ABSTRAK
Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Akademik dan Inovasi Pembelajaran
terhadap Kualitas Layanan Pembelajaran
(Studi pada SD Negeri di Wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Cisaga)
Ari Nugraha NIM.
82321011084
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kualitas layanan
pembelajaran dalam mengelola pendidikan sehingga diperoleh layanan pembelajaran
yang berkualitas. Untuk mengelola pendidikan dasar diperlukan suatu sistem
pengelolaan dan inovasi yang baik. Oleh karena itu, sistem informasi manajemen
akademik dan inovasi pembelajaran memiliki peran strategis dalam meningkatkan
kualitas layanan pembelajaran.
Adapun rumusan masalah yang
dibahas dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pengaruh sistem informasi
manajemen akademik terhadap kualitas layanan pembelajaran di sekolah? (2)Bagaimana pengaruh
inovasi pembelajaran terhadap kualitas layanan pembelajaran di sekolah? (3) Bagaimana pengaruh
sistem informasi manajemen akademik dan inovasi pembelajaran secara
bersama-sama terhadap kualitas
layanan pembelajaran di sekolah? Sedangkan tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan : (1) Pengaruh sistem informasi manajemen akademik terhadap kualitas layanan pembelajaran di
sekolah; (2) Pengaruh inovasi pembelajaran terhadap
kualitas layanan
pembelajaran di sekolah; (3) Pengaruh sistem informasi manajemen akademik dan inovasi
pembelajaran secara bersama-sama terhadap kualitas layanan pembelajaran di sekolah.
Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptifanalitik dan verifikatif yang
bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai realitas dan fakta-fakta dari
sifat populasi penelitian ini secara detail dan teliti.Mengingat
jenis dan sifat penelitian ini adalah eksplanatori non eksperimental, maka dalam pelaksanaannya dilakukan melalui metode survei. Desain
penelitian yang digunakan yaitu desain korelasional. Sedangkan data variabel
penelitian dijaring dengan menggunakan alat pengumpul data tertentu yaitu
kuesioner. Untuk menganalisisnya menggunakan analisis data uji statistik
korelasional dan regresi berganda dan pengolahan data dibantu menggunakan SPSS 16.00. for window.
Hasil penelitian ini diperoleh simpulan untuk menjawab rumusan
masalah yaitu bahwa: (1) SIM akademik berpengaruh positif terhadap kualitas
layanan pembelajaran di SD Negeri UPTD Pendidikan Kecamatan Cisaga, ini berarti
semakin meningkatSIM
akademik maka akan semakin meningkat pula kualitas layanan
pembelajaran. (2) Inovasi pembelajaran berpengaruh
positif terhadap kualitas layanan pembelajaran di SD Negeri UPTD Pendidikan
Kecamatan Cisaga, ini berarti semakin meningkat inovasi pembelajaranmaka akan
semakin meningkat pula kualitas layanan pembelajaran.(3)
SIM akademik daninovasi pembelajaran berpengaruh positif terhadap kualitas layanan pembelajaran di SD
Negeri UPTD Pendidikan Kecamatan Cisaga, ini berarti semakin meningkat SIM akademikdan inovasi pembelajaran maka akan semakin meningkat pula kualitas layanan
pembelajaran.
No comments:
Post a Comment