Saturday, July 4, 2020

Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah di SMK

Latar Belakang Jurusan Perbankan
Latar belakang pembentukan jurusan perbangkan ini sudah tentu tidak terlepas dari pertumbuhan perbankan syariah cukup cepat dalam beberapa tahun terakhir, sehingga kebutuhan tenaga kerja di sektor ini juga semakin meningkat. Diperkirakan hingga tahun 2030 industri perbankan syariah membutuhkan 900.000 tenaga kerja.
Oleh karena itu Lembaga pendidikan sebagai penyedia tenaga kerja juga semakin tertarik untuk membuka jurusan perbankan syariah. Tak terkecuali ditingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sebagai penyedia jasa pendidikan tingkat menengah yang disiapkan untuk terjun langsung ke industri perbankan syariah.
Beberapa SMK sudah membuka program keahlian Perbankan Syariah, untuk merespon kebutuhan industri perbankan syariah tanah air, salah satunya adalah SMK AL HUSNA CISAGA. Dimana jurusan ini berorientasi pada Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, Program Studi Keahlian Keuangan, yang diharapkan nantinya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Visi dan Misi Jurusan Perbankan Syariah
1.      Visi
Menjadikan jurusan perbankan syariah SMK AL HUSNA CISAGA yang unggul yang berkompetensi dalam bidang bisnis dan keuangan yang berlandaskan Al-Quran dan As Sunah.
2.      Misi
  • Membentuk karakter peserta didik yang percaya diri,amanah dan profesional
  • Mampu mengimplementasikan skill kompetensi yang dimiliki guna meraih prestasi yang diakui dunia usaha dan industri
  • Mewujudkan peserta didik yang  unggul dan siap berkompetisi dunia usaha dalam lingkungan masyarakat. 
Mata Pelajaran Produktif Jurusan Perbankan Kelas X
No
Mata Pelajaran
1.
Simulasi dan Komunikasi Digital
2.
Ekonomi dan Bisnis
3.
Administrasi Umum
4.
Etika Profesi
5.
Aplikasi Pengolah Angka/ Spreadsheet
6.
Akuntansi
7.
Perbankan
Program Tambahan

       Program tambahan ini berkaitan dengan pembelajaran keterampilan siswa.  kegiatan tersebut   diantaranya:
1.      Praktik Bank Mini
Kegiatan ini adalah kegiatan yang menjadi hal pokok pada jurusan perbankan syariah yang akan dilakukan pada laboratorium perbankan kedepan. Dalam kegiatan ini kami ingin mengajarkan serta mempraktikan tugas dan kinerja pegawai perbankan seperti: Teller, CS, Marketing, BO, Manajer. Sehingga sisiwa setidaknya memiliki gambaran ketika mereka benar-benar di terjunkan di industri perbankan atau bekerja di industri perbankan.
2.      Kerajinan Tangan
Kegiatan ini adalah kegiatan tambahan untuk SMK jurusan perbankan syariah, dimana kegiatan ini kedepan akan kami isi dengan membekali siswa SMK dengan kemampuan keterampilan, Seperti, kerajinan tangan, seni lukis, dll.
3.      Desain Grafis
Kegiatan ini adalah kegiatan tambahan untuk SMK jurusan perbankan syariah, dimana nantinya kami ingin membekali siswa perbankan syariah dengan kemampuan teknologi yaitu dunia desain grafis, seperti: corel draw. Photoshop
4.      Bisnis
Kegiatan ini adalah kegiatan tambahan untuk SMK jurusan perbankan syariah, dimana nantinya siswa SMK jurusan perbankan syariah bukan hanya akan diajarkan berbisnis namun praktik secara langsung baik itu bisnis yang sifatnya rill atau darling (online).
Peluang Lulusan
1.      Tenaga professional untuk lembaga keuangan syariah
2.   Bekerja pada bidang-bidang perkantoran, instansi pemerintah, dan  swasta, badan- badan usaha
3.      Kasir dan Teller
4.      Juru Penggajian
5.      Operator Mesin Hitung
6.      Administrasi Bank perkreditan atau pembiayaan
7.       Penyusun Laporan Keuangan
8.      Melanjutkan ke perguruan tinggi

No comments: