Monday, August 8, 2016

NILAI-NILAI DALAM UPACARA BENDERA

Tahukah pembaca selain menumbuhkan sikap cinta tanah air, nilai-nilai apalagi yang ditanamkan dalam upacara bendera?
Nilai-nilai yang ditanamkan dalam upacara bendera, bukan hanya mencerminkan sikap cinta terhadap tanah air, bangsa dan negara. Tetapi, masih banyak lagi yang terkandung dari kegiatan upacara bendera.
Nilai-nilai tersebut antara lain :
  1. Mencerminkan wujud perilaku cinta tanah air
    Upacara bendera seperti yang penulis tuliskan diatas, merupakan wujud penggambaran dari perilaku cinta terhadap tanah air, bangsa, dan negara.
  2. Menghargai pahlawan
    Nilai selanjutnya dari upacara bendera adalah menghargai pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dan pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan ini. Lewat upacara bendera ini kita sebagai tunas-tunas harapan bangsa yang baru sebagai pengganti generasi pendahulu, tentuh harus mampu menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang mendahului kita. Ingat!
    "Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai jasa para pahlawan"
  3. Mencerminkan ketertiban
    Selain dari cinta tanah air dan menghargai jasa pahlawan. Upacara bendera juga mencermikan wujud ketertiban, hal ini dibuktikan dengan kekompakan ketika kita melakukan upacara bendera. Kita harus khidmat dan tertib. tidak boleh semrawud atau terserah kita sendiri. Namun, harus sesuai tata aturan dan caranya.
  4. Menumbuhkan sikap kedisiplinan
    Upacara bendera juga akan menumbuhkan sikap kedisiplinan bagi kita. Kedisiplinan itu bisa meliputi penampilan dalam berpakaian ketika upacara (seragam), Kedisplinan dalam gerakan, dan kedisiplinan dalam hal pelaksanaannya yang teratur dan terstruktur.
  5. Menumbuhkan nilai saling menghormati dan menghargai
    Hal lain dalam upacara bendera juga menumbuhkan nilai saling menghormati dan menghargai. Contohnya adalah ketika Pembina upacara sedang memberikan amanat, kita harus diam dan memperhatikan setiap ucapan yang dituturkan oleh Pembina. Nilai menghormati dan menghargai harus dipupuk sejak kecil sehingga kita bisa memiliki sikap keperdulian, tenggang rasa dan bertanggung jawab terhadap orang lain.
  6. Menumbuhkan sikap kekompakan dan kerja sama
    Selanjutnya, upacara bendera dapat menumbuhkan sikap kekompakan antar individu-individu yang terlibat dan diharapkan kekompakan tersebut dapat melahirkan sikap kerja sama. Coba bayangkan saja ketika kita disuruh hormat kepada Pembina, namun masih ada yang belum hormat atau sedang asik ngomong sendiri?. Kejadian seperti itu akan mengurangi nilai kekompakan dan kerja sama adalah upacara bendera dan artinya masih belum menumbuhkan sikap saling menghargai dan menghormati (butir 5)
  7. Upacara bendera mencerminkan menghargai jasa-jasa pahlawan
    Upacara bendera sebagai wujud menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari para penjajah
Enam nilai dalam upacara bendera mungkin sudah cukup untuk menggambarkan bahwa upacara bendera itu bukan sebuah kegiatan tanpa arti atau kegiatan yang hanya dianggap melelahkan saja oleh siswa-siswa sekarang. Namun, dibalik itu ternyata banyak nilai-nilai luhur yang terkandung.
Selain terdapat banyak nilai yang terkandung kegiatan upacara bendera. Upacara bendera juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan karena, ketika sedang berdiri dan terkena sinar matahari pagi, memiliki dampak yang bagus bagi kekuatan tulang dan kulit. sebab,sinar matahari pagi membantu mengaktivkan vitamin D yang terdapat pada tubuh kita. Tentuh pembaca sudah tahu manfaat dari vitamin D bagi tubuh.
 
sumber : http://candrajunie.blogspot.co.id/2012/07/nilai-nilai-dalam-upacara-bendera.html

No comments: