Wednesday, August 7, 2019

MATERI SURAT LAMARAN PEKERJAAN

  1. Pengertian surat lamaran pekerjaan
  • Surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan.
  • Surat lamaran kerjaadalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, kantor atau instansi tertentu.
  • Surat lamaran kerja merupakan surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan atau surat penjualan yang berhubungan dengan bagaimana anda menjual segala potensi diri kepada lembaga yang menyediakan lowongan pekerjaan. Menurut Kuntarto (2009), prinsip 3A (Attraction, Attention,  dan Action) dapat dijadikan landasan ketika akan membuat lamaran.

Jenis-jenis Surat Lamaran Pekerjaan


Menurut jenis pembuatannya surat lamaran pekerjaan terbagi menjadi dua, diantaranya yaitu :
  1. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam cara ini, riwayat hiidup termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan, cara ini juga disebut dengan model gabungan.
  2. Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam cara ini riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini disebut dengan model terpisah.
Dalam praktek pemakain yang banyak dipakai ialah model terpisah. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, dan model ini lebih digemari oleh pencari kerja karena suratnya tiidak terlalu panjang.

Unsur-unsur Penting Surat Lamaran Pekerjaan


Surat lamaran yang baik sekurang-kurangnya mempunyai ciri-ciri diantaranya yaitu :
  1. memiliki bentuk yang menarik
  2. memiliki bahasa yang menarik
  3. Menggambarkan kemampuan pelamar
  4. Tepat pada sasaran
Hal-hal yang harus dicantumkan dalam surat lamaran pekerjaan agar tercapai tujuan pembuatannya diantaranya :
  1. Menyebutkan sumber lamaran
  2. Identifikasi diri lengkap dari pelamar
Identifikasi diri lengkap dari pelaamar meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor telepon, alamat lengkap, hand phone atau alat bantu komunikasi laiinnya. Identifikasi diri dari pelamar harus memudahkan pihaak perusahaan menghubungi pelamar.
  1. Posisi yang dikehendaki
  2. Riwayat pekerjaan (bila ada)
  3. Riwayat pendidikan
  4. Kemampuan lain yang dimiliki
  5. Referensi
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat pembuatan surat lamaran, yaitu sebagai berikut ini :
  1. Surat lamaran ditulis tangan di atas kertas bergaris ukuran folio. Tulisan juga harus jelas, bersih, dan juga tidak ada coretan. Surat lamaranpun bisa dibuat menggunakan mesin tik atau komputer.
  2. Pelamar menyebutkan dirinya bukan dengan kata ganti misalnya kami melainkan saya. Pelamar wajib menyebut pimpinan instansi dengan Bapak/Ibu (jika sudah jelas pemimpinnya). jika masih belum jelas, bisa langsung menyebutkan jabatannya.
Dalam surat lamaran pekerjaan, terdapat unsur-unsur surat, diantaranya yaitu :
  1. Kepala surat
  2. Salam pembuka
  3. Tempat dan tanggal penulisan surat
  4. Tujuan surat lamaran pekerjaan
  5. Pembuka surat
  6. Lampiran persyaratan yang ditentukan
  7. Tanda tangan dan nama jelas pelamar
  8. Penutup surat

 

No comments: