Thursday, May 8, 2014

TIPS DAN CARA MENGHADAPI ULANGAN KENAIKAN KELAS DAN UAS

Belum lama kakak-kakak kalian menempuh Ujian Nasional (UN), tak lama lagi giliran kalian untuk menempuh ulangan kenaikan kelas akan tiba. Sesungguhnya ulangan kenaikan kelas (UKK) tidak kalah menegangkan dibandingkan dengan UN. Mengapa demikian? Jika gagal UKK besar kemungkinan kalian akan tinggal kelas. Jika tinggal kelas, kalian harus mengulang tahu depan di kelas yang sama. Tentu kalian tidak ingin tinggal kelas, bukan? Jika kalian tidak ingin tinggal kelas, persiapkan diri mulai sekarang! Tips ringan berikut ini perlu kalian perhatikan guna menghadapi ulangan kenaikan kelas

1. Membenahi Semua Buku Catatan
Buku catatan pelajaran merupakan ringkasan materi pelajaran atau berisi materi pelajaran yang penting dan barangkali tidak kalian temukan di buku teks pelajaran. Periksa kembali semua buku catatan kalian, terutama mata pelajaran yang akandiujikan pada ulangan kenaikan kelas. Jika catatan kalian kurang lengkap, lengkapilah segera. Bagaimanapun, buku catatan ini sangat penting untuk mengulang pelajaran di rumah.

2. Mempelajari Soal-Soal Ulangan Kenaikan Kelas Tahun Lalu
Kalian bisa meminjam soal-soal ulangan kenaikan kelas (UKK) tahun lalu dari kakak kelas kalian atau guru kalian. Setelah difotokopi, pelajari dengan cermat soal-soal tersebut untuk mengetahui kisaran materi yang sering keluar dalam UKK. Jika ada materi yang belum kalian kuasai dengan baik, segera perdalam materi itu hingga kalian benar-benar paham. Namun, perlu diingat bahwa soal-soal yang keluar pada UKK tahun lalu belum tentu keluar pada UKK sekarang. Soal UKK tahun lalu hanya sekedar untuk mengetahui kisaran materi dan bentuk soal yang sering diujikan dalam UKK.

3. Menjada Kesehatan
Kesehatan merupakan modal utama kebugaran pikiran. Jika kurang sehat, pasti konsentrasi kalian dalam mengerjakan soal-soal ujian menjadi terganggu. Oleh sebab itu, kurangi begadang atau melakukan pekerjaan yang menguras tenaga. Jangan lupa pula mengimbangi dengan makanan dan minuman yang menyehatkan, berolahraga secara teratur, dan beristirahat yang cukup.

4. Berdoa dan Mohon Restu Kedua Orang tua
Berdoalah kepada Tuhan agar diberi kemudahan dalam mempersiapkan dan mengerjakan soal-soal UKK sehingga kalian berhasil dengan baik. Jangan lupa pula memohon doa restu kepada orang tua agar sukses ujian dan naik kelas. Bagaimanapun, keberhasilan kalian tidak lepas dari restu orang tua.

No comments: