Saturday, January 8, 2011

Sukses Komunikasi Dalam Karier


KETERAMPILAN KOMUNIKASI YANG BAIK MENJADI PENUNJANG SUKSES ANDA DALAM BERKARIER

            Apapun bidang pekerjaan yang ditekuni saat ini, pastikan Anda menjalin komunikasi yang baik dengan atasan atau rekan kerja. Seperti diungkapkan Connie Podesta dan Jean Gatz dalam buku berjudul Sukses berbicara dengan siapa saja bahwa gaya komunikasi yang efektif dapat membantu mencapai keberhasilan dalam setiap karier. Jadi bila tidak ingin karier terancam hanya karena dianggap bersikap kelewat batas, maka jagalah cara pergaulan Anda.
Berkomunikasi dengan atasan !
Salah satu kunci sukses komunikasi dalam karier Andsa harus menyadari adanya batasan yang berlaku terutama dengan atasan. Berikut kunci sukses komunikasi dengan atasan.
  • Hindari cara mengutarakan sesuatu seolah-olah kedudukan Anda setingkat.
  • Ingatlah bahwa keakraban ada batasnya saat berada di lingkungan kerja.
  • Hindari pembicaraan yang terlalu pribadi.
  • Biarkan atasan mengendalikan pembicaraan, Anda harus bisa mengantisipasinya.
  • Sesuaikan selera humor, hindari cerita yang dapat menghina atasan.
Berkomunikasi dengan rekan kerja!
Mulailah memahami karakter rekan kerja Anda. Komunikasi yang lancar dengan rekan kerja dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Berikut ini tips suksesnya.
  • Beri pujian pada rekan kerja atas apa yang telah mereka lakukan.
  • Akui keberadaannya dan hargai kerja kerasnya.
  • Hormati rekan Anda maka mereka akan menghormati Anda.
  • Sampaikan permintaan tolong Anda dengan sopan tanpa terkesan memerintah.
  • Bersikaplah fleksibel, cobalah berempati dengan peresaan dan keadaan rekan kerja.
  • Sampaikan kritik Anda dengan baik.
  • Berbesar hatilah untuk mengakui kesalahan yang Anda buat.

No comments: