Thursday, March 24, 2022

LK 2 Modul 5 : Lembar Kerja Refleksi Modul Bidang Studi/Jurnal Harian

 

Nama Mahasiswa          : Ari Nugraha

Nomor Peserta PPG       : 201503280480

Mapel                          : Bahasa Indonesia

Instansi                       : SMK Al Husna Cisaga

LPTK                            : Universitas Muhammadiyan Prof.Dr.Hamka

Judul Modul

Modul 5 Keterampilan Berbahasa Produktif

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1.    Keterampilan Berbicara

2.    Pembelajaran Keterampilan Berbicara

3.    Keterampilan Menulis

4.    Pembelajaran Keterampilan Menulis

No

Uraian

Respon/Jawaban

1

Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai pemecahan masalah dalam memahami materi yang mengalami kesulitan

Latar Belakang :

·         Negosisasi itu selalu ada di kehidupan sehari hari.

·         Karena  SMK menggunakan kurikulum industri yang berkaitan dengan kegiatan negosiasi.

·         Karena kurang pengetahuan penunjang keterampilan berbicara pada umumnya

Permasalahan :

Kadang anak mengalami kesulitan dalam bernegosiasi. Sehingga dalam tawar – menawar tidak bisa berjalan dengan baik

·         Tidak adanya rasa percaya diri dan memiliki rasa takut dalam mengeluarkan pendapat

·         Kurangnya pembendaharaan kata dalam berbicara

·         Siswa tidak memiliki kemampuan mengajukan negosiasi secara lisan

·         Ssiwa tidak memahami hakikat negosiasi

·         Ketepatan mimik, gestur, dan intonasi yang belum baik

·         Kurangnya siswa bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru (dalam prakteknya di masyarakat)

·         Kurang menguasai struktur negosiasi.

·         Tidak punya referensi dalam negosiasi.

Solusi

Setelah menemukan permasalahan siswa mengenai Negosiasi, maka hal yang dilakukan pendidik adalah :

·         Guru menyampaikan penguasaan taktik dalam mencapai  win – win solution di negosiasi.

·         Penekanan dalam penggunaan kalimat persuasi.

·         Banyak berlatih sebelum memulai praktek.

·         Observasi lapangan terlebih dahulu sebelum melakukan negosiasi.

·         Siswa langsung turun ke lapangan untuk berkomunikasi langsung dengan masyarakat.

·         Melatih siswa dalam berbicara dalam tataran yang sopan dan santun.

·         Belajar dari medsos cara bernegosiasi yang baik. (youtube dan google)

Hasil Analisis Kelompok :

Adanya peningkatan kemampuan siswa dalam Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan maupun tulis dengan pendekatan Project Based Learning. (PJBL)

 

2

Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai miskonsepsi di modul ini

1.  Mengapa tawar-menar siswa SMK rendah? Pada kegiatan materi Negosiasi

2.  Negosiasi harus ada 2 pihak atau lebih

3.  Ada perbedaan pendapat atau persengkataan

4.  Hakikat negosiasi tawar-menawar

5.  Hidup penuh dengan negosiasi, beda berembuk, musyawarah

3

Hambatan yang dialami pada pembelajaran analisis materi pembelajaran berbasis masalah di modul ini

1.    Mahasiswa sering mengalami hambatan dalam memahami isi modul yang terlalu banyak.

2.    Banyak definisi dan istilah yang harus dipelajari dengan waktu yang singkat

4

Hal yang akan dilakukan untuk sukses di pembelajaran modul berikutnya

1.    Berdoa dan terus jaga kondisi badan supaya sehat

2.    Menyiapkan bahan materi untuk kasus yang ada di sekolah

3.    Menyampaikan permasalahan yang ada disekolah untuk didiskusikan

 

No comments: