Saturday, May 24, 2014

MEMAHAMI ISI PIDATO

A. Pengertian Pidato

Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.

 

B. Tujuan Pidato

Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :
1. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
2. Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
3. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.

 

C. Jenis-Jenis / Macam-Macam / Sifat-Sifat Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
1. Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
2. Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
3. Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
5. Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

D. Metode Pidato

Teknik atau metode dalam membawakan suatu pidatu di depan umum :
1. Metode menghapal, yaitu membuat suatu rencana pidato lalu menghapalkannya kata per kata.
2. Metode serta merta, yakni membawakan pidato tanpa persiapan dan hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan. Biasanya dalam keadaan darurat tak terduga banyak menggunakan tehnik serta merta.
3. Metode naskah, yaitu berpidato dengan menggunakan naskah yang telah dibuat sebelumnya dan umumnya dipakai pada pidato-pidato resmi.

 

E. Persiapan Pidato

Sebelum memberikan pidato di depan umum, ada baiknya untuk melakukan persiapan berikut ini :
1. Wawasan pendengar pidato secara umum
2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan
3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
4. Mengetahui jenis pidato dan tema acara.
5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato, dsb.

 

F. Kerangka Susunan Pidato

Skema susunan suatu pidato yang baik :
1. Pembukaan dengan salam pembuka
2. Pendahuluan yang sedikit menggambarkan isi
3. Isi atau materi pidato secara sistematis : maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah, dll.
4. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup, dll)


CONTOH PIDATO PENGARUH TELEVISI TERHADAP SISWA 


ASSALAMUALAIKUM WR WB, BAPAK/ IBU GURU BESERTA REKAN-REKAN YANG SAYA HORMATI, PERTAMA-TAMA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA YANG TELAH MEMBERIKAN RAHMAT DAN HIDAYAHNYA KEPADA KITA SEMUA SEHINGGA KITA DAPAT BERKUMPUL DITEMPAT INI, SAYA UCAPKAN BANYAK TERIMAKASIH ATAS KESEMPATAN YANG TELAH DIBERIKAN KEPADA SAYA UNTUK MENYAMPAIKAN SEBUAH PIDATO YANG BERJUDUL “PENGARUH TELEVISI TERHADAP SISWA”. SEBELUM SAYA MEMULAI BERPIDATO SAYA INGIN MENYAMPAIKAN BATASAN MASALAH YANG AKAN SAYA SAMPAIKAN DIDALAM PIDATO HARI INI, YAKNI DIANTARANYA ; PENGARUH TELEVISI DARI SEGI POSITIF DAN NEGATIF.

BILA KITA MELIHAT SECARA UMUM PENGARUH TELEVISI TERHADAP SISWA MEMANG TANPAK SANGAT BERGUNA DAN BERMAKNA KARENA MEDIA TELEVISI INI MERUPAKAN SARANA PENYAMPAIAN INFORMASI YANG PALING EFEKTIF DAN EFISIEN, EFEKTIF DARI SEGI PENYAMPAIAN INFORMASI DAN EFISIEN DARI SEGI HARGA UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI TERSEBUT. DENGAN MEDIA TELEVISI WAWASAN DAN ILMU PENGETAHUAN SEORANG SISWA DAPAT BERKEMBANG DENGAN PESAT SEJALAN DENGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI YANG ADA. BANYAK HAL POSITIF YANG DAPAT DIAMBIL DARI ADANYA MEDIA TELEVISI INI YAKNI DIANTARANYA SEPERTI, INFORMASI MENGENAI BERITA TERKINI, ILMU PENGETAHUAN UMUM, ENTERTAINMEN/ HIBURAN, DAN LAIN SEBAGAINYA.

SEORANG SISWA HENDAKNYA SELALU MENGETAHUI INFORMASI TERKINI YANG TERJADI DIDUNIA GUNA MENAMBAH WAWASAN DAN ILMU PENGETAHUAN DARI SISWA ITU SENDIRI, YANG DAPAT IA GUNAKAN UNTUK MENGEMBANGKAN DIRINYA DIMASA YANG AKAN DATANG, KARENA DENGAN INFORMASI MANUSIA DAPAT MENJADI LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA, SEDANGKAN UNTUK BIDANG ENTERTAINMENT/ HIBURAN, HAL INI TENTU SAJA BERFUNGSI UNTUK MENGURANGI RASA PENAT ATAU RASA BOSAN PADA SETIAP SISWA DIDALAM MASA REMAJANYA ATAU DALAM MASA-MASA BELAJARNYA, MENGAPA DEMIKIAN? KARENA SETIAP SISWA YANG SEDANG BERKEMBANG AKAN MENGALAMI SATU HAL YANG NAMANYA ”BOSAN” DAN HAL INI PERLU DICEGAH DENGAN KEGIATAN YANG SIFATNYA MENGHIBUR/ REFLEKSI YANG DAPAT MEMBUATNYA SELALU ”FRESH” DAN BERFIKIR POSITIF, SEHINGGA MENJADIKAN IA SELALU AKTIF DAN KREATIF.

SELAIN DARI WAWASAN DAN ILMU PENGETAHUAN YANG DAPAT DIPEROLEH SISWA DARI MEDIA TELEVISI, KEAKRABAN ANTAR KELUARGA AKAN TERCIPTA SEHINGGA MEMBUAT SISWA MERASA NYAMAN BERADA DIANTARA KELUARGANYA, KARENA KELUARGA JUGA MERUPAKAN SALAH SATU FAKTOR UTAMA PENENTU KEBERHASILAN DIRI SEORANG SISWA, SELAIN HAL ITU ORANG TUA JUGA DAPAT MENDIDIK ANAK-ANAKNYA DENGAN LEBIH MUDAH MELALUI MEDIA TELEVISI DAN ORANG TUA TERSEBUT LEBIH MUDAH MEMBERIKAN PENGARAHAN TERHADAP ANAK SEHINGGA ANAK AKAN MERASA TIDAK TERBEBANI UNTUK MEMAHAMI APA YANG DIINGINKAN OLEH ORANGTUANYA. HAL-HAL TERSEBUT MERUPAKAN SALAH SATU YANG DAPAT KITA RASAKAN/ LIHAT DARI SEGI POSITIF DAMPAK TELEVISI TERHADAP SISWA, TETAPI SELAIN ITU BANYAK HAL-HAL NEGATIVE YANG DAPAT TERJADI JIKA SISWA TELAH TERPENGARUH OLEH TELEVISI, DIANTARANYA ADALAH MALAS, MENCONTOH HAL-HAL YANG TIDAK BAIK/ NEGATIF SEPERTI CARA BERGAUL, BERBICARA, BERPENAMPILAN, SERTA PRIBADINYA.

MALAS ADALAH HAL YANG PALING SERING TERJADI JIKA SEORANG SISWA SUDAH TERPENGARUH OLEH ASYIKNYA MENONTON TELEVISI SEHINGGA MELUPAKAN BELAJARNYA, DAN HAL INI MERUPAKAN HAL YANG SANGAT MERUGIKAN BAGI SISWA ITU SENDIRI KARENA DENGAN BERMALAS-MALASAN DIA TIDAK AKAN MENDAPATKAN APA-APA DAN APA YANG IA CITA-CITAKAN DALAM HIDUPNYA, MAKA DARI ITU ALANGKAH BAIKNYA ORANG TUA MEMBATASI WAKTU MENONTON TELEVISI DAN MENYARING TAYANGAN YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN SANG ANAK, SELAIN MALAS PENGARUH BURUK TELEVISI TERHADAP TINGKAH LAKU ANAK YAKNI MENCONTOH HAL YANG TIDAK SEHARUSNYA DI CONTOH, MISALKAN ANAK USIA DIBAWAH LIMA TAHUN MENONTON TAYANGAN TELEVISI UNTUK ORANG DEWASA, TENTU HAL INI SANGAT ”BERBAHAYA” KARENA ANAK BISA DEWASA SEBELUM DEWASA, MAKSUDNYA ADALAH TINDAKAN-TINDAKAN YANG DILAKUKAN OLEH ORANG DEWASA TIDAK SEHARUSNYA DICONTOH OLEH ANAK KECIL, SEPERTI KEKERASAN, GAYA HIDUP SEPERTI BERPENAMPILAN, BERGAUL, DAN GAYA-GAYA BERBICARA YANG TIDAK SESUAI DENGAN KAIDAH BAHASA YANG BAIK, DAN LAIN SEBAGAINYA. HAL INI JUGA MEMERLUKAN KONTROL DARI ORANG TUA UNTUK TAYANGAN YANG SIFATNYA DEWASA SEPERTI ITU. JIKA HAL NEGATIV TERSEBUT SUDAH TERJADI MAKA SELANJUTNYA DAPAT KITA LIHAT KEPRIBADIAN DARI SISWA ITU SENDIRI AKAN BERUBAH DAN ”KEMUNGKINAN” MERUGIKAN BAGI SEMUA PIHAK TERMASUK DIRINYA SENDIRI.

KESIMPULANNYA BAHWA, SETIAP HAL YANG ADA DIDUNIA INI PASTI MEMILIKI ATURAN DAN PANDANGAN YANG BERBEDA YAKNI, BAIK DAN BURUK, BEGITUPUN DENGAN MEDIA TELEVISI, YANG SELAYAKNYA DIGUNAKAN UNTUK HAL YANG BAIK TETAPI TETAP SAJA MEMILIKI DAMPAK YANG TIDAK BAIK BAGI SEBAGIAN ORANG DAN ATAU FUNGSINYA. MAKA DARI ITU PERANAN ORANG TUA UNTUK MENDIDIK ANAK (SISWA) SANGATLAH PENTING SERTA KESADARAN DARI SISWA ITU SENDIRI HARUSLAH TINGGI DAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS APA YANG HENDAK IA LAKUKAN DENGAN BIMBINGAN DARI GURU DAN KEGIATAN-KEGIATAN POSITIF YANG DIA LAKUKAN SELAMA DIA BERADA DILINGKUNGAN SEKOLAH.

ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH, AKHIRUL KATA, WASSALAMUALAIKUM WR WB.

PENUGASAN

1. DALAM RANGKA APA PIDATO ITU DISAMPAIKAN?

2. APA TUJUAN PIDATO TERSEBUT?

3. APAKAH PESAN DARI ISI PIDATO TERSEBUT? 

No comments: