Monday, November 14, 2022

TUGAS PPG LK.1.1 IDENTIFIKASI MASALAH

 

LK. 1.1. Identifikasi Masalah

 

No.

Jenis Permasalahn

Masalah yang Diidentifikasi

Analisis Identifikasi Masalah

1

pedagogik, literasi, dan numerasi.

1.    Kesulitan belajar reading text

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.    Siswa kesulitan membaca teks bahasa Inggris

 

 

 

 

 

3.    Kesulitan dalam penyebutan angka dalam bahasa inggri khususnya pada angka yang lebih dari 100. Dan masih banyak yang salah dalam penyebutan angka 10

Ø  Siswa tidak mempunyai buku pegangan

Ø  Alokasi waktu kurang

Ø  Kurang bisa memanfaatkan e-book karena adanya aturan tidak boleh bawa HP

 

Ø  Minat baca siswa kurang

Ø  Kurangnya pembiasaan literasi membaca siswa

Ø  Siswa tidak percaya diri

 

Ø  Kekeliruan penyampaian atau penyebutan angka 10 dari guru bahasa inggris di tingkat SD

Ø  Guru yang mengajarkan Bahasa Inggris di tingkat sebelumnya bukan berasal dari pendidikan Bahasa Inggris

2

kesulitan belajar siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus dan masalah pembelajaran (berdiferensiasi) di kelas berdasarkan pengalaman mahasiswa saat menjadi guru.

1.  Siswa sulit menulis teks Bahasa Inggris

 

 

 

 

 

2.  Siswa tidak percaya diri dalam mengucapkan Bahasa Inggris

 

 

 

 

 

 

 

3.  Guru sulit menentukan metode pengajaran untuk siswa berkebutuhan khusus

 

a.         Motivasi belajar siswa yang kurang

b.        Jarang melatih kemampuan menulis

c.         Kurangnya kosakata

 

a.         Tidak adanya dukungan dari teman sejawat

b.        guru kurang memberikan dukungan untuk siswa membiasakan diri berbicara Bahasa Inggris

 

a.         Orang tua tidak menyadari jika anaknya merupakan siswa yang memiliki kebutuhan khusus

b.        Guru tidak mempunya keahlian untuk mengajar siswa berkebutuhan khusus

c.         Sekolah tidak memberikan fasiltas khusus untuk siswa berkebutuhan khusus

3

membangun relasi/hubungan dengan siswa dan orang tua siswa.

1.  Guru sulit membangun komunikasi dengan siswa berkepribadian tertutup

 

 

 

 

 

 

2.  Guru tidak bisa membangun komunikasi dengan orang tua dalam melaporkan hasil pembelajaran anak.

 

 

 

 

 

a.         Siswa tidak terbiasa bersosialisasi dengan orang yang baru dikenal

b.        Orang tua membatasi anaknya bersosialisasi

c.         Siswa tidak percaya diri

 

a.         Berbeda-bedanya kemampuan ekonomi dari orang tua siswa menyebabkan tidak semua orang tua mempunyai hp sebagai alat komunikasi digital.

b.        Orang tua tidak aktif dan peduli dengan hasil pembelajaran anaknya

c.         Aturan sekolah yang tidak mengijinkan langsung guru berinteraksi dengan orang tua.

4

pemahaman/ pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan karakteristik materi dan siswa.

1.    Guru belum faham untuk mengaplikasikan model-model pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

2.    Guru belum bisa memanfaatkan model pembelajaran inovatif

 

 

 

3.    Guru belum faham dengan materi yang akan diajarkan

 

a.       Kurangnya guru mengikuti pelatihan-pelatihan atau seminar-seminar yang berhubungan dengan model-model pembelajaran inovatif

b.      IHT yang dilaksanakan disekolah masih seputar admnistrasi pembelajaran

a.       Sarana sekolah yang belum memadai

b.      Guru tidak kreatif

c.       Siswa tidak siap

 

 

a.      Guru tidak mempersiapkan terlebih dahulu materi ajar

b.      Guru terpaku pada satu sumber ajar

 

5

Materi terkait Literasi numerasi, Advanced material, miskonsepsi, HOTS.

1.      Guru kurang memahami kata kerja operasional

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

2.      Siswa kesulitan menjawab soal HOTS

 

 

a.      Kurangnya pelatihan mengenai HOTS

b.      Tidak membiasakan memberikan soal berdasakan level berfikir siswa

c.      Masih mempunya pemikiran nilai siswa yang utama

 

a.       Siswa tidak terbiasa mengerjakan soal HOTS

b.      Siswa tidak mengerti pertanyaan yang diberikan

c.       Minat baca siswa kurang

6

pemanfaatan teknologi/inovasi dalam pembelajaran.

1.      Guru belum bisa memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu ajar

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Alat yang digunakan terbatas sehingga berebut dalam penggunaannya

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      Siswa belum siap dengan model pembelajaran berbasis IT

 

a.      Banyak guru masih gaptek

b.      Tidak terbiasa dengan penggunaan alat bantu ajar

c.      Tidak adanya tuntutan untuk merubah gaya mengajar

 

 

a.       Sekolah belum memiliki sarana yang memadai

b.      Sekolah tidak mengatur jadwal penggunaan alat  IT

c.       Tidak adanya ruangan khusus IT

 

a.       Kemampuan ekonomi siswa berbeda-beda

b.      Siswa belum bisa menggunakan IT

c.       Sekolah belum bisa menyediakan sarana pendukung

7

Kenakalan Remaja

          Banyaknya anak-anak smk yang berpacaran di lingkungan sekolah

          Banyaknya anak-anak smk yang merokok menggunakan seragam sekolah dan berada di lingkungan sekolah

  Lemahnya.Melakukan pengawasan yang ketat di lingkungan sekolah

  Kurang tegasnya membuat peraturan sekolah yang di dalamnya ada sanksi jikalau sampai ada siswa yang melanggar

8

Tidak ada pengelompokan gaya belajar siswa sedari awal(Kinestetik,audio,visual

dan audiovisual)

Memberikan materi pembelajaran secara umum tanpa melihat kebutuhan siswa dan gaya belajar siswa

Jarangnya memberikan tutor teman sebaya supaya para siswa lebih mudah menangkap materi dengan bahasa yang lebih sederhana

9

Saran dan prasarana yang kurang

          Laboratorium tidak memiliki kelengkapan peralatan yang memadai

          Laboratorium di gunakan sebagai ruang belajar infoskus sedikit,tidak terpasang di semua kelas

  Kurang di perhatikannya kelengkapan.laboratorium oleh alat-alat yang di butuhkan oleh siswa

  Banyak alat-alat laboratorium yang rusak,oleh karna itu sebaiknya jumlah siswa di sesuaikan dengan jumlah robel yang ada

  Kurangnya Keamanan sekolah yang kurang memadai sehingga di khawatirkan jika imfokus di pasang di kelas- kelas ada kemungkinan akan Hilang

 

 

 

No comments: