Saturday, January 8, 2011

Kiat Nyaman Berlibur


KEJAHATAN BISA TERJADI BAHKAN SAAT KAMU SEDANG BERLIBUR SEKALIPUN. BUAT PERSIAPAN KHUSUS AGAR LIBURAN TETAP AMAN DAN NYAMAN

            Apakah kamu sedang berencana untuk melakukan perjalanan liburan kali ini seorang diri? Gak ada salahnya kok kalau kamu mau coba jadi petualang. Asalkan kamu bisa mempersiapkan beberapa hal secara lebih hemat, pastinya liburan kamu akan berjalan dengan aman dan nyaman. Tips berikut tentunya dapat membantu kamu mempersiapkan liburan sendiri!
  1. Tentukan kota liburan kamu. Cari informasi tentang fasilitas dan keamananya sebelum kamu memutuskan untuk memilih satu kota sebagai tempat tujuan berlibur. Tanyakan teman atau anggota keluarga yang pernah berkunjung ke kota tersebut. Kamu juga bisa buka website yang memberikan deskripsi tentang wisata tersebut.
  2. Pilih waktu yang tepat. Bulan Juni-Juli biasanya dipakai anak-anak sekolah untuk berlibur. Jadi jika kamu menginginkan tempat liburan yang tidak terlalu ramai, pilihlah di luar bulan tersebut.
  3. Lakukan reservasi hotel sebelum kamu tiba di kota tujuan liburan. Pelajari juga rute dari bandara, stasiun atau terminal kelokasi hotel tempat kamu menginap.
  4. Untuk keamanan, jangan membawa perhiasan berlebihan. Tinggalkan saja barang berharga kamu di rumah. Jika membawa uang, pisahkan antara uang pecahan besar dengan pecahan kecil. Letakan uang pecahan kecil dalam dompet yang mudah kamu ambil. Jadi jika kamu berbelanja tidak akan menarik perhatian orang lain. Sedangkan uang pecahan besar, sebaiknya kamu letakan di dompet yang terpisah beserta surat-surat lainnya.
 
Tips Khusus!
          Kini kejahatan bisa timbul kapan dan dimana pun bahkan dengan cara-cara yang mungkin tidak terpikirkan. Maka berhati-hatilah! Untuk menghindari kerugian yang lebih besar seperti tabungan yang terkuras, maka jangan memasukan informasi pribadi kamu di ponsel. Misalnya saja kamu menulis nama pacar kamu atau suami dengan kata “sayangku” atau “istriku”, atau telepon rumah dengan “home”. Informasi tersebut bisa dipakai pencuri untuk meminta nomor PIN ATM atau kartu kredit kamu dan menguras semua isi rekening tabungan. Apalagi jika kamu berpikir untuk pergi liburan sendiri, jika ternyata tas kamu kecopetan maka pencuri tersebut bisa saja mengirim SMS ke nomor tersebut. Dan orang terdekat kamu akan berpikir bahwa kamu yang memintanya maka bisa jadi ia akan memberikan nomor penting itu. Untuk menghindari modus operandi kejahatan seperti ini, sebaiknya kamu tidak memberikan nama khusus di ponsel. Dan jika kamu juga menerima SMS yang meminta nomor penting seperti PIN atau lainnya, jangan langsung dibalas. Lebih baik kamu telepon terlebih dahulu dan cek kepastiannya.

No comments: