INSTRUMEN UMPAN BALIK KINERJA GURU RESPONDEN PESERTA DIDIK
1. Nama Sekolah :
2. Nama Guru :
3. Tanggal Penilaian :
B. TUJUAN
Kuesioner ini bertujuan untuk menghimpun data atau informasi kinerja guru dari Peserta Didik tentang Penguasaan Materi, Kemahiran dalam Mengajar, Perilaku Guru Sehari-hari, dan Hubungan Sosial dengan Peserta Didik
C. PETUNJUK
1. Mengisi identitas di atas dengan
lengkap dan benar.
2. Membaca dengan
teliti pernyataan yang tertulis pada kolom (3).
3. Memberikan jawaban
dengan jujur atas pernyataan pada kolom (3) dengan memberi
tanda centang (√) pada:
a. Kolom (4), apabila tidak pernah (TP), skor 0
b. Kolom (5), apabila kadang-kadang (KD), skor 1
c. Kolom (6), apabila sering (SR), skor 2
|
No |
KOMPONEN |
PERNYATAAN |
PENILAIAN |
|||
|
TP |
KD |
SR |
||||
|
1 |
Penguasaan |
1 |
Guru menyampaikan materi pelajaran dengan
contoh dalam |
|
|
|
|
|
Materi |
|
kehidupan sehari-hari. |
|||
|
|
|
2 |
Guru menjelaskan materi
pelajaran dari buku paket dan |
|
|
|
|
|
|
|
sumber belajar lainnya. |
|||
|
|
|
3 |
Guru memberikan contoh atau permasalahan yang berhubungan dengan keadaan saat ini. |
|
|
|
|
|
|
4 |
Guru menjawab pertanyaan dengan jelas. |
|
|
|
|
|
|
5 |
Guru menjawab pertanyaan dengan
benar. |
|
|
|
|
|
|
6 |
Guru mengajar sesuai
dengan materi pelajaran. |
|
|
|
|
2 |
Kemahiran |
1 |
Guru menyampaikan kegiatan yang akan
dilakukan selama |
|
|
|
|
|
dalam |
|
pembelajaran. |
|||
|
|
Mengajar |
2 |
Guru memberikan motivasi kepada saya dan teman-teman. |
|
|
|
|
|
|
3 |
Guru menyampaikan materi pelajaran dengan mudah |
|
|
|
|
|
|
|
dimengerti. |
|||
|
|
|
4 |
Guru mengajar dengan cara yang bervariasi misalnya diskusi, |
|
|
|
|
|
|
|
demonstrasi, tanya jawab,
ceramah, dll. |
|||
|
|
|
5 |
Guru berbicara dengan
jelas ketika menyampaikan materi |
|
|
|
|
|
|
|
pelajaran. |
|||
|
|
|
6 |
Guru meminta belajar secara
berkelompok. |
|
|
|
|
|
|
7 |
Guru mengajar dengan
cara yang menyenangkan dan menarik. |
|
|
|
|
|
|
8 |
Guru terampil menggunakan alat
bantu saat mengajar. |
|
|
|
|
|
|
9 |
Guru membimbing saya
dan teman-teman ketika
mengalami |
|
|
|
|
|
|
|
kesulitan. |
|||
|
|
|
10 |
Guru membuat suasana nyaman saat melaksanakan |
|
|
|
|
|
|
|
pembelajaran. |
|||
|
|
|
11 |
Guru memberi
kesempatan kepada saya
dan teman- teman |
|
|
|
|
|
|
|
untuk bertanya atau
menjawab. |
|||
|
|
|
12 |
Guru menghargai kemampuan saya dan teman-
teman. |
|
|
|
|
|
|
13 |
Guru memberitahukan nilai
hasil belajar. |
|
|
|
|
|
|
14 |
Guru memberikan tugas
dalam pembelajaran. |
|
|
|
|
3 |
Perilaku Guru Sehari-hari |
1 |
Guru memelihara komunikasi yang baik dengan
semua peserta didik. |
|
|
|
|
2 |
Guru ikut serta
dalam berbagai macam
kegiatan sekolah (upacara, kegiatan keagamaan, senam bersama). |
|
|
|
||
|
3 |
Guru ramah. |
|
|
|
||
|
4 |
Guru sabar. |
|
|
|
||
|
5 |
Guru memulai pembelajaran tepat waktu. |
|
|
|
||
|
6 |
Guru mengakhiri pembelajaran tepat waktu. |
|
|
|
||
|
7 |
Guru memberikan tugas
apabila berhalangan hadir. |
|
|
|
||
|
8 |
Guru menjaga lingkungan sekolah tanpa asap
rokok. |
|
|
|
||
|
9 |
Guru menjaga kebersihan lingkungan sekolah. |
|
|
|
||
|
10 |
Guru memulai dan
mengakhiri pembelajaran dengan
berdoa bersama. |
|
|
|
||
|
4 |
Hubungan Sosial dengan Peserta Didik |
1 |
Guru memperhatikan kebutuhan belajar saya dan teman- teman. |
|
|
|
|
2 |
Guru menyebutkan nama
saya dan teman-teman selama kegiatan pembelajaran atau
kegiatan lainnya) |
|
|
|
||
|
3 |
Guru memberi perhatian kepada saya dan teman- teman. |
|
|
|
||
|
4 |
Guru memilihara komunikasi yang baik dengan
semua peserta didik. |
|
|
|
||
|
5 |
Guru mudah dihubungi pada saat diperlukan untuk diskusi. |
|
|
|
||
|
6 |
Guru akrab dengan
saya dan teman-teman. |
|
|
|
||
|
Jumlah Skor |
|
|||||
|
Skor Maksimum = Jumlah indikator x 2 |
|
|||||
|
Nilai Kinerja
= (Jumlah skor/skor maksimum) x 100 |
|
|||||
|
Predikat |
|
|||||
Tasikmalaya, Agustus 2026
Responden/ Peserta didik
__________________
No comments:
Post a Comment