Saturday, June 20, 2015

LPJ MOPDB SMK AL HUSNA CISAGA


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya. Kami SMK Al Husna Cisaga telah menyusun Proposal MOPDB untuk kegiatan Masa Orintasi Siswa Didik Baru Tahun Pelajaran 2014/2015. Laporan MOPDB ini dikembangkan dengan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan mengacu pada ketentuan pada edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis tentang kegiatan PPDB dan MOPDB Tahun Pelajaran 2014/2015.
Akhirnya, kami panitia MOPDB  SMK Al Husna Cisaga mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak, baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan Laporan MOPDB ini. Semoga Allah SWT tetap memberikan petunjuk terhadap upaya yang telah, sedang, dan yang akan kami lakukan untuk peningkatan mutu pendidikan khususnya di Kabupaten Ciamis.
MOPD sebagai ajang perkenalan peserta didik baru terhadap lingkungan tempat belajar yang akan ditempatinya, tujuan utamanya adalah orientasi terhadap lingkungan dengan cara yang mudah, meriah dan menyenangkan yang menjadi prinsip dasar MOPDB ini.
Laporan MOPDB ini tentunya masih banyak kekurangan yang harus disempurnakan baik dalam materi maupun teknis pelaksanaannya. Maka dari itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik sebagai bahan pertimbangan demi penyempurnaan program di masa yang akan datang.
Atas segala perhatian dan partisipasinya kami mengucapkan terimakasih.

                                                                                                            Ciamis,  Juli 2014
                                                                                                 Panitia








LAPORAN
MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU
SMK AL HUSNA CISAGA

A.     Latar Belakang
Kegiatan MOPDB di SMK Al Husna Cisaga ini untuk mengenali lingkungan sekolah yang merupakan suatu kegiatan rutin tahunan. Hari pertama calon siswa kelas X masuk sekolah untuk mengenali lingkungan sekolah yang baru yang disebut kegiatan Masa Orientasi. Orientasi dalam hal ini adalah kegiatan pengenalan terhadap lingkungan sekolah yang baru setelah dia lulus dari sekolah sebelumnya dan melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi disebut Masa Orientasi Peserta Didik Baru atau disebut (MOPDB). Kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik dilaksanakan selama tiga hari dalam 1 minggu berturut-turut yang dilaksanakan pada awal tahun pelajaran yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah.
Adanya ciri khusus pada setiap jenjang pendidikan, menyebabkan beberapa kebiasaan belajar yang dikembangkan dijenjang pendidikan sebelumnya perlu ditinggalkan dan diganti dengan cara belajar yang baru sesuai dengan jenjang tingkat perkembangan kemampuan mental psikologis anak didik. Untuk mengantar anak memasuki jenjang tersebut maka diadakan Masa Orientansi Peserta Didik Baru yang disebut (MOPDB), diusahakan agar hari-hari pertama masuk sekolah/ MOPDB adalah pengalaman yang paling menyenangkan.
Dalam pelaksanaannya kegiatan Penerimaan  Siswa Baru dan Masa Orientasi Peserta   Didik di lingkungan SMK Al Husna Cisaga Tahun Pelajaran 2014/2015 mengacu pada petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Ciamis. Khusus mengenai pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik tahun pelajaran 2014/2015 ini hendaknya diperhatikan langkah-langkah penyelenggaraannya mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan laporan. Hal ini patut  dimaklumi mengingat suatu kegiatan yang mengacu kepada program yang telah disusun sebelumnya.

B.     Dasar Hukum
Pada dasarnya penyelenggaraan MOPD Tahun Pelajaran 2014/2015 di SMK Al Husna Cisaga, berpedoman pada surat keputusan, surat edaran dan petunjuk-petunjuk lain yang mendukung terselenggaranya  pelaksanaan MOPD tersebut. Adapun dasar hukum penyelenggaraan dan penyusunan program kerja Masa Orientasi Peserta Didik tahun pelajaran 2014/2015 adalah sebagai berikut :
1.      Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.      Undang-undang Republik Indonesia nomor 32 tahun 2003 tentang Sistem Pemerintahan Daerah.
3.      Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 Tentang Kewenangan Provinsi sebagai Daerah Otonom
4.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan.
5.      Keputusan Mendiknas Nomor 125/U/2002 Tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Belajar Efektif Sekolah.
6.      Surat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kbupaten Ciamis Tahun 2014.
7.      Surat Keputusan Yayasan Al Husna.

C.    Sasaran
Sasaran MOPDB siswa baru SMK Al Husna Cisaga kelas X dengan mengikutsertakan siswa kelas XI (OSIS), para pendidik, tenaga kependidikan dan Komite sekolah.

D.   Tujuan MOPD
Tujuan diselengarakannya Masa Orientasi Peserta Didik Baru di SMK Al Husna Cisaga agar para siswa baru :
1.      Memberi siswa kesan yang positif dan menyenangkan terhadap lingkungan pendidikan di tempat barunya, mereka diharapkan mengawali kegiatan  pendidikan dengan hal-hal yang menggembirakan sambil tetap mempelajari  sesuatu yang baru  baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik dan sosialnya maupun dengan cara-cara belajar yang baru termasuk norma-norma khusus yang berlaku di lingkungan sekolah.
2.      Lebih mengenai lingkungan sekolah dan dapat segera menyatu dengan warga sekolah.
3.      Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga sekolah, sehingga siswa lebih cepat beradaptasi dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah serta mampu berperan aktif dan bertanggung jawab dalam kehidupan sekolah.
4.      Dapat meningkatkan kemampuan dan dapat melaksanakan pemahaman tentang tatakrama, khususnya pengertian, ruang lingkup tatakrama serta pentingnya menghormati dan menghargai manusia sebagai makhluk pribadi  dan makhluk sosial.
5.      Dapat mengenal & memahami serta melaksanakan program studi di sekolah, cara membaca & belajar  yang baik, mampu menyusun & melaksanakan program belajar atau jadwal belajar
6.      Mengembangkan kreativitas & memberdayakan potensi siswa sesuai dengan minat dan bakatnya.

E.      Susunan Panitia
Panitia Masa Oientasi Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2014/2015, berdasarkan hasil musyawarah pimpinan, dewan guru dan pelaksana tata usaha SMK Al Husna Cisaga telah terbentuk susunan panitia MOPDB sebagai berikut :
1.      Penasehat                  : Pembina Yayasan
                                                : Ir. H. Nono Suparno
2.      Penanggung Jawab   : Kepala Sekolah
: Dr. Wawan Wahyudin, M.Si.
3.      Ketua                                      : Wakasek Bid. Kesiswaan
: Ari Nugraha, S.Pd.,M.Pd.
4.      Sekretaris                   : Devi Fitriani, SE.
5.      Bendahara                 : Muni Muriani, S.Pd.
6.      Anggota                      : Seluruh Anggota OSIS
7.      Pemateri                     : 1. Dr. Wawan Wahyudin, M.Si.
: 2. Muni Muriani, S.Pd.
: 3. Ati Maria, ST.
: 4. Sigit Purnomo, S.Pd.
: 5. Dewi Dimayanti Iskandar, S.Si.
: 6. Mega Yuniarti, S.Farm.,Apt.
: 7. Metha Yunizar MZ.,S.Kep.
: 8. Rahmatuloh, S.Farm.





F.   Uraian Tugas
1.      Penanggung Jawab :
-          Perencanaan secara umum
-          Pengawasan secara umum
-          Menetapkan kebijakan-kebijakan
2.      Ketua :
-          Membantu penanggung jawab
-          Memimpin pelaksanaan operasional MOPDB
-          Mengorganisir tata kerja
-          Mengawasi seluruh pelaksanaan MOPDB
3.      Sekretaris :
-          Mengelola surat-menyurat
-          Menyiapkan format-format
-          Mengelola kehadiran peserta dan pembimbing
-          Membantu persiapan dengan ketua
-          Mengelola hal-hal lain yang berhubungan dengan kesekretariatan
4.      Bendahara :
-          Mengelola keuangan / dana untuk pelaksanaan MOPDB
-          Membuat SPJ keuangan
-          Bersama-sama panitia lainnya ikut kegiatan pelaksanaan MOPDB
5.      Anggota :
-          Mengadakan persiapan-persiapan MOPDB
-          Mengkoordinir dan melaksanakan kegiatan-kegiatan MOPDB
6.      Pemateri :
-          Membimbing siswa pada pelaksanaan MOPDB sesuai jadwal
-          Memberi materi pada peserta MOPDB sesuai jadwal.








G.   Daftar Tutor MOPDB
Tutor MOPDB hadir sesuai dengan jadwal. Adapun tutor MOPDB adalah :
No
Uraian Kegiatan
Pemateri
1
Pengenalan  Wawasan Wiyatamandala
Dr. Wawan Wahyudin, M.Si.
2.
Pengantar Akademik dan Kurikulum  SMK  Al Husna
a.       Jurusan Keperawatan
b.      Jurusan Farmasi
c.       Jurusan TSM
Muni Muriani S.Pd.

Metha Yunizar MZ., S.Kep.
Mega Yuniarti.,S.Farm Apt.

3.
Pengantar Kesiswaan dan Tata Tertib
Ari Nugraha, S.Pd.,M.Pd.
4.
Pengenalan Tentang Yayasan Al Husna
Yayasan
5.
Pengenalan Dunia Kesehatan
Rahmatulloh, S.Farm.
6.
Ekstrakurikuler dan OSIS
Sigit Purnomo S.Pd.
Ketua OSIS
Ketua MPK
7.
Mengenal Diri
Dewi Dimayanti Iskandar, S.Si

H.   Jadwal Kegiatan
Untuk lebih terarah dan terprogram pelaksanaan MOPD di SMK Al Husna Cisaga, maka disusunlah jadwal kegiatan seperti berikut ini :

Hari
Waktu
Uraian Kegiatan
PJ
Senin, 04 Agustus 2014
07.00-07.30
Cek peserta
Panitia
07.30–08.00
Upacara pembukaan 
Kepala SMK
08.00–09.00
Pengenalan  Wawasan Wiyatamandala
Pemateri
09.00–09.30
Sholat Dhuha dan Tadarus Bersama
Panitia
09.30–10.30
Pengantar Akademik tentang SMK  Al Husna :
·         Jurusan Keperawatan
·         Jurusan Farmasi
·         Jurusan TSM
Kaprodi Masing - masing
10.30–10.45
Ice breking/ Hiburan
Panitia
10.45–11.15
Pengantar Kesiswaan  dan TataTertib
Pemateri
11.15-11.45
Tadarus
Panitia
11.45-12.30
Sholat Dhuhur berjamaah
Panitia
12.30- 13.00
Pengumuman Panitia
Panitia

Selasa, 05 Agustus 2014
07.00-07.30
Cek peserta
Panitia
07.30–08.30
Pengenalan Tentang Yayasan Al Husna
Yayasan
08.30–09.30
Pengenalan Dunia Kesehatan
Pemateri
09.00–09.30
Sholat Dhuha
Panitia
09.30–10.30
ExtraKurikuler
Pemateri
10.30–11.00
Tadarus
Panitia
11.00–12.00
Tentang OSIS
Pemateri
12.00-13.00
Sholat Dhuhur berjamaan
Panitia
13.00-13.30
Pengumuman
Panitia

Rabu, 06 Agustus 2014
07.00-07.30
Persiapan Materi
Panitia
07.30–08.30
Mengenal Diri
Pemateri
08.30–09.30
Baksos
Panitia
09.3010.00
Sholat Dhuha
Panitia
10.0011.30
Pentas Seni-Tukar Kado
Panitia
11.30–12.00
Penutupan
Panitia
12.00–13.00
Sholat Dhur Beerjamah- Pulang
Panitia
12.00-13.00
Upacara Penutupan dan pengumuman
Panitia

I.   Ruang Kelompok Kerja
Ruang kelompok kerja penyelenggaraan MOPD tahun pelajaran 2014/2015 di SMK Al Husna Cisaga bertempat di ruang 2. Ruangan yang digunakan untuk peserta pada pelasanaan masa orientasi peserta didik baru kelas X tahun pelajaran 2014/2015 menggunakan ruangan kelas yang ada di SMK Al Husna Cisaga sebanyak 1 ruangan kelas.

J.  Jumlah Peserta MOPD
Pelaksananaan masa orientasi peserta didik Tahun Pelajaran 2014/2015 diikuti oleh seluruh siswa baru kelas X SMK Al Husna Cisaga, terdiri dari :
NO
RUANG
JUMLAH PESERTA
JUMLAH
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
1
4 (Empat)
9
17
26

K.   Sumber Dana
              Anggaran biaya masa orientasi pelajar baru tahun pelajaran 2014/2015 di SMK Al Husna Cisaga berasal dari  Dana Bantuan Operasional yang tercantum dalam RAPBS serta sumbangan sukarela yang tidak mengikat.

L.   Rencana Pengeluaran
              Untuk kelancaran kegiatan pelaksanaan MOPDB, perlu ditunjang oleh dana yang memadai. Di SMK Al Husna Cisaga, kami mencoba merencanakan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam pelaksanaan MOPDB. Adapun dana yang diperlukan untuk pelaksanaan MOPDB diantaranya adalah:
ANGGARAN KEUANGAN MOPDB
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
No
Uraian
Besaran
Satuan
Jumlah
Pengeluaran
Pemasukan

RENCANA PEMASUKAN






1. Dana MOPDB




1.100.000

RENCANA PENGELUARAN




1
ATK Kesekretariatan






1. Kertas Buram
1
15.000
15.000



2  Spidol Snowman Hitam
2
5.000
10.000



3. Buku Paduan MOPD
26
5.000
130.000



4. Pulsa
1
20.000
20.000



5. Sertifikat
26
3.500
91.000



6. Pita Panitia
2 Rol
5.000
10.000



7. Hadiah


80.000



8. Transportasi
4 liter
6.500
26.000



9. Photocopy


38.000



Jumlah



 420.000

2
INSENTIF






a.  Insentif Panitia






Penanggungjawab
1
100.000




Ketua
1
80.000




Sekretaris
1
50.000




Bendahara
1
50.000




Jumlah


280.000



b. Insentif Pemateri
10
40.000
400.000



Total Pengeluaran



1.100.000


Total  Pemasukan




1.100.000

M.   Materi yang Disajikan
Pada dasarnya materi masa orientasi peserta didik adalah hal-hal yang berkaitan erat dengan upaya-upaya mengantarkan siswa agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah serta segala tata pergaulannya. Adapun materi pokok meliputi :
1.        Sholat Dhuha, dan Qiroah.
2.        Wawasan Wiyatamandala dengan penekanan pada 8 K yaitu :
a.        Keimanan dan Ketaqwaan.
b.        Keamanan (Hak dan kewajiban siswa).
c.         Kebersihan.
d.        Ketertiban (Tata Tertib siswa, Program dan cara belajar yang baik).
e.        Keindahan.
f.          Kekeluargaan (Tata krama dan Budi Pekerti siswa, Pembentukan Karakter dan Disiplin Siswa).
g.        Kerindangan.
h.        Keselamatan/Kesehatan (Pencegahan Penyalahgunaan narkoba dan miras,Pornografi dan Pornoaksi kenakalan remaja.
3.        Pengenalan Kegiatan OSIS dan Ekstrakurikuler.
4.        Pengenalan dunia kesehatan.
5.        Pengenalan jurusan baik itu 1. Farmasi, 2. Keperawatan, dan 3. TSM.
6.        Bela Negara (Peraturan Baris Berbaris dan Tata Upacara Bendera).

N.     Metoda Penyajian
Metoda yang digunakan dalam kegiatan masa orientasi peserta didik ini agar dapat berlangsung efektif dan konstruktif maka perlu penerapan metoda sebagai berikut:
1.       Bersifat Murah, Meriah, Menyenangkan dan memberi kesan yang mendalam bagi siswa bahwa mereka telah diterima dan berada dalam lingkungan sekolah baru yang dicita-citakannya.
2.       Religius dan mendukung Ramadhan 1435 H
3.       Melibatkan kakak kelas pada umumnya, khususnya para pengurus OSIS.
4.       Tidak mengandung unsur perpeloncoan, yang tidak bersifat menyakiti siswa baik dengan menggunakan kata-kata maupun perbuatan yang dapat merendahkan martabat siswa.
5.       Diskusi dan olah pikir yang dikemas dalam bentuk sederhana tentang masalah aktual sesuai dengan tahap perkembangan siswa.
6.       Ceramah secara efektif dan bersifat umum dan lebih mengutamakan pelaksanaan dalam bentuk simulasi.



O. Penilaian
Sasaran penilaian adalah siswa baru kelas X SMK Al Husna Cisaga yang mengikuti Masa Orientasi Peserta Didik, adapun aspek yang dinilai adalah :
1.                  Penguasaan materi yang diberikan selama Orientasi
2.                  Sikap perilaku siswa selama mengikuti Orientasi
3.                  Peran serta siswa dalam kegiatan orientasi khususnya menyangkut kerajinan siswa dalam mengikuti setiap kegiatan.

P.   Penutup
Demikian LAPORAN penyelenggaraan masa orientasi peserta didik tahun pelajaran 2014/2015 pada SMK Al Husna Cisaga, yang disusun sebagai pedoman bagi penyelenggaraan masa orientasi peserta didik dan merupakan informasi yang disampaikan mengenai pelaksanaan masa orientasi peserta didik untuk dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.
Untuk lebih lengkapnya, proposal masa orientasi peserta didik tersebut dipelajari dari peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku tentang penyelenggaraan masa orientasi peserta didik tahun pelajaran 2014/2015.
Semoga kegiatan MOPD ini memberikan manfaat dan berguna untuk seluruh warga SMK Al Husna Cisaga. Demikian proposal ini kami sampaikan, kami mohon maaf apabila selama pelaksanaan ada kekurangan dan kekeliruan, terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.
                                                                                                      Cisaga, 07 Juli 2014
Ketua



Ari Nugraha, S.Pd.,M.Pd.
Sekretaris



Devi Fitriani, SE.

Mengetahui
Kepala SMK Al Husna Cisaga



Dr. Wawan Wahyudin, M.Si.

No comments: