Nama Mahasiswa :
Ari Nugraha
Nomor Peserta PPG
: 201503280480
Mapel :
Bahasa Indonesia
Instansi : SMK Al Husna Cisaga
Judul Modul |
Modul 4 Keterampilan
Berbahasa Reseptif |
|
Judul Kegiatan Belajar (KB) |
1.
Dasar dan Prinsip
Keterampilan Menyimak 2.
Prinsip-Prinsip
Pembelajaran Keterampilan Menyimak 3.
Dasar dan Prinsip
Keterampilan Membaca 4.
Pembelajaran Keterampilan
Membaca di Sekolah |
|
No |
Uraian |
Respon/Jawaban |
1 |
Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai pemecahan masalah
dalam memahami materi yang mengalami kesulitan |
PERMASALAHAN ·
Siswa kurang motivasi ·
Siswa malas berliterasi ·
Siswa tidak mampu mengidentifikasi informasi
teks eksplanasi ·
Siswa tidak mampu mengidentifikasi informasi
berbasis masalah ·
Proses pembelajaran kurang menyenangkan PENERAPAN
HOTS PADA TEKS EKSPLANASI ●
Pemberian motivasi kepada siswa. ●
Gunakan metode PBL atau PJBL ●
Siswa diajak mereview materi pembelajaran Teks Eksplanasi melalui
contoh-contoh video/teks eksplanasi ●
Siswa berdiskusi saling bertukar pikiran menganalisis,
mengidentifikasi, dan
menginterpretasikan video/teks. ●
Siswa diarahkan menemukan sebuah permasalahan, yang bisa dikaitkan pada
keadaan sekitar mereka ●
Siswa berdiskusi menemukan solusi-solusi. ●
Siswa mengimplementasikan dalam teks baru atau ke kehidupan mereka ●
Siswa bersama guru mengevaluasi dan merefleksi kegiatan |
2 |
Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai miskonsepsi di
modul ini |
1.
Menentukan metode dan strategi yang dapat digunakan
dalam pembelajaran membaca di sekolah. 2.
Jenis-jenis
membaca 3.
Membedakan
antara menyimak terapeutik, kritis dan apresiatif |
3 |
Hambatan yang dialami pada pembelajaran analisis materi pembelajaran
berbasis masalah di modul ini |
1. Mahasiswa sering mengalami
hambatan dalam memahami isi modul yang terlalu banyak. |
4 |
Hal yang akan dilakukan untuk sukses di pembelajaran modul berikutnya |
Berdoa dan terus jaga
kondisi badan supaya sehat |
No comments:
Post a Comment