Monday, July 16, 2012

Abstrak Tesis


ABSTRAK
Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Akademik dan Inovasi Pembelajaran terhadap Kualitas Layanan Pembelajaran
(Studi pada SD Negeri di Wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Cisaga)
Ari Nugraha NIM. 82321011084

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kualitas layanan pembelajaran dalam mengelola pendidikan sehingga diperoleh layanan pembelajaran yang berkualitas. Untuk mengelola pendidikan dasar diperlukan suatu sistem pengelolaan dan inovasi yang baik. Oleh karena itu, sistem informasi manajemen akademik dan inovasi pembelajaran memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran.
 Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pengaruh sistem informasi manajemen akademik terhadap kualitas layanan pembelajaran di sekolah? (2)Bagaimana pengaruh inovasi pembelajaran terhadap kualitas layanan pembelajaran di sekolah? (3) Bagaimana pengaruh sistem informasi manajemen akademik dan inovasi pembelajaran secara bersama-sama terhadap kualitas layanan pembelajaran di sekolah? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan  : (1) Pengaruh sistem informasi manajemen akademik terhadap kualitas layanan pembelajaran di sekolah; (2) Pengaruh inovasi pembelajaran terhadap kualitas layanan pembelajaran di sekolah; (3) Pengaruh sistem informasi manajemen akademik dan inovasi pembelajaran secara bersama-sama terhadap kualitas layanan pembelajaran di sekolah.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptifanalitik dan verifikatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai realitas dan fakta-fakta dari sifat populasi penelitian ini secara detail dan teliti.Mengingat jenis dan sifat penelitian ini adalah eksplanatori non eksperimental, maka dalam pelaksanaannya dilakukan melalui metode survei. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain korelasional. Sedangkan data variabel penelitian dijaring dengan menggunakan alat pengumpul data tertentu yaitu kuesioner. Untuk menganalisisnya menggunakan analisis data uji statistik korelasional dan regresi berganda dan pengolahan data dibantu menggunakan SPSS  16.00. for window.
Hasil penelitian ini diperoleh simpulan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bahwa: (1) SIM akademik berpengaruh positif terhadap kualitas layanan pembelajaran di SD Negeri UPTD Pendidikan Kecamatan Cisaga, ini berarti semakin meningkatSIM akademik maka akan semakin meningkat pula kualitas layanan pembelajaran. (2) Inovasi pembelajaran berpengaruh positif terhadap kualitas layanan pembelajaran di SD Negeri UPTD Pendidikan Kecamatan Cisaga, ini berarti semakin meningkat inovasi pembelajaranmaka akan semakin meningkat pula kualitas layanan pembelajaran.(3)  SIM akademik daninovasi pembelajaran berpengaruh positif terhadap kualitas layanan pembelajaran di SD Negeri UPTD Pendidikan Kecamatan Cisaga, ini berarti semakin meningkat SIM akademikdan inovasi pembelajaran maka akan semakin meningkat pula kualitas layanan pembelajaran.

No comments: