Wednesday, April 6, 2022

M3 KB 2.a.3.6 Analisis Penerapan Materi

Analisis penerapan materi dalam kehidupan nyata secara kontekstual pada Kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Al Husna Cisaga

Nama Mahasiswa      : Ari Nugraha

Nomor Peserta          : 201503280480

 

Pembelajaran apresiasi sastra merupakan bentuk seni yang bersifat apresiatif. Oleh karena itu, pembelajaran sastra hendaknya lebih ditekankan pada segi apresiasinya. Apresiasi sastra meliputi apresiasi prosa, puisi, dan drama. Pembelajaran apresiasi puisi merupakan salah satu pembelajaran apresiasi sastra. Materi yang harus diberikan kepada siswa, adalah materi yang bertujuan agar siswa lebih mengenal, memahami, menghayati kepribadian, sikap, wawasan, serta peningkatan pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi maupun berbahasa. Pembelajaran apresiasi puisi memiliki beberapa fungsi dalam kehidupan manusia. Pembelajaran puisi sangat penting bagi siswa karena dapat membentuk sikap manusia yang memiliki pengetahuan luas, memiliki moral, dan kepribadian. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran puisi kurang begitu optimal. Kondisi seperti ini mengakibatkan tingkat apresiasi siswa dan aktualisasi diri siswa terhadap puisi masih rendah. Penyebab rendahnya pembelajaran apresiasi puisi adalah kurang aktifnya siswa dalam memahami puisi, selain itu kurangnya buku – buku tentang sastra yang ada di sekolah.

Karena guru merupakan faktor dominan terhadap keberhasilan pembelajaran apresiasi puisi di sekolah khususnya di kelas yang diampunya. Seorang guru dituntut mampu membuat perencanaan pembelajaran dengan baik, memilih materi pelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar, menggunakan berbagai metode yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar, menggunakan media pembelajaran dengan tepat, membuat skenario pembelajaran, mengetahui hambatan-hambatan yang muncul dalam pembelajaran apresiasi puisi, dapat mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapinya serta melaksanakan evaluasi ataupun penilaian.

Hasil analisis yang ditemui di kelas X TKJ di SMK Al Husna Cisaga antara lain sebagai berikut :

1.       Tujuan pembelajaran apresiasi puisi di kelas X TKJ di SMK Al Husna Cisaga dikaitkan dengan aspek-aspek pengetahuan, pemahaman, dan penggunaan bahasa puisi pada khususnya dan bahasa keseharian pada umumnya.

2.       Bahan pembelajaran apresiasi puisi di kelas X TKJ di SMK Al Husna Cisaga mengacu pada bahan pembelajaran apresiasi puisi tak langsung dan bahan pembelajaran apresiasi langsung.

3.       Media pembelajaran apresiasi puisi di kelas X TKJ di SMK Al Husna Cisaga belum dapat menstimulasi pengalaman buatan, pengalaman aktual dan pengalaman sosial- emosional intelektual siswa.

4.       Penilaian kemampuan berapresiasi puisi siswa selama pembelajaran dilakukan secara acak untuk memberi nilai lebih kepada siswa yang menonjol apresiasi puisinya.

No comments: