Thursday, March 12, 2015

TIPS DAN CARA MEMBUAT CV LAMARAN PEKERJAAN

Tips & Cara Membuat CV Lamaran Kerja

  1. Usahakan panjang maksimal dari CV yang akan dibuat hanya 3 sampai 4 Halaman.
  2. Buatlah CV riwayat hidup yang mudah dibaca dan mudah dipahami.
  3. Cantumkanlah foto terbaru Anda dan usahakan berpakaian formal namun dengan mimik wajah yang rilex (dengan senyum misalnya).
  4. Jangan menulis pengalaman yang tidak penting untuk disebutkan, misalkan anda melamar pada bidang Perbankan Anda tidak perlu mencantumkan pengalaman menjuarai perlombaan menggambar.
  5. Tulislah training yang pernah Anda ikuti namun cukup training yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang sesuai dengan pelamaran Anda ke instansi.
  6. Tulislah kompetensi lain yang menunjang pekerjaan.
  7. Dan yang terakhir berusahalah sejujur jujurnya dalam membuat CV, jangan pernah mencoba memanipulasi CV.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja

Data Pribadi
Nama : Almira Sabrina
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 5 Agustus 1984
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Gunung Batu No. 20 16970
Telepon : 0251-1111111 (Rumah)
021-54xxxxx (Kantor)
0851712xxxxx (HP)

Latarbelakang Pendidikan

Formal
1991 – 1994 : SMP Negeri 7 Bogor
1994 – 1997 : SMAN 1 Bogor
1997 – 2001 : Sekolah Tinggi Administrasi Indonesia, Jakarta

Non Formal
1994 – 1996 : Kursus Komputer di IT Dinamika Solutions, Jakarta
1996 – 1997 : Kursus Bahasa Inggris di EF Course, Jakarta
2003 – 2003 : Kursus Pajak (Brevet A & B)

Kemampuan
1. Kemampuan Akuntansi dan Administrasi (Accounting & Administration Skills) Journal printing & Calculation, Ledger, Project Data Updating, Teller, Salary Calculation, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
2. Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
3. Sistem Perpajakan

Pengalaman Kerja
1. Praktek Kerja Lapangan:
Praktek Kerja di PT. Ajudan Nusantara, Jakarta
Periode : Mei 1997 - Agustus 1997
Tujuan : Persyaratan kelulusan SMEA 804 Jakarta
Posisi : Operator Administrasi
Rincian Pekerjaan:
- Mengupdate data konsumen
- Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
- Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
- Menyiapkan tagihan

2. Bekerja di PT. Laksana Smansa Jaya, Jakarta
Periode : Juni 2002 - Juli 2005
Status : Karyawan Tetap
Posisi : Staf bagian Finance
Rincian pekerjaan :
  • Mengelola kas kecil perusahaan.
  • Melakukan surat menyurat untuk bisnis yang dijalani perusahaan.
  • Mengontrol persediaan peralatan kantor.
  • Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok.
  • Penggajian (payroll).

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hormat Saya, 

Almira Sabrina

No comments: