Wednesday, November 26, 2014

PENILAIAN PENGETAHUAN DAN RUBRIK PENYAJIAN, PENILAIAN KETERAMPILAN DAN SKOR NILAI HASIL KONVERSI

Penilaian Pengetahuan
Tabel 10. Kisi-Kisi dan Soal
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
3.4.1 Menjelaskan struktur dan kaidah teks negosiasi

3.4.2 Menjelaskan jenis-jenis teks negosiasi

3.4.3 Membeda-kan jenis-jenis teks negosiasi
Siswa dapat menjelaskan secara tertulis struktur dan kaidah teks negosiasi
Tes tulis
1.  Jelaskan struktur yang terdapat dalam teks negosiasi perusahaan!
2.  Jelaskan struktur yang terdapat dalam teks negosiasi perdagangan!
3.  Jelaskan kaidah yang terdapat dalam teks negosiasi!
4.  Jelaskan jenis-jenis teks negosiasi yang ada!
5.  Definisikan dan klasifikasikan jenis-jenis teks anekdot!
Rubrik penyajian pembuatan teks negosiasi.
Indikator penilaian pengetahuan:
a.    Struktur teks negosiasi perusahaan dan bawahan
1)    Jika menjawab 3 struktur dengan benar skor 4
2)    Jika menjawab 2 struktur dengan benar skor 3
3)    Jika menjawab 1 struktur dengan benar skor 2
4)    Jika salah jawabannya skor1
b.    Struktur teks negosiasi perdagangan
1)    Jika menjawab 7 struktur dengan benar skor 4
2)    Jika menjawab 5 struktur dengan benar skor 3
3)    Jika menjawab 3 struktur dengan benar skor 2
4)    Jika menjawab 1 struktur dengan benar skor1
c.    Kaidah teks negosiasi
1)    Jika menjawab 6 struktur dengan benar skor 4
2)    Jika menjawab 4 struktur dengan benar skor 3
3)    Jika menjawab 2 struktur dengan benar skor 2
4)    Jika menjawab 1 struktur dengan benar skor1
d.    Jenisnya
1)    Jika menjawab 3 jenis negosiasi dengan benar skor 4
2)    Jika menjawab 2 jenis negosiasi dengan benar skor 3
3)    Jika menjawab 1 jenis negosiasi dengan benar skor 2
4)    Jika jawaban salah skor1
e.    Perbedaannya
1)    Jika jawaban perbedaan dilihat dari pengertian, struktur dan cirinya mendapat skor 4
2)    Jika jawaban perbedaan dilihat dari pengertian, struktur skor 3
3)    Jika jawaban perbedaan dilihat dari pengertian saja skor 2
4)    Jika jawaban perbedaan semuanya salah skor 1

Rumus Konversi Nilai,
                   Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =                                             X 4 =..............
                         Jumlah skor maksimal

1.    Penilaian Keterampilan
Tabel 11. Instrumen Penyajian Pembuatan Teks Negosiasi
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Isi
Struktur Teks
Kosakata
Kalimat
Mekanik
30
20
20
20
10
1
Dini
4
4
3
4
2
3.33
2
Dana
4
3
3
3
3

3
Bina
3
4
3
4
2

4
Bani
3
3
3
2
1
2.00

Contoh Pengolahan Nilai
Nilai Akhir Dini = (4x30)+(4x20)+(3x20)+(4X20)+(3X10) = 92,5  = 3.67
                                                4
Nilai Akhir Dana = (4x30)+(3x20)+(3x20)+(3X20)+(3X10) = 82,5  = 3.00
                                                4
Nilai Akhir Bani = (2x30)+(2x20)+(2x20)+(2X20)+(2X10) = 50  = 2.00
                                                4
 Tabel 12. Rubrik Penilaian Ketrampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Isi
4
menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi orientasi krisis reaksi koda; relevan dengan topik yang dibahas
3
cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terperinci
2
penguasaan permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai
1
tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai
Struktur
4
ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan logis (abstraksi orientasi krisis reak si koda); kohesif
3
kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap
2
tidak lancar; gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis
1
tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai
Kosakata
4
penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukan kata; penggunaan register tepat
3
penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ungkapan kadang-kadang salah, tetapi tidak mengganggu
2
penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan, dan penggunaan kosakata/ungkapan; makna membingungkan atau tidak jelas
1
pengetahuan tentang kosakata, ungkapan, dan pembentukan kata rendah; tidak layak nilai
Kalimat
4
konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi)
3
konstruksi sederhana, tetapi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetapi makna cukup jelas
2
terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat fragmen, pelesapan; makna membingungkan atau kabur
1
tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai
Mekanik
4
menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf
3
kadang-kadang terjadi kesalahanejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna
2
sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur
1
tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca; tidak layak dinilai
Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (isi, struktur, kalimat, kosakata dan mekanik). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4
Tabel 13. Konversi Skor
Interval Skor
Hasil Konversi
Predikat
Kriteria
96-100
4.00
A
SB
91-95
3.67
A-
86-90
3.33
B
B
81-85
3.00
B+
75-80
2.67
B-
70-74
2.33
C+
C
65-69
2.00
C
60-64
1.67
C-
55-59
1.33
D+
K
<54
1.00
D

Sumber: SK Dirjen Dikmen No 781 Tahun 2013 tentang LCK SMK.

No comments: