Wednesday, August 2, 2017

Struktur Teks Pantun dan Kaidahnya

Pengertian Teks Pantun yang Perlu Sobat Ketahui

Teks Pantun adalah salah satu puisi melayu lama yang tersusun dari isi dan sampiran yang mempunyai rima a-b-a-b. Istilah “Pantun” sendiri asalanya dari bahasa jawa kuno yaitu tuntun, yang memiliki maksud mengatur atau menyusun.

Pantun merupakan sebuah karya yang memiliki nilai pengajaran di dalamnya disamping memiliki bunyi yang indah. Pada zaman dulu, pantun sering diungkapkan dalam bentuk lisan, tapi sekarang berkembang menjadi ke bentuk tulisan.

Materi teks pantun menjadi materi yang diajarkan pada mata pelajaran sekolah baik itu SD, SMP, maupun SMA. Umumnya yang diajarkan yaitu tentang kaidah teks pantun, bagaimana cara menganalisis teks pantun, dan mengambil sebuah evaluasi dari teks pantun yang diberikan.


Struktur Teks Pantun dan Kaidahnya

Selanjutnya kita akan membahas mengenai struktur teks pantun yang menjadi pokok bahasan kita pada artikel ini. Nah ada beberapa jenis teks pantun yang nanti akan kita kupas strukturnya, mulai dari teks pantun biasa, Karmina dan juga talibun. Berikut pemaparannya:

Struktur Teks Pantun Biasa

Pertama kita akan melihat struktur dari teks pantun biasa. Pantun biasa adalah pantun yang sering kita jumpai bahkan kita baca. Berikut struktur lengkapnya:
  1. Sampiran, adalah bagian awal yang letaknya pada baris 1 dan 2 yang fungsinya untuk membentuk rima. Umumnya bagian sampiran ini tidak memiliki hubungan dengan isi dari pantun tersebut, tapi juga ada beberapa pantun yang bagian sampirannya memiliki hubungan dengan bagian isinya.
  2. Isi, adalah bagian yang merupakan tujuan dari pantun tersebut. Letaknya pada 2 baris terakhir yaitu 3 dan 4.

Struktur Teks Pantun Karmina

Pantun karmina adalah pantun yang hanya terdiri dari 2 baris yaitu sampiran dan isi. Pola dari teks pantun tersebut adalah a-a.

Struktur Teks Pantun Talibun

Pantun talibun adalah pantun yang terdiri dari 6 baris. Berikut strukturnya:
  • Sampiran
  • Sampiran
  • Sampiran
  • Isi
  • Isi
  • Isi

Kaidah Teks Pantun yang Benar

Kaidah kebahasaan atau lebih dikenal dengan unsur kebahasaan teks pantun terdiri dari:
  1. Diksi, adalah pemilihan kata yang tepat dalam membuat sebuah pantun. Kalian bisa menganalisis teks pantun dan melihat pemilihan kata yang ada didalamnya, kemudian kalian bisa meniru atau membuat sebuah pantun denga lebih memerhatikan diksinya.
  2. Imaji, adalah penggambaran yang ada didalam teks pantun, sehingga pembaca atau pendengar bisa terbawa kedalam tujuan pantun tersebut.
  3. Bahasa Kiasan, adalah bahasa yang digunakan untuk menyampaikan sebuah makna secara tidak langsung.
  4. Bunyi, adalah cara kita melafalkan pantun tersebut dengan intonasi yang tepat dan penekanan kata yang pas.

Contoh Teks Pantun Terbaik

Setelah kalian memahami tentang apa itu teks pantun dan juga struktur teks pantun, selanjutnya kalian bisa melihat beberapa contoh teks pantun berikut yang sudah saya pilihkan untuk sobat semua.

Si Asih masih sibuk makan
bakwan malang jadi santapan
Udara bersih jadi kebutuhan
Tapi sayang sulit didapatkan

Sarapan sambil baca koran
baca berita tentang batu apung
Bayangkan jika tidak ada hutan
banyak air siapa yang menampung

Buat jalan di hutan belukar
pohon ambruk jadi tontonan
Hutan bukan untuk dibakar
tapi untuk sumber kehidupan

No comments: