KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR (C2)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH
KEJURUAN
Bidang Keahlian : Kesehatan dan Pekerjaan Sosial
Program Keahlian : Keperawatan
Kompetensi
Keahlian : Asisten Keperawatan (3 Tahun)
Tujuan kurikulum mencakup
empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap
sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan
ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Asisten Keperawatan
pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Asisten Keperawatan. Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara
efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
|
Mata Pelajaran : Konsep Dasar Keperawatan
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
( JP )
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1. Memahami keperawatan
|
4.1 Mengelompokkan profesi keperawatan
|
6
|
Tidak terdapat di dalam Unit SKKNI Keperawatan.
Mata pelajaran hanya diberikan secara teori, untuk
Asisten Keperawatan tidak perlu untuk diuji sertifkikasikan.
|
|
3.2. Menganalisis kebutuhan biologis
manusia
|
4.2 Melakukan identifikasi kebutuhan
biologis manusia
|
6
|
|
|
3.3. Menganalisis kebutuhan
psiko-spiritual manusia
|
4.3 Melakukan identifikasi kebutuhan
psiko-spiritual manusia
|
6
|
|
|
3.4. Menganalisis kebutuhan
sosio-kultural manusia
|
4.4 Melakukan identifikasi kebutuhan
sosio-kultural manusia
|
6
|
|
|
3.5. Mengevaluasi keunikan sikap
individu terhadap respon sakit dan stress adaptasi
|
4.5 Melakukan penilaian keunikan sikap
individu terhadap respon sakit dan stress adaptasi
|
6
|
|
|
3.6. Menerapkan layanan keperawatan
|
4.6 Memberikan layanan keperawatan
|
6
|
|
|
3.7. Menganalisis pertumbuhan dan dan
tugas-tugas perkembangan bayi (0-1 tahun)
|
4.7 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan
dan perkembangan bayi (0-1 tahun)
|
12
|
|
|
3.8. Menganalisis pertumbuhan dan dan
tugas-tugas perkembangan usia batita (1-3 tahun)
|
4.8 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan
dan perkembangan usia batita (1-3 tahun)
|
12
|
|
|
3.9. Menganalisis pertumbuhan dan dan
tugas-tugas perkembangan usia pra sekolah (3-5 tahun)
|
4.9 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan
dan perkembangan usia pra sekolah (3-5 tahun)
|
12
|
|
|
3.10. Menganalisis pertumbuhan dan dan
tugas-tugas perkembangan usia sekolah (5-12 tahun)
|
4.10 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan
dan perkembangan usia sekolah (5-12 tahun)
|
9
|
|
|
3.11. Menganalisis pertumbuhan dan dan
tugas-tugas perkembangan usia remaja (12-18 tahun)
|
4.11 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan
dan perkembangan usia remaja (12-18 tahun)
|
9
|
|
|
3.12. Menganalisis pertumbuhan dan dan
tugas-tugas perkembangan usia dewasa
|
4.12 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan
dan perkembangan usia dewasa
|
9
|
|
|
3.13. Menganalisis pertumbuhan dan dan tugas-tugas
perkembangan usia lanjut
|
4.13 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan
dan perkembangan usia lanjut
|
9
|
|
|
Jumlah Jam Pelajaran ( JP )
|
108
|
|
|
Mata Pelajaran : Anatomi Fisiologi
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
( JP )
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Menerapkan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem otot dan tulang
|
4.1 Melakukan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem otot dan tulang
|
9
|
Tidak terdapat di dalam Unit SKKNI Keperawatan.
Mata pelajaran hanya diberikan secara teori, untuk
Asisten Keperawatan tidak perlu untuk diuji sertifkikasikan.
|
|
3.2 Menerapkan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem jantung dan pembuluh darah
|
4.2 Melakukan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem jantung dan pembuluh darah
|
12
|
|
|
3.3 Menerapkan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem limfatik
|
4.3 Melakukan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem limfatik
|
9
|
|
|
3.4 Menerapkan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem pernafasan
|
4.4 Melakukan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem pernafasan
|
12
|
|
|
3.5 Menerapkan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem pencernaan
|
4.5 Melakukan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem pencernaan
|
9
|
|
|
3.6 Menerapkan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem perkemihan
|
4.6 Melakukan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem perkemihan
|
9
|
|
|
3.7 Menerapkan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem reproduksi
|
4.7 Melakukan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem reproduksi
|
6
|
|
|
3.8 Menerapkan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem endokrin
|
4.8 Melakukan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem endokrin
|
6
|
|
|
3.9 Menerapkan pemeriksaan anatomi fisiologi
sistem persyarafan
|
4.9 Melakukan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem persyarafan
|
9
|
|
|
3.10 Menerapkan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem kulit
|
4.10 Melakukan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem kulit
|
9
|
|
|
3.11 Menerapkan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem panca indera
|
4.11 Melakukan pemeriksaan anatomi
fisiologi sistem panca indera
|
6
|
|
|
3.12 Menganalisis pemeriksaan sistem
imunitas
|
4.12 Melakukan pemeriksaan sistem
imunitas
|
6
|
|
|
3.13 Mengevaluasi pemerik-saan
homeostasis dalam anatomi fisiologi
|
4.13 Melakukan pemeriksaan homeostasis
|
6
|
|
|
Jumlah Jam Pelajaran ( JP )
|
108
|
|
|
Mata Pelajaran: Komunikasi Keperawatan
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
( JP )
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Menerapkan komunikasi
|
4.1 Melakukan komunikasi
|
12
|
KES.VK01.001.01
Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan
Tindakan Keperawatan
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.2
Menganalisis
gangguan komunikasi
|
4.2
Melakukan
pemeriksaan gangguan komunikasi
|
12
|
KES.VK01.001.01
Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan
Tindakan Keperawatan
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.3
Memahami
perkembangan bahasa dalam komunikasi
sesuai tingkat usia
|
4.3
Mengelompokkan
perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
|
9
|
KES.VK01.001.01
Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan
Tindakan Keperawatan
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.4
Menerapkan
komunikasi terapeutik
|
4.4
Melakukan
komunikasi terapeutik
|
15
|
KES.VK01.001.01
Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan
Tindakan Keperawatan
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.5
Menganalisis
konflik
|
4.5
Menangani
konflik
|
15
|
KES.VK01.002.01
Menerapkan Prinsip Etika dan Etiket dalam Keperawatan
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.6
Memahami
informasi kesehatan
|
4.6
Memberikan
informasi kesehatan kepada masyarakat
|
12
|
KES.VK01.001.01
Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan
Tindakan Keperawatan
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.7
Menerapkan
dokumentasi
|
4.7
Melakukan
pendokumentasian
|
12
|
KES.VK02.002.01
Melakukan Perawatan Perineum ( Vulva Hygiene )
KES.VK02.009.01
Menolong Klien/ Pasien Buang Air Kecil di Tempat Tidur
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.8
Menerapkan
pengumpulan data
|
4.8
Melakukan
pengumpulan data
|
9
|
KES.VK02.002.01
Melakukan Perawatan Perineum ( Vulva Hygiene )
KES.VK02.009.01
Menolong Klien/ Pasien Buang Air Kecil di Tempat Tidur
KES.VK02.001.01
Melakukan Personal Hygiene kepada Klien/ Pasien
KES.VK02.003.01Menyiapkan Tempat Tidur Sebagai Bagian dari Asuhan KeperawatanKES.VK02.004.01
Membersihkan Alat- alat Perawatan
KES.VK02.004.01
Melakukan Perawatan Setelah Klien/ Pasien Meninggal
Dunia
KES.VK02.006.01
Memasang Buli Buli Panas
KES.VK02.007.01
Memasang Kirbat Es
KES.VK02.008.01
Mengukur Tanda- tanda Vital
KES.VK02.010.01
Menolong Klien/ Pasien Buang Air Besar di Tempat Tidur
KES.VK02.011.01
Memberi Kompres Dingin
KES.VK02.012.01
Memberi Kompres Hangat
KES.VK02.013.01
Membantu Klien/ Pasien Dudik di Tempat Tidur
KES.VK02.014.01
Memindahkan Klien/ Pasien dari Tempat Tidur ke Brankar
dan Sebaliknya
KES.VK02.015.01
Mobilisasi Klien/ Pasien Miring Kiri, Kanan dan
Berbaring
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.9
Menerapkan
pembuatan laporan
|
4.9
Membuat
laporan hasil pengumpulan data
|
12
|
KES.VK01.003.01
Menerapkan Prinsip Infeksi Nosokomial
KES.VK02.001.01
Melakukan Personal Hygiene kepada Klien/ Pasien
KES.VK02.003.01
Menyiapkan Tempat Tidur
Sebagai Bagian dari Asuhan Keperawatan
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
Jumlah Jam Pelajaran ( JP )
|
180
|
|
|
Mata Pelajaran : Ilmu
Kesehatan Masyarakat
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
( JP )
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1.
Menganalisis kasus dinamika
masyarakat pada kelompok
sosial, pranata sosial,
dan mobilitas sosial
|
4.1.
Melakukan penanganan kasus dinamika
masyarakat kelompok sosial, pranata sosial, dan mobilitas sosial
|
8
|
KES.VK01.002.01
Menerapkan Prinsip Etika dan Etiket dalam Keperawatan
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.2.
Menerapkan usaha kesehatan sekolah
|
4.2.
Melaksanakan usaha kesehatan
sekolah
|
8
|
KES.VK02.011.01
Memberi Kompres Dingin
KES.VK02.012.01
Memberi Kompres Hangat
KES.VK02.013.01Membantu klien duduk/pasien duduk di tempat tidur.KES.VK02.006.01
Memasang Buli Buli Panas
KES.VK02.007.01
Memasang Kirbat Es
KES.VK02.008.01
Mengukur Tanda- tanda Vital
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.3.
Menerapkan program Kesehatan
Ibu dan Anak (KIA)
|
4.3.
Melaksanakan kegiatan
Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)
|
12
|
KES.VK02.001.01
Melakukan Personal Hygiene kepada Klien/ Pasien
KES.VK02.002.01
Melakukan Perawatan Perineum ( Vulva Hygiene
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.4.
Menerapkan program
Kesehatan Reproduksi
|
4.4.
Melaksanakan kegiatan
Kesehatan Reproduksi
|
8
|
KES.VK02.002.01
Melakukan Perawatan Perineum ( Vulva Hygiene
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.5.
Menerapkan penyuluhan kesehatan
masyarakat
|
4.5.
Melakukan penyuluhan kesehatan
masyarakat
|
20
|
KES.VK01.001.01
Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan
Tindakan Keperawatan
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.6.
Menerapkan pembuatan laporan
hasil penyuluhan kesehatan masyarakat
|
4.6.
Membuat laporan hasil penyuluhan
kesehatan masyarakat
|
16
|
KES.VK01.001.01
Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan
Tindakan Keperawatan
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.7.
Memahami Tanaman Obat Keluarga
|
4.7.
Mengelompokkan tanaman obat
|
8
|
KES.VK01.001.01
Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan
Tindakan Keperawatan
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.8.
Menganalisis kesehatan kerja
|
4.8.
Melakukan identifikasi penyakit
akibat kerja
|
12
|
KES.VK01.003.01
Menerapkan Prinsip Infeksi Nosokomial
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.9.
Menganalisis keselamatan kerja
|
4.9.
Melakukan identifikasi resiko
bahaya kerja
|
12
|
KES.VK01.003.01
Menerapkan Prinsip Infeksi Nosokomial
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.10. Menerapkan
sanitasi peralatan keperawatan dan ruang rawat
|
4.10. Melaksanakan
sanitasi peralatan keperawatan dan ruang rawat
|
20
|
KES.VK01.003.01
Menerapkan Prinsip Infeksi Nosokomial
KES.VK02.004.01
Membersihkan Alat- alat Perawatan
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
3.11. Menerapkan
pengolahan limbah medis
|
4.11. Melaksanakan
pengolahan limbah medis
|
20
|
KES.VK01.003.01
Menerapkan Prinsip Infeksi Nosokomial
KES.VK02.004.01
Membersihkan Alat- alat Perawatan
|
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
|
Jumlah Jam Pelajaran ( JP )
|
144
|
|
|
No comments:
Post a Comment