Nama Mahasiswa :
Ari Nugraha
Nomor Peserta PPG
: 201503280480
Mapel :
Bahasa Indonesia
Instansi :
SMK Al Husna Cisaga
LPTK : Universitas Muhammadiyan Prof.Dr.Hamka
Judul Modul |
Modul 5 Keterampilan Berbahasa Produktif |
|
Judul Kegiatan Belajar (KB) |
1. Keterampilan
Berbicara 2. Pembelajaran
Keterampilan Berbicara 3. Keterampilan
Menulis 4. Pembelajaran
Keterampilan Menulis |
|
No |
Uraian |
Respon/Jawaban |
1 |
Uraikan hasil diskusi
bersama teman dan dosen mengenai pemecahan masalah dalam memahami materi yang
mengalami kesulitan |
Latar Belakang
: ·
Negosisasi itu selalu ada di kehidupan sehari hari. ·
Karena SMK menggunakan kurikulum
industri yang berkaitan dengan kegiatan negosiasi. ·
Karena kurang pengetahuan
penunjang keterampilan berbicara pada umumnya Permasalahan : Kadang anak mengalami kesulitan dalam bernegosiasi. Sehingga dalam tawar
– menawar tidak bisa berjalan dengan baik ·
Tidak adanya rasa percaya diri dan memiliki rasa takut dalam mengeluarkan
pendapat ·
Kurangnya pembendaharaan kata dalam berbicara ·
Siswa tidak memiliki kemampuan mengajukan negosiasi secara lisan ·
Ssiwa tidak memahami hakikat negosiasi ·
Ketepatan mimik, gestur, dan intonasi yang belum baik ·
Kurangnya siswa bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan yang
baru (dalam prakteknya di masyarakat) ·
Kurang menguasai struktur negosiasi. ·
Tidak punya referensi dalam negosiasi. Solusi Setelah menemukan permasalahan siswa mengenai Negosiasi, maka hal yang
dilakukan pendidik adalah : ·
Guru menyampaikan penguasaan taktik dalam mencapai win – win solution di negosiasi. ·
Penekanan dalam penggunaan kalimat persuasi. ·
Banyak berlatih sebelum memulai praktek. ·
Observasi lapangan terlebih dahulu sebelum melakukan negosiasi. ·
Siswa langsung turun ke lapangan untuk berkomunikasi langsung dengan
masyarakat. ·
Melatih siswa dalam berbicara dalam tataran yang sopan dan santun. ·
Belajar dari medsos cara bernegosiasi yang baik. (youtube dan google) Hasil Analisis Kelompok : Adanya peningkatan kemampuan siswa dalam Menyampaikan pengajuan,
penawaran, persetujuan, dan penutup dalam teks negosiasi berkaitan dengan
bidang pekerjaan secara lisan maupun tulis dengan pendekatan Project Based
Learning. (PJBL) |
2 |
Uraikan hasil diskusi
bersama teman dan dosen mengenai miskonsepsi di modul ini |
1. Mengapa
tawar-menar siswa SMK rendah? Pada kegiatan materi Negosiasi 2. Negosiasi
harus ada 2 pihak atau lebih 3. Ada
perbedaan pendapat atau persengkataan 4. Hakikat
negosiasi tawar-menawar 5. Hidup
penuh dengan negosiasi, beda berembuk, musyawarah |
3 |
Hambatan yang dialami pada
pembelajaran analisis materi pembelajaran berbasis masalah di modul ini |
1. Mahasiswa sering mengalami hambatan dalam
memahami isi modul yang terlalu banyak. 2. Banyak definisi dan istilah yang harus
dipelajari dengan waktu yang singkat |
4 |
Hal yang akan dilakukan untuk
sukses di pembelajaran modul berikutnya |
1. Berdoa dan terus jaga kondisi badan supaya
sehat 2. Menyiapkan bahan materi untuk kasus yang ada
di sekolah 3. Menyampaikan permasalahan yang ada disekolah
untuk didiskusikan |
No comments:
Post a Comment