Thursday, December 17, 2020

PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH

 

PENDAHULUAN

I. PENDAHULUAN

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya……(Sulistyo Basuki, 1993). Di samping itu dalam penjelasan undang-undang pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang adalah tidak sedikit perpustakaan sekolah yang pengelolaannya masih kurang propesional. Walaupun sudah baik, bagaimana perpustakaan sekolah mampu memenuhui kebutuhan penggunanya akan berbagai pengetahuan dan informasi secara mudah dan cepat di era globalisasi saat ini. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi managemen perpustakaan dengan menanfaatkan komputer. Akan tetapi mampukah para pengelola perpustakaan terutama kepala sekolah sebagai Stake holder di sekolah mewujudkan perpustakaan sekolah yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan menggunakan aplikasi?

Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisaikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususunya kepala sekolah haru memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain saat tidak ada KBM. Hal inilah tentunyan sangat ironis dan tidak mendidik.

Dari  berbagai sudut pemikiran diatas, perpustakaan SMP Negeri 45 Jakarta.berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang di rencanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai bentuk center of knowledge dapat terealiasi secara optimal.

B. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Selain untuk mengaktualisasi UU No. 2 Tahun 1989 Pasal 35 tersebut, Perpustakaan Sekolah mempunyai tujuan utama yaitu membantu proses belajar mengajar disekolah agar para pendidik, para tenaga kependidikan dan para peserta didik mendapat kemudahan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dipelajari.

 

C. FUNGSI PERPUSTAKAAN

Perpustakaan Sekolah juga mempunyai fungsi yang sangat strategis sebagaimana Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 108/1981 tentang Pokok-pokok Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan di Indonesia. Menurut Surat Keputusan tersebut Perpustakaan Sekolah mengembangkan fungsi sebagai berikut :

1. Sebagai pusat kegiatan belajar mengajar.

2. Sebagai pusat penelitian sederhana.

3. Sebagai pusat sarana belajar mandiri dan meningkatkan minat baca.

4. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta didik.,

5. Sebagai Tempat Rekreasi

6. Sebagai Pusat Dokumentasi dan Informasi (PUSDOKINFO)..

D. VISI DAN MISI PERPUSTAKAAN

1. Visi Perpustakaan SMP Negeri 45 Jakarta  adalah:

Berperan sebagai pusat sumber informasi untuk mewujudkan dan menciptakan insan berprestasi, berbudaya, terampil, dan bertaqwa serta mampu menggali ilmu, pengetahuan, dan teknologi melalui budaya baca

2. Misi Perpustakaan SMP Negeri 45 Jakarta adalah:

1.      Menjadikan Perpustakaan sebagai jantung pendidikan sekolah untuk menciptakan mutu pendidikan yang unggul.

2.      Menjadikan budaya membaca sebagai bagian dari iman.

3.      Memberikan layanan informasi dalam mengoptimalkan mutu pendidikan sekolah untuk menghasilkan peserta didik yang berprestasi.

4.      Melatih anak didik agar dapat mencari, dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

5.      Mengembangkan koleksi sebagai sumber informasi yang berorientasi kebutuhan penguna.

6.      Menumbuh kembangkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan semangat berprestasi kepada seluruh anak didik secara mandiri.

7.      Menjadikan perpustakaan sebagai tempat sumber belajar mandiri dan memecahkan masalah yang dihadappi dengan penuh tanggung jawab.

  3. Motto:

“MAKE A LIBRARY AS YOUR THIRD PLACE FOR STUDY, BESIDE HOME AND

   SCHOOL, AND MAKE READING AS ALONG LIFE LEARNING”

“Jadikanlah perpustakaan sebagai tempat ketiga belajarmu, setelah rumah dan sekolah. Dan jadikanlah membaca sebagai pembelajaran sepanjang hayat”

E. KEDUDUKAN PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 45 Jakarta

Keberadaan Perpustakaan SMP Negeri 45 Jakarta seiring dengan berdirinya SMP Negeri 45 Jakarta dan termasuk ke dalam jenis Perpustakaan Sekolah yang statusnya telah diakui.

Organisasi Intern Perpustakaan SMP Negeri 45 Jakarta yaitu dibawah Pembinaan Kepala Sekolah dengan seorang Koordinator sebagai Penanggung jawabnya. Adapun Organisasi Ekstern dengan Organisasi Induknya keberadaan masih dalam satu lingkungan, yaitu lingkungan SMP Negeri 45 Jakarta hingga daya jangkau pelayanan Perpustakaan masih dapat dimungkinkan.

Perpustakaan SMP Negeri 45 Jakarta melayani sirkulasi peminjaman bahan pustaka untuk seluruh warga sekolah: tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik dengan otomasi perpustakaan berbasis digital yang akan dikembangkan mulai tahun ini (2020-2021).

F. SARANA PRASARANA

Perpustakaan SMP Negeri 45 Jakarta telah mempunyai sarana prasarana pendukung yang sudah memadai untuk saat ini. Dan sedikit demi sedikit akan ditingkatkan sehingga menjadi sebuah perpustakaan yang representatif yang mampu melayani para pengguna jasanya sesuai dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang.

 

G. KOLEKSI

Untuk data Koleksi saat ini masih belum diketahui jumlahnya karena kami masih sedang mengadakan Stock opname.

PERSONALIA DAN TUGAS PERSONALIA

 

H. PERSONALIA

Untuk mengimplementasikan kebijakan pemerintah dan tercapainya tujuan dan fungsi Perpustakaan Sekolah khususnya Tujuan dan Fungsi Perpustakaan SMP Negeri 45 Jakarta, maka pengelola perpustakaan dibagi sebagai berikut :

1. Pembinaan / Penanggung Jawab :  MOH. HIDAYAT, S.Pd

2. Kepala Perpustakaan                   :  SRI NURYANINGSIH, S.Pd

3. Pustakawan                                  :  DHARMAWAN W.U, Ama IP

Untuk Struktur Organisasi Perpustakaan dan SK Pengelola Perpustakaan terlampir.

I. TUGAS PERSONALIA

1. Pembina / Penanggung Jawab :

a. Bertanggung jawab secara umum agar Perpustakaan dapat berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan Undang-undang No.2 Tahun 1989 Pasal 3 tentang Penyelenggaraan Pendidikan.

b. Memberikan pembinaan melalui kursus-kursus atau mengikutsertakan Petugas Perpustakaan dalam Pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan, Kantor Perpustakaan Daerah, Perpustakaan Nasional untuk meningkatkan Skill petugas perpustakaan.

c. Mengalokasikan Dana Perpustakaan untuk :

Ø Perbaikan sarana / ruang Perpustakaan.

Ø Menambah Koleksi Perpustakaan baik buku ataupun non buku.

Ø Meningkatkan pelayanan perpustakaan  dengan menggunakan otomasi    perpustakaan berbasis digital..

  2. Kepala Perpustakaan :

a. Sebagai Koordinator Perpustakaan bertugas :

Ø Membuat Program Perpustakaan baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Ø Mengadakan kerjasama dengan Perpustakaan Umum baik Kabupaten, Propinsi atau nasional dan Perpustakaan Sekolah lainnya.

Ø Membuat Laporan Pertanggung jawaban Pelaksanaan Perpustakaan setiap tahunnya.

b. Sebagai Bagian Pengadaan Bahan Pustaka, bertugas :

Ø Menyusun rencana pengadaan bahan-bahan pustaka.

Ø Mengadakan pembelian bahan-bahan pustaka.

Ø Mengajukan permohonan penambahan buku ke dinas pendidikan.

C Sebagai Bagian Pengolahan Bahan Pustaka, bertugas :

Ø Membuat Buku Induk Perpustakaan.

Ø Mengklasifikasi Bahan Pustaka.

Ø Membuat katalogisasi Bahan Pustaka.

Ø Membuat Grafik Pengunjung, Peminjam dan Buku yang Dipinjam.

Ø Membuat Pelayanan Informasi.

3. Pustakawan :

a. Melayani pengguna Perpustakaan baik peminjam / pengunjung / pembaca perpustakaan.

b. Menyusun bahan pustaka agar sesuai dengan kelasnya.

c. Menghitung jumlah Pengunjung / Pembaca / Peminjam Buku Perpustakaan setiap hari.

d. Mendata keluar masuknya Koran / Majalah.

e. Membuat Buku Induk Perpustakaan.

f. Menyusun Buku sesuai dengan Klasifikasinya.

g. Pengecapan, penyampulan buku Perpustakaan.

h. Membantu bagian Pelayanan.

4. Kerja Rutin Harian :

a. Memberi stempel pada buku-buku yang baru.

b. Mengklasifikasi buku.

c. Memasang Label Buku.

d. Memasang sampul buku.

e. Menginventarisasikan di Buku Induk.

f. Mengisi Buku Pengolahan Katalogisasi Deskripsi.

g. Membuat Katalogisasi.

h. Memasukaan buku pada rak, almari yang telah ditentukan menurut Sistem DDC.

i. Mencatat Statistik Harian.

j. Melayani Sirkulasi Peminjaman dan Pengembalian Koleksi Perpustakaan.

k. Merawat buku-buku yang rusak dan penjilidan.

l. Mengarsip Karya Tulis siswa.

                 m.Mengarsip Kliping Siswa.

PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Rencana kerja perpustakaan sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.

PROGRAM KERJA BULANAN 

 

BULAN

 

PROGRAM KERJA

Juli

·    *    Mendata Ulang fasilitas penunjang perpustakaan

·    *    Pengolahan bahan pustaka yang baru

·    *    Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

·    *    Mendata ulang koleksi buku perpustakaan dan buku paket

·    *    Mendata buku yang rusak dan hilang

·    *    Memperbaiki buku yang rusak

·    *    Melayani pendaftaran anggota baru

Agustus

·    *    Pengolahan bahan pustaka yang baru

·    *    Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

·    *    Memperbaiki buku yang rusak

·    *    Melayani pendaftaran anggota baru

·    *    Melayani peminjaman dan pengembalian

·    *    Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

·    *    Membuat laporan bulanan

September

·    *    Pengolahan bahan pustaka yang baru

·    *    Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

·    *    Memperbaiki buku yang rusak

·    *    Melayani pendaftaran anggota baru

·    *    Melayani peminjaman dan pengembalian

·    *    Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

·    *    Membuat laporan bulanan

Oktober

·    *    Pengolahan bahan pustaka yang baru

·    *    Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

·    *    Memperbaiki buku yang rusak

·    *    Melayani pendaftaran anggota baru

·    *    Melayani peminjaman dan pengembalian

·    *    Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

·    *    Membuat laporan bulanan

Nopember

·    *    Pengolahan bahan pustaka yang baru

·    *    Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

·    *    Memperbaiki buku yang rusak

·    *    Melayani pendaftaran anggota baru

·    *    Melayani peminjaman dan pengembalian

·    *    Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

·    *    Membuat laporan bulanan

Desember

·    *    Pengolahan bahan pustaka yang baru

·    *    Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

·    *    Memperbaiki buku yang rusak

·    *    Melayani pendaftaran anggota baru

·    *    Melayani peminjaman dan pengembalian

·    *    Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

·    *    Membuat laporan bulanan dan semester pertama

Januari

·    *    Pengolahan bahan pustaka yang baru

·    *    Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

·    *    Memperbaiki buku yang rusak

·    *    Melayani pendaftaran anggota baru

·    *    Melayani peminjaman dan pengembalian

·    *    Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

·    *    Membuat laporan bulanan

Februari

·    *    Pengolahan bahan pustaka yang baru

·    *    Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

·    *    Memperbaiki buku yang rusak

·    *    Melayani pendaftaran anggota baru

·    *    Melayani peminjaman dan pengembalian

·    *    Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

·    *    Membuat laporan bulanan

Maret

·    *    Pengolahan bahan pustaka yang baru

·    *    Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

·    *    Memperbaiki buku yang rusak

·    *    Melayani pendaftaran anggota baru

·    *    Melayani peminjaman dan pengembalian

·    *    Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

·    *    Membuat laporan bulanan

April

·    *    Pengolahan bahan pustaka yang baru

·    *    Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

·    *    Memperbaiki buku yang rusak

·    *    Melayani pendaftaran anggota baru

·    *    Melayani peminjaman dan pengembalian

·    *    Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

·    *    Membuat laporan bulanan

Mei

·    *    Pengolahan bahan pustaka yang baru

·    *    Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

·    *    Memperbaiki buku yang rusak

·    *    Melayani pendaftaran anggota baru

·    *    Melayani peminjaman dan pengembalian

·    *    Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

·    *    Membuat laporan bulanan

Juni

·    *    Pengolahan bahan pustaka yang baru

·    *    Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

·    *    Memperbaiki buku yang rusak

·    *    Melayani pendaftaran anggota baru

·    *    Melayani peminjaman dan pengembalian

·    *    Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

·    *    Melayani peminjaman dan pengembalian buku paket

·    *    Membuat laporan bulanan, semester kedua dan tahunan

 

PROGRAM JANGKA PENDEK

1.      Melakukan stock opname (Agustus – Desember 2020).

2.      Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan;

3.      Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan system tertentu sehingga memudahkan   penggunaannya dan pengelola perpustakaan.

4.      Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik;

5.      Meningkatkan minat baca murid, guru, dan pegawai;

6.      Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pengguna layanan perpustakaan;

7.      Pembuatan proposal permintaan buku, majalah, jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit tertentu;

8.      Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak.

9.      Menerbitkan kartu perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana;

10.      Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan : kartu buku, kantong, lebeling, katalog buku,     

           dll

11.    Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka;

12.    Entry data anggota perpustakaan Berbasis IT

13.    Pelayanan peminjaman buku perpustakaan Berbasis IT

14.    Penerbitan Surat Tanda Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas I X sebagai syarat      pengambilan  Ijazah dan kelas 7 – 8 untuk pengambilan raport.

15.    Memperbanyak koleksi e-book.

 

 

            SARANA YANG DIBUTUHKAN :

1.      Menyediakan sampul plastik.

2.      Website..

3.      Penambahan meja dan kursi petugas perpustakaan.

4.      Skotlite 12 warna.

5.      Penambahan koleksi digital.

6.      Komputer fortable 2 unit.

7.      Pengadaan AC

PROGRAM JANGKA PANJANG

1.      Menerapkan E-Library

2.      Merealisasikan qualitas dan quantitas buku minimal 3.000 judul dengan 6.000. eks pada tahun 2021.

3.      Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.

4.      Peminjaman dan pengembalian berbagai jenis buku Pelajaran, Koleksi perpustakaan dan CD pembelajaran

5.      Multimedia (TV, VCD/DVD ), dll

6.      Pemutaran Film-film / CD/DVD pembelajaran.

7.      Penambahan AC.

8.      Internet

9.     Mengikuti beberapa lomba perpustakaan sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau    

         Nasional dan menjadikan perpustakaan contoh se Jakarta Barat.

 

 STRUKTUR ORGANISASI

1.      Pembina Perpustakaan  : Moh. Hidayat, S.Pd

2.      Kepala Perpustakaan     : Sri Nuryaningsih, S.Pd

3.      Pengelola                          : Dharmawan W.U, Ama IP

PENUTUP

Program kerja perpustakaan SMPN 45 Jakarta  ini merupakan acuan, pedoman dan rencana untuk 1 tahun. Program kerja ini diharapkan dapat menjadi titik awal kemajuan perpustakaan SMPN 45 Jakarta. Peran serta semua pihak sangat berpengaruh pada realisasi program ini. Karenanya, diharapkan semua pihak dapat terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka merealisasikan berbagai program yang telah dibuat.

 

Mengetahui ;                                                                                       Jakarta, 2 Juli 2020

Kepala SMP Negeri 45                                                                       Kepala Perpustakaan

                                                                                                                                                                       

 

Moh. Hidayat, S.Pd                                                                            Sri Nuryaningsih. SPd

NIP.196407311989031008                                                                NIP.196702242017082001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

gharabgsyiu