Friday, September 24, 2021

ANALISIS PEMBELAJARAN HOTS

 A. Peta Pembelajaran

1.       Ketrampilan Berpikir tingkat Tinggi

2.       Analisis SKL, KI, dan KD

3.       Model-model Pebelajaran

4.       Desain Pembelajaran

 

B. Identifikasi soal HOTS

1.       C4 : Menganalisis

Mengaudit, Mengatur, Menganimasi, Mengumpulkan, Memecahkan, Menegaskan, Menganalisis, Menyeleksi, Merinci, Menominasikan, Mendiagramkan, Mengkorelasikan, Menguji, Mencerahkan, Membagankan, Menyimpulkan, Menjelajah, Memaksimalkan, Memerintahkan, Mengaitkan, Mentransfer, Melatih, Mengedit, Menemukan, Menyeleksi, Mengoreksi, Mendeteksi, Menelaah, Mengukur, Membangunkan, Merasionalkan, Mendiagnosis, Memfokuskan, dan Memadukan

 

2.       C5 : Mengevaluasi

Membandingkan, Menyimpulkan, Menilai, Mengarahkan, Memprediksi, Memperjelas, Menugaskan, Menafsirkan, Mempertahankan, Memerinci, Mengukur, Merangkum, Membuktikan, Memvalidasi, Mengetes, Mendukung, Memilih, Memproyeksikan, Mengkritik, Mengarahkan, Memutuskan, Memisahkan, dan menimbang

 

3.       C6 : Mencipta

Mengumpulkan, Mengabstraksi, Mengatur, Menganimasi, Mengkatagorikan, Membangun, Mengkreasikan, Mengoreksi, Merencanakan, Memadukan, Mendikte, Membentuk, Meningkatkan, Menanggulangi, Menggeneralisasi, Menggabungkan, Merancang, Membatas, Mereparasi, Membuat, Menyiapkan, Memproduksi, Memperjelas, Merangkum, Merekonstruksi, Mengarang, Menyusun, Mengkode, Mengkombinasikan, Memfasilitasi, Mengkonstruksi, Merumuskan, Menghubungkan, Menciptakan, dan Menampilkan

 

C. kelebihan dan kekurangan pembelajatran HOTS

1.       Kelebihan pembelajaran menggunakan HOTS :

a.       Siswa lebih berfikir logis dan sistematis terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi.

b.      Siswa memiliki kemampuan menganalisa suatu masalah, lebih kritis sehingga lebih mampu menentukan sikap.

c.       Kemampuan siswa lebih terasah, lebih kreatif dan ada usaha untuk berfikir.

d.      Dapat membiasakan siswa untuk berfikir luas.

e.      Siswa memiliki wawasan luas dan mampu berfikir dengan mengikuti jaman yang berkembang.

 

2.       Kelebihan pembelajaran menggunakan HOTS :

a.       Kurangnya referensi siswa terhadap teori-teori yang berkaitan dengan masalah yang dipelajari.

b.      Sulitnya membedakan jawaban pada soal pilihan ganda, karena jawaban yang tersedia sangat mirip-mirip.

c.       Pemilihan KD yang terkadang kurang tepat dengan soal, karena kaliam dalam kisi-kisi sulit untuk dipahami.

d.      Pemilihan soal yang harus memenuhi standar HOTS

e.      Siswa berkemampuan konigtif yang bagus maka mudah untuk menjawab soal, sedangkan bagi siswa yang memiliki kemampuan konigtif kurang bagus maka sulit untuk untuk menjawb soal.

f.        Belum terbiasa menyusun soal HOTS dimana periode pengumpulan soal sangatlah dekat atau mepet.

No comments: