PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Jurnalistik
merupakan ilmu yang akrab dengan masyarakat sehari-hari. Ia ada di televisi,
majalah, koran, radio dan internet. Jurnalistik dengan kelenturannya juga
bisa masuk di berbagai disiplin ilmu. Ia tidak hanya mengasah keterampilan
menulis bagi orang yang mempelajari jurnalistik
namun lebih jauh mengajak orang untuk berfikir lebih dalam, bagi orang
yang mempelajarinya.
Mengapa Ekstrakurikuler Jurnalistik?
Ekstrakulikuler
Jurnalistik, dimaksudkan untuk membangun kelompok-kelompok jurnalistik di
tingkat siswa. Hal ini merupakan upaya pensiasatan untuk kalangan siswa mengisi
waktu senggangnya selepas kegiatan pendidikan wajib di sekolah. Upaya ini, juga
berjalan beriringan dengan program pendidikan nasional, kurikulum berbasis
kompetensi. Kompetensi yang ditawarkan dalam program ini adalah menulis. Ragam
penulisan yang sedemikian banyak bisa menjadi pilihan para siswa untuk
mengekspresikan dirinya. Membuat cerita pendek, puisi, tulisan berita dan
novel. Di luar ekspresi-ekspresi yang telah menjadi paradigma para siswa “nongkrong
di mall, nonton di bioskop, main playstation, bahkan tawuran”.
Biasanya,
sekolah-sekolah memiliki media majalah dinding atau majalah sekolah. Yang
dikelola bersama guru dan siswa. Hal ini merupakan kegiatan yang sangat
positif. Namun, kegiatan jurnalistik tidak berhenti begitu saja seusai majalah
dinding dikreasi atau majalah/ tabloid sekolah diterbitkan. Ada banyak
pendalaman yang bisa dilakukan untuk lebih mengasah bakat dan kemampuan
jurnalistik/ menulis seseorang.
Disini kami
hadir untuk menjadi solusi bagi sekolah yang ingin membuat media cetak sebagai alat
publikasi jurnalistik. Kami akan hadirkan sesuatu yang inovatif dan kreatif
sehingga majalah/ tabloid sekolah yang dihasilkan dapat menjadi sebuah majalah
yang menarik hati dan membuat orang nyaman ketika membacanya.
Dasar-dasar Jurnalistik
Pesatnya kemajuan media
informasi dewasa ini cukup memberikan kemajuan yang signifikan. Media cetak
maupun elektronik pun saling bersaing kecepatan sehingga tidak ayal bila si
pemburu berita dituntut kreativitasnya dalam penyampaian informasi. Penguasaan
dasar-dasar pengetahuan jurnalistik merupakan modal yang amat penting manakala
kita terjun di dunia ini. Keberadaan media tidak lagi sebatas penyampai
informasi yang aktual kepada masyarakat, tapi media juga mempunyai tanggung
jawab yang berat dalam menampilkan fakta-fakta untuk selalu bertindak objektif
dalam setiap pemberitaannya.
Apa Itu Jurnalistik?
Menurut Kris Budiman,
jurnalistik (journalistiek, Belanda) bisa dibatasi secara singkat sebagai
kegiatan penyiapan, penulisan, penyuntingan, dan penyampaian berita kepada
khalayak melalui saluran media tertentu. Jurnalistik mencakup kegiatan dari
peliputan sampai kepada penyebarannya kepada masyarakat. Sebelumnya,
jurnalistik dalam pengertian sempit disebut juga dengan publikasi secara cetak.
Dewasa ini pengertian tersebut tidak hanya sebatas melalui media cetak seperti
surat kabar, majalah, dsb., namun meluas menjadi media elektronik seperti radio
atau televisi. Berdasarkan media yang digunakan meliputi jurnalistik cetak
(printjournalism), elektronik (electronicjournalism). Akhir-akhir ini juga
telah berkembang jurnalistik secara tersambung (onlinejournalism).
Atas
dasar tersebut, sudah selayaknya sebuah sekolah dalam hal ini SMK Al Husna
sebagai sekolah rintisan/ baru mempunyai suatu kegiatan yang mendidik siswa-siswinya
untuk bisa menulis khusunya menulis jurnalistik. Oleh karena itu kami
mengusulkan eksrakulikuler jurnalistik sebagai ekstrakulikuler baru di SMK Al
Husna.
B. LANDASAN HUKUM
Adapun
landasan hukum diselenggarakannya ekstrakulikuler jurnalistik ini adalah
sebagai berikut.
1. Undang-undang
No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan
Pemerintah No. 25 Tahun 1999, Tentang Pendidikan Menengah Kejuruan.
3. Keputusan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0450/U/1992, Tentang Sekolah Menengah
Kejuruan.
C.
MAKSUD DAN
TUJUAN
Adapun
maksud dan tujuan diselenggarakannya ekstrakurikuler jurnalistik ini adalah
sebagai berikut.
1. Mempererat hubungan
antara siswa-siswi SMK AL HUSNA.
2. Memberi
kesempatan untuk saling mengenal antara siswa.
3. Sebagai
media informasi dan promosi profil dan prestasi sekolah.
4. Menampung
kreatifitas masing-masing kelas yang ditampung dalam sebuah media cetak yaitu
majalah/ tabloid sekolah.
5. Menjadi
wadah bagi siswa-siswi SMK AL HUSNA untuk menyalurkan bakat dan kemampuannya
maupun kreatifitasnya di bidang seni menulis maupun fotografi.
6. Menciptakan
budaya kreatif, kritis dan inovatif di tingkat siswa.
7. Menjadi
sarana bagi para siswa SMK AL HUSNA untuk berlatih berorganisasi, bekerja sama
dan bertanggung jawab.
8. Sebagai
media Independen yang mengkrtisi kebijakan sekolah melalui tulisan-tulisan/
opini.
9. Memberikan
informasi pada orangtua siswa mengenai kondisi terkini tentang sekolah.
D.
NAMA
KEGIATAN
Ekstrakulikuler
Jurnalistik
E. ALAT YANG DIBUTUHKAN
Adapun alat yang dibutuhkan dalam ekstrakulikuler jurnalistik ini adalah
sebagai berikut.
·
Kamera digital
·
HandyCame
·
Alat perekam suara
·
Laptop/ komputer
·
ATK
·
Kartu tanda anggota
(untuk tugas peliputan)
F. SASARAN KEGIATAN
Adapun
sasaran yang akan di capai dari kegiatan ini adalah civitas akademika sekolah, terutama siswa supaya dapat menciptakan
budaya kreatif, kritis dan inovatif dan pada akhirnya siswa dapat
mengaplikasikan ilmunya ketika sudah terjun ke lapangan yang
akan mengurangi angka pengangguran membuka lapangan kerja khususnya bagi
lulusan muda. Selain itu dengan
adanya kegiatan ini dapat mengurangi angka tawuran, nongkrong, dan terjelembab
di dunia narkoba. Ini juga membantu memecahkan permasalahan sekolah dalam
mempromosikan sekolah kepada pihak luar.
G. ANGGARAN BIAYA
Adapun anggran biaya yang dibutuhkan dalam ekstrakurikuler jurnalistik ini
diambil dari :
·
Anggaran kegiatan
kesiswaan.
·
Donatur.
·
Iuran wajib anggota
(@ Rp. 2000,00/ Minggu)
H. JADWAL & TEMPAT
PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan dimulai pada semester 2 bulan Januari. Setiap hari Senin pada 14.30
WIB setelah kegiatan KBM. Berlokasi di ruang kelas farmasi atau keperawatan SMK
Al Husna Cisaga.
I. MATERI DAN PEMATERI
1. Materi
Adapun materi yang dikaji/ diperdalam dalam ekstrakulikuler jurnalistik ini
adalah sebagai berikut.
·
Pengertian dan sejarah
singkat jurnalistik.
·
Kode etik
jurnalistik, kode etik AJI, majelis kode etik.
·
Kilas balik
wartawan Indonesia, profesi wartawan, kode etik wartawan Indonesia.
·
Dewan pers, tugas
dewan pers.
·
Jurnalistik dan
sastra.
·
Peliputan bermetode
ilmiah.
·
Peliputan selidik
beretika.
·
Peliputan selidik
bersastra.
·
Cara menulis
berita, teknik menulis artikel, teknik pengumpulan berita.
· Cara penggunaan
perangkat elektronik pendukung tugas jurnalistik (kamera digital, alat perekam
suara, laptop/ komputer).
·
Cara penggunaan
software pendukung tugas jurnalistik (Ms. Word, Adobe InDesign CS5 Portable,
Adobe Photoshop CS5 Extended, CorelDraw X4, RonyaSoft Poster Designer (Poster
Forge) V2.01, Scribus 1.4.0rc5, dll).
2. Pembimbing &
Pemateri
Adapun pembimbing dan pemateri dalam ekstrakulikuler jurnalistik ini adalah
sebagai berikut.
·
Ari Nugraha, S.Pd.,
M.Pd.
Guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMK Al Husna.
·
Maya Rismayati,
S.Pd.
Guru Teknik Informasi dan Komunikasi (TIK)/ KKPI SMK Al Husna.
·
Wartawan
Profesional (Pemateri Tamu)
J.
TARGET KINERJA
Dengan
terwujudnya kegiatan ekstrakulikuler jurnalistik maka sekolah mempunyai suatu
media penyampaian informasi berupa product majalah/ tabloid sekolah. Selain itu
siswa-siswi mempunyai wadah tempat berekspresi, dan curhat. Insya Allah ini menjadi
titik awal kemajuan SMK Al Husna di bidang jurnalistik.
No comments:
Post a Comment