Friday, July 28, 2017

C2 KI DAN KD BIDANG KEAHLIAN KEPERAWATAN



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR (C2)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian                   : Kesehatan dan Pekerjaan Sosial
Program Keahlian                 : Keperawatan
Kompetensi Keahlian            : Asisten Keperawatan  (3 Tahun)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Asisten Keperawatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Asisten Keperawatan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Mata Pelajaran : Konsep Dasar Keperawatan

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
( JP )
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1.  Memahami keperawatan
4.1     Mengelompokkan profesi keperawatan
6
Tidak terdapat di dalam Unit SKKNI Keperawatan.
Mata pelajaran hanya diberikan secara teori, untuk Asisten Keperawatan tidak perlu untuk diuji sertifkikasikan.

3.2.  Menganalisis kebutuhan biologis manusia
4.2    Melakukan identifikasi kebutuhan biologis manusia
6


3.3.  Menganalisis kebutuhan psiko-spiritual manusia
4.3    Melakukan identifikasi kebutuhan psiko-spiritual manusia
6


3.4.  Menganalisis kebutuhan sosio-kultural manusia
4.4    Melakukan identifikasi kebutuhan sosio-kultural manusia
6


3.5.  Mengevaluasi keunikan sikap individu terhadap respon sakit dan stress adaptasi
4.5    Melakukan penilaian keunikan sikap individu terhadap respon sakit dan stress adaptasi
6


3.6.  Menerapkan layanan keperawatan
4.6    Memberikan layanan keperawatan
6


3.7.  Menganalisis pertumbuhan dan dan tugas-tugas perkembangan bayi (0-1 tahun)
4.7    Melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan bayi (0-1 tahun)
12


3.8.  Menganalisis pertumbuhan dan dan tugas-tugas perkembangan usia batita (1-3 tahun)
4.8    Melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan usia batita (1-3 tahun)
12


3.9.  Menganalisis pertumbuhan dan dan tugas-tugas perkembangan usia pra sekolah (3-5 tahun)
4.9    Melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan usia pra sekolah (3-5 tahun)
12


3.10.  Menganalisis pertumbuhan dan dan tugas-tugas perkembangan usia sekolah (5-12 tahun)
4.10 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan usia sekolah (5-12 tahun)
9


3.11.  Menganalisis pertumbuhan dan dan tugas-tugas perkembangan usia remaja (12-18 tahun)


4.11 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan usia remaja (12-18 tahun)
9


3.12.  Menganalisis pertumbuhan dan dan tugas-tugas perkembangan usia dewasa
4.12 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan usia dewasa
9



3.13.  Menganalisis pertumbuhan dan dan tugas-tugas perkembangan usia lanjut
4.13 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan usia lanjut
9



Jumlah Jam Pelajaran ( JP )
108



Mata Pelajaran : Anatomi Fisiologi

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
( JP )
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1     Menerapkan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem otot dan tulang
4.1     Melakukan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem otot dan tulang
9
Tidak terdapat di dalam Unit SKKNI Keperawatan.
Mata pelajaran hanya diberikan secara teori, untuk Asisten Keperawatan tidak perlu untuk diuji sertifkikasikan.

3.2     Menerapkan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem jantung dan pembuluh darah
4.2     Melakukan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem jantung dan pembuluh darah

12


3.3     Menerapkan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem limfatik


4.3     Melakukan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem limfatik
9


3.4     Menerapkan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem pernafasan
4.4     Melakukan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem pernafasan
12


3.5     Menerapkan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem pencernaan
4.5     Melakukan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem pencernaan
9


3.6     Menerapkan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem perkemihan
4.6     Melakukan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem perkemihan
9


3.7     Menerapkan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem reproduksi
4.7     Melakukan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem reproduksi
6


3.8     Menerapkan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem endokrin
4.8     Melakukan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem endokrin
6


3.9     Menerapkan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem persyarafan
4.9     Melakukan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem persyarafan
9


3.10 Menerapkan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem kulit
4.10 Melakukan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem kulit
9


3.11 Menerapkan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem panca indera
4.11 Melakukan pemeriksaan anatomi fisiologi sistem panca indera

6


3.12 Menganalisis pemeriksaan sistem imunitas
4.12 Melakukan pemeriksaan sistem imunitas
6

 


3.13 Mengevaluasi pemerik-saan homeostasis dalam anatomi fisiologi
4.13 Melakukan pemeriksaan homeostasis
6

 


Jumlah Jam Pelajaran ( JP )
108

 



Mata Pelajaran: Komunikasi Keperawatan

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
( JP )
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1     Menerapkan komunikasi
4.1     Melakukan komunikasi
12

KES.VK01.001.01

Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan Tindakan Keperawatan
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.2     Menganalisis gangguan komunikasi
4.2     Melakukan pemeriksaan  gangguan komunikasi
12

KES.VK01.001.01

Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan Tindakan Keperawatan
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.3     Memahami perkembangan  bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
4.3     Mengelompokkan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
9

KES.VK01.001.01

Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan Tindakan Keperawatan
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.4     Menerapkan komunikasi terapeutik
4.4     Melakukan komunikasi terapeutik
15

KES.VK01.001.01

Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan Tindakan Keperawatan

Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.5     Menganalisis konflik
4.5     Menangani konflik
15

KES.VK01.002.01

Menerapkan Prinsip Etika dan Etiket dalam Keperawatan
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.6     Memahami informasi kesehatan
4.6     Memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat
12

KES.VK01.001.01

Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan Tindakan Keperawatan
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.7     Menerapkan dokumentasi
4.7     Melakukan pendokumentasian
12

KES.VK02.002.01

Melakukan Perawatan Perineum ( Vulva Hygiene )

KES.VK02.009.01

Menolong Klien/ Pasien Buang Air Kecil  di Tempat Tidur
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.8     Menerapkan pengumpulan data
4.8     Melakukan pengumpulan data
9

KES.VK02.002.01

Melakukan Perawatan Perineum ( Vulva Hygiene )

KES.VK02.009.01

Menolong Klien/ Pasien Buang Air Kecil  di Tempat Tidur

KES.VK02.001.01

Melakukan Personal Hygiene kepada Klien/ Pasien

KES.VK02.003.01

Menyiapkan Tempat Tidur Sebagai Bagian dari Asuhan Keperawatan

KES.VK02.004.01

Membersihkan Alat- alat Perawatan

KES.VK02.004.01

Melakukan Perawatan Setelah Klien/ Pasien Meninggal Dunia

KES.VK02.006.01

Memasang Buli Buli Panas

KES.VK02.007.01

Memasang Kirbat Es

KES.VK02.008.01

Mengukur Tanda- tanda Vital

KES.VK02.010.01

Menolong Klien/ Pasien Buang Air Besar di Tempat Tidur

KES.VK02.011.01

Memberi Kompres Dingin

KES.VK02.012.01

Memberi Kompres Hangat

KES.VK02.013.01

Membantu Klien/ Pasien Dudik di Tempat Tidur

KES.VK02.014.01

Memindahkan Klien/ Pasien dari Tempat Tidur ke Brankar dan Sebaliknya

 

KES.VK02.015.01

Mobilisasi Klien/ Pasien Miring Kiri, Kanan dan Berbaring
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.9     Menerapkan pembuatan laporan
4.9     Membuat laporan hasil pengumpulan data
12

KES.VK01.003.01

Menerapkan Prinsip Infeksi Nosokomial

KES.VK02.001.01

Melakukan Personal Hygiene kepada Klien/ Pasien

KES.VK02.003.01

Menyiapkan Tempat Tidur Sebagai Bagian dari Asuhan Keperawatan
KES.VK02.004.01

Membersihkan Alat- alat Perawatan

KES.VK02.004.01

Melakukan Perawatan Setelah Klien/ Pasien Meninggal Dunia

KES.VK02.006.01

Memasang Buli Buli Panas

KES.VK02.007.01

Memasang Kirbat Es

KES.VK02.008.01

Mengukur Tanda- tanda Vital

KES.VK02.010.01

Menolong Klien/ Pasien Buang Air Besar di Tempat Tidur

KES.VK02.011.01

Memberi Kompres Dingin

KES.VK02.012.01

Memberi Kompres Hangat

KES.VK02.013.01

Membantu Klien/ Pasien Duduk di Tempat Tidur

KES.VK02.014.01

Memindahkan Klien/ Pasien dari Tempat Tidur ke Brankar dan Sebaliknya

KES.VK02.015.01

Mobilisasi Klien/ Pasien Miring Kiri, Kanan dan Berbaring

Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
Jumlah Jam Pelajaran ( JP )
180

 


Mata Pelajaran : Ilmu Kesehatan Masyarakat

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
( JP )
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1.   Menganalisis kasus dinamika masyarakat  pada  kelompok  sosial,  pranata  sosial,  dan mobilitas sosial
4.1.    Melakukan penanganan kasus  dinamika  masyarakat kelompok sosial, pranata sosial, dan mobilitas sosial
8

KES.VK01.002.01

Menerapkan Prinsip Etika dan Etiket dalam Keperawatan
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.2.   Menerapkan usaha kesehatan sekolah
4.2.    Melaksanakan usaha kesehatan sekolah
8

KES.VK02.011.01

Memberi Kompres Dingin

KES.VK02.012.01

Memberi Kompres Hangat

KES.VK02.013.01

Membantu klien duduk/pasien duduk di tempat tidur.

KES.VK02.006.01

Memasang Buli Buli Panas

KES.VK02.007.01

Memasang Kirbat Es

KES.VK02.008.01

Mengukur Tanda- tanda Vital
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.3.   Menerapkan program  Kesehatan  Ibu  dan Anak (KIA)
4.3.    Melaksanakan  kegiatan  Kesehatan  Ibu dan Anak (KIA)
12

KES.VK02.001.01

Melakukan Personal Hygiene kepada Klien/ Pasien

KES.VK02.002.01

Melakukan Perawatan Perineum ( Vulva Hygiene
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.4.   Menerapkan  program  Kesehatan  Reproduksi
4.4.    Melaksanakan  kegiatan  Kesehatan  Reproduksi
8

KES.VK02.002.01

Melakukan Perawatan Perineum ( Vulva Hygiene
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.5.   Menerapkan penyuluhan kesehatan masyarakat
4.5.    Melakukan penyuluhan kesehatan masyarakat
20

KES.VK01.001.01

Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan Tindakan Keperawatan
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.6.   Menerapkan pembuatan laporan hasil penyuluhan kesehatan masyarakat
4.6.    Membuat laporan hasil penyuluhan kesehatan masyarakat
16

KES.VK01.001.01

Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan Tindakan Keperawatan
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.7.   Memahami Tanaman Obat Keluarga
4.7.    Mengelompokkan tanaman obat
8

KES.VK01.001.01

Melakukan Komunikasi Interpersonal dalam Melaksanakan Tindakan Keperawatan
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.8.   Menganalisis  kesehatan kerja
4.8.    Melakukan identifikasi penyakit akibat kerja
12

KES.VK01.003.01

Menerapkan Prinsip Infeksi Nosokomial
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.9.   Menganalisis keselamatan kerja
4.9.    Melakukan identifikasi resiko bahaya kerja
12

KES.VK01.003.01

Menerapkan Prinsip Infeksi Nosokomial
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.10. Menerapkan sanitasi peralatan keperawatan dan ruang rawat
4.10. Melaksanakan sanitasi peralatan keperawatan dan ruang rawat
20

KES.VK01.003.01

Menerapkan Prinsip Infeksi Nosokomial

KES.VK02.004.01

Membersihkan Alat- alat Perawatan
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
3.11. Menerapkan pengolahan limbah medis
4.11. Melaksanakan pengolahan limbah medis
20


KES.VK01.003.01

Menerapkan Prinsip Infeksi Nosokomial

KES.VK02.004.01

Membersihkan Alat- alat Perawatan
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Keperawatan
Jumlah Jam Pelajaran ( JP )
144

 



No comments: