Nama Mahasiswa :
Ari Nugraha
Nomor Peserta PPG
: 201503280480
Mapel :
Bahasa Indonesia
Instansi :
SMK Al Husna Cisaga
LPTK : Universitas Muhammadiyan Prof.Dr.Hamka
Judul Modul |
Modul 6 Genre Teks dalam Bahasa Indonesia |
|
Judul Kegiatan Belajar (KB) |
1. Konsep Dasar Teks Berbasis
Genre 2. Genre Teks Fiksi dalam
Kurikulum 2013 3. Genre Teks Nonfiksi
Kurikulum 2013 4. Penyusunan Perangkat
Pembelajaran Teks Berbasis Genre |
|
No |
Uraian |
Respon/Jawaban |
1 |
Uraikan hasil diskusi
bersama teman dan dosen mengenai pemecahan masalah dalam memahami materi yang
mengalami kesulitan |
1. Pembelajaran bahasa sebaiknya di berikan kepada anak sejak dini, supaya
anak-anak Indonesis mampu berfikir secara kritis 2. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama dalam pembuatan soal
harus Hots terutama dalam RPP, LKPD dan Instrumen Penilaian 3. Fungsi bahasa sebagai sarana berfikir bisa kita terapkan dalam
pemebalajaran bahasa Indonesia 4. Komponen-komponen Pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu mencerdaskan
anak bangsa, baik itu dari pemerintah, guru, siswa maupun orang tua. 5. Bahasa indonesia sebagai sarana berfikir, dapat meningkatkan kemampuan
berfikir tingkat tinggi, terkontrol dan kritis 6. Siswa semakin banyak membaca teks , maka bertambah pula kosa kata
siswa dan siswa semakin cerdas 7. Pembelajaran Esplorasi dapat dikaitkkan dengan pembelajaran
materi,mengapa/ karena anak datang ke sekolah bukan lagi dalam keadaan
kosong, maka untuk mengukur tingkat pemahaman siswa, guru memberikan ilmu
pengetahuan sesuai yang dibutuhkan siswa yaitu kebutuhan kognitif, kemudian
guru dapat mengecek sejumlah mengetahuan siswa yang telah diperoleh setelah
pembelajarn 8. Pendekatan proses yang paling efektif ydalam mencapai tujuan adalah
materi yang sesuai dengan kebutuhan siswa, adapun beberapa alternatif yaitu
dengan metode pembelajarn PBL dan PJBL. 9. Upaya mengatasi kebiasaan diri untuk dapat terampil menyelesaikan soal
UNBK.Sering berlatih membaca teks dan membaca literasi 10.
Pada pembelajaran bahasa indonesia dalam
pembuatan soal berstandar Hots, ada beberapa yang harus dituntut
diantaranya, ·
Diberikan dasar pertanyaan( stimulis) ·
Mengukur kemampuan berfikir kritis ·
Mengukur keterampilan memecahkan masalah ·
Membandingkan ·
Adanya hubungan sebab akibat ·
Memberikan alasan ·
Meringkas ·
Mengelompokkan ·
Menciptakan ·
Menerapkan ·
Menganalisis ·
Sisntesis. 11.
Referensi
pembelajaran 12.
Panjang
teks disesuaikan dengan tingkat satuan pendidikan/level 13.
Persoalan
yang memerlukan pemikiran 14.
Pemerolehan
bahasa 15.
Cara
menentukan indikator 16.
Perbedaan
teks eksposisi dan eksplanasi 17.
Pendekatan
paling efektif dalam kegiatan pembelajaran 18.
Perbedaan
kritik sastra dan esay 19.
Persoalan
dalam penyajian teks yang utuh 20. Perbedaan komunikasi verbal dan non verbal |
2 |
Uraikan hasil diskusi
bersama teman dan dosen mengenai miskonsepsi di modul ini |
1. Pengertian antara teks
prosedur sederhana dan kompleks 2. Pengrtian antara cerpen mini
dan cerpen ideal 3. Pengertian antara wawancang
dan kramagung 4. Pengertian antara verba
material dan mental 5. Genre tekstual
di dalam pembelajaran teks 6. Kendala
keterampilan berbahasa siswa 7. Membaca
memerlukan kemampuan memahami teks hanya 50 % 8. Pemberian
soal yang kurang berpikir tingkat tinggi pada siswa 9. Fungsi
bahasa sebagai sarana berfikir 10. Semakin
banyak membaca teks semakin memperbanyak kosakata siswa 11. Lingkungan
Keluarga memengaruhi Perkembangan Potensi Bahasa siswa 12. Pemahaman
Kritik dan esai |
3 |
Hambatan yang dialami pada
pembelajaran analisis materi pembelajaran berbasis masalah di modul ini |
1. Mahasiswa sering mengalami hambatan dalam
memahami isi modul yang terlalu banyak. 2. Banyak definisi dan istilah yang harus
dipelajari dengan waktu yang singkat |
4 |
Hal yang akan dilakukan untuk
sukses di pembelajaran modul berikutnya |
1. Berdoa dan terus jaga kondisi badan supaya
sehat 2. Menyiapkan bahan materi untuk kasus yang ada
di sekolah 3. Menyampaikan permasalahan yang ada disekolah
untuk didiskusikan |
No comments:
Post a Comment