Wednesday, December 14, 2011

ARI NUGRAHA


RIWAYAT HIDUP ARI NUGRAHA

Penulis adalah salah satu mahasiswa Program Studi Manajemen Sistem Pendidikan Program Pascasarjana di Universitas Galuh Ciamis. Penulis bernama Ari Nugraha yang lahir di Cisaga pada tanggal 24 April 1987. Terlahir sebagai anak ketiga dari pasangan suami istri yang bernama H. Aman dan Hj. Nani Munigar. Penulis memiliki 2 orang saudara laki-laki dan 1 orang saudara perempuan. Penulis bersekolah di Sekolah Dasar Negeri 5 Cisaga dengan menempuh pendidikan selama enam tahun dan lulus pada tahun 2000. Selain bersekolah formal, penulis juga menempuh sekolah nonformal di Madrasyah At Taqwa selama lima tahun dan lulus pada tahun 1999.
Kemudian melanjutkan ke Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 1 Cisaga dengan menempuh pendidikan selama tiga tahun dan lulus pada tahun 2003. Penulis kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan YPT Ciamis dengan menempuh pendidikan selama tiga tahun dan lulus pada tahun 2006. Selama menempuh pendidikan di SMK YPT, penulis pernah praktik kerja industri selama tiga bulan di Bengkel PT. Mandiri Jaya Mobil Semarang sebagai mekanik ahli otomotif. Kemudian pada tahun 2006/ 2007 melanjutkan ke Perguruan Tinggi Swasta di Universitas Galuh Ciamis, dan masuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengambil Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni (S1) dan lulus tahun 2010. Kemudian pada tahun yang sama 2010 melanjutkan ke Program Pascasarjana Universitas Galuh Konsentrasi Manajemen Sistem Pendidikan (S2).
Pengalaman penulis dalam KBM yaitu pernah PPL di SMK Hepweti Ciamis selama 4 bulan dimulai dari bulan Agustus sampai bulan Nopember pada tahun 2009. Pengalaman lain yang tidak pernah dilupakan penulis selama menjadi mahasiswa adalah kegiatan KKN. Penulis ditempatkan di Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing. Selama kegiatan KKN berlangsung banyak ilmu-ilmu baru  yang bermanfaat untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
         Alasan penulis mengambil keguruan tiada lain karena alasan kesepatan kerja yang terbuka lebar. Selain itu penulis merasa terpanggil jiwanya untuk memperbaiki kondisi dunia pendidikan sekarang. Penulis berniat untuk melanjutkan kuliah lagi ke (S3)  di Program Doktoral Universitas Pendidikan Indonesia.
Pada saat ini penulis masih tinggal bersama kedua orangtua di Jalan Raya Cisaga Banjar No.159 RT 04/ RW 09 Dusun Cimanggu Kecamatan Cisaga PO BOX 46386 Kabupaten Ciamis tepatnya di Cigerendeng Village. Penulis selain aktif berkuliah, juga aktif di organisasi kepemudaan karang taruna di desa. Penulis sering mengikuti program-program kemasyarakatan di desa, seperti gotong royong, pengarahan dan penyuluhan kepada masyarakat.

No comments: