Tuesday, April 26, 2016

Resep Mendoan Crispy Enak

Mendoan merupakan makanan khas asli dari Kota Purwokerto. Mendoan Purwokerto sudah ada sejak lama, maka tidak heran kalau makanan ini sudah sangat terkenal dimana-mana. Keunikan dari Mendoan yaitu bentuknya yang lebar dan tipis, dibalut degan tepung yang digoreng sebentar sehingga menghasilkan Mendoan hangat yang lentur, gurih dan sangat nikmat.
Cara membuat Mendoan Purwokerto sangatlah mudah dan praktis, yang paling utama adalah sediakan tempe khusus Mendoan. Biasanya tempe Mendoan dapat dibeli di pasar tradisional dengan harga kisaran 1000.an atau 2000.an. Tempe Mendoan yang dijual biasanya dibungkus daun pisang dilapisi koran, didalamnya isi 2 lapis tempe Mendoan dengan ukuran yang sama besarnya.
Jika ditempat anda tidak ada tempe Mendoan, maka anda dapat menggunakan tempe dengan ukuran seadanya kemudian dipotong tipis melebar. Setelah itu sediakan berbagai bahan lainnya seperti tepung, minyak dan bumbu rempah. anda dapat menyimaknya secara terperinci Resep Mendoan Purwokerto diartikel ini.
Selain rasa Mendoannya enak dan gurih, namun makanan Mendoan Purwokerto ini juga menyehatkan dan aman dikonsumsi siapa saja. Karena makanan ini terbuat dari tempe yang memiliki banyak protein sehingga Mendoan Purwokerto dapat dikategorikan makanan yang baik untuk dikonsumsi. Jika anda sangat menyukai Mendoan Purwokerto, maka ada tips untuk tetap menjaga kualitas Mendoan agar tetap tergolong makanan yang baik dikonsumsi yaitu dengan cara setiap anda akan membuat Mendoan kami sarankan untuk menggunakan minyak yang baru.
Keuntungan kita jika membuat Mendoan Purwokerto sendiri di rumah yaitu kita dapat mengetahui kualitas bahan dan selera rasa yang kita inginkan sehingga kita dapat menjamin kesehatan kita sendiri dengan baik. Meskipun banyak sekali yang menjual Mendoan Purwokerto di tanah Jawa. Karena banyak yang menggemari Mendoan maka banyak juga yang menjualnya. Hal ini membuat para pecinta Mendoan merasakan sensasi yang berbeda dari Mendoan.
Sehingga muncullah banyak kreasi unik dari Mendoan Purwokerto seperti ada Mendoan Hijau, Mendoan Unyil, Mendoan Mercon, Mendoan Crispy dan entah akan muncul Mendoan apa lagi kelak. Dari referensi kreasi Mendoan tersebut, kami akan mengajak anda untuk membuat salah satu kreasi tersebut yaitu Mendoan Crispy yang kami ulas secara lengkap dalam Resep Mendoan Purwokerto tentunya hanya di saturesep.com kami.
Mendoan Crispy adalah kreasi Mendoan yang sengaja dibuat dengan tekstur tepung yang digoreng hingga coklat keemasan sehingga menghasilkan rasa yang renyah dan gurih. Bagi pecinta Mendoan Purwokerto apapun kreasinya pasti akan tetap menyukainya.
Silahkan sediakan semua bahan dan bumbu serta alat yang dibutuhkan untuk membuat Mendoan Purwokerto ini yaitu Mendoan Crispy. Kemudian cermati baik-baik step by step Cara Membuat Mendoan Crispy ini secara lengkap di Resep Mendoan Purwokerto berikut.
Resep Mendoan Crispy
Resep Mendoan Crispy

Bahan Resep Mendoan Purwokerto:

  1. Tempe sebanyak 100 gram / Tempe Mendoan 10 lembar
  2. Tepung Terigu sebanyak 100 gram
  3. Tepung Beras sebanyak 100 gram
  4. Air putih sebanyak 100 ml
  5. Daun Bawang sebanyak 2 batang

Bumbu Halus Resep Mendoan Purwokerto:

  1. Bawang Putih sebanyak 3 siung
  2. Kemiri sebanyak 2 butir
  3. Garam secukupnya
  4. Ketumbar sebanyak 1 sendok teh
  5. Kunyit sebanyak 1 cm
  6. Kencur sebanyak 1 cm

Cara Membuat Resep Mendoan Purwokerto:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, sisihkan
  2. Kemudian campurkan tepung terigu, air, dan bumbu halus di dalam satu wadah aduk rata. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  3. Celupkan tempe ke dalam adonan tepung. Goreng sampai matang / kering, angkat dan tiriskan.
  4. Sajikan di atas piring saji dan nikmati selagi hangat dengan sambal kecap.
  5. Cara membuat sambal kecap : Aduk merata 5 sendok makan kecap manis dengan 1 siung bawang putih halus, 4 buah cabe rawit yg diiris kasar dan garam secukupnya.
Apapun olahan kreasi Mendoan Purwokerto sangat nikmat dinikmati bersamaan dengan cabe rawit hijau, atau sambal kecap pedas. Menikmati kelezatan Mendoan Purwokerto saat hangat ditemani dengan nasi yang hangat juga, atau dapat juga dijadikan sajian cemilan bersantai dengan secangkir teh dan kopi dapat menambah selara nafsu makan anda.
Mendoan Purwokerto menjadi semakin terkenal bukan hanya karena rasanya yang enak, namun juga karena selalu ada kreasi baru dari olaan Mendoan Purwokerto ini. Ternyata sekarang muncul Mendoan hijau, Mendoan keju, bahkan Mendoan mercon. Dan pemasaran Mendoan Purwokerto juga tidak hanya di wilayah Purwokerto dan Banyumas saja, namun sudah hingga ke luar jawa. Hal ini semakin menjadikan menu Mendoan Purwokerto semakin istimewa.
Demikian ulasan Cara Membuat dan Resep Mendoan Purwokerto secara lengkap dengan kreasi Mendoan Crispy dari kami. Mendoan Purwokerto dapat anda sajikan dalam berbagai acara. Selamat mencoba di dapur kesayangan anda. Semoga bermanfaat

sumber : http://saturesep.com/resep-mendoan-crispy/

No comments: