Friday, June 13, 2025

INSTRUMEN UMPAN BALIK KINERJA GURU RESPONDEN PESERTA DIDIK

 INSTRUMEN UMPAN BALIK KINERJA GURU RESPONDEN PESERTA DIDIK

 A.          IDENTITAS

1.       Nama Sekolah                                 :    

2.       Nama Guru                                      :    

3.       Tanggal Penilaian                           :

B.          TUJUAN

Kuesioner ini bertujuan untuk menghimpun data atau informasi kinerja guru dari Peserta Didik tentang Penguasaan Materi, Kemahiran dalam Mengajar, Perilaku Guru Sehari-hari, dan Hubungan Sosial dengan Peserta Didik

C.          PETUNJUK

1.       Mengisi identitas di atas dengan lengkap dan benar.

2.       Membaca dengan teliti pernyataan yang tertulis pada kolom (3).

3.       Memberikan jawaban dengan jujur atas pernyataan pada kolom (3) dengan memberi tanda centang (√) pada:

a.  Kolom (4), apabila tidak pernah (TP), skor 0

b.  Kolom (5), apabila kadang-kadang (KD), skor 1

c.  Kolom (6), apabila sering (SR), skor 2

 

No

KOMPONEN

PERNYATAAN

PENILAIAN

TP

KD

SR

1

Penguasaan

1

Guru menyampaikan materi pelajaran dengan contoh dalam

 

 

 

 

Materi

 

kehidupan sehari-hari.

 

 

2

Guru     menjelaskan materi pelajaran     dari buku paket dan

 

 

 

 

 

 

sumber belajar lainnya.

 

 

3

Guru      memberikan     contoh      atau      permasalahan      yang berhubungan dengan keadaan saat ini.

 

 

 

 

 

4

Guru menjawab pertanyaan dengan jelas.

 

 

 

 

 

5

Guru menjawab pertanyaan dengan benar.

 

 

 

 

 

6

Guru mengajar sesuai dengan materi pelajaran.

 

 

 

2

Kemahiran

1

Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan selama

 

 

 

 

dalam

 

pembelajaran.

 

Mengajar

2

Guru memberikan motivasi kepada saya dan teman-teman.

 

 

 

 

 

3

Guru     menyampaikan    materi     pelajaran     dengan    mudah

 

 

 

 

 

 

dimengerti.

 

 

4

Guru mengajar dengan cara yang bervariasi misalnya diskusi,

 

 

 

 

 

 

demonstrasi, tanya jawab, ceramah, dll.

 

 

5

Guru     berbicara dengan jelas ketika menyampaikan materi

 

 

 

 

 

 

pelajaran.

 

 

6

Guru meminta belajar secara berkelompok.

 

 

 

 

 

7

Guru mengajar dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

 

 

 

 

 

8

Guru terampil menggunakan alat bantu saat mengajar.

 

 

 

 

 

9

Guru membimbing saya dan teman-teman ketika mengalami

 

 

 

 

 

 

kesulitan.

 

 

10

Guru     membuat     suasana     nyaman     saat      melaksanakan

 

 

 

 

 

 

pembelajaran.

 

 

11

Guru memberi kesempatan kepada saya dan teman- teman

 

 

 

 

 

 

untuk bertanya atau menjawab.

 

 

12

Guru menghargai kemampuan saya dan teman- teman.

 

 

 

 

 

13

Guru memberitahukan nilai hasil belajar.

 

 

 

 

 

14

Guru memberikan tugas dalam pembelajaran.

 

 

 


3

Perilaku Guru Sehari-hari

1

Guru memelihara komunikasi yang baik dengan semua peserta

didik.

 

 

 

2

Guru ikut serta dalam berbagai macam kegiatan sekolah

(upacara, kegiatan keagamaan, senam bersama).

 

 

 

3

Guru ramah.

 

 

 

4

Guru sabar.

 

 

 

5

Guru memulai pembelajaran tepat waktu.

 

 

 

6

Guru mengakhiri pembelajaran tepat waktu.

 

 

 

7

Guru memberikan tugas apabila berhalangan hadir.

 

 

 

8

Guru menjaga lingkungan sekolah tanpa asap rokok.

 

 

 

9

Guru menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

 

 

 

10

Guru memulai dan mengakhiri pembelajaran dengan berdoa

bersama.

 

 

 

4

Hubungan Sosial dengan Peserta Didik

1

Guru memperhatikan kebutuhan belajar saya dan teman-

teman.

 

 

 

2

Guru menyebutkan nama saya dan teman-teman selama

kegiatan pembelajaran atau kegiatan lainnya)

 

 

 

3

Guru memberi perhatian kepada saya dan teman- teman.

 

 

 

4

Guru memilihara komunikasi yang baik dengan semua peserta

didik.

 

 

 

5

Guru mudah dihubungi pada saat diperlukan untuk diskusi.

 

 

 

6

Guru akrab dengan saya dan teman-teman.

 

 

 

Jumlah Skor

 

Skor Maksimum = Jumlah indikator x 2

 

Nilai Kinerja = (Jumlah skor/skor maksimum) x 100

 

Predikat

 

 

                                                                                                                               Tasikmalaya, Agustus   2026

Responden/ Peserta didik

 

 

 

 

         __________________


 

No comments: