Wednesday, December 12, 2018

PANDUAN MENGISI E-RAPORT

Guru mata pelajaran dalam hubungannya dengan aplikasi e-Rapor, memiliki wewenang dan tugas sebagai berikut.
  1. Mengubah password sendiri.
  2. Merencanakan penilaian pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual, dan sikap sosial.
  3. Menginput nilai pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual, dan sikap sosial.
  4. Menyimpan proses deskripsi nilai.
  5. Mengirim nilai akhir.
  6. Menginput nilai US/USBN.
Panduan Guru dalam Input Nilai Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017
Alur kerja guru mata pelajaran dalam hubungannya dengan pengelolaan aplikasi e-Rapor sebagai berikut.
Cara login ke aplikasi e-Rapor
Berikut ini adalah langkah untuk login sebagai guru mata pelajaran.
  • Buka browser (disarankan menggunakan Chrome)
  • Ketikkan alamat URL e-Rapor SMP yang telah diberikan oleh admin, maka pada jendela browser akan muncul tampilan gerbang login seperti di bawah ini.
  • Ketikkan username dan password yang telah diberikan oleh admin.
    Pilih level pengguna : Guru
    Pilih Semester : misal 2016/2017 Genap
  • Klik tombol “Masuk”, selanjutnya akan muncul tampilan dashboard untuk guru seperti gambar di bawah ini.
Merencanakan Penilaian Harian
Sebelum melaksanakan proses penilaian, guru mata pelajaran wajib melakukan perencanaan. Perencanaan penilaian yang tersebut meliputi perencanaan penilaian pengetahuan, keterampilan, sikap spritual dan sikap sosial.
Perencanaan ini hendaknya dilakukan pada awal semester sesuai dengan rencana pembelajaran yang dibuat. Rencana penilaian yang telah dibuat dapat dilakukan perubahan, akan tetapi perlu diketahui bahwa perubahan perencanaan penilaian akan berakibat terhapusnya perencanaan serta nilai yang telah diinputkan sebelumnya.
1. Merencanakan penilaian pengetahuan
Berikut adalah langkah perencanaan penilaian pengetahuan.
  • Pilih menu “Rencana Penilaian >> Rencana Nilai Pengetahuan”.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
Keterangan:
1: Pilih Kelompok teknik penilaian (Tes Tulis, Tes Lisan, Penugasan)
2: Bobot Teknik Penilaian ( Misal pada test tulis 2, lisan 1, penugasan 1 diserahkan sepenuhnya kepada guru atau kebijakan sekolah. Jika pembobotan dikosongkan, sistem secara otomatis akan membaca bahwa bobot masing-masing teknik adalah sama)
3 : Nama Penilaian ( Misal U1, U2, U3 dan seterusnya jangan sampai kosong)
4 : Pilih KD yang akan dinilai dengan mengklik ceklist KD yang dimaksud. Untuk suatu KD dapat dilakukan penilaian dengan teknik yang sama lebih dari satu kali sesuai kebutuhan.
  • Klik tombol “Simpan” yang terletak pada bagian kanan bawah halaman untuk menyimpan.
2. Merencanakan penilaian keterampilan
Langkah perencanaan selanjutnya adalah merencanakan penilaian keterampilan. Logikannya, penilaian Keterampilan (KD4) paralel dengan penilaian pengetahuan (KD3), misal pada perencanaan penilaian pengetahuan kita menilai KD 3.1 , maka pada perencanaan penilaian keterampilan, KD 4.1 juga harus dinilai.
Adapun langkahnya adalah sebagai berikut.
  • Pilih menu “Rencana Penilaian >> Rencana Nilai Keterampilan”.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar berikut.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut.
Keterangan:
1 : Pilih teknik penilaian (Praktik,Protofolio,Projek, Produk, atau teknik lain)
2 : Ketikkan nama penilaian misal P1, P2, P3 dst (jangan dikosongkan)
3 : Pilih KD yang akan dinilai dengan suatu teknik penilaian. Suatu KD dapat dinilai dengan lebih dari satu teknik penilaian.
  • Klik tombol “Simpan” yang terletak di bagian kanan bawah halaman untuk
    menyimpan perencanaan.
3. Merencanakan penilaian sikap spiritual
Langkah merencanakan penilaian sikap spiritual adalah sebagai berikut.
  • Pilih menu “Rencana Penilaian >> Pilih KD Sikap Spiritual”.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut.
Keterangan:
1 : Pilih kelas
2 : Pilih mata pelajaran
3 : Klik cek list indikator sikap spiritual yang akan dinilai
  • Selanjutnya klik tombol “Simpan” untuk menyimpan rencana penilaian sikap
    spiritual.
  • Khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) selain memilih indikator spiritual, juga harus memilih KD sikap spiritual.
4.  Merencanakan penilaian sikap sosial
Berikut ini adalah langkah untuk merencanakan penilaian sikap sosial.
  • Pilih menu “Recana Penilaian >> Pilih KD Sikap Sosial”
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
Keterangan:
1 : Pilih kelas
2 : Pilih mata pelajaran
3 : Klik cek list indikator sikap sosial yang akan dinilai
3) Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan rencana.
  • Khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), selain memilih indikator sikap spiritual maka juga harus memilih KD sikap sosial.
5.  Mengkopi rencana penilaian
Untuk mempermudah pekerjaan perencaan penilaian pada beberapa kelas yang berbeda dalam dalam satu tingkat, kita dapat mengkopi rencana penilaian pada salah satu kelas yang telah kita lakukan rencana penilaiannya.
Misal, pada rencana penilaian pengetahuan.
  • Pilih menu “Rencana Penilaian >> Rencana Nilai Pengetahuan”
  • Klik tombol “Copy Rencana Nilai Pengetahuan”
  • Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
  • Pilih ” Kelas Asal Perencanaan” (yang telah direncanakan sebelumnya)
  • Pilih “Mata Pelajaran”
  • Pilih “Kelas Tujuan” (kelas yang akan lakukan rencana penilaian yang sama”
  • Klik tombol “Copy Data Rencana Penilaian Pengetahuan”
  • Cara yang sama dapat kita lakukan pada rencana nilai keterampilan, sikap spiritual dan sikap sosial.
6. Pembobotan PH, PTS, dan PAS
Di dalam pengolahan nilai rapor (nilai akhir) suatu mata pelajaran perlu direncanakan pembobotan pada masing-masing komponen nilai rapor setiap mata pelajaran.
Komponen nilai tersebut adalah penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester (PAS).
Berikut ini adalah langkah untuk menentukan pembobotan masing-masing komponen nilai rapor (nilai akhir) mata pelajaran.
  • Pilih menu “Rencana Penilaian >> Bobot PH,PTS dan PAS”.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar berikut.
Jika pada bobot dikosongkan, maka sistem akan membaca sebagai bobotnya sama.
  • Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan.
7. Menginput Nilai
Ada dua cara menginput nilai, yaitu dengan cara impor dan cara manual. Kelebihan dengan cara impor adalah kita dapat sekaligus menginput nilai dalam satu kelas dengan menggunakan file import nilai yang dapat diunduh dari aplikasi setelah perencanaan dilaksanakan.
Menginput nilai pengetahuan
a. Dengan cara import
Berikut ini adalah langkah import nilai pengetahuan
  • Pilih menu “Download Format Import”
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar berikut.
Keterangan:
1 : Pilih kelas
2 : Pilih mata pelajaran
3 : Klik tombol “Downolad Format” pada format nilai pengetahuan.
  • Selanjutnya akan terdownload file format import seperti tampak pada gambar berikut.
  • Selanjutnya akan terbuka file format import nilai seperti gambar di bawah ini.
  • Inputkan nilai siswa pada kolom nilai.
  • Simpan dalam format “Excel Workbook 97-2003 (*xls)”, dengan cara :
Klik menu “File>>Save as>>pilih Excel 97-2003 Workbook (*xls)”
  • Kemudian klik “save”
  • Selanjutnya kembali ke aplikasi, pilih menu “Import Nilai Pengetahuan”
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar berikut.
  • Klik tombol “Choose file”.
  • Pilih file nilai pengetahuan yang telah kita simpan.
  • Klik tombol “Open”, selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di
    bawah ini.
  • Kemudian klik tombol “Upload Data Nilai” tunggu beberapa saat, hingga muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
  • Klik tombol “Simpan Data Nilai” untuk menyimpan
b.  Dengan cara manual
Cara manual ini juga dapat digunakan untuk melakukan edit (perubahan) nilai siswa jika terjadi kesalahan nilai. Berikut ini langkah menginput nilai pengetahuan secara manual.
  • Pilih Menu “Input Data dan Nilai >> Input Nilai Pengetahuan”
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini.
Keterangan:
1 : Pilih kelas
2 : Pilih mata pelajaran
3 : Pilih Penilaian (sesuai perencanaan)
4 : Inputkan nilai
  • Selanjutnya klik tombol “Simpan” yang terletak di bagian kanan bawah untuk menyimpan.
Menginput nilai keterampilan 
Sebagaimana pada input nilai pengetahuan, untuk input nilai keterampilan juga dapat menggunakan dua cara yaitu cara import dan cara manual.
Demikian halnya dengan langkahnya. Perbedaannya hanya terletak pada format file yang didownload jika hendak menggunakan cara import.
Menginput nilai sikap spiritual
Nilai sikap spiritual, secara default adalah “Baik” untuk semua siswa. Guru mata pelajaran hanya tinggal melakukan perubahan pada siswa tertentu untuk nilai “Sangat Baik”,”Cukup” dan “Kurang”.
Untuk input nilai sikap spiritual disarankan menggunakan cara manual. Berikut ini adalah langkah untuk input nilai sikap spiritual.
  • Pilih menu “Input Data dan Nilai >> Input Nilai Sikap Spiritual”.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut.
Keterangan:
1 : Pilih Kelas
2 : Pilih mata pelajaran
3 : Klik untuk merubah nilai dari defaultnya pada siswa dan indikator yang akan dinilai
  • Klik tombol “Simpan” yang terletak di kanan bawah untuk menyimpan.
Menginput nilai sikap sosial
Nilai sikap sosial, secara default adalah “Baik” untuk semua siswa. Guru mata pelajaran hanya tinggal melakukan perubahan pada siswa tertentu untuk nilai “Sangat Baik”,”Cukup” dan “Kurang”.
Berikut ini adalah langkah untuk menginput nilai sikap sosial.
  • Pilih menu “Input Data dan Nilai >> Input Nilai Sikap Sosial”.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut.
Keterangan:
1 : Pilih Kelas
2 : Pilih mata pelajaran
3 : Klik untuk merubah nilai dari defaultnya pada siswa dan indikator yang akan dinilai
  • Klik tombol “Simpan” yang terletak di kanan bawah untuk menyimpan.
Menginput nilai tengah semester (PTS) dan nilai akhir semester (PAS)
a. Dengan cara import
  • Pilih menu “Download Format Import”
  • Selanjutnya klik tombol “Download Format” pada format nilai PTS dan PAS.
  • Selanjutnya akan terunduh file format import PTS dan PAS.
  • Inputkan nilai pada kolom nilai PTS dan PAS.
  • Simpan dalam format “Excel 97-2003 Workbook (*xls)
  • Selanjutnya lakukan proses import, dengan memilih menu “Import Nilai ‘Siswa>>Import Nilai PTS dan PAS”.
  • Selanjutnya pilih file yang akan diimport.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses import selesai.
  • Klik tombol “Simpan Data Nilai”
b.  Dengan Cara Manual
  • Pilih menu “Input Data dan Nilai>>Input Nilai PTS dan PAS”
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut.
(Sumber : http://ditpsmp.kemdikbud.go.id)

No comments: