kemudahan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dipelajari.
C. FUNGSI PERPUSTAKAAN
Perpustakaan
Sekolah juga mempunyai fungsi yang sangat strategis sebagaimana Surat Keputusan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 108/1981 tentang Pokok-pokok Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan
Perpustakaan di Indonesia. Menurut
Surat Keputusan tersebut Perpustakaan Sekolah mengembangkan fungsi sebagai
berikut :
1. Sebagai pusat kegiatan belajar
mengajar.
2. Sebagai pusat penelitian
sederhana.
3. Sebagai pusat sarana belajar
mandiri dan meningkatkan minat baca.
4. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan
peserta didik.,
5. Sebagai Tempat Rekreasi
6. Sebagai
Pusat Dokumentasi dan Informasi (PUSDOKINFO)..
D. VISI DAN MISI PERPUSTAKAAN
1. Visi
Perpustakaan SMP Negeri 45 Jakarta adalah:
“Berperan sebagai pusat
sumber informasi untuk mewujudkan dan menciptakan insan berprestasi, berbudaya,
terampil, dan bertaqwa serta mampu menggali ilmu, pengetahuan, dan teknologi
melalui budaya baca”
2. Misi
Perpustakaan SMP Negeri 45 Jakarta adalah:
1.
Menjadikan Perpustakaan sebagai jantung pendidikan
sekolah untuk menciptakan mutu pendidikan yang unggul.
2.
Menjadikan budaya membaca sebagai bagian dari iman.
3.
Memberikan layanan informasi dalam mengoptimalkan mutu
pendidikan sekolah untuk menghasilkan peserta didik yang berprestasi.
4.
Melatih anak didik agar dapat mencari, dan
memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna untuk mendapatkan informasi yang
diinginkan.
5.
Mengembangkan koleksi sebagai sumber informasi yang
berorientasi kebutuhan penguna.
6.
Menumbuh kembangkan pembelajaran aktif, kreatif,
efektif dan semangat berprestasi kepada seluruh anak didik secara mandiri.
7.
Menjadikan perpustakaan sebagai tempat sumber belajar
mandiri dan memecahkan masalah yang dihadappi dengan penuh tanggung jawab.
3.
Motto:
“MAKE A LIBRARY AS YOUR THIRD PLACE
FOR STUDY, BESIDE HOME AND
SCHOOL, AND MAKE READING AS ALONG LIFE LEARNING”
“Jadikanlah
perpustakaan sebagai tempat ketiga belajarmu, setelah rumah dan sekolah. Dan
jadikanlah membaca sebagai pembelajaran sepanjang hayat”
E. KEDUDUKAN PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 45
Jakarta
Keberadaan
Perpustakaan SMP Negeri 45
Jakarta seiring dengan berdirinya SMP Negeri 45 Jakarta dan termasuk ke dalam
jenis Perpustakaan Sekolah yang statusnya telah diakui.
Organisasi
Intern Perpustakaan SMP Negeri 45 Jakarta yaitu dibawah Pembinaan Kepala
Sekolah dengan seorang Koordinator sebagai Penanggung jawabnya.
Adapun Organisasi Ekstern dengan Organisasi Induknya keberadaan masih dalam
satu lingkungan, yaitu lingkungan SMP Negeri 45 Jakarta hingga daya jangkau
pelayanan Perpustakaan masih dapat dimungkinkan.
Perpustakaan
SMP Negeri 45 Jakarta melayani sirkulasi peminjaman bahan pustaka untuk seluruh
warga sekolah: tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik dengan
otomasi perpustakaan berbasis digital yang akan dikembangkan mulai tahun ini
(2020-2021).
F. SARANA
PRASARANA
Perpustakaan
SMP Negeri 45 Jakarta telah mempunyai sarana prasarana pendukung yang sudah memadai untuk saat
ini. Dan sedikit demi sedikit akan ditingkatkan sehingga menjadi
sebuah perpustakaan yang representatif yang mampu melayani para pengguna
jasanya sesuai dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang.
G. KOLEKSI
Untuk data Koleksi saat ini masih belum diketahui jumlahnya
karena kami masih sedang mengadakan Stock opname.
PERSONALIA DAN TUGAS PERSONALIA
H. PERSONALIA
Untuk mengimplementasikan kebijakan pemerintah dan
tercapainya tujuan dan fungsi Perpustakaan Sekolah khususnya Tujuan dan Fungsi
Perpustakaan SMP Negeri 45 Jakarta, maka pengelola
perpustakaan dibagi sebagai berikut :
1. Pembinaan / Penanggung Jawab : MOH.
HIDAYAT, S.Pd
2. Kepala Perpustakaan
: SRI NURYANINGSIH, S.Pd
3. Pustakawan : DHARMAWAN
W.U, Ama IP
Untuk Struktur
Organisasi Perpustakaan dan SK Pengelola Perpustakaan terlampir.
I. TUGAS PERSONALIA
1.
Pembina / Penanggung Jawab :
a. Bertanggung jawab secara umum agar Perpustakaan dapat
berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan Undang-undang No.2 Tahun 1989
Pasal 3 tentang Penyelenggaraan Pendidikan.
b. Memberikan pembinaan melalui kursus-kursus atau
mengikutsertakan Petugas Perpustakaan dalam Pelatihan-pelatihan yang diadakan
oleh Dinas Pendidikan, Kantor Perpustakaan Daerah, Perpustakaan Nasional untuk
meningkatkan Skill petugas perpustakaan.
c. Mengalokasikan Dana Perpustakaan untuk :
Ø Perbaikan
sarana / ruang Perpustakaan.
Ø Menambah
Koleksi Perpustakaan baik buku ataupun non buku.
Ø Meningkatkan
pelayanan perpustakaan dengan
menggunakan otomasi perpustakaan
berbasis digital..
2. Kepala Perpustakaan :
a. Sebagai Koordinator Perpustakaan
bertugas :
Ø Membuat Program Perpustakaan baik
jangka pendek, menengah dan jangka panjang.
Ø Mengadakan kerjasama dengan Perpustakaan
Umum baik Kabupaten, Propinsi atau nasional dan Perpustakaan Sekolah lainnya.
Ø Membuat Laporan Pertanggung jawaban Pelaksanaan Perpustakaan
setiap tahunnya.
b. Sebagai
Bagian Pengadaan Bahan Pustaka, bertugas :
Ø Menyusun rencana pengadaan
bahan-bahan pustaka.
Ø Mengadakan pembelian bahan-bahan
pustaka.
Ø Mengajukan permohonan penambahan
buku ke dinas pendidikan.
C Sebagai Bagian Pengolahan Bahan Pustaka, bertugas :
Ø Membuat Buku Induk Perpustakaan.
Ø Mengklasifikasi Bahan Pustaka.
Ø Membuat katalogisasi Bahan Pustaka.
Ø Membuat Grafik Pengunjung, Peminjam
dan Buku yang Dipinjam.
Ø Membuat Pelayanan Informasi.
3.
Pustakawan :
a. Melayani pengguna Perpustakaan
baik peminjam / pengunjung / pembaca perpustakaan.
b. Menyusun bahan pustaka agar
sesuai dengan kelasnya.
c. Menghitung jumlah Pengunjung /
Pembaca / Peminjam Buku Perpustakaan setiap hari.
d. Mendata keluar masuknya Koran /
Majalah.
e. Membuat Buku Induk Perpustakaan.
f. Menyusun Buku sesuai dengan
Klasifikasinya.
g. Pengecapan, penyampulan buku
Perpustakaan.
h. Membantu bagian Pelayanan.
4. Kerja Rutin Harian :
a. Memberi stempel pada buku-buku yang baru.
b. Mengklasifikasi buku.
c. Memasang Label Buku.
d. Memasang sampul buku.
e. Menginventarisasikan di Buku Induk.
f. Mengisi Buku Pengolahan Katalogisasi Deskripsi.
g. Membuat Katalogisasi.
h. Memasukaan buku pada rak, almari yang telah ditentukan
menurut Sistem DDC.
i. Mencatat Statistik Harian.
j. Melayani Sirkulasi Peminjaman dan
Pengembalian Koleksi Perpustakaan.
k. Merawat buku-buku yang rusak dan
penjilidan.
l. Mengarsip Karya Tulis siswa.
m.Mengarsip Kliping Siswa.
PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN
SEKOLAH
Rencana kerja perpustakaan
sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu
pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah.
Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan
belajar mengajar yang efektif dan efisien.
PROGRAM KERJA BULANAN
BULAN |
PROGRAM KERJA |
Juli |
· *
Mendata Ulang fasilitas penunjang perpustakaan · *
Pengolahan bahan pustaka yang baru · *
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul · *
Mendata ulang koleksi buku perpustakaan dan buku paket · *
Mendata buku yang rusak dan hilang · *
Memperbaiki buku yang rusak · *
Melayani pendaftaran anggota baru |
Agustus |
· *
Pengolahan bahan pustaka yang baru · *
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul · *
Memperbaiki buku yang rusak · *
Melayani pendaftaran anggota baru · *
Melayani peminjaman dan pengembalian · *
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman · *
Membuat laporan bulanan |
September |
· *
Pengolahan bahan pustaka yang baru · *
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul · *
Memperbaiki buku yang rusak · *
Melayani pendaftaran anggota baru · *
Melayani peminjaman dan pengembalian · *
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman · *
Membuat laporan bulanan |
Oktober |
·
* Pengolahan bahan pustaka yang baru · *
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul · *
Memperbaiki buku yang rusak · *
Melayani pendaftaran anggota baru · *
Melayani peminjaman dan pengembalian · *
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman · *
Membuat laporan bulanan |
Nopember |
· *
Pengolahan bahan pustaka yang baru · *
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul · *
Memperbaiki buku yang rusak · *
Melayani pendaftaran anggota baru · *
Melayani peminjaman dan pengembalian · *
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman · *
Membuat laporan bulanan |
Desember |
· *
Pengolahan bahan pustaka yang baru · *
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul · *
Memperbaiki
buku yang rusak · *
Melayani pendaftaran anggota baru · *
Melayani peminjaman dan pengembalian · *
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman · *
Membuat laporan bulanan dan semester pertama |
Januari |
· *
Pengolahan bahan pustaka yang baru · *
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul · *
Memperbaiki buku yang rusak · *
Melayani pendaftaran anggota baru · *
Melayani peminjaman dan pengembalian · *
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman · *
Membuat laporan bulanan |
Februari |
· *
Pengolahan bahan pustaka yang baru · *
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor
punggung buku, Sampul · *
Memperbaiki buku yang rusak · *
Melayani pendaftaran anggota baru · *
Melayani peminjaman dan pengembalian · *
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman · *
Membuat laporan bulanan |
Maret |
· *
Pengolahan bahan pustaka yang baru · *
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul · *
Memperbaiki buku yang rusak · *
Melayani pendaftaran anggota baru · *
Melayani peminjaman dan pengembalian · *
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman · *
Membuat laporan bulanan |
April |
· *
Pengolahan bahan pustaka yang baru · *
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul · *
Memperbaiki buku yang rusak · *
Melayani pendaftaran anggota baru · *
Melayani peminjaman dan pengembalian · *
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman · *
Membuat laporan bulanan |
Mei |
· *
Pengolahan bahan pustaka yang baru · *
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul · *
Memperbaiki buku yang rusak · *
Melayani pendaftaran anggota baru · *
Melayani peminjaman dan pengembalian · *
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman · *
Membuat laporan bulanan |
Juni |
· *
Pengolahan bahan pustaka yang baru · *
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor
punggung buku, Sampul · *
Memperbaiki buku yang rusak · *
Melayani pendaftaran anggota baru · *
Melayani peminjaman dan pengembalian · *
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman · *
Melayani peminjaman dan pengembalian buku paket · *
Membuat laporan bulanan, semester kedua dan tahunan |
PROGRAM JANGKA PENDEK
1.
Melakukan stock opname (Agustus – Desember 2020).
2. Menyediakan
dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan;
3.
Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan system tertentu sehingga
memudahkan penggunaannya dan pengelola
perpustakaan.
4. Melaksanakan
layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik;
5. Meningkatkan
minat baca murid, guru, dan pegawai;
6.
Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan
pengguna layanan perpustakaan;
7.
Pembuatan proposal permintaan buku, majalah, jurnal pada beberapa
lembaga/instansi/penerbit tertentu;
8. Memelihara
bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak.
9. Menerbitkan
kartu perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana;
10.
Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan : kartu buku, kantong, lebeling,
katalog buku,
dll
11.
Inventarisasi, klasifikasi dan
katalogisasi bahan pustaka;
12. Entry
data anggota perpustakaan Berbasis IT
13. Pelayanan peminjaman buku perpustakaan
Berbasis IT
14. Penerbitan Surat Tanda Bebas Perpustakaan
(STBP) bagi siswa kelas I X sebagai syarat pengambilan Ijazah dan kelas 7 – 8 untuk pengambilan
raport.
15.
Memperbanyak koleksi e-book.
SARANA YANG DIBUTUHKAN :
1. Menyediakan sampul plastik.
2. Website..
3. Penambahan meja dan kursi petugas
perpustakaan.
4. Skotlite 12 warna.
5. Penambahan koleksi digital.
6. Komputer fortable 2 unit.
7. Pengadaan AC
PROGRAM JANGKA PANJANG
1. Menerapkan E-Library
2.
Merealisasikan qualitas dan quantitas buku minimal 3.000 judul dengan 6.000.
eks pada tahun 2021.
3. Terciptanya
ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.
4. Peminjaman dan pengembalian berbagai jenis
buku Pelajaran, Koleksi perpustakaan dan CD pembelajaran
5. Multimedia (TV, VCD/DVD ), dll
6. Pemutaran Film-film / CD/DVD pembelajaran.
7.
Penambahan AC.
8. Internet
9. Mengikuti beberapa lomba perpustakaan sekolah,
baik tingkat kabupaten, provinsi atau
Nasional dan menjadikan perpustakaan contoh se Jakarta Barat.
STRUKTUR ORGANISASI
1.
Pembina Perpustakaan
: Moh. Hidayat, S.Pd
2.
Kepala Perpustakaan
: Sri Nuryaningsih, S.Pd
3.
Pengelola : Dharmawan W.U,
Ama IP
PENUTUP
Program kerja perpustakaan SMPN 45 Jakarta ini merupakan acuan, pedoman dan rencana untuk
1 tahun. Program kerja ini diharapkan dapat menjadi titik awal kemajuan
perpustakaan SMPN 45 Jakarta. Peran serta semua pihak sangat berpengaruh pada
realisasi program ini. Karenanya, diharapkan semua pihak dapat terlibat baik
secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka merealisasikan berbagai
program yang telah dibuat.
Mengetahui ; Jakarta,
2 Juli 2020
Kepala SMP Negeri 45 Kepala
Perpustakaan
Moh. Hidayat, S.Pd Sri Nuryaningsih.
SPd
NIP.196407311989031008 NIP.196702242017082001
gharabgsyiu