Kapan lagi, kapan lagi diri-diri kita akan
berubah. Waktu terus berlalu sedang diri kita begitu dan terus begitu. Malah
makin tidak baik. … . Kita tingkatkan ilmu kita.
Kita tingkatkan iman kita. Kita jadikan diri kita terampil menghadapi masalah,
terampil berkarya.
1.
Kalimat persuasif yang tepat untuk
melengkapi teks pidato di atas adalah… .
A.
Mari kita tingkatkan diri kita.
B.
Mari mengubah apa yang ada.
C.
Ayo kita mulai perubahan itu.
D.
Mari terus melangkah maju.
E. Hendaklah
kita bergerak terus.
1) Pertanian organik tidak hanya baik bagi
kesehatan, tetapi juga bagi lingkungan bumi. 2) Beberapa ahli pertanian Amerika
Serikat yakin, pertanian organik merupakan cara baru mengurangi gas-gas rumah
kaca yang menyumbang pemanasan global. 3) Laurie Drinkwater, ahli manajemen
tanah dan ekologi Rodale Institute di Kutztown, Pennsylvania, AS bersama
koleganya membandingkan pertanian organik dengan metode sebelumnya yang
menggunakan pupuk kimia selama 15 tahun. 4) Hasilnya dipublikasikan dalam
jurnal ilmiah “Nature” (Desember 1998).
2. Ide pokok paragraf di atas
adalah ...
A. Pupuk
organik digunakan dalam kawasan pertanian kedelai utama di Amerika Serikat.
B. Setiap
tahun, karbon dioksida di atmosfir dapat berkurang 1-2%.
C. Pendapat
Drinkwater bahwa pengurangan karbon dioksida sangatlah berarti.
D. Pertanian
organik baik untuk lingkungan bumi.
E. Perbandingan
pertanian organik dengan metode sebelumnya yang menggunakan pupuk kimia. .
3. Kalimat yang berisi fakta pada paragraf di atas adalah
...
A.
1)
dan 2)
B.
2)
dan 3)
C.
3)
dan 4)
D.
1)
dan 3)
E. 2)
dan 4)
1) Kurangnya penguasaan bahasa Indonesia itu antara lain
disebabkan oleh kurangnya motivasi dalam pemakaian bahasa Indonesia dengan
baik. 2) Ada yang beranggapan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa kedua. 3)
Bahasa Indonesia adalah bahasanya orang Indonesia sehingga ada yang beranggapan
bahwa bahasa Indonesia tidak perlu dipelajari. 4) Bahasa asing merupakan bahasa
ilmu pengetahuan. 5) Bahasa Indonesia adalah bahasa yang digunakan sebagai sarana komunikasi sehari-hari; tanpa harus
dipelajari, masyarakat Indonesia sudah terbiasa berbahasa.
4. Kalimat
utama paragraf tesebut terdapat pada nomor …
A.
1)
B.
2)
C.
3)
D.
4)
E.
5)
5.
Kalimat yang tidak padu pada
paragraf tersebut terdapat pada ...
A.
1)
B.
2)
C.
3)
D.
4)
E. 5)
6.
Kalimat pernyataan yang sesuai dengan isi grafik tersebut adalah ….
A.
Produksi
bandeng dari tahun 1999 s.d. 2003 selalu naik.
B. Tiap
tahun hasil produksi bandeng dapat dinikmati petani.
C.
Budidaya
bandeng air laut dan tawar sangat digemari petani.
D.
Produksi
bandeng air tawar lebih tinggi daripada bandeng air laut.
E. Jawa
Tengah memiliki potensi kelautan dan perikanan bandeng.
7.
Simpulan yang tepat berdasarkan isi grafik tersebut adalah ….
A.
Harga
bandeng dalam nilai produksi tiap ton selalu naik
B.
Produksi
dan nilai dari tahun ke tahun pada umumnya naik
C. Kenaikan
produksi dan nilai produksi dari tahun ke tahun seimbang
D. Produksi
bandeng dari nilai produksi perlu ditingkatkan terus
E.
Produksi bandeng
dari tahun 1999 sampai tahun 2003 terjual mahal.
Dua minggu menjelang Ramadhan, the Islamic Forum seperti biasanya … dengan peserta
dialog. Sebagian besar memang adalah para muallaf dan nonmuslim yang sudah
beberapa bulan belajar Islam. Salah satu dari nonmuslim itu adalah seorang
gadis, hampir saja kusangka gadis Aceh atau Bangladesh. Ia kelihatan … dan sopan,
tapi ... dalam mempertanyakan banyak
hal.
8.
Frasa adjektiva yang tepat untuk mengisi
titik-titik dalam kalimat pada paragraf di atas adalah… .
A. sangat
sepi, pemalu sekali, lebih pemalu
B. lebih
ramai, terlalu muda, kurang perhatian
C. amat
jelas, perhatian sekali, sangat cermat
D. sangat
padat, pendiam sekali, sangat kritis
E. kurang peduli, amat
suka, sangat tenang
…
Rasulullah sollallâhu'alaihi wasallam, "Bila salah seorang diantara kamu
memakai sandal, maka hendaklah dia memulainya dengan kaki kanan dan bila dia
melepasnya, maka hendaklah dia memulainya dengan kaki kiri. Jadikanlah kaki
kanan yang pertama dari keduanya dipakai dan yang terakhir dari keduanya yang
dilepas (dicopot)." (H.R. Bukhari)
Tak pernah ada di muka bumi agama
yang begitu detail menuntun pemeluknya selain Islam. Seperti hadis di atas,
Rosulullah solallaahu’alaihi wasallam mengajari kita bagaimana etika memakai
sandal yang diridai Allah subhanahuwata’ala. Islam itu sempurna, indah, dan tak
tertandingi. Islam tidak bertentangan dengan … . Semakin tinggi … seseorang makin sempurna
imannya.
9.
Kata serapan yang tepat untuk mengisi
bagian yang rumpang pada kalimat-kalimat dalam paragraf dia atas adalah… .
A. kata,
rasio, ilmu
B. sabda,
ilmu, rasio
C. titah,
otak, jiwa
D. perintah,
pikiran, kedudukan
E. sabda,
rasio, ilmu
10.
Topik : Menanamkan kejujuran pada
siswa
Kalimat latar belakang yang tepat
untuk topik karya tulis di atas adalah… .
A. Siswa
selalu menyontek saat ujian.
B. Telah
tidak ada lagi kejujuran di sekolah.
C. Siswa
kesulitan untuk menjadi orang jujur.
D. Kejujuran
harus diwariskan kepada siswa.
E. Saat
ini kebanyakan siswa tidak jujur dalam ujian.
Malam gelap gulita. … .
Air mata terus mengalir. Aku menangisi ketidakjelasan nasibku. Apakah aku
penghuni surga atau neraka. Kulihat amalanku, sungguh tak pantas aku masuk
surga. Dengan amalan yang tak berkualitas, apakah bisa aku berharap surga.
Semudah itukah masuk surga. Semurah itukah harga surga yang penuh kenikmatan
tiada tara. Kadang aku lalaikan solat
hanya karena suatu hal yang tak bernilai apa. Mungkin saja esok hari kematianku
dan aku banyak membawa dosa.
11.
Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian
yang rumpang pada paragraf narasi di atas adalah… .
A.
Suara malam mengisi hatiku yang sunyi.
B.
Aku dilanda kebimbangan luar biasa.
C. Tumpukan
masalah memenuhi kepalaku.
D.
Seluruh asa telah aku kerahkan.
E. Aku
duduk bersimpuh di atas sajadah.
Rumahku yang dinanti
Tempat diam berlama
Terkenang semua cerita
Yang pernah ada
Telah terukir
Sesal sepanjang mata memandang
Jika waktu bisa diulang
Jika masa berbalik pulang
…
Penebus
diri telah dicipta
12. Larik
bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi di atas adalah… .
A. Diperas
air mata
B.
Sedih dalam hati
C. Allah
Maha Pencipta
D. Hati
dalam dada
E.
Terkenang masa lalu
13. Suasana
yang tergambar dari puisi di atas adalah… .
A. sedih
B.
kecewa
C.
bahagia
D. penyesalan
E. khawatir
Dua minggu menjelang Ramadhan, the Islamic Forum seperti biasanya … dengan peserta
dialog. Sebagian besar memang adalah para muallaf dan nonmuslim yang sudah
beberapa bulan belajar Islam. Salah satu dari nonmuslim itu adalah seorang
gadis, hampir saja kusangka gadis Aceh atau Bangladesh. Ia kelihatan … dan sopan,
tapi ... dalam mempertanyakan banyak
hal.
14. Frasa
adjektiva yang tepat untuk mengisi titik-titik dalam kalimat pada paragraf di
atas adalah… .
A. sangat
sepi, pemalu sekali, lebih pemalu
B. lebih
ramai, terlalu muda, kurang perhatian
C. amat
jelas, perhatian sekali, sangat cermat
D. sangat
padat, pendiam sekali, sangat kritis
E. kurang
peduli, amat suka, sangat tenang
15.
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan
yang tepat adalah… .
A.
Sehubungan
dengan iklan di harian Mutiara Islam,
12 Juni 2010, saya mengajukan lamaran sebagai Manajer Keuangan di perusahaan Bapak.
B.
Berdasarkan
iklan di harian Mutiara Islam, 12
Juni 2010, saya mengajukan lamaran ini untuk mengisi bagian tersebut.
C.
Bersama
ini saya melamar pekerjaan sebagai Berdasarkan iklan di harian Mutiara Islam, 12 Juni 2010, saya
mengajukan lamaran sebagai Manajer
Keuangan di perusahaan Bapak.
D.
Berdasarkan
iklan lowongan pekerjaan di harian Mutiara Islam, 12 Juni 2010, maka bemaksud melamar pekerjaan pada Bapak.
E.
Sehubungan
dengan iklan lowongan pekerjaan di
harian Mutiara Islam, 12 Juni
2010, saya mengajukan lamaran mohon untuk diterima.
16. Kalimat
penutup surat lamaran yang tepat adalah… .
A. Atas
perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
B. Atas
perhatian Bapak, kami mengucapkan terima kasih.
C. Atas
perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.
D. Atas
perhatian Bapak saya mengucapkan terima kasih.
E. Atas
perhatian Bapak, saya mengucapkan banyak terima kasih.
17. Barang siapa meninggalkan
sembahyang,
seperti rumah tiada bertiang.
Maksud gurindam di atas adalah… .
A. Salat ibarat rumah dan tiang, keduanya
saling membutuhkan.
B. Orang yang tak salat maka runtuhlah agama
pada dirinya.
C. Meninggalkan salat membuat jiwa manusia
rusak.
D. Salat itu sama dengan tiang yang ada pada
bangunan atau rumah.
E. Salat itu penting seperti pentingnya tiang
pada rumah.
Bu, ampuni dosa-dosa anakmu. Relakan air
susu yang telah kuminum; relakan nasi yang telah kumakan; relakan jerih payahmu
membesarkan dan mendidikku. Hingga hari ini masih belum kumampu memberimu
bahagia. Tak sedikit jua jasamu kubalas.
… kuliah, kupergi jauh darimu. Seakan kulupa dirimu untuk mengejar
seluruh impianku. Ketika kutelah dewasa dan bekerja, kutinggal dirimu dalam
kesendirian melewati hari-hari masa tua. Aku sibuk mengejar dunia … angan-angan yang tak berujung. Nun jauh di
sana dirimu dalam sepi sendiri, hingga akhirnya malaikat Maut menjemputmu.
Ampuni anakmu yang tak berbakti. … air mata
penyesalan ini bisa menembus batas ruang dan waktu. Bu, hari ini kubersimpuh di
depan nisanmu mengenang cinta kasih sayang yang manis, hangat, dan melimpah di
masa kecilku dulu. Ya Allah, sayangilah kedua orang tuaku sebagaimana mereka
menyayangiku di waktu kecil. Allahummaghfirli
waliwalidaiya warhamhuma kama robbayani soghiiro.
18.
Kata
penghubung yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dari kalimat dalam
paragraf di atas adalah… .
A.
ketika, dan, andai
B.
ketika, dan, seperti
C.
ketika, ketika, dan
D.
bahkan, atau, jika
E.
jika,
dan, bagai
Tidak mudah untuk terpilih melakukan
aksi bom syahid. Yang terpilih benar-benar orang yang memenuhi kriteria yang
telah ditentukan. Tidak boleh kurang. Semua kriteria harus terpenuhi, seperti
pemahaman keislaman yang cukup tinggi, hafal Quran, dan telah teruji
keberaniannya di berbagai medan pertempuran. Aku dan Ja’far telah lama
mengajukan permintaan untuk bisa masuk ke dalam brigade aksi bom syahid. Target
yang benar-benar ingin aku hancurkan adalah gudang senjata Israel di Ramalah.
Tak ada yang lebih aku inginkan dari dunia ini selain mati sebagai syuhada.
19.
Watak tokoh aku dalam penggalan cerita
di atas adalah… .
A.
tidak mudah percaya
B.
pemberani
C.
teguh
D.
sabar
E. bosan
hidup
20.
Sudut pandang penggalan cerita di atas
adalah… .
A. orang
ketiga pelaku utama
B.
orang pertama pelaku utama
C.
orang pertama pelaku sampingan
D. orang
ketiga serbatahu
E. orang
ketiga terarah
21.
Pendeskripsian watak tokoh cerita
dengan cara… .
A.
penceritaan langsung
B.
ucapan tokoh
C.
fisik tokoh
D.
perbuatan tokoh
E. pikiran
tokoh
Imam Ibnu Taimiyah adalah orang yang
paling alim pada masanya. Beliau ulama yang sangat kuat dalam menegakkan amar
makruf nahi munkar. Beliau tidak takut dengan berbagai ancaman yang sering
melanda ketika beliau menasihati para penguasa. Berkali-kali Ibnu Taimiyah
masuk penjara. “Apa yang hendak diperbuat oleh musuh-musuhku. Surgaku ada di dadaku.
Jika mereka penjarakan aku, itu adalah khalwat bagiku. Jika mereka usir aku,
itu adalah rihlah bagiku,” kata Ibnu Taimiyah. Beliau sangat yakin bahwa
kematian adalah di tangan Allah swt. … .
Orang-orang yang benci dengannya takkan bisa membunuhnya dengan cara apa
pun jika Allah belum mengizinkan.
22. Peribahasa
yang tepat untuk mengisi titik-titik dalam paragraf di atas adalah… .
A. Pantang
elang dengan ayam, lambat laun disambar jua.
B. Pecah
menanti sebab, retak menanti belah.
C. Di
mana api padam, di sanalah puntung tercampak.
D. Hati
palingan Allah, mata palingan setan.
E.
Sebelum
ajal berpantang mati.
23. Premis Umum : Salah satu ciri
penghuni surga
adalah tiap hari selalu
membersihkan hati dari iri
dan dengki kepada
siapa pun.
Premis Khusus : … .
Simpulan : Imran memiliki
salah satu ciri
penghuni surga.
Premis khusus yang tepat untuk silogisme di atas
adalah... .
A. Imran selalu membersihkan dirinya dari berbagai penyakit hati yang merusak
iman dan akhlak.
B. Ia rajin membersihkan amal dan imannya untuk mencari kebahagiaan yang abadi
di surga yang penuh kenikmatan.
C. Imran tiap malam menjelang tidur selalu membersihkan hatinya dari rasa iri
dan dengki kepada siapa pun.
D.
Semua orang yang menginginkan surga
harus senantiasa rajin membersihkan dirinya dari berbagai akhlak yang tercela.
E. Seorang
yang menginginkan surga harus bisa menjaga hatinya dari berbagai noda dan dosa
yang bisa mengotorinya.
Sesayup suara … di
kejauhan. Telah subuh. Aku segera bangun. Aaa..h sungguh segar udara di kampung
halaman. Kalau tidak salah, hari ini hari
… . Ya Allah.., tak terasa sudah tiga hari aku di
kampung. Tinggal satu hari lagi. Sambil berwuduk air mataku ikut membasahi pipiku. Lusa aku
akan segera meninggalkan tanah kelahiran yang telah berpuluh tahun aku
rindukan. Aku harus segera balik ke … , negaraku. Lebih tepatnya negara orang
tua yang mengadopsi aku ketika aku masih bayi.
24.
Kata
baku yang tepat untuk mengisi titik-titik dalam kalimat pada paragreaf di atas
adalah… .
A.
azan,
jumat, Perancis
B.
adzan,
Jumat, Perancis
C.
azan,
Jumat, Prancis
D.
azan,
Jum’at, Prancis
E.
ajan,
Jumat, Francis
Adi : ”Aku
ingin pulang.”
Ahim : “Alaah,
untuk apa pulang. Hanya menghabiskan
uang.”
Adi :
”Kampung dekat di sini, mudah bagimu
mengucapkannya.
Aku, kampung halamanku
jauh di seberang lautan.”
Ahim : ”Tak
usah pulanglah, Di. Udah enak hidupmu
di
sini.”
Ahim : ”Tak bisa. … .”
25.
Peribahasa yang
tepat untuk melengkapi penggalan drama di atas adalah… .
A. Buah jatuh tak jauh dari pohonnya.
B.
Sejauh-jauh
terbang bangau, pulangnya ke pelimbahan jua.
C.
Sekali air
besar, sekali tepian beralih.
D. Tak kayu jenjang dikeping.
E.
Tak rotan akarpun jadi.
Dajjal
Karya A. Mustofa Bisri
Bermata satu berlisan
ganda
Bertelinga satu bertangan sejuta
Hoahaha sungguh perkasa
Hahahoa alangkah kuasa
Hoahaha hahahoa
Hahahoa menggenggam surga
Hoahaha menimang neraka
Hoahaha hahahoa
Hahahoa mengajarkan hak asasi
Hoahaha menebarkan intimidasi
Hahahoa menatarkan demokrasi
Hoahaha mengamalkan tirani
26.
Arti kata berlisan
ganda dalam puisi di atas adalah…
A. pendusta
B.
penuh informasi
C.
pandai bicara
D. berlidah dua
E.
berkata-kata
27.
Makna bait kedua
puisi di atas adalah… .
A. Mengajarkan kebaikan
B.
Mengkhianati
sendiri apa yang ia sampaikan
C.
Menebar
pemahaman yang benar
D. Tidak membiarkan adanya keburukan
E.
Memberi
pelajaran kepada sesama
Siapa yang tidak kenal Ali Akbar Navis si
penulis cerita pendek Robohnya Surau Kami.
Cerpennya itu sudah sedemikian melegenda dan melekat di hati pecinta sastra
Nusantara. Sebenarnya masih banyak karya-karya lainnya dari A.A. Navis berupa
cerpen. Kualitas ceritanya pun bagus, tidak kalah dengan Robohnya Surau Kami. Ciri khas dalam karya-karya Navis adalah
sifatnya yang senang menyindir. … . Contoh
paling mudah cerpen Robohnya Surau Kami
itu sendiri berisi sindiran kepada tokoh yang menumpangkan hidupnya di surau
dari belas kasihan orang lain.
28. Kalimat
yang tepat untuk melengkapi esai sastra di atas adalah… .
A.
Navis memoles karya-karyanya dengan
unsur modern sehingga terlihat lebih ilmiah dan cerdas.
B.
Perkembangan zaman telah membuat karya
Navis bisa dikalahkan oleh pengarang-pengarang muda.
C.
Hampir seluruh sifat Navis bisa kita
lihat dalam karya-karyanya karena sedemikian lekatnya Navis dengan karyanya
itu.
D.
Hampir seluruh cerpennya berisi sindiran
kepada tokoh tertentu dalam masyarakat.
E.
Karya Navis telah terkenal hingga mancanegara
dan di baca oleh pembaca dari negara lain.
Di antara berbagai-bagai jenis binatang
yang di bawah perintah raja singat itu ada dua ekor serigala yang amat
bijaksana, seekor bernama Kalilah dan seekor lagi bernama Dimnah. Karena
melihat raja tiada pernah keluar-keluar lagi, maka pada suatu hari berkatalah
Dimnah kepada Kalilah, ”Hai saudaraku, tahukah engkau apa sebabnya, maka raja
kita kelihatan berduka cita tidak keluar-keluar dari tempat seperti
sehari-hari?”
”Apa gunanya engkau tanyakan hal itu?”
jawab Kalilah. ”Kita hanya rakyat. Wajib atas kita berusaha menyenangkan hati
raja dan menjauhkan segala yang aklan menyusahkan kepadanya. Bukan kita
orangnya yang patut mencampuri hal raja dan memperkjatakannya. Sebab itu,
janganlah engkau menanyakan hal itu juga. Ketahuilah, orang yang senang
mencampuri yang bukan urusannya sendiri, serupa halnya dengan kera yang
mencampuri pekeerjaan tukang kayu.”
29. Kejadian
yang mustahil dalam kutipan tersebut adalah… .
A. Kalilah
dan Dimnah pemimpin yang bijaksana.
B. Raja
yang tidak pernah keluar dari tempatnya
C. Serigala
yang digambarkan bersifat bijaksana.
D. Seorang
raja bijaksana, tetapi berduka cita.
E. Rakyat
yang berlebihan memperhatikan rajanya.
30. Keteladanan
Kalilah dalam kutipan tersebut adalah….
A.
Mengingatkan Dimnah agar tidak mencampuri
urusan raja.
B.
Melarang Dimnah mengganggu raja yang sedang
berduka.
C.
Mengingatkan agar menghibur orang yang sedang
berduka.
D.
Melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas dan
wewenangnya.
E.
Berusaha menyenangkan hati penguasa.
31. Amanat
yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah… .
A.
Jangan bertanya kepada orang yang tidak
mengerti masalah.
B.
Sahabat karib sebaiknya tidak berbeda
pendapat.
C.
Berikan masukan kepada raja yang
memerlukan nasihat.
D.
Jangan suka mencampuri urusan orang lain
yang tidak semestinya.
E. Atasan
harus diberikan semua kesenangannya.
Aktivitas masyarakat dalam menyambut tahun
baru bagai angin lalu, pergi tanpa
makna. Menyambut tahun baru dengan hura-hura, pesta, dan aneka maksiat yang menambah catatan dosa. Awal dari
kehidupan tahun itu mereka tandai dengan jejak-jejak setan. Kegiatan seperti
ini adalah kegiatan yang tidak ada gunanya.
32. Tujuan
penulis menyampaikan informasi tersebut kepada pembaca adalah… .
A. Menginformasikan
bahwa mereka merayakan tahun baru seperti angin lalu.
B. Mengimbau
agar merayakan tahun baru cukup dengan apa adanya.
C. Menjelaskan
hal positif dan negatif dari merayakan tahun baru.
D. Menasihati
supaya merayakan tahun baru bersama banyak orang.
E. Mengingatkan
bahwa merayakan tahun baru tidak ada gunanya.
33. Antibiotik merupakan substansi yang
dihasilkan organisme hidup yang dalam konsentrasi rendah dapat membunuh
organisme lain. Antibiotik adalah obat untuk menanggulangi infeksi bakteri.
Antibiotik ini sangat penting karena infeksi bakteri dapat menyerang bagian
tubuh mana pun.
Hal
yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah… .
A. Infeksi
yang menyerang otak manusia
B. Infeksi
yang mengenai paru-paru manusia
C. Kegunaaan
antibiotik bagi tubuh manusia
D. Infeksi
bakteri menyerang bagian tubuh tertentu
E. Antibotik
diproduksi dari tumbuhan
Inilah yang menyelamatkanmu. Cahaya
purnama yang jatuh pada tongkat itu memberitahukan kepada kami, kamu jatuh ke
laut. Kamu berada jauh di tengah laut waktu itu. Pencari-pencari sarang burung
itulah yang dengan segera turun untuk menolongmu. Mereka telah mengorbankan
diri, melanggar pantangan, turun ke dasar dinding karang melalui jalan
terdekat, walau licin. ….
34. Bagaimana
kepedulian para pencari sarang burung dalam memberikan pertolongan kepada
temannya yang tenggelam di laut?
A. Cepat
dan pantang menyerah.
B. Berani
bertindak dan tidak putus asa.
C. Berani
berkorban dan melanggar pantangan.
D. Segera
menyelam ke dasar laut.
E. Tidak
peduli dengan keselamatannya sendiri.
35. Mengapa
para pencari sarang burung mengarahkan pencarian ke laut?
A. Petunjuk
dari cahaya purnama yang jatuh pada tongkat.
B. Para
korban mengacungkan tongkatnya untuk minta tolong.
C. Cahaya
purnama jatuh ke tengah laut sebagai pertanda.
D. Dugaan
dari teman-teman yang selamat.
E. Laut
berada pas di bawah para pencari sarang burung.
36. Keluarga
merupakan lingkungan pertama dan utama bagi perkembangan anak. Sejak kecil anak
tumbuh dan berkembang di keluarga. Peranan orang tua sangat penting bagi
pertumbuhan dan perkembangan anak. Akan tetapi, kesibukan orang tua membuat
orang tua kurang memperhatikan perkembangan anaknya.
Alternatif
pemecahan masalah yang sesuai dengan paragraf
latar belakang tersebut adalah… .
A.
Orang tua dan anak yang mempunyai
hubungan dingin akan menyebabkan anak senantiasa menarik diri dari lingkungan keluarga.
B.
Menciptakan keharmonisan hubungan orang
tua dan anak dengan menyediakan waktu untuk memperhatikan dan mengembangkan
kemampuan anaknya.
C.
Orang tua bersikap dan berperilaku
toleran dan memaksimalkan kebersamaannya dengan keluarga.
D.
Sikap dan perilaku orang tua yang tidak
toleran, tidak peduli, dan dingin merupakan bentuk penolakan terhadap anak.
E. Upaya
memenuhi kebutuhan harga diri anak, orang tua seyogyanya dapat memberikan
kesempatan kepada anak untuk belajar bertanggung jawab.
37. Musim hujan di desaku telah tiba.
Jalan-jalan berdebu kini sudah tidak tampak lagi. Daun-daun yang dahulu kusam
karena lekatnya debu, kini hijau menyejukkan mata. Ranting-ranting pohon kini
mulai ditumbuhi tunas baru. Ilalang turut menyembul di antara rerumputan yang
menghijau. … .
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah… .
A. Pak
tani harus mencangkul tanah persawahan mereka dari pagi hingga petang.
B. Alam
desaku terlihat hijau, subur, dan sejuk kembali.
C. Penduduk
desa bersenda gurau menyambut suasana itu.
D. Saat
itu pak tani segera mencangkul tanah persawahan dan ladangnya.
E. Sawah
dan ladang pak tani menungguh ayunan cangkulnya.
38. Topik
: Pencegahan merokok pada anak-anak.
Kalimat
perumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah… .
A. Apa
saja ciri-ciri dari anak-anak yang mulai merokok?
B. Apa
bahaya rokok bagi anak-anak?
C. Mengapa
merokok sangat berbahaya bagi anak-anak?
D. Bagaimana
upaya pencegahan merokok pada anak-anak.
E. Bagaimana
tahap perbaikan pada anak-anak yang kecanduan rokok?
39. Selalu ingin melakukan … . Itulah prinsip
yang dipegang Abiq. Ia mencoba mengolah buah belimbing yang melimpah menjadi
sebuah penganan yang enak. Dicobanya beberapa kali agar mempunyai … . Berkah
yang ia rasakan dengan … itu ialah ia mendapat banyak pesanan.
Kata-kata
serapan yang baku penulisannya untuk melengkapi paragraf di atas adalah… .
A. inovasi,
kualitas, sistem
B. inovator,
berkualitas, sistim
C. inovasi,
kualitas, sistim
D. penginovasi,
kwalitas, bersistem
E. inofasi,
kwalitas, sistem
40.
Kalimat
kritik yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah… .
A. Penyajian
kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap penyakit TBC yang baru diketahui
dalam keadaan parah.
B. Penyakit
malaria sangat berbahaya dan menjadi epidemi pada masa itu.
C. Penyakit
malaria telah memancing datangnya penyakit lain.
D. Berbagai
penyakit bisa menyerang seseorang kapan saja.
E. Yusuf
dan Maria pada akhirnya akan berbahagia dengan penuh damai.
Setelah
diadakan survey ke beberapa sekolah
di DKI Jakarta, ternyata masih banyak sekolah yang belum memiliki fasilitas
lengkap untuk pembelajaran praktek
bahasa, sehingga berpengaruh pada kwalitas
lulusannya.
41. Kata
serapan yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring dalam kalimat di atas
adalah… .
A.
survey, praktek, kualitas
B.
survei, praktek, kualitas
C.
survei, praktik, kualitas
D.
survei, praktik, kwalitas
E.
survey, praktek, kualiti
42. Malam terasa dingin. Rasa dingin itu membuatku takut. Lolongan anjing terus-menerus
menyurutkan keberanianku untuk bangun. Perlahan-lahan kuselimuti tubuhku dengan
sarung, lalu kucoba berlindung di baling bantal. Terasa agak hangat tubuhku.
Perbaikan
kalimat padu bercetak miring di atas adalah… .
A.
Angin malam berembus ke arahku.
B.
Angin membuatku kedinginan.
C.
Embusan angin malam begitu kencang.
D.
Semilir angin membangunkan penghuni
rumah.
E.
Embusan angin dari luar sangat dingin.
43. Otot jantung memperoleh bahan bakar dari
oksigen dan makanan yang dibawa oleh pembuluh darah jantung. Apabila pembuluh
darah ini tersumbat, jantung akan kekurangan bahan bakar dan bisa berhenti
berdenyut dengan benar atau diam sama sekali. … .
Kalimat
akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah… .
A. Keadaan
yang demikian dapat menimbulkan kematian mendadak.
B. Ini
terjadi karena zat-zat lemak dan kolestrol di pembuluh nadi terganggu.
C. Penyumbatan
mendadak terjadi karena gumpalan darah kecil dalam aliran darah.
D. Atheroma
gangguan jantung yang paling banyak menyerang jantung.
E. Setiap
detak jantung disertai dengan fase istirahat ketika darah mengalir.
44. Kehadiran redaksional akan percuma jika
hanya untuk mengoreksi pemakaian tanda baca, huruf kapital, huruf miring, atau
membuang kata-kata mubazir.
Istilah
yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring tersebut adalah… .
A.
redaktur
B.
redaktor
C.
redaksi
D.
korektor
E.
koreksi
Dalam novel Sang Pemimpi karya
Andrea Hirata dikisahkan sebuah kompetisi meraih cita-cita yang disusun sendiri
oleh tokoh-tokohnya melalui usaha pencapaian yang unik. Guna mencapai cita-cita
mereka, para tokohnya melakukan usaha jangka panjang, dimulai dari pernyataan
cita-cita, belajar dengan rajin di sekolah, diiringi kerja keras sepulang
sekolah, kemudian merantau ke Jawa, kuliah di Universitas Indonesia jurusan
Ekonomi dan Biologi hingga akhirnya beasiswa kuliah di Paris, Prancis.
45. Kalimat
resensi yang menyatakan keunggulan novel berdasarkan ilustrasi di atas adalah… .
A.
Andrea Hirata berhasil mengisahkan
kompetisi para tokoh cerita dalam meraih cita-cita melalui usaha pencapaian
yang unik.
B.
Teori baru transfer picing dalam novel
Sang Pemimpi merupakan usaha jangka panjang yang menarik, namun tetap wajar.
C.
Novel Sang Pemimpi merupakan cerita
sederhana dan wajar sehingga digemari.
D.
Para tokoh dalam novel Sang Pemimpi
merupakan mahasiswa yang terus belajar dan bekerja keras untuk cita-cita.
E.
Buku ini perlu dibaca oleh para pelajar
agar mereka termotivasi dalam meraih cita-cita.
Pada suatu ketika ada seorang pemuda yang bernama Hang Tuah, anak Hang
Mahmud. Mereka bertempat tinggal di Sungai Duyung. Pada saat itu, semua orang
di Sungai Duyung mendengar kabar teng Raja Bintan yang baik dan sopan kepada
semua rakyatnya. Ketika Hang Mahmud mendengar kabar itu, Hang Mahmud berkata kepada istrinya yang
bernama Dang Merdu,”Ayo kita pergi ke Bintan, negeri yang besar itu, apalagi
kita ini orang yang yang miskin. Lebih baik kita pergi ke Bintan agar lebih
mudah mencari pekerjaan.” Lalu pada malam harinya Hang Mahmud bermimpi bulan
turun dari langit. Cahayanya penuh di atas kepala Hang Tuah. Hang Mahmud pun
terbangun dan mengangkat anaknya serta menciumnya. Seluruh tubuh Hang Tuah
berbau seperti wangi-wangian. Siang harinya, Hang Mahmud pun menceritakan
mimpinya kepada istri dan anaknya. Setelah mendengar kata suaminya, Dang Merdu
pun langsung memandikan dan melulurkan anaknya.
46.
Isi hikayat Melayu Klasik di atas
adalah… .
A.
Hang Tuah dan kedua orang tuanya.
B.
Rencana dan mimpi Hang Mahmud.
C.
Keluarbiasaan Hang Tuah kelak.
D.
Keluarga Hang Tuah merantau.
E.
Dang Merdu melulurkan anaknya.
(1)Menyontek
telah menjadi kebiasaan di kalangan siswa, sehingga hampir saja kejujuran dalam
ujian menjadi hal yang langka dalam dunia pendidikan kita. (2)Tidak hanya
melanda siswa yang dianggap lemah kemampuan akademisnya, bahkan juga melanda
siswa-siswa yang dianggap mampu dalam kemampuan akademis. (3)Yang lebih pahit
adalah perbuatan menyontek ini dibiarkan seakan ia tidak dipedulikan atau
seakan ia didukung—untuk kondisi tertentu, UN misalnya. (4)Pihak penyelenggara
pendidikan harus benar-benar memahami bahwa menyontek bisa merusak sendi-sendi
dasar pendidikan. (5)Setelah itu, harus dilakukan tindakan yang bijak dan
konsisten untuk memberantas penyakit menyontek ini. (6)Kalau tindakan tegas
tidak segera dilakukan, bersiap-siaplah untuk menyambut datangnya generasi yang
tidak punya rasa percaya diri dan punya insting pencuri.
47. Opini penulis dalam penggalan
tajuk rencana di atas adalah kalimat
nomor… .
A. (1), (2), (3)
B. (2), (3), (4)
C. (3), (4), (5)
D. (4), (5), (6)
E. (1), (2), (5)
Dalam sebuah kitab, Imam Al -Ghazali
menceritakan, suatu ketika Nabi Daud AS
melihat seekor ulat merah. Lalu Nabi Daud AS berkata pada dirinya, ”Apa yang
dikehendaki Allah dengan ulat ini?” Allah SWT pun mengizinkan ulat merah itu
berkata-kata. ”Wahai Nabi Allah! Allah SWT telah mengilhamkan kepadaku untuk
membaca subhanallahu walhamdulillahi wala
ilaha illallahu wallahuakbar setiap hari sebanyak 1000 kali dan pada
malamnya Allah mengilhamkan kepadaku supaya membaca Allahumma solli ala Muhammadin annabiyyil ummiyyi wa ala alihi wa
sohbihi wa sallim sebanyak 1000 kali.” Ulat itu pun bertanya kepada Nabi
Daud AS. ”Apakah yang dapat kamu katakan kepadaku agar aku mendapat faedah
darimu?” … .
48. Kalimat yang berupa akibat untuk melanjutkan paragraf
tersebut adalah ...
A. Nabi Daud terdiam dan terpana
memandangi ulat yang ia pandang tak berguna itu.
B. Ulat tersebut terus bertanya dan
meminta Nabi Daud untuk menanggapi apa yang ia katakan.
C. Nabi daud membenarkan apa yang
dikatakan ulat merah itu dan ia berterima kasih kepadanya.
D.
Nabi Daud AS menyadari akan
kekhilafannya karena memandang remeh ulat tersebut.
E. Semua
yang ada di alam semesta ini tidak ada yang diciptakan dengan sia-sia.
Jilbabnya dalam menutupi dada. Pakaiannya
longgar, tebal, dan berwarna cerah. Wajah bersih dan tenang.
…
.
49. Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada paragraf
tersebut adalah ... .
A. Kakinya
melangkah dengan cepat dan pasti.
B. Di
tangannya ia menggenggam sebuah mushaf kecil.
C. Sesungging
senyuman senantiasa menghias bibirnya.
D. Pakaiannya
tak sedikit pun menampakkan lekuk tubuhnya.
E. Tampilan
luarnya seindah hatinya.
50. Penulisan
judul karangan yang sesuai dengan EYD adalah… .
A. Menjual
Dunia untuk Membeli surga
B. Menjual
dunia untuk membeli surga
C. Menjual
Dunia Untuk Membeli Surga
D. Menjual
Dunia untuk membeli Surga
E. Menjual
Dunia untuk Membeli Surga
No comments:
Post a Comment