LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah
No. |
Masalah yang telah diidentifikasi |
Hasil eksplorasi penyebab masalah |
Analisis eksplorasi penyebab masalah |
1 |
Siswa kesulitan membaca teks bahasa Inggris |
1. Minimnya kosa
kata 2. Bacaan kurang
menarik 3. Malu dengan
teman dan takut salah |
1. Minat baca
siswa kurang 2. Siswa tidak
percaya diri |
2 |
Siswa kesulitan menulis teks Bahasa Inggris |
1.
Minimnya kosa kata 2.
Tidak terbiasa menulis teks bahasa Inggris |
1. Siswa malas
mencari kosa kata baru 2. Siswa jarang
mempraktekan menulis bahasa Inggris |
3 |
Guru sulit membangun komunikasi dengan orang tua dan wali santri |
1.
Orang tua tidak mempunyai HP 2.
Orang tua kurang memperhatikan perkembangan
pendidikan anaknya 3.
Orang tua sibuk dengan urusannya masing-masing |
1.
Bakcground pendidikan dan ekonomi orang tua 2.
Hubungan dengan orang tua di handle oleh wali
kelas |
4 |
Guru belum mengaplikasikan model-model pembelajaran inovatif |
1. Minat baca
guru kurang 2. Guru belum
faham dengan model pembelajaran inovatif 3. Guru bingung
menentukan model pembelajaran inovatif yang sesuai |
1.
Guru belum mengikuti pelatihan model pembelajaran
inovatif |
5 |
Pembelajaran HOTS belum optimal |
1. Guru bingung dengan KKO 2. Siswa kesulitan menjawab
soal dengan level HOTS 3. Guru belum mengerti dengan
apa HOTS itu sendiri 4. Guru betah di zona nyaman
(Ada rasa takut siswa tidak bisa/akan dapat nilai kecil jika diberi soal
HOTS) |
1.
Siswa tidak terbiasa menjawab soal HOTS 2.
Pelatihan mengenai pembuatan soal HOTS yang
khusus Bahasa Inggris masih minim. |
6 |
Terbatasnya sarana IT dalam mengaplikasikan pembelajaran inovasi |
1. Penggunaan
sarana IT dalam pembelajaran rebutan dengan guru lain 2. Guru belum
faham menggunakan IT dalam pembelajaran 3. Siswa belum
faham mengoperasikan IT |
1. Sarana belum
lengkap 2. Guru dan siswa
belum melek teknologi |
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment