Thursday, October 20, 2011

Human Being dapat Tergambar dalam Metafora Triangle




 H
(Intelek)
Keterangan :
                        H         : Head
                        S          : Soul
                        B         : Body
 
 






               S                                              B
            (Nurani)                                (Talenta)
Penjelasannya:
·         Head (Intelek) adalah daya atau proses pemikiran yang lebih tinggi yang berkenaan dengan pengetahuan. Manusia yang memeliki daya intelek dikarenakan proses pembelajaran disekolah. Semakin tinggi tingkat pendidikannya semakin tinggi pula daya intelek seseorang. Ciri seorang manusia yang berpendidikan adalah memiliki intelek.
·         Soul (Nurani) adalah norma terakhir bagi perbuatan-perbuatan kita. Nurani manusia bisa keliru, tuntutannya mutlak tapi belum tentu benar (bisa benar bisa salah). Perlu dibedakan saat sebelum keputusan diambil , saat keputusan diambil. Sifat personal dan adipersonal hati nurani; bersifat personal karena selalu berkaitan erat dengan pribadi bersangkutan dan hanya memberi penilaiannya tentang perbuatan manusia itu sendiri. Bersifat adipersonal karena nurani (nur =cahaya) berarti hati yang diterangi.
·         Body (Talenta) adalah  potensi yang dimiliki seorang manusia. Tuhan memberikan banyak talenta kepada manusia, dengan talenta yang dimiliki manusia, tinggal bagaimana manusia itu menggali seluruh talentanya, kemudian menemukan dan mengembangkannya menjadi sebuah bentuk yang kelak bisa memberikan kontribusi nyata untuk dirinya. Tentu saja dengan sebuah keberanian untuk bisa memulai.

No comments: