- Pendahuluan
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran
peserta didik selama satu tahun ajaran. Setiap permulaan tahun pelajaran,
sekolah/ madrasah menyusun kalender pendidikan untuk mengatur waktu kegiatan
pembelajaran selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran,
minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Pengaturan
waktu belajar di sekolah/ madrasah mengacu kepada Standar Isi dan disesuaikan
dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah/ madrasah, kebutuhan peserta
didik dan masyarakat, serta ketentuan dari pemerintah/ pemerintah daerah. Sesuai
dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, waktu pembelajaran efektif belajar
ditetapkan sebanyak 34 minggu untuk setiap tahun pelajaran.
2. Permulaan Tahun
Pelajaran
Permulaan
tahun pembelajaran dimulai pada hari Senin minggu ketiga bulan Juli, atau
apabila hari tersebut merupakan hari libur, maka permulaan tahun pelajaran
dimulai pada hari berikutnya yang bukan hari libur.
Hari-hari
pertama masuk sekolah berlangsung selama 3 (tiga) hari dengan pengaturan
sebagai berikut:
1.
kelas X melaksanakan
Masa Orientasi Sekolah (MOS)
2.
kelas XI Melaksanakan
Permulaan Belajar
3.
kelas XII Melaksanakan
Permulaan Belajar
3. Waktu Belajar
Waktu
belajar menggunakan sistem semester yang membagi 1 tahun pelajaran menjadi
semester 1 (satu) dan semester 2 (dua). Kegiatan pembelajaran dilaksanakan
selama 5 (lima)
hari, yaitu:
4. Kegiatan Tengah Semester
Kegiatan
tengah semester direncanakan selama 5 (lima)
hari. Kegiatan tengah semester akan diisi oleh peserta didik untuk mengadakan
Pekan Olah Raga (POR) dan Pentas
Seni (Pensi).
5. Libur Sekolah
Hari
libur sekolah adalah hari yang ditetapkan oleh sekolah, pemerintah pusat,
provinsi, dan kabupaten/ kota
untuk tidak diadakan proses pembelajaran di sekolah.
Penentuan
hari libu memperhatikan ketentuan berikut ini.: Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama dalam hal
yang terkait dengan hari raya keagamaan.
Peraturan Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota dalam hal penentuan
hari libur umum/nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap jenjang dan
jenis pendidikan.
6. Cara Menyusun
Kalender Pendidikan
Beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam menyusun kalender
pendidikan sebagai berikut:
1.
Permulaan tahun
pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun
pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Permulaan tahun pelajaran telah
ditetapkan oleh Pemerintah yaitu bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada
bulan Juni tahun berikutnya.
2.
Minggu efektif
belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun
pelajaran. Sekolah/ madrasah dapat mengalokasikan lamanya minggu efektif
belajar sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya.
3.
Waktu pembelajaran
efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam
pembelajaran untuk seluruh matapelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah
jam untuk kegiatan pengembangan diri.
4.
Waktu libur adalah
waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal.
Hari libur sekolah/ madrasah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri
Pendidikan Nasional, dan/ atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari
raya keagamaan, Kepala Daerah tingkat Kabupaten/ Kota, dan/ atau organisasi
penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
5.
Waktu libur dapat
berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun
pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar
nasional, dan hari libur khusus.
6.
Libur jeda tengah
semester, jeda antarsemester, libur akhir tahun pelajaran digunakan untuk
penyiapan kegiatan dan administrasi akhir dan awal tahun.
7.
Sekolah/
madrasah-sekolah pada daerah tertentu yang memerlukan libur keagamaan lebih
panjang dapat mengatur hari libur keagamaan sendiri tanpa mengurangi jumlah
minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.
8.
Bagi sekolah/
madrasah yang memerlukan kegiatan khusus dapat mengalokasikan waktu secara
khusus tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran
efektif.
- Contoh Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2009 / 2010
SALINAN
KEPUTUSAN MENTERI PEND1DIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 125/U/2002
KEPUTUSAN MENTERI PEND1DIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 125/U/2002
TENTANG KALENDER PENDIIDKAN DAN
JUMLAH JAM BELAJAR EFEKTIF
Dl SEKOLAH
Dl SEKOLAH
MENTERI PEND1DIKAN NASIONAL
Menimbang:
- Bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000, Pemerintah mempunyai kewenangan menetapkan kalender pendidikan dan jumlah jam belajar efektif setiap tahun bagi pendidikan dasar dan menengah;
- Bahwa sehubungan dengan huruf a dan ditetapkannya perubahan sistem caturwulan menjadi sistem semester, dipandang perlu menetapkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Belajar Efektif di Sekolah.
Mengingat:
- Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 1989 Nomor 6, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3390);
- Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 60, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3839);
- Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1990 tentang Pendidikan Pra Sekolah (Lembaran Negara Tahun 1990 Nomor 35, Tambahan Lembaran Negara 3411);
- Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar (Lembaran Negara Tahun 1990 Nomor 36, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3412) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 1998 (Lembaran Negara Tahun 1998 Nomor 90, Tambahan Lembaran Negara 3763);
- Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah (Lembaran Negara Tahun 1990 Nomor 37, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3413) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 1998 (Lembaran Negara Tahun 1998 Nomor 91, Tambahan Lembaran Negara 3764);
- Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Biasa (Lembaran Negara Tahun 1991 Nomor 94, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3460);
- Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Provinsi sebagai Daerah Otonom (Lembaran Negara Tahun 2000 Nomor 54, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3952);
- Keputusan Presiden Nomor 228/M Tahun 2000 mengenai Pembentukan Kabinet Gotong Royong Periode 1999-2004;
- Keputusan Presiden Nomor 102 Tahun 2001 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Departemen;
- Keputusan Presiden Nomor 177 Tahun 2000 tentang Susunan Organisasi dan Tugas Departemen sebagaimana telah diubah terakhir dengan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 2001;
- Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 084/U/2002 tentang Perubahan Sistem Caturwulan menjadi Sistem Semester;
MEMUTUSKAN
KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL TENTANG KALENDER
PENDIDIKAN DAN JUMLAH JAM BELAJAR EFEKTIF Dl SEKOLAH
KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL TENTANG KALENDER
PENDIDIKAN DAN JUMLAH JAM BELAJAR EFEKTIF Dl SEKOLAH
BAB I
KETENTUAN UMUM
Pasal 1
KETENTUAN UMUM
Pasal 1
Dalam Keputusan ini yang dimaksud dengan:
- Dinas Propinsi adalah dinas yang menangani bidang pendidikan jalur sekolah di Propinsi..
- Dinas Kabupaten/Kota adalah dinas yang menangani bidang pendidikan jalur sekolah di Kabupaten/Kota.
- Kanwil adalah Kantor Wilayah Departemen Agama di Provinsi.
- Kendepag adalah Kantor Departemen Agama di Kabupaten/ Kota.
- Kepala Perwakilan adalah Kepala Perwakilan Indonesia di Luar Negeri yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan sekolah Indonesia di luar negeri.
BAB II
PENERIMAAN SISWA BARU
Pasal 2
PENERIMAAN SISWA BARU
Pasal 2
- Penerimaan siswa baru pada Taman Kanak-kanak (TK)/Taman Kanak-kanak Luar Biasa (TKLB), RaudhatuI Atfal (RA), Sekolah Dasar (SD)/Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Madrasah Ibtidaiyah (Ml), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP)/Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Luar Biasa (SLTPLB), Madrasah Tsanawiyah (MTS), Sekolah Menengah Umum (SMU)/Sekolah Menengah Luar Biasa (SMLB), Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Juli setiap tahun.
- Kegiatan penerimaan siswa baru sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:
1.
Pemberitahuan ke
masyarakat dilaksanakan paling lambat 30 (tiga puluh) hari sebelum pendaftaran
dimulai;
2.
Pendaftaran
dilakukan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari sesudah pengumuman hasil ujian
akhir dan berlangsung paling lama 15 (lima
belas) hari;
3.
Pengumuman siswa
yang diterima dilakukan 1 (satu) hari setelah selesai proses seleksi yang
dilaksanakan bukan pada hari libur;
4.
Pendaftaran ulang
dilakukan 1 (satu) hari setelah pengumuman yang dilaksanakan bukan pada hari
libur.
BAB III
PERMULAAN TAHUN PELAJARAN
Pasal 3
PERMULAAN TAHUN PELAJARAN
Pasal 3
Permulaan tahun pelajaran dimulai pada hari Senin minggu ketiga bulan
Juli, dan apabila hari tersebut merupakan hari libur, maka permulaan tahun
pelajaran dimulai pada hari berikutnya yang bukan hari libur.
Pasal 4
1.
Hari-hari pertama
masuk sekolah merupakan serangkaian kegiatan sekolah pada permulaan tahun
pelajaran baru yang dapat diisi dengan kegiatan masa orientasi siswa.
2.
Hari-hari pertama
masuk sekolah berlangsung selama 3 (tiga) hari.
BAB IV
WAKTU BELAJAR
Pasal 5
WAKTU BELAJAR
Pasal 5
Dalam penyelenggaraan pendidikan, sekolah menggunakan sistem semester
yang membagi 1 tahun pelajaran menjadi semester 1 (satu) dan semester 2 (dua).
Pasal 6
Jumlah hari belajar efektif dalam satu tahun pelajaran
sekurang-kurangnya 200 hari dan sebanyak-banyaknya 245 hari belajar yang
digunakan untuk kegiatan pembelajaran, sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Pasal 7
1.
Jam belajar efektif
adalah jam belajar yang betul-betul digunakan untuk proses pembelajaran sesuai
dengan tuntutan kurikulum.
2.
Jam belajar efektif
ditentukan sebagai berikut:
1.
TK/ RA:
a)
Jumlah jam bermain
dan belajar efektif setiap minggu minimal 30 jam pelajaran, dengan alokasi
waktu 30 menit per jam pelajaran;
b)
Jumlah jam bermain
dan belajar efektif selama satu tahun 1200 jam pelajaran;
2.
TKLB:
a)
Jumlah jam bermain
dan belajar efektif setiap minggu minimal 18 jam pelajaran, dengan alokasi
waktu 30 menit per jam pelajaran;
b)
Jumlah jam bermain
dan belajar efektif selama satu tahun 720 jam pelajaran.
3.
SD/ MI/ SDLB:
a)
Jumlah jam belajar
efektif setiap minggu untuk kelas I dan II masing-masing minimal 30 jam
pelajaran, dengan alokasi waktu 30 menit per jam pelajaran;
b)
Jumlah jam belajar
efektif setiap minggu untuk kelas III
minimal 38 jam pelajaran, dengan alokasi waktu 40 menit per jam pelajaran;
c)
Jumlah jam belajar
efektif setiap minggu untuk kelas IV minimal 40 jam pelajaran, dengan alokasi
waktu 40 menit per jam pelajaran;
d)
Jumlah jam belajar
efektif setiap minggu untuk kelas V dan VI masing-masing minimal 42 jam
pelajaran, dengan alokasi waktu 40 menit per jam pelajaran;
e)
Jumlah jam belajar
efektif selama satu tahun untuk kelas I dan II, 1200 jam pelajaran, kelas III 1520 jam pelajaran, kelas IV 1600 jam,kelas V
dan VI 1680 jam pelajaran.
4.
SMP/ MTs/ SLTPLB:
a)
Jumlah jam belajar
efektif setiap minggu untuk kelas I, II, dan III
masing-masing 42 jam pelajaran, dengan alokasi waktu 45 menit per jam
pelajaran;
b)
Jumlah jam belajar
efektif selama satu tahun untuk kelas I, II, dan III
masing-masing 1680 jam pelajaran.
5.
SMA/ MA/ SMLB:
a)
Jumlah jam belajar
efektif setiap minggu untuk kelas I, II, dan III
masing-masing 42 jam pelajaran, dengan alokasi waktu 45 menit per jam
pelajaran;
b)
Jumlah jam belajar
efektif selama satu tahun untuk kelas I, II, dan III
masing-masing 1680 jam pelajaran.
6.
SMK Program 3
tahun:
a)
Jumlah jam belajar
efektif setiap minggu untuk tingkat I, II, dan III
masing-masing minimal 50 jam pelajaran, dengan alokasi waktu 45 menit jam
pelajaran;
b)
Jumlah jam belajar
efektif selama satu tahun untuk tingkat I dan II dengan alokasi waktu
masing-masing 2000 jam pelajaran.
c)
Jumlah jam belajar
efektif selama satu tahun untuk tingkat III
minimal 1.800 jam pelajaran.
7.
SMK Program 4
tahun:
a)
Jumlah jam belajar
efektif untuk tingkat I, II, dan III
sama dengan waktu belajar efektif SMK Program 3 Tahun;
b)
Jumlah jam belajar
efektif selama satu tahun untuk tingkat IV minimal 1.800 jam pelajaran.
3.
Hari belajar
efektif adalah hari belajar yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, sesuai
dengan ketentuan kurikulum.
Pasal 8
Sekolah dapat menyelenggarakan kegiatan pendidikan 5 (lima) atau 6
(enam) hari belajar perminggu yang setara dengan 200 hari sampai dengan 245
hari belajar efektif per tahun sepanjang tidak mengurangi jumlah jam belajar
efektif yang telah ditetapkan.
BAB V
KEGIATAN TENGAH SEMESTER
Pasal 9
KEGIATAN TENGAH SEMESTER
Pasal 9
1.
Tengah semester
adalah penggalan paruh waktu yang ada pada semester 1 dan semester 2.
2.
Pada tengah
semester 1 dan semester 2 sekolah melakukan kegiatan pekan olah raga dan seni
(Porseni), karyawisata, lomba kreatifitas, atau praktek pembelajaran yang bertujuan
untuk mengembangkan bakat, kepribadian, prestasi dan kreatifitas siswa dalam
rangka pengembangan pendidikan anak seutuhnya.
3.
Kegiatan tengah
semester direncanakan dan dilaksanakan oleh sekolah selama 4 (empat)hari.
BAB VI
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pasal 10
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pasal 10
1.
Ulangan harian dan
ulangan umum merupakan tugas dan tanggung jawab guru yang diselenggarakaan oleh
sekolah.
2.
Ulanqan umum
dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran setelah ujian akhir.
Pasal 11
Waktu pelaksanaan Ujian Akhir
ditentukan sebagai berikut:
1.
Ujian Akhir
SD/MI/SDLB diselenggarkaan mulai minggu kedua bulan Juni setiap tahun;
2.
Ujian Akhir
SLTP/MTs/SLTPLB diselenggarakan mulai minggu pertama bulan Juni setiap tahun.
3.
Ujian Akhir SMU/MA/SMLB diselenggarkaan mulai minggu kedua
bukan Mei setiap tahun;
4.
Ujian Akhir SMK
untuk mata pelajaran:
a) adaptif dan normatif diselenggarkaan mulai minggu kedua bulan Mei setiap tahun;
b) produktif diselenggarkaan mulai bulan April
setiap tahun.
BAB VII
LIBUR SEKOLAH
LIBUR SEKOLAH
Pasal 12
1.
Hari libur sekolah
adalah hari yarig ditetapkan untuk tidak diadakan proses pembelajaran di
sekolah.
2.
Hari libur
sebagaimana dimaksud pada ayat 1 terdiri atas hai libur semester, hari libur
bulan Ramadhan, hari libur khusus, dan hari libur umum.
Pasal 13
Libur semester I dan semester II masing-masing berlangsung selama 14
(empat belas) hari kalender.
Pasal 14
1.
Hari libur pada
bulan Ramadhan, diatur sebagai berikut:
a)
Satu hari sebelum
bulan Ramadhan dan dua hari pertama bulan Ramadhan untuk seluruh sekolah;
b)
Enam hari sebelum
tanggal 1 Syawal yang ditetapkan oleh Menteri Agama untuk seluruh sekolah.
2.
Libur dalam rangka
Idul Fitri berlangsung selama enam hari sesudah tanggal 1 Syawal yang
ditetapkan oleh Menteri Agama untuk seluruh sekolah.
3.
Kepala Sekolah
dapat menetapkan hari-hari dalam bulan Ramadhan selain dimaksud dalam ayat 1
sebagai hari belajar atau hari libur dengan persetujuan Komite Sekolah dan
dilaporkan kepada Kepala Dinas Provinsi/Kabupaten/Kota atau
KantorWilayah/Kantor Departemen Agama setempat sesuai dengan kewenangannya.
4.
Bagi
sekolah/madrasah yang melakukan libur bulan Ramadhan selain hari-hari
sebagaimana dimaksud dalam ayat 1, supaya mengisi hari libur tersebut dengan
berbagai kegiatan yang diarahkan pada peningkatan akhlak mulia, pemahaman,
pendalaman dan amaliah agama, termasuk berbagai kegiatan ekstrakurikuler
lainnya yang bernuansa moral, sebagaimana tercantum pada Lampiran Keputusan
ini.
Pasal 15
Libur Umum meliputi hari besar keagamaan dan hari-hari besar Naisonal yang
ditetapkan oleh Pemerintah.
Pasal 16
Libur khusus yang diadakan sehubungan dengan peringatan keagamaan,
keadaan musim, bencana alam, atau libur lain diluar ketentuan libur umum, ditetapkan
oleh Kepala Dinas Provinsi atau Kepala Dinas Kabupaten/Kota menurut kewenangan
masing-masing atau Kepala Perwakilan Republik Indonesia bagi sekolah Indonesia
di luar negeri.
Pasal 17
Pengaturan jadwal hari libur sebagaimana dimaksud pada Pasal 12, dan
Pasal 13 ditetapkan oleh Kepala Dinas Provinsi atau Kepala Dinas Kabupaten/Kota
menurut kewenangan masing-masing atau Kepala Perwakilan Republik Indonesia bagi
sekolah Indonesia di luar negeri, dengan ketentuan tidak mengurangi jumlah jam
belajar efektif sekolah.
BAB VIII
SANKSI
SANKSI
Pasal 18
Penyelenggara satuan pendidikan yang melakukan penyimpangan terhadap
ketentuan yang diatur dalam Keputusan ini dikenakan sanksi sesuai dengan
peraturan perundang-undangan yang berlaku.
BAB IX
KETENTUAN PENUTUP
KETENTUAN PENUTUP
Pasal 19
Dengan berlakunya Keputusan ini, Keputusan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 111/U/2001 tentang Kalender
Pendidikan dan Jumlah Jam Belajar
Efektif di Sekolah dan ketentuan lain yang bertentangan dengan Keputusan ini
dinyatakan tidak berlaku.
No comments:
Post a Comment