Saturday, January 8, 2011

Strategi Karier di Awal Tahun


AKHIR TAHUN SAATNYA ANDA MELIHAT KEMBALI PENCAPAIAN DI TAHUN INI DAN HARAPAN ANDA DI TAHUN MENDATANG

            Di penghujung tahun selalu menjadi ajang bagi kita untuk melakukan instropeksi diri. Termasuk melakukan instropeksi dalam dunia kerja. Inilah saatnya Anda kembali melihat pencapaian yang telah di dapat selama satu tahun terakhir untuk menentukan target tahun mendatang. Tidak ada salahnya melakukan sebuah perubahan untuk hasil yang positif. Memulai segala perubahan itu dari dalam diri sendiri merupakan langjah awal yang bisa Anda lakukan. Strategikan perkembangan karier Anda di tahun mendatang dengan lima langkah berikut.
  1. Buatlah Sebuah Rencana
Cari tahu kebutuhan dan impian Anda dengan karena dengan mengetahui impian Anda dengan baik maka Anda akan lebih mudah membuat sebuah rencana. Lakukan evaluasi atas apa yang telah dicapai saat ini dan diskusikan semua itu dengan atasan dan rekan kerja. Selain bisa memberikan gambaran tentang harapan atasan, evaluasi juga bermanfaat untuk mempelajari kesalahan. Berawal dari semua itu, mulailah untuk membuat rencana kerja Anda tahun depan dan pencapaian yang Anda harapkan.

  1. Tingkatkan Profesionalisme
Kini saatnya Anda mulai mengembangkan sikap profeionalisme dalambekerja. Seiring meningkatnya beban pekerjaan, Anda tentu akan dihadapkanpada masalah yang lebih besar. Semua itu bisa mempengaruhi emosi dan kinerja Anda. Jangan biarkan Anda larut dalam emosi pribadi. Tunjukan dan kembangkan sikap profesionalisme Anda di lingkungan kerja.
  1. Tunjukan Kemampuan
Bersikaplah bijaksana dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada. Berikan loyalitas Anda untuk menyelesaikannya. Jika Anda memilki pekerjaan dengan tenggat waktu, usahakan semua itu terselesaikan sebelum batas akhir.

  1. Jangan Terfokus Hanya pada Aturan
Kadang Anda perlu membuat sebuah inovasi positif jika itu memberikan hasil positif. Pertimbangkan terlebih dahulu semua tindakan danlangkah yang Anda ambil. Kejadian di masa lalu bisa menjadi pelajaran baerharga.

  1. Tunjukan Antusiasme
Mulai tahun baru dengan semangat kerja yang tinggi. Tunjukan antusiasme Anda pada rencana yang telah dibuat untuk menjalankan sepanjang tahun depan. Siapa tahu di pertengahan atau akhir tahun nanti prestasi Anda mendapatkan perhatian dari atasan.


No comments: