Thursday, June 15, 2017

LAPORAN KETUA PANITIA BIMTEK GURU SASARAN KURIKULUM 2013 JENJANG SMK TAHUN 2017



LAPORAN KETUA PANITIA
BIMTEK GURU SASARAN KURIKULUM 2013 JENJANG SMK TAHUN 2017


Bismillahirahmannirrahim………. Assalamualaikum, wr.wb.
Kepala SMK AL HUSNA CISAGA yang saya hormati. (disesuaikan dengan yang hadir)
Para Narasumber, rekan-rekan panitia dan Ibu/bapak peserta bimtek yang saya hormati.

Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, karena pada hari ini Senin, tanggal 12 Juni 2017 kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka mengikuti acara pembukaan Bimtek Guru Sasaran Kurikulum 2013 Jenjang SMK Tahun 2017 Hadirin yang saya hormati, Kegiatan diklat ini secara keseluruhan akan diikuti oleh 60 orang peserta, alhamdudillah       orang peserta telah hadir diantara kita, sementara peserta lainnya sedang dalam perjalanan dan mudah-mudahan dapat hadir hari ini. Tujuan pelaksanaan Bimtek adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta agar dapat mengimplementasikan Kurikulum 2013 sesuai dengan konsep, strategi, dan karakteristik Kurikulum 2013.
Secara khusus kegiatan ini bertujuan untuk:
1.         Memahami kebijakan dan dinamika perkembangan kurikulum nasional;
2.         Mengaplikasikan program Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti dan Sekolah Aman, Penguatan Literasi dalam Pembelajaran, serta Peran Keluarga dalam Pembelajaran Siswa;
3.         Menganalisis dokumen Kurikulum 2013 SMK yang disempurnakan, meliputi: SKL, KI-KD, Silabus, dan Materi Pembelajaran;
4.         Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis Kurikulum 2013 SMK;
5.         Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model-model pembelajaran yang berpendekatan saintifik, sesuai tuntutan kurikulum 2013 SMK;
6.         Merancang instrumen dan melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar peserta didik, serta mengolah dan melaporkannya.
Kegiatan bimtek Guru Sasaran Kurikulum 2013 Jenjang SMK Tahun 2017. ini akan berlangsung selama 6 hari, mulai tanggal 12 s/d 17 Juni 2017, setara dengan  39 Jam.
Kegiatan diklat ini secara garis besar mencakup tiga tahapan kegiatan, yaitu :
  1. Persiapan
Yang terdiri dari perancangan desain dan struktur program kegiatan, pemanggilan peserta, persiapan teknis lainnya.
  1. Pelaksanaan Diklat
Yang meliputi Penyampaian materi, informasi dan penjelasan konsep-konsep teoritis yang disampaikan melalui diskusi kelompok, presentasi, Tanya jawab.

  1. Evaluasi dan Tindak Lanjut
Yang meliputi kegiatan pre test, penilaian proses, post test, dan ditutup dengan penyusunan rencana tindak lanjut hasil diklat atau action plan.

Dan keseluruhan biaya pelaksanaan diklat ini dibebankan pada anggaran LPMP Jawa Barat Tahun 2017 yang pengelolaannya diberikan kepada sekolah yang ditunjuk sebagai induk klaster.
Demikian laporan yang dapat saya sampaikan. Kepada para peserta bimtek saya ucapkan selamat mengikuti bimtek ini. Kepada Bapak Her Saksono (LPMP JABAR) (disesuaikan dengan yang akan membuka kegiatan), kami mohon dengan hormat untuk dapat kiranya memberikan arahan sekaligus membuka bimtek ini secara resmi.
Billahi taufik wal hidayah… Wassalamualaikum Wr.W

No comments: