Tuesday, February 5, 2013

PENGERTIAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN


A.      Pengertian Psikologi Perkembangan
Pengertian Psikologi
Psikologi (Psychology dari bahasa yunani dari kata “psycho” yang berarti roh, jiwa (daya hidup) dan “logos” berarti ilmu, secara harfiah psikologi berarti “ilmu jiwa”. William James (1842-1910) menganggap psikologi sebagai ilmu pengetahuan mengenai kehidupan mental. John B. Wast on (1878-1958) menganggap psikologi sebagai ilmu pengetahuan tentang tingkah laku organisme. Edwin G. Boring dan Herbert S. Langfield menganggap psikologi sebagai studi tentang hakikat manusia. Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki dan membahas tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia, baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. L.Crow, A.Crow (terjemahan Abd. Abror, 1989) mendefinisikan psikologi sebagai berikut :  “psychology is the study of human behaviour and human relationship”. Dari definisi tersebut, yang dipelajari psikologi adalah tingkah laku manusia yaitu interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik yang berupa manusia lain (human relationship) maupun yang bukan manusia; hewan, iklim, kebudayaan dan sebagainya. Sertain (dalam M.Ngalim Purwanto, 1984) Psychology is the scientific study of behavior of living organism, with special attention given to human behavior. Secara bebas diterjemahkan, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia. Berdasarkan definisi psikologi tersebut, maka psikologi dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengkaji tingkah laku manusia dalam hubungan dengan lingkungan.
Dalam pengertian tersebut diatas, terdapat beberapa unsur yaitu :
·         Ilmu pengetahuan; yaitu suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis dan mempunyai metode tertentu yang bersifat ilmiah.
·         Tingkah laku; yaitu segala manifestasi hayati yang meliputi tingkah laku kognitif, afektif, konatif dan motorik.
·         Lingkungan; yaitu tempat dimana manusia hidup, berinteraksi, menyesuaikan dirinya dan mengembangkan dirinya. Secara garis besar lingkungan dibedakan atas lingkungan dalam (internal environment) dan lingkungan luar (external environment).
Sebagian ahli berpendapat bahwa jiwa adalah daya hidup rohaniah yang bersifat abstrak, yang menjadi penggerak dan pengatur bagi sekalian perbuatan-perbautan pribadi (personal behaviour). Tetapi pada hakikatnya apa yang dimaksud dengan jiwa (ruh) itu, tidak seorang pun tahu dengan sesungguhnya. Karena jiwa adalah sangat abstrak dan tidak dapat diikuti oleh panca indera.
Firman Allah di atas memperingatkan kepada kita bahwa pengetahuan tentang hal ihwal jiwa (ruh) yang dimiliki oleh manusia sangat terbatas yaitu hanya pada gejala jiwa yang tampak secara lahiriah berupa tingkah laku saja, sedangkan di balik itu manusia tidak mampu untuk mengetahuinya. Hakikat jiwa (ruh) itu berada di tangan Allah sendiri. Karena keterbatasan manusia dalam pemahamannya tentang jiwa (ruh), para ahli berbeda pendapat dalam memberikan definisi tentang psikologi.
Pengertian Perkembangan
Perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan berkesinambungan dan progresif dalam organisme, dari lahir sampai mati (Chaplin C.P.,1989:134). Sedangakan Hurlock E.B. (1978:23) menyatakan bahwa “Perkembangan dapat didefinisikan sebagai deretan progresif dari perubahan yang teratur dan koheren“. ”Progresif“ menandai bahwa perubahannya terarah, membimbing mereka maju, dan bukan mundur. “Teratur” dan “koheren” menunjukan hubungan yang nyata antara perubahan yang terjadi dan telah mendahului atau mengikutinya.
Ini berarti bahwa perkembangan juga berhubungan dengan proses belajar terutama mengenai isinya yaitu tentang apa yang akan berkembang berkaitan dengan perbuatan belajar. Disamping itu juga bagaimana suatu hal itu dipelajari, apakah melalui memorisasi (menghafal) atau melalui peniruan dan atau dengan menangkap hubungan-hubungan, hal-hal ini semua ikut menentukan proses perkembangan.
Dapat pula dapat dikatakan bahwa perkembangan sebagai suatu proses yang kekal dan tetap yang menuju ke arah suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi terjadi berdasarkan proses pertumbuhan, kemasakan, dan belajar. Perkembangan adalah proses perubahan yang lebih dapat mencerminkan sifat-sifat mengenai gejala psikologis yang tampak.
Pengertian Psikologi Perkembangan
Berikut adalah beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian psikologi perkembangan.
·         Kevil L.Seifert & Robert J Hoffnung (1994)
Psikologi Perkembangan “The schientificy study of how thoughts, feeling, personalitu, social relationships, and body of motor skill envolve as an individual grows older”.
·         Linda L Daidoff (1991)
Psikologi Perkembangan adalah cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan perkembangan stuktur jasmani, perilaku, dan fungsi mental manusia yang dimulai sejak terbentuknya makhluk itu melalui pembuahan hingga menjelang mati.
·         M Lenner (1976)
Psikologi perkembangan sebagai pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan fungsi-fungsi psikologis sepanjang hidup (mempelajari bagaimana proses berpikir pada anakanak, memiliki persamaan dan perbedaan, dan bagaimana kepribadian seseorang berubah dan berkembangn dari anak-anak, remaja, sampai dewasa.
·         Monks, Knoers dan Haditono
Bahwa “psikologi perkembangan adalah suatu ilmu yang lebih mempersolankan faktor-faktor umum yang mempengaruhi proses perkembangan (perubahan) yang terjadi dalam diri pribadi seseorang dengan menitik beratkan pada relasi antara kepribadian dan perkembangan.”
·         Kartono
bahwa “Psikologi perkembangan (psikologi anak) adalah suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang dimulai dengan periode masa bayi, anak pemain, anak sekolah, masa remaja sampai periode adolesense menjelang dewasa.”
·         Encyclopedia International
Developmental psychology is a branch of psychology devoted been placed on the search for those elements of behavior in the child which are thought to be prerequisite for complex adult behavior.”(Psikologi perkembangan adalah suatu cabang dari psikologi yang mengetengahkan pembahasan tentang perilaku anak secara historic titik berat pembahasannya pada penganalisaan elemen-elemen perilaku anak yang dimungkinkan akan menjadi syarat terbentuknya perilaku dewasa yang kompleks).
·         Good dalam Dictionary Of Education
Developmental psychology: the branch of psychology concerned with the course of progressive stages of behavior, considered phylogenetically anda ontogenetically, and including both the phase of growth and of decline, broder in meaning than genetic psychology, though the terms are frequently use interchangeably.”
Kesimpulan :
Psikologi Perkembangan adalah cabang dari psikologi yang mempelajari secara sistematis perkembangan perilaku manusia secara ontogenik, yaitu mempelajari struktur jasmani, perilaku, maupun fungsi mental manusia sepanjang rentang hidupnya dari masa konsepsi hingga menjelang mati.

No comments: