KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya. Kami SMK Al Husna Cisaga telah menyusun Proposal MOPDB untuk kegiatan Masa Orintasi Siswa Didik Baru Tahun Pelajaran 2014/2015. Laporan MOPDB ini dikembangkan dengan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan
oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan mengacu pada ketentuan pada edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis tentang
kegiatan PPDB dan MOPDB Tahun Pelajaran 2014/2015.
Akhirnya, kami panitia
MOPDB SMK Al Husna Cisaga mengucapkan banyak
terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak, baik yang terlibat secara
langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan Laporan MOPDB ini. Semoga Allah SWT tetap memberikan petunjuk terhadap upaya yang
telah, sedang, dan yang akan kami lakukan untuk peningkatan mutu pendidikan
khususnya di Kabupaten Ciamis.
MOPD sebagai ajang perkenalan peserta didik
baru terhadap lingkungan tempat belajar yang akan ditempatinya, tujuan utamanya
adalah orientasi terhadap lingkungan dengan cara yang mudah, meriah dan
menyenangkan yang menjadi prinsip dasar MOPDB ini.
Laporan MOPDB ini tentunya masih
banyak kekurangan yang harus disempurnakan baik dalam materi maupun teknis
pelaksanaannya. Maka dari itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik sebagai
bahan pertimbangan demi penyempurnaan program di masa yang akan datang.
Atas segala perhatian dan partisipasinya kami
mengucapkan terimakasih.
Ciamis, Juli 2014
Panitia
LAPORAN
MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU
SMK AL HUSNA CISAGA
A. Latar Belakang
Kegiatan
MOPDB di SMK Al Husna Cisaga ini untuk mengenali lingkungan sekolah yang merupakan
suatu kegiatan rutin tahunan. Hari pertama calon siswa kelas X masuk sekolah
untuk mengenali lingkungan sekolah yang baru yang disebut kegiatan Masa
Orientasi. Orientasi dalam hal ini adalah kegiatan pengenalan terhadap
lingkungan sekolah yang baru setelah dia lulus dari sekolah sebelumnya dan
melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi disebut Masa Orientasi Peserta
Didik Baru atau disebut (MOPDB). Kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik
dilaksanakan selama tiga hari dalam 1 minggu berturut-turut yang dilaksanakan
pada awal tahun pelajaran yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah.
Adanya
ciri khusus pada setiap jenjang pendidikan, menyebabkan beberapa kebiasaan
belajar yang dikembangkan dijenjang pendidikan sebelumnya perlu ditinggalkan
dan diganti dengan cara belajar yang baru sesuai dengan jenjang tingkat
perkembangan kemampuan mental psikologis anak didik. Untuk mengantar anak
memasuki jenjang tersebut maka diadakan Masa Orientansi Peserta Didik Baru yang
disebut (MOPDB), diusahakan agar hari-hari pertama masuk sekolah/ MOPDB adalah
pengalaman yang paling menyenangkan.
Dalam pelaksanaannya kegiatan Penerimaan Siswa Baru dan Masa Orientasi Peserta Didik
di lingkungan SMK Al Husna Cisaga Tahun Pelajaran 2014/2015 mengacu pada petunjuk teknis yang
dikeluarkan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Ciamis. Khusus mengenai pelaksanaan Masa Orientasi Peserta
Didik tahun pelajaran 2014/2015 ini
hendaknya diperhatikan langkah-langkah penyelenggaraannya mulai dari
perencanaan, pelaksanaan sampai dengan laporan. Hal ini patut dimaklumi
mengingat suatu kegiatan yang mengacu kepada program yang telah disusun
sebelumnya.
B. Dasar Hukum
Pada
dasarnya penyelenggaraan MOPD Tahun Pelajaran 2014/2015 di SMK Al Husna Cisaga,
berpedoman pada surat keputusan, surat edaran dan petunjuk-petunjuk lain yang mendukung
terselenggaranya pelaksanaan MOPD
tersebut. Adapun dasar hukum
penyelenggaraan dan penyusunan program kerja Masa Orientasi Peserta Didik tahun
pelajaran 2014/2015 adalah sebagai berikut :
1.
Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.
Undang-undang Republik Indonesia nomor 32 tahun
2003 tentang Sistem Pemerintahan Daerah.
3.
Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 Tentang
Kewenangan Provinsi sebagai Daerah Otonom
4.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik
Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan.
5.
Keputusan Mendiknas Nomor 125/U/2002 Tentang
Kalender Pendidikan dan Jumlah Belajar Efektif Sekolah.
6.
Surat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Kbupaten Ciamis Tahun 2014.
7.
Surat Keputusan Yayasan Al Husna.
C. Sasaran
Sasaran
MOPDB siswa baru SMK Al Husna Cisaga kelas X dengan mengikutsertakan siswa
kelas XI (OSIS), para pendidik, tenaga kependidikan dan Komite sekolah.
D. Tujuan
MOPD
Tujuan
diselengarakannya Masa Orientasi Peserta Didik Baru di SMK Al Husna Cisaga agar
para siswa baru :
1.
Memberi siswa kesan yang positif dan menyenangkan
terhadap lingkungan pendidikan di tempat barunya, mereka diharapkan mengawali
kegiatan pendidikan dengan hal-hal yang
menggembirakan sambil tetap mempelajari
sesuatu yang baru baik yang
berkaitan dengan lingkungan fisik dan sosialnya maupun dengan cara-cara belajar
yang baru termasuk norma-norma khusus yang berlaku di lingkungan sekolah.
2.
Lebih mengenai lingkungan sekolah dan dapat segera
menyatu dengan warga sekolah.
3.
Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga sekolah,
sehingga siswa lebih cepat beradaptasi dengan kegiatan belajar mengajar di
sekolah serta mampu berperan aktif dan bertanggung jawab dalam kehidupan
sekolah.
4.
Dapat meningkatkan kemampuan dan dapat melaksanakan
pemahaman tentang tatakrama, khususnya pengertian, ruang lingkup tatakrama
serta pentingnya menghormati dan menghargai manusia sebagai makhluk
pribadi dan makhluk sosial.
5.
Dapat mengenal & memahami serta melaksanakan
program studi di sekolah, cara membaca & belajar yang baik, mampu menyusun & melaksanakan
program belajar atau jadwal belajar
6.
Mengembangkan kreativitas & memberdayakan
potensi siswa sesuai dengan minat dan bakatnya.
E. Susunan Panitia
Panitia
Masa Oientasi Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2014/2015, berdasarkan hasil
musyawarah pimpinan, dewan guru dan pelaksana tata usaha SMK Al Husna Cisaga
telah terbentuk susunan panitia MOPDB sebagai berikut :
1.
Penasehat :
Pembina Yayasan
:
Ir. H. Nono Suparno
2.
Penanggung Jawab :
Kepala Sekolah
: Dr. Wawan Wahyudin, M.Si.
3.
Ketua
: Wakasek Bid. Kesiswaan
: Ari
Nugraha, S.Pd.,M.Pd.
4.
Sekretaris
: Devi Fitriani, SE.
5.
Bendahara
: Muni Muriani, S.Pd.
6.
Anggota :
Seluruh Anggota OSIS
7.
Pemateri :
1. Dr. Wawan Wahyudin, M.Si.
: 2.
Muni Muriani, S.Pd.
: 3.
Ati Maria, ST.
: 4. Sigit
Purnomo, S.Pd.
: 5.
Dewi Dimayanti Iskandar, S.Si.
: 6.
Mega Yuniarti, S.Farm.,Apt.
: 7.
Metha Yunizar MZ.,S.Kep.
: 8. Rahmatuloh,
S.Farm.
F. Uraian Tugas
1.
Penanggung Jawab :
-
Perencanaan secara umum
-
Pengawasan secara umum
-
Menetapkan kebijakan-kebijakan
2.
Ketua :
-
Membantu penanggung jawab
-
Memimpin pelaksanaan operasional MOPDB
-
Mengorganisir tata kerja
-
Mengawasi seluruh pelaksanaan MOPDB
3.
Sekretaris :
-
Mengelola surat-menyurat
-
Menyiapkan format-format
-
Mengelola kehadiran peserta dan pembimbing
-
Membantu persiapan dengan ketua
-
Mengelola hal-hal lain yang berhubungan dengan kesekretariatan
4.
Bendahara :
-
Mengelola keuangan / dana untuk pelaksanaan MOPDB
-
Membuat SPJ keuangan
-
Bersama-sama panitia lainnya ikut kegiatan
pelaksanaan MOPDB
5.
Anggota :
-
Mengadakan persiapan-persiapan MOPDB
-
Mengkoordinir dan melaksanakan kegiatan-kegiatan
MOPDB
6.
Pemateri :
-
Membimbing siswa pada pelaksanaan MOPDB sesuai
jadwal
-
Memberi materi pada peserta MOPDB sesuai jadwal.
G. Daftar Tutor MOPDB
Tutor MOPDB hadir sesuai dengan jadwal.
Adapun tutor MOPDB adalah :
No
|
Uraian Kegiatan
|
Pemateri
|
1
|
Pengenalan Wawasan Wiyatamandala
|
Dr. Wawan Wahyudin, M.Si.
|
2.
|
Pengantar Akademik dan Kurikulum
SMK Al Husna
a.
Jurusan Keperawatan
b.
Jurusan Farmasi
c. Jurusan TSM
|
Muni Muriani S.Pd.
Metha Yunizar MZ., S.Kep.
Mega Yuniarti.,S.Farm Apt.
|
3.
|
Pengantar Kesiswaan
dan Tata Tertib
|
Ari Nugraha, S.Pd.,M.Pd.
|
4.
|
Pengenalan Tentang Yayasan Al Husna
|
Yayasan
|
5.
|
Pengenalan Dunia Kesehatan
|
Rahmatulloh, S.Farm.
|
6.
|
Ekstrakurikuler dan OSIS
|
Sigit Purnomo S.Pd.
Ketua OSIS
Ketua MPK
|
7.
|
Mengenal Diri
|
Dewi Dimayanti
Iskandar, S.Si
|
H. Jadwal
Kegiatan
Untuk
lebih terarah dan terprogram pelaksanaan MOPD di SMK Al Husna Cisaga, maka
disusunlah jadwal kegiatan seperti berikut ini :
Hari
|
Waktu
|
Uraian Kegiatan
|
PJ
|
Senin, 04 Agustus 2014
|
07.00-07.30
|
Cek
peserta
|
Panitia
|
07.30–08.00
|
Upacara
pembukaan
|
Kepala SMK
|
|
08.00–09.00
|
Pengenalan Wawasan Wiyatamandala
|
Pemateri
|
|
09.00–09.30
|
Sholat Dhuha dan Tadarus Bersama
|
Panitia
|
|
09.30–10.30
|
Pengantar Akademik tentang SMK Al
Husna :
·
Jurusan Keperawatan
·
Jurusan Farmasi
·
Jurusan TSM
|
Kaprodi Masing - masing
|
|
10.30–10.45
|
Ice breking/ Hiburan
|
Panitia
|
|
10.45–11.15
|
Pengantar Kesiswaan dan TataTertib
|
Pemateri
|
|
11.15-11.45
|
Tadarus
|
Panitia
|
|
11.45-12.30
|
Sholat Dhuhur berjamaah
|
Panitia
|
|
12.30- 13.00
|
Pengumuman
Panitia
|
Panitia
|
|
|
|||
Selasa, 05 Agustus 2014
|
07.00-07.30
|
Cek
peserta
|
Panitia
|
07.30–08.30
|
Pengenalan Tentang Yayasan Al Husna
|
Yayasan
|
|
08.30–09.30
|
Pengenalan Dunia Kesehatan
|
Pemateri
|
|
09.00–09.30
|
Sholat Dhuha
|
Panitia
|
|
09.30–10.30
|
ExtraKurikuler
|
Pemateri
|
|
10.30–11.00
|
Tadarus
|
Panitia
|
|
11.00–12.00
|
Tentang OSIS
|
Pemateri
|
|
12.00-13.00
|
Sholat Dhuhur berjamaan
|
Panitia
|
|
13.00-13.30
|
Pengumuman
|
Panitia
|
|
|
|||
Rabu, 06 Agustus 2014
|
07.00-07.30
|
Persiapan Materi
|
Panitia
|
07.30–08.30
|
Mengenal Diri
|
Pemateri
|
|
08.30–09.30
|
Baksos
|
Panitia
|
|
09.30–10.00
|
Sholat Dhuha
|
Panitia
|
|
10.00–11.30
|
Pentas Seni-Tukar Kado
|
Panitia
|
|
11.30–12.00
|
Penutupan
|
Panitia
|
|
12.00–13.00
|
Sholat Dhur Beerjamah- Pulang
|
Panitia
|
|
12.00-13.00
|
Upacara
Penutupan dan pengumuman
|
Panitia
|
I. Ruang
Kelompok Kerja
Ruang
kelompok kerja penyelenggaraan MOPD tahun pelajaran 2014/2015 di SMK Al Husna
Cisaga bertempat di ruang 2. Ruangan yang digunakan untuk peserta pada
pelasanaan masa orientasi peserta didik baru kelas X tahun pelajaran 2014/2015
menggunakan ruangan kelas yang ada di SMK Al Husna Cisaga sebanyak 1 ruangan
kelas.
J. Jumlah
Peserta MOPD
Pelaksananaan
masa orientasi peserta didik Tahun Pelajaran 2014/2015 diikuti oleh seluruh
siswa baru kelas X SMK Al Husna Cisaga, terdiri dari :
NO
|
RUANG
|
JUMLAH PESERTA
|
JUMLAH
|
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
|||
1
|
4 (Empat)
|
9
|
17
|
26
|
K. Sumber
Dana
Anggaran biaya masa orientasi pelajar
baru tahun pelajaran 2014/2015 di SMK Al Husna Cisaga berasal dari Dana Bantuan Operasional yang tercantum dalam
RAPBS serta sumbangan sukarela yang tidak mengikat.
L. Rencana
Pengeluaran
Untuk kelancaran kegiatan
pelaksanaan MOPDB, perlu ditunjang oleh dana yang memadai. Di SMK Al Husna Cisaga,
kami mencoba merencanakan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam pelaksanaan
MOPDB. Adapun dana yang diperlukan untuk pelaksanaan MOPDB diantaranya adalah:
ANGGARAN KEUANGAN MOPDB
|
||||||
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
|
||||||
No
|
Uraian
|
Besaran
|
Satuan
|
Jumlah
|
Pengeluaran
|
Pemasukan
|
|
RENCANA PEMASUKAN
|
|
|
|
|
|
|
1. Dana MOPDB
|
|
|
|
|
1.100.000
|
|
RENCANA PENGELUARAN
|
|
|
|
|
|
1
|
ATK Kesekretariatan
|
|
|
|
|
|
|
1. Kertas Buram
|
1
|
15.000
|
15.000
|
|
|
|
2 Spidol Snowman Hitam
|
2
|
5.000
|
10.000
|
|
|
|
3. Buku Paduan MOPD
|
26
|
5.000
|
130.000
|
|
|
|
4. Pulsa
|
1
|
20.000
|
20.000
|
|
|
|
5. Sertifikat
|
26
|
3.500
|
91.000
|
|
|
|
6. Pita Panitia
|
2 Rol
|
5.000
|
10.000
|
|
|
|
7. Hadiah
|
|
|
80.000
|
|
|
|
8. Transportasi
|
4 liter
|
6.500
|
26.000
|
|
|
|
9. Photocopy
|
|
|
38.000
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
420.000
|
|
2
|
INSENTIF
|
|
|
|
|
|
|
a. Insentif Panitia
|
|
|
|
|
|
|
Penanggungjawab
|
1
|
100.000
|
|
|
|
|
Ketua
|
1
|
80.000
|
|
|
|
|
Sekretaris
|
1
|
50.000
|
|
|
|
|
Bendahara
|
1
|
50.000
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
280.000
|
|
|
|
b. Insentif Pemateri
|
10
|
40.000
|
400.000
|
|
|
|
Total Pengeluaran
|
|
|
|
1.100.000
|
|
|
Total Pemasukan
|
|
|
|
|
1.100.000
|
M. Materi yang
Disajikan
Pada
dasarnya materi masa orientasi peserta didik adalah hal-hal yang berkaitan erat
dengan upaya-upaya mengantarkan siswa agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan
sekolah serta segala tata pergaulannya. Adapun materi pokok meliputi :
1.
Sholat Dhuha, dan Qiroah.
2.
Wawasan Wiyatamandala dengan penekanan pada 8 K
yaitu :
a.
Keimanan dan Ketaqwaan.
b.
Keamanan (Hak dan kewajiban siswa).
c.
Kebersihan.
d.
Ketertiban (Tata Tertib siswa, Program dan cara
belajar yang baik).
e.
Keindahan.
f.
Kekeluargaan (Tata krama dan Budi Pekerti siswa,
Pembentukan Karakter dan Disiplin Siswa).
g.
Kerindangan.
h.
Keselamatan/Kesehatan (Pencegahan Penyalahgunaan
narkoba dan miras,Pornografi dan Pornoaksi kenakalan remaja.
3.
Pengenalan Kegiatan OSIS dan Ekstrakurikuler.
4.
Pengenalan dunia kesehatan.
5.
Pengenalan jurusan baik itu 1. Farmasi, 2.
Keperawatan, dan 3. TSM.
6.
Bela Negara (Peraturan Baris Berbaris dan Tata
Upacara Bendera).
N. Metoda
Penyajian
Metoda
yang digunakan dalam kegiatan masa orientasi peserta didik ini agar dapat
berlangsung efektif dan konstruktif maka perlu penerapan metoda sebagai
berikut:
1.
Bersifat Murah, Meriah, Menyenangkan dan memberi
kesan yang mendalam bagi siswa bahwa mereka telah diterima dan berada dalam
lingkungan sekolah baru yang dicita-citakannya.
2.
Religius dan mendukung Ramadhan 1435 H
3.
Melibatkan kakak kelas pada umumnya, khususnya para
pengurus OSIS.
4.
Tidak mengandung unsur perpeloncoan, yang tidak
bersifat menyakiti siswa baik dengan menggunakan kata-kata maupun perbuatan
yang dapat merendahkan martabat siswa.
5.
Diskusi dan olah pikir yang dikemas dalam bentuk
sederhana tentang masalah aktual sesuai dengan tahap perkembangan siswa.
6.
Ceramah secara efektif dan bersifat umum dan lebih
mengutamakan pelaksanaan dalam bentuk simulasi.
O. Penilaian
Sasaran
penilaian adalah siswa baru kelas X SMK Al Husna Cisaga yang mengikuti Masa
Orientasi Peserta Didik, adapun aspek yang dinilai adalah :
1.
Penguasaan materi yang diberikan selama Orientasi
2.
Sikap perilaku siswa selama mengikuti Orientasi
3.
Peran serta siswa dalam kegiatan orientasi
khususnya menyangkut kerajinan siswa dalam mengikuti setiap kegiatan.
P. Penutup
Demikian
LAPORAN penyelenggaraan masa orientasi peserta didik tahun pelajaran 2014/2015
pada SMK Al Husna Cisaga, yang disusun sebagai pedoman bagi penyelenggaraan
masa orientasi peserta didik dan merupakan informasi yang disampaikan mengenai
pelaksanaan masa orientasi peserta didik untuk dapat diketahui oleh pihak yang
berkepentingan.
Untuk
lebih lengkapnya, proposal masa orientasi peserta didik tersebut dipelajari
dari peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku tentang
penyelenggaraan masa orientasi peserta didik tahun pelajaran 2014/2015.
Semoga
kegiatan MOPD ini memberikan manfaat dan berguna untuk seluruh warga SMK Al
Husna Cisaga. Demikian proposal ini kami sampaikan, kami mohon maaf apabila
selama pelaksanaan ada kekurangan dan kekeliruan, terimakasih atas perhatian
dan kerjasamanya.
Cisaga,
07 Juli 2014
Ketua
Ari Nugraha,
S.Pd.,M.Pd.
|
Sekretaris
Devi Fitriani, SE.
|
Mengetahui
Kepala SMK Al Husna Cisaga
Dr. Wawan Wahyudin, M.Si.
No comments:
Post a Comment