Tuesday, March 31, 2015

PENGERTIAN BERBAGAI JENIS SURAT

Surat adalah sarana komunikasi yang berbentuk tulisan dari satu pihak ke pihak yang lain. Dengan demikian surat berfungsi sebagai: duta pribadi atau organisasi, alat bukti tertulis, alat pengingat, bukti historis, dan sebagai pedoman. Kelebihan surat diantaranya adalah tidak perlu bertatap muka dan dapat dijadikan sebagai bukti otentik, sedangkan kelemahannya adalah antara lain dapat terjadi salah tafsir dan memerlukan keahlian khusus dalam membuatnya.
Pengertian surat dinas atau surat resmi
Surat dinas atau surat resmi adalah surat yang isinya tentang kedinasan, baik yang dibuat oleh seseorang, instansi, atau organisasi. Surat dinas yang dibuat oleh instansi atau organisasi dapat berupa: nota dinas, pengumuman, edaran, undangan, surat keputusan, memorandum, dan lain-lain. Surat dinasi dari perorangan dapat berupa surat lamaran pekerjaan, permohonan izin, permohonan cuti, dan lain-lain.
Pengertian surat niaga
Surat niaga adalah surat yang dipergunakan oleh orang atau badan yang menyelenggarakan usaha dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Surat niaga dapat berupa: penawaran, pesanan, pengaduan, perjanjian jual beli, kuasa, dan lain-lain.
Pengertian surat pribadi
Surat pribadi atau surat keluarga adalah surat yang berisi hubungan antara seseorang dengan orang lain. Isinya dapat berupa perkenlan, permintaan maaf, ucapan terima kasih, berita keluarga, ucapan duka cita, ucapan selamat atau sukacita, undangan dan lain-lain.

No comments: