PROGRAM
KERJA
PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 JAMANIS
TAHUN 2024/2025
PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 JAMANIS
2024
LEMBAR
PENGESAHAN
Program Kerja Tahuan Perpustakaan SMAN 1 Jamanis Tahun
2024/2025 ini disusun sebagai Acuan Pengembangan dan Pengelolaan Perpustakaan
SMAN 1 Jamanis dan akan disahkan untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung
jawab.
Jamanis,
1 Oktober 2024
Menetapkan/
Mengesahkan
Kepala
SMAN 1 Jamanis Kepala
Perpustakaan,
ASEP
HASANUDIN, S.Pd., M.Pd. ELIS EVA VERAWATI, S.Pd.
NIP.196807301991011003 NIP. 198604082024212010
KATA
PENGANTAR
Syukur Alhamdulilah kami haturkan kehadirat Allah SWT
yang telah memberi petunjuk, rahmat, hidayah dan bimbingan-Nya, sehingga kita
tetap berada di jalan yang penuh hidayah sehingga mampu melaksanakan tugas
dengan baik.
Perpustakaan SMAN 1 Jamanis merupakan suatu unit
kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang mengelola bahan-bahan
pustaka, baik berupa buku-buku maupun bukan berupa buku (non buku material)
yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan
sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya.
Program Kerja Operasional Perpustakaan SMAN 1 Jamanis
diharapkan mampu menciptakan perpustakaan yang ideal, bermanfaat bagi seluruh
civitas akademika SMAN 1 Jamanis. Dukungan dan partisipasi aktif semua warga
sekolah dan pelaku organisasi (sekolah) merupakan unsur penting bagi
keberhasilan pelaksanaan program. Oleh karena itu dituntut adanya komitmen yang
kuat dan tinggi segenap insan organisasi ( sekolah ) demi tercapainya tujuan.
Mudah–mudahan dengan dukungan kerja sama yang nyata
dari semua civitas akademika, benar-benar mampu memberikan sekaligus
meningkatkan motivasi baru bagi upaya-upaya peningkatan mutu perpustakaan. Oleh
karena itu, harapan kami semoga rencana ini dapat bermanfaat dan berguna bagi
kita semua. Akhirnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi disampaikan
penghargaan dan terima kasih.
DAFTAR
ISI
Halaman
Pengesahan ................................................................................................................
Kata
Pengantar ................................................................................................................
Daftar
Isi ................................................................................................................
BAB I Pendahulaun
A. Latar
Belakang .........................................................................................
B. Dasar
Hukum .........................................................................................
C. Visi
Misi .........................................................................................
D. Tujuan
.........................................................................................
E. Fungsi
Perpustakaan Sekolah .........................................................................................
F. Ruang
Lingkup .........................................................................................
G. Sasaran
Perpustakaan Sekolah .........................................................................................
H. Sumber
Dana .........................................................................................
BAB II Struktur Organisasi
A. Struktur
Organisasi Perpustakaan SMAN 1 Jamanis .........................................................................................
B. Uraian
Tugas dalam Sistem Organisasi Perpustakaan .........................................................................................
BAB III Program Kerja Perpustakaan
A. Program
Kerja .........................................................................................
B. Pelaksanaan
Program Kerja .........................................................................................
C. Hambatan
dan Tidak Lanjut Pelaksanaan .........................................................................................
BAB IV Manajemen Perpustakaan SMAN 1 Jamanis
A. Fungsi
Perpustakaan Sekolah .........................................................................................
B. Konsep
Dasar Manajemen Perpustakaan .........................................................................................
C. Faktor-faktor
Manajemen Perpustakaan Sekolah .........................................................................................
BAB V Penutup
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Seiring dengan kemajuan
dunia pendidikan tiga dasa warsa terakhir ini, mulai terlihat pula adanya upaya
untuk memajukan perpustakaan sekolah. Terutama setelah diterbitkannya berbagai
produk hukum yang mengatur perpustakaan. Khususnya perpustakaan sekolah.
Perpustakaan bukan lagi sekedar pelengkap dari keberadaan suatu sekolah, tetapi
sesuatu yang mutlak dibutuhkan keberadaannya. Perpustakaan sekolah semestinya
membekali siswa berupa keterampilan pembelajaran sepanjang hayat serta
imajinasi, sehingga memungkinkan mereka hidup sebagai warga sekolah dan warga
Negara yang bertanggungjawab.
Perpustakaan sebagai
jantung sebuah lembaga pendidikan sudah semestinya mendapatkan porsi dan posisi
yang strategis guna mendukung dan mewujudkan visi serta misi sekolah. Semua
pihak sekolah harusnya memberi perhatian pada fungsi dan tujuan perpustakaan sekolah,
dan tidak lagi dianggap sebagai gudang buku paket, menyimpan barang-barang yang
tidak terpakai, dan lain sebagainya.
Kenyataannya belum semua
perpustakaan sekolah dimanfaatkan secara optimal oleh peserta didik maupun
warga sekolah lainnya. Gambaran umum tersebut juga dialami Perpustakaan SMAN 1
Jamanis. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya minat siswa untuk
menggunakan perpustakaan. Faktor tersebut antara lain kurangnya fasilitas dan
koleksi perpustakaan, waktu pelayanan, dan jumlah tenaga perpustakaan yang
belum memadai.
Dari berbagai alasan di
atas Perpustakaan berupaya melakukan perbaikan-perbaikan baik dari fungsi dan
peran perpustakaan guna mewujudkan visi dan misi sekolah secara optimal. Adapun
beberapa program telah kami susun utnuk perbaikan-perbaikan fungsi serta peran
perpustakaan sekolah.
B.
DASAR
HUKUM
1. Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan
Pemerintah Repbulik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan.
3. Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.
4. Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2008 tentang Standar Tenaga
Perpustakaan Sekolah/Madrasah.
5. Permedikbud
tentang Gerakan Literasi Sekolah.
C.
VISI
DAN MISI PERPUSTAKAAN
1.
Visi
Mewujudkan Perpustakaan
sebagai pusat sumber belajar yang nyaman, menyenangkan dengan fasilitas
pelayanan lengkap berbasis teknologi.
2.
Misi
a. Menjadikan
Perpustakaan sebagai jantungnya pendidikan di sekolah.
b. Mengembangkan
koleksi perpustakaan dengan melengkapi koleksi buku cetak dan digital
c. Mengembangan
perpustakaan dengan berbagai fasilitas yang nyaman menyenangkan berbasis budaya
dan lingkungan
d. Menumbuhkan
gemar membaca di lingkungan sekolah dan masyarakat
e. Mengembangkan
layanan prima bagi pemustaka
D.
TUJUAN
1.
Tujuan
Umum
Penyelenggaraan
perpustakaan SMAN 1 Jamanis bukan hanya untuk mengumpulkan dana dan menyimpan
bahan-bahan pustaka, tetapi dengan adanya penyelenggaraan perpustakaan sekolah
diharapkan dapat membantu peserta didik dan guru menyelesaikan tugas-tugas
dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu, segala bahan pustaka yang
dimiliki perpustakaan harus dapat menunjang proses belajar mengajar, agar dapat
menunjang proses belajar mengajar maka dalam pengadaan bahan pustaka hendaknya
mempertimbangkan kurikulum sekolah serta selera pembaca (peserta didik).
2.
Tujuan
Khusus
a. Mengembangkan
minat, kemampuan dan kebiasaan membaca, khususnya, serta mendayagunakan budaya
tulisan dalam sektor kehidupan.
b. Mengembangakan
minat untuk mencari dan mengelola serta memanfaatkan informasi.
c. Melatih
peserta didik agar dapat memelihara dan memanfaatkan bahan bacaan secara tepat
dan berhasil guna.
d. Meletakkan
dasar-dasar kearah belajar mandiri.
e. Memupuk
minat dan bakat.
f. Mengembangkan
kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan atas
tanggung jawab dan usaha sendiri.
Dengan
demikian jelas bahwa tujuan diselenggarak perpustakaan bukan sekedar menyimpan
dan mengumpulkan bahan pustaka akan tetapi perpustakaan diharapkan mampu
mengembangkan daya pikir peserta didik dari hasil membaca yag diperoleh dari
bahan pustaka yang ada di perpustakaan .
E.
FUNGSI
PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Perpustakaan sekolah
berfungsi sebagai pusat belajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana
dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Selain itu perpustakaan sekolah
berfungsi sebagai:
1. Wadah
atau wahana pengetahuan, adminsitrasi dan organisasi yang sesuai sehingga
memudahkan penggunannya.
2. Sumber
rujuakan siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai yang
berada di bawah naungan SMAN 1 Jamanis.
3. Sarana
pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan
nasional.
4. Pusat
informasi bagi kegiatan belajar mengajar.
5. Sumber
menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar
mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, dan kreasi.
F.
RUANG
LINGKUP
Untuk memperjelas program pengembangan perpustakaan sekolah khususnya
Perpustakaan , ruang lingkup sekolah antara lain :
1.
Administrasi
2.
Pengadaan Sarana / Prasarana
3.
Operasional
4.
Laporan
G.
SASARAN
PERPUSTAKAAN SEKOLAH
1. Siswa
SMAN 1 Jamanis
2. Kepala
Sekolah dan guru SMAN 1 Jamanis
3. Staf
administrasi dan tatalaksana SMAN 1 Jamanis
H.
SUMBER
DANA
Untuk mengembangkan perpustakaan
perlu adanya sumber dana. Adapun sumber dana untuk pengembangan perpustakaan antara
lain :
1.
Dana Komite Sekolah
2.
Dana BOS
3.
Pihak lain penerbit, donatur, dll yang tidak mengikat.
4.
Denda Anggota Perpustakaan
BAB
II
STRUKTUR
ORGANISASI
A.
Struktur
Organisasi Perpustakaan
SMAN 1 Jamanis
1.
Kepala Sekolah :
Asep Hasanudin, S.Pd., M.Pd.
2.
Kepala Perpustakaan :
Elis Eva Verawati, S.Pd.
3.
Layanan Teknis :
4.
Layanan Pemakai :
5.
Layanan Pemakai :
6.
Layanan TI :
B.
Uraian Tugas dalam Sistem Organisasi Perpustakaan
1. Kepala
Sekolah
a. Bertanggungjawab
atas kegiatan Perpustakaan SMAN 1 Jamanis.
b. Mengontrol
pelaksanaan kegiatan perpustakaan.
c. Memberikan
motivasi kepada pustakawan dan staf perpustakaan untuk meningkatkan kualitas
kerja.
d. Memberikan
informasi untuk perpustakaan yang baik dalam program kerja, layanan, tata
letak, dan pengelolaan.
2. Kepala
Perpustakaan
a. Memimpin
tenaga Perpustakaan SMAN 1 Jamanis.
b. Menyusun
program kerja Perpustakaan SMAN 1 Jamanis.
c. Mengontrol
SDM pustakawan
d. Mengembangkan
kerjasama dengan perpustakaan lain.
e. Menyusun
laporan kerja dan pertanggungjawaban kegiatan perpustakaan.
3. Layanan
Teknis
Bertanggungjawab
atas pelaksanaan layanan teknis perpustakaan yang meliputi:
a. Pengadaan
1) Menyeleksi
bahan pustaka yang akan dijadikan sebagai koleksi perpustakaan.
2) Melakukan
pembelian buku baru.
3) Membuat
laporan pengadaan buku
4) Melakukan
shelving bahan pustaka.
b. Pengolahan
1) Melakukan
inventarisasi bahan pustaka
2) Melakukan
klasifikasi bahan pustaka.
3) Melakukan
katalogisasi bahan pustaka.
4) Melakukan
labeling bahan pustaka.
5) Membuat
perlengkapan buku.
6) Shelving koleksi
perpustakaan.
c. Pemeliharaan
1) Mencegah
bahan pustaka agar terhindar dari faktor perusak.
2) Merawat
bahan pustaka secara fisik.
3) Melakukan
penyiangan terhadap bahan pustaka yang telah rusak maupun koleksi yang sudah
tidak relevan.
4. Layanan
Pemakai
Bertanggungjawab
atas pelaksanaan layanan pemakai perpustakaan meliputi:
a. Sirkulasi
1) Memberikan
layanan peminjaman bahan pustaka.
2) Memberikan
layanan pengembalian bahan pustaka.
3) Memberikan
layanan pembuatan kartu anggota.
4) Memberikan
informasi mengenai perpustakaan.
5) Membuat
laporan kegiatan perpustakaan (statistik pengunjung, peminjaman, jumlah judul
buku yang dipinjam, dan jumlah koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan).
b. Referensi
1) Menyediakan
layanan penelusuran informasi.
2) Menyediakan
layanan bimbingan pemustaka yang membutuhkan informasi rujukan.
c. Ruang
Baca
1) Merapikan
ruangan baca untuk kenyamanan pemustaka.
2) Merapikan
koleksi di rak.
3) Merapikan
kursi dan meja baca.
5. Layanan
TI
Bertanggungjawab
atas pelaksanaan layanan TI perpustakaan yang meliputi:
a. Online
1) Bertanggungjawab
atas kelancaran dalam akses internet dan penelusuran informasi melalui sistem
otomasi.
2) Meng-upgrade sistem.
3) Melakukan
promosi melalui media social.
4) Meng-update informasi perpustakaan di website SMAN 1 Jamanis
5) Mengadakan
koleksi e-book dan e-article nonberbayar.
b. Offline
1) Melakukan
penelusuran informasi melalui OPAC.
2) Melakukan
penelusuran informasi pada CD sebagai bahan materi pembelajaran.
BAB
III
PROGRAM
KERJA PERPUSTAKAAN
Rencana
kerja perpustakaan SMAN 1 Jamanis Tahun 2024/2025 yang tertuang pada program
kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada pada program kerja jangka
panjang, menengagh serta tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan serta
institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk
menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.
A.
Program
Kerja
No |
Uraian
Kegiatan |
Unsur
yang terlibat |
Anggaran |
Pelaksanaan
Pada Bulan |
||||||||||||
Alokasi |
Sumber |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
|||
A.
Koleksi |
||||||||||||||||
1. |
Peningkatan koleksi perpustakaan |
Pengelola
Perpus |
|
|
|
|
|
|
v |
|
v |
|
|
|
|
|
2. |
Peningkatan koleksi e-book |
Pengelola
Perpus |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
3. |
Peningkatan jumlah buku referensi |
Pengelola
Perpus |
|
|
|
|
|
|
v |
|
v |
|
|
|
|
|
4. |
Peningkatan langganan surat kabar minimal 4 macam |
Pengelola
Perpus |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
Peningkatan langganan majalah minimal 4 judul |
Pengelola
Perpus |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. |
Peningkatan koleksi CD |
Pengelola
Perpus |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. |
Pembuatan Brosur/ leaflet/ pamflet perpustakaan |
Pengelola
Perpus |
|
|
v |
|
|
|
|
v |
|
|
|
v |
|
|
8. |
Peningktan koleksi pojok Literasi |
Petugas
Perpus |
|
|
v |
|
|
|
|
v |
|
|
|
v |
v |
|
B.
Layanan Perpustakaan |
||||||||||||||||
1. |
Memberikan jam Layanan lebih dari 48 jam per minggu |
Pengelola
Perpus |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
2. |
Melayani pendaftaran anggota baru |
Pengelola
Perpus |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
3. |
Melayani peminjaman dan pengembalian |
Pengelola
Perpus |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
4. |
Melakukan kegiatan promosi Perpustakaan |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Kunjungan
perpustakaan TK/PAUD ke perpustakaan dalam rangka Hari Dongeng dan Hari Puisi
Sedunia |
Kapus, Petugas Perpus, Duta
Literasi |
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Menyelenggarakan
Pendidikan pemakai untuk siswa dan guru |
Petugas Perpus |
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
c.
Menyelenggarakan PUSLING (Perpustakaan Keliling) Lapak sekitar SMAN 1 Jamanis |
Kapus, Petugas Perpus, Duta
Literasi |
|
|
v |
|
v |
|
v |
|
v |
|
v |
|
v |
|
5. |
Penerbitan
majalah sekolah |
Tim Buletin |
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
v |
|
|
|
|
6. |
Menyelenggarakan sosialisasi/diklat untuk pemustaka |
Petugas Perpus |
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
v |
|
|
|
|
7. |
Otomasi Perpustakaan dan pengembangan web |
Petugas Perpus |
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
v |
|
|
|
|
|
a. Pengembangan
web |
Petugas Perpus |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Pembayaran
internet |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. |
Pemutaran
film |
Petugas Perpus |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
9. |
Minggu
Kunjungan Perpustakaan |
Petugas Perpus |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
C.
Tenaga Perpustakaan |
||||||||||||||||
1. |
Peningkatan SDM perpustakaan |
WKS, Humas |
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
2. |
Pengiriman diklat/ bimtek Perpustakaan |
WKS, Humas |
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
D.
Penyelenggaraan dan Perorganisasian
Perpustakaan |
||||||||||||||||
1. |
Penyusunan Program Kerja Sekolah |
Kapus, WKS, Kurikulum |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
2. |
Penyusunan Laporan |
Kapus, WKS, Kurikulum |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Merekap Kegiatan Perpustakaan/ Laporan Bulanan |
Petugas Perpus |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
Mengikuti Lomba Perpustakaan Sekolah |
Kapus, WKS, Kurikulum |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
5. |
Akreditasi Perpustakaan Sekolah |
Kapus, WKS, Kurikulum |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
6. |
Pemilihan Duta Literasi |
Petugas Perpus |
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
7. |
Pelantikan Duta Literasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
8. |
Donasi Alumni Literasi |
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9. |
Mengadakan Kegiatan Literasi Sekolah |
Tim Literasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Menyelenggarakan
bedah buku dalam upaya mengembangkan program literasi sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
v |
|
b. Menyelenggarakan
Seminar Literasi Perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
c. GAUL
BERDASI (Gelar
Aksi Untuk Literasi Berkarya dan Berkreasi) |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
|
d. GEMESH (Gerakan
Membaca dan Menulis Setiap Hari) |
Kapus, WKS, Kurikulum |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
|
e. Menyelenggarakan
bedah buku tutorial hijab, dll. Dalam rangka Hari Buku Nasional |
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
f. Menyelenggarakan
Pameran Literasi dalam rangka hari Kartini dan Hari Buku Sedunia (Membuka
Stand dan Menyelenggrakan Pensi) |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
g. Lomba
Perpustakaan Kelas |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
h. Literasi
award |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
i. Penerbitan
Buku Karya Siswa |
Pembina KIR, Jurnalistik, OSIS |
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
j. Pembuatan
PIN Duta Literasi |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
k. Sosialisasi
Internal dan eksternal |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
l. Pemeriksaan
buku Pojok Baca (luar) |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
|
m. Pemeriksaan
Buku Bakul Literasi |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
|
n. Pemeriksaan
Buku Gazebo Literasi |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
|
o. Pemeriksaan
Buku Hall Literasi |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
|
p. Pemeriksaan
Buku Café Literasi |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
|
q. Pemeriksaan
Buku Toilet Literasi |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
|
r. Pembuatan
Mading |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
|
s. Pembuatan
Kliping |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
|
t. Lomba
Geguritan |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
|
u. Lomba
Story Telling |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
|
v. Lomba
Pembuatan Kata-kata bijak |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
|
w. Diseminasi
Karya Ilmiah Guru dan Siswa |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
|
|
|
v |
|
|
|
v |
|
|
|
|
x. Rekor
Baca |
Kapus, WKS, Kesiswaan |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
E.
Pengorganisasian Bahan Perpustakaan |
||||||||||||||||
1. |
Pengolahan dan Inventaris Buku |
Petugas Perpus |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
2. |
Stock opname |
Petugas Perpus |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
F.
Perawatan Koleksi Perpustakaan |
||||||||||||||||
1. |
Perawatan
Koleksi Perpustakaan |
Petugas Perpus |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
2. |
Fotocopy
dan Penjilidan |
Petugas Perpus |
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
G.
Anggaran |
||||||||||||||||
1. |
Penyediaan
alokasi anggaran untuk perpustakaan |
Bendahara Dewan Sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
H.
Sarana dan Prasarana |
||||||||||||||||
1 |
Renovasi Interior dan mebeler
perpustakaan |
WKS, Sarpras |
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
2 |
Penambahan
ruang baca outdoor |
WKS, Sarpras |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
3 |
Penambahan
taman bacaan |
WKS, Sarpras |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
4 |
Pemeliharaan
Sarana dan Prasarana |
WKS, Sarpras |
|
|
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
|
a. Pengadaan
komputer |
WKS, Sarpras |
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Pengadaan
rak VCD |
WKS, Sarpras |
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Pengadaan
lemari kalatog |
WKS, Sarpras |
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Pengadaan
locker tas |
WKS, Sarpras |
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
e. Pengadaan
Rak sepatu |
WKS, Sarpras |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
f. Pembuatan
Sudut baca |
WKS, Sarpras |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
B.
Pelaksanaan
Program Kerja
No |
Uraian
Kegiatan |
Unsur
yang terlibat |
Keterlaksanaan |
Capaian
Hasil |
Prosentase
Keberhasilan |
||
Ya |
Tidak |
||||||
A.
Koleksi
|
|||||||
1. |
Peningkatan koleksi perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
2. |
Peningkatan koleksi e-book |
|
|
|
|
|
|
3. |
Peningkatan jumlah buku referensi |
|
|
|
|
|
|
4. |
Peningkatan langganan surat kabar minimal 4 macam |
|
|
|
|
|
|
5. |
Peningkatan langganan majalah minimal 4 judul |
|
|
|
|
|
|
6. |
Peningkatan koleksi CD |
|
|
|
|
|
|
7. |
Pembuatan Brosur/leaflet/pamphlet perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
8. |
Peningakatan koleksi pojok Literasi |
|
|
|
|
|
|
B.
Layanan
Perpustakaan |
|||||||
1. |
Memberikan jam Layanan lebih dari 48 jam per minggu |
|
|
|
|
|
|
2. |
Melayani pendaftaran anggota baru |
|
|
|
|
|
|
3. |
Melayani peminjaman dan pengembalian |
|
|
|
|
|
|
4. |
Melakukan kegiatan promosi Perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
|
a. Kunjungan
perpustakaan TK/ PAUD ke perpustakaan dalam rangka Hari Dongeng dan Hari
Puisi Sedunia |
|
|
|
|
|
|
|
b. Menyelenggarakan
Pendidikan pemakai untuk siswa dan guru |
|
|
|
|
|
|
|
c. Menyelenggarakan
PUSLING (Perpustakaan Keliling) Lapak sekitar SMAN 1 Jamanis |
|
|
|
|
|
|
5. |
Penerbitan
majalah sekolah |
|
|
|
|
|
|
6. |
Menyelenggarakan sosialisasi/diklat untuk pemustaka |
|
|
|
|
|
|
7. |
Otomasi Perpustakaan dan pengembangan web |
|
|
|
|
|
|
|
a. Pengembangan
web |
|
|
|
|
|
|
|
b. Pembayaran
internet |
|
|
|
|
|
|
8. |
Pemutaran
film |
|
|
|
|
|
|
C.
Tenaga
Perpustakaan |
|||||||
1. |
Penambahan tenaga pustakawan |
|
|
|
|
|
|
2. |
Pengiriman diklat/ bimtek Perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
D.
Penyelenggaraan
dan Perorganisasian Perpustakaan |
|||||||
1. |
Penyusunan Program Kerja Sekolah |
|
|
|
|
|
|
2. |
Penyusunan Laporan |
|
|
|
|
|
|
3. |
Merekap Kegiatan Perpustakaan/ Laporan Bulanan |
|
|
|
|
|
|
4. |
Mengikuti Lomba Perpustakaan Sekolah |
|
|
|
|
|
|
5. |
Akreditasi Perpustakaan Sekolah |
|
|
|
|
|
|
6. |
Pemilihan Duta Literasi |
|
|
|
|
|
|
7. |
Pelantikan Duta Literasi |
|
|
|
|
|
|
8. |
Donasi Literasi Alumni |
|
|
|
|
|
|
9. |
Mengadakan Kegiatan Literasi Sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
a. Menyelenggarakan
bedah buku dalam upaya mengembangkan program literasi sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
b. Menyelenggarakan
Seminar Literasi Perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
|
c. GAUL
BERDASI (Gelar
Aksi Untuk Literasi Berkarya dan Berkreasi) |
|
|
|
|
|
|
|
d. GEMESH (Gerakan
Membaca dan Menulis Setiap Hari) |
|
|
|
|
|
|
|
e. Menyelenggarakan
bedah buku tutorial hijab, dll. Dalam rangka Hari Buku Nasional |
|
|
|
|
|
|
|
f. Menyelenggarakan
Pameran Literasi dalam rangka hari Kartini dan Hari Buku Sedunia (Membuka
Stand dan Menyelenggrakan Pensi) |
|
|
|
|
|
|
|
g. Lomba
Perpustakaan Kelas |
|
|
|
|
|
|
|
h. Literasi
award |
|
|
|
|
|
|
|
i. Penerbitan
Buku Karya Siswa |
|
|
|
|
|
|
|
j. Pembuatan
PIN Duta Literasi |
|
|
|
|
|
|
|
k. Sosialisasi
Internal dan eksternal |
|
|
|
|
|
|
|
l. Pemeriksaan
buku Pojok Baca (luar) |
|
|
|
|
|
|
|
m. Pemeriksaan
Buku Bakul Literasi |
|
|
|
|
|
|
|
n. Pemeriksaan
Buku Gazebo Literasi |
|
|
|
|
|
|
|
o. Pemeriksaan
Buku Hall Literasi |
|
|
|
|
|
|
|
p. Pemeriksaan
Buku Café Literasi |
|
|
|
|
|
|
|
q. Pemeriksaan
Buku Toilet Literasi |
|
|
|
|
|
|
|
r. Pembuatan
Mading |
|
|
|
|
|
|
|
s. Pembuatan
Kliping |
|
|
|
|
|
|
|
t. Lomba
Geguritan |
|
|
|
|
|
|
|
u. Lomba
Story Telling |
|
|
|
|
|
|
|
v. Lomba
Pembuatan Kata-kata bijak |
|
|
|
|
|
|
|
w. Diseminasi
Karya Ilmiah Guru dan Siswa |
|
|
|
|
|
|
|
x. Rekor
Baca |
|
|
|
|
|
|
E.
Pengorganisasian
Bahan Perpustakaan |
|||||||
1. |
Pengolahan dan Inventaris Buku |
|
|
|
|
|
|
F.
Perawatan
Koleksi Perpustakaan |
|||||||
1. |
Perawatan Koleksi Perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
2. |
Fotocopy
dan Penjilidan |
|
|
|
|
|
|
3. |
Stok
Opname |
|
|
|
|
|
|
G.
Anggaran |
|||||||
1. |
Penyediaan alokasi anggaran untuk perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
H.
Sarana
dan Prasarana |
|||||||
1. |
Renovasi Interior dan mebeler
perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
2. |
Penambahan
ruang baca outdoor |
|
|
|
|
|
|
3. |
Penambahan
taman bacaan |
|
|
|
|
|
|
4. |
Pemeliharaan
Sarana dan Prasarana |
|
|
|
|
|
|
|
a.
Pengadaan komputer |
|
|
|
|
|
|
|
b.
Pengadaan rak VCD |
|
|
|
|
|
|
|
c.
Pengadaan lemari kalatog |
|
|
|
|
|
|
|
d.
Pengadaan locker tas |
|
|
|
|
|
|
|
e.
Pengadaan Rak sepatu |
|
|
|
|
|
|
|
f.
Pembuatan Sudut baca |
|
|
|
|
|
|
C.
Hambatan
Dan Tindak Lanjut Pelaksanaan
No |
Uraian
Kegiatan |
Unsur
yang terlibat |
Capaian
Hasil |
Hambatan |
Tindak
Lanjut |
A. Koleksi
|
|||||
1. |
Peningkatan koleksi perpustakaan |
|
|
|
|
2. |
Peningkatan koleksi e-book |
|
|
|
|
3. |
Peningkatan jumlah buku referensi |
|
|
|
|
4. |
Peningkatan langganan surat kabar minimal 4 macam |
|
|
|
|
5. |
Peningkatan langganan majalah minimal 4 judul |
|
|
|
|
6. |
Peningkatan koleksi CD |
|
|
|
|
7. |
Pembuatan Brosur/leaflet/pamphlet perpustakaan |
|
|
|
|
8. |
Peningakatan koleksi pojok Literasi |
|
|
|
|
B. Layanan
Perpustakaan |
|||||
1. |
Memberikan jam Layanan lebih dari 48 jam per minggu |
|
|
|
|
2. |
Melayani pendaftaran anggota baru |
|
|
|
|
3. |
Melayani peminjaman dan pengembalian |
|
|
|
|
4. |
Melakukan kegiatan promosi Perpustakaan |
|
|
|
|
|
a. Kunjungan
perpustakaan TK/PAUD ke perpustakaan dalam rangka Hari Dongeng dan Hari Puisi
Sedunia |
|
|
|
|
|
b. Menyelenggarakan
Pendidikan pemakai untuk siswa dan guru |
|
|
|
|
5. |
Penerbitan
majalah sekolah |
|
|
|
|
6. |
Menyelenggarakan sosialisasi/diklat unruk pemustaka |
|
|
|
|
7. |
Otomasi Perpustakaan dan pengembangan web |
|
|
|
|
|
a. Pengembangan
web |
|
|
|
|
|
b. Pembayaran
internet |
|
|
|
|
8. |
Pemutaran
film |
|
|
|
|
C. Tenaga
Perpustakaan |
|||||
1. |
Penambahan tenaga pustakawan |
|
|
|
|
2. |
Pengiriman diklat/ bimtek Perpustakaan |
|
|
|
|
D. Penyelenggaraan
dan Perorganisasian Perpustakaan |
|||||
1. |
Penyusunan Program Kerja Sekolah |
|
|
|
|
2. |
Penyusunan Laporan |
|
|
|
|
3. |
Merekap Kegiatan Perpustakaan/ Laporan Bulanan |
|
|
|
|
4. |
Mengikuti Lomba Perpustakaan Sekolah |
|
|
|
|
5. |
Akreditasi Perpustakaan Sekolah |
|
|
|
|
6. |
Pemilihan Duta Literasi |
|
|
|
|
|
Pelantikan Duta Literasi |
|
|
|
|
7. |
Mengadakan Kegiatan Literasi Sekolah |
|
|
|
|
|
1. Menyelenggarakan
bedah buku dalam upaya mengembangkan program literasi sekolah |
|
|
|
|
|
2. Menyelenggarakan
bedah buku tutorial hijab, dll. Dalam rangka Hari Buku Nasional |
|
|
|
|
|
3. Menyelenggarakan
Pameran Literasi dalam rangka hari Kartini dan Hari Buku Sedunia |
|
|
|
|
|
4. Lomba
Perpustakaan Kelas |
|
|
|
|
|
5. Literasi
award |
|
|
|
|
|
6. Penerbitan
Buku Karya Siswa |
|
|
|
|
|
7. Pembuatan
PIN Duta Literasi |
|
|
|
|
|
8. Sosialisasi
Internal dan eksternal GLS |
|
|
|
|
|
9. Pemeriksaan
buku Pojok Baca (luar) |
|
|
|
|
|
10. Pembuatan
Mading |
|
|
|
|
|
11. Pembuatan
Kliping |
|
|
|
|
E. Pengorganisasian
Bahan Perpustakaan |
|||||
1. |
Pengolahan dan Inventaris Buku |
|
|
|
|
2. |
Stock opname |
|
|
|
|
F. Perawatan
Koleksi Perpustakaan |
|||||
1. |
Perawatan Koleksi Perpustakaan |
|
|
|
|
2. |
Fotocopy
dan Penjilidan |
|
|
|
|
G. Anggaran |
|||||
1. |
Penyediaan
alokasi anggaran untuk perpustakaan |
|
|
|
|
H. Sarana
dan Prasarana |
|||||
1. |
Renovasi Interior dan mebeler
perpustakaan |
|
|
|
|
2. |
Penambahan
ruang baca outdoor |
|
|
|
|
3. |
Penambahan
taman bacaan |
|
|
|
|
4 |
Pemeliharaan
Sarana dan Prasarana |
|
|
|
|
|
a. Pengadaan
komputer |
|
|
|
|
|
b. Pengadaan
rak VCD |
|
|
|
|
|
c. Pengadaan
lemari kalatog |
|
|
|
|
|
d. Pengadaan
locker tas |
|
|
|
|
|
e. Pengadaan
Rak sepatu |
|
|
|
|
|
f. Pembuatan
Sudut baca |
|
|
|
|
BAB
IV
MANAJEMEN
PERPUSTAKAAN SMAN 1 JAMANIS
A.
Fungsi Perpustakaan
Sekolah
Perpustakaan Sekolah dalam perannya di
dunia pendidikan mempunyai fungsi sebagai:
- Pusat
kegiatan belajar-mengajar untuk pendidikan seperti tercantum dalam
kurikulum sekolah
- Pusat
Penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan
kreativitas dan imajinasinya.
- Pusat
membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang
(buku-buku hiburan)
Dari beberapa fungsi tersebut maka dapat
dilihat bahwa sudah semestinya perpustakaan menjadi bagian integral dari sistem
pembelajaran, bukan lagi menjadi pelengkap saja bagi keberadaan sebuah sekolah.
B.
Konsep Dasar Manajemen
Perpustakaan
Manajemen dalam perpustakaan sekolah
bukan sekedar kegiatan menempatkan buku-buku di rak, akan tetapi lebih dari
itu, sangat kompleks, berkelanjutan, dan selalu berubah. Jadi manajemen
merupakan sebuah proses yang memfokuskan pada memperhatikan kegiatan dari hari
ke hari, menghadapi permasalahan isi dan integrasi dengan tujuan-tujuan
sekolah. Kegiatan manajemen adalah kegiatan yang mencerminkan adanya sebuah
sistem, terkait dan terdiri dari beberapa aspek atau faktor untuk mendukungnya.
Beberapa faktor yang dapat ditemui dalam sebuah proses manajemen perpustakaan
diantaranya adalah:
- Kebijakan
dan prosedur
- Manajemen
Koleksi
- Pendanaan
dan Pengadaan
- Manajemen
Fasilitas
- Sumber
Daya Manusia
- Perencanaan
Bagi pengelola perpustakaan
(guru-pustakawan), kegiatan manajemen merupakan bagian atau peran serta dalam
pendidikan di sekolah. Secara efektif perpustakaan harus mampu mendukung
kurikulum dan program-program sekolah. Untuk mewujudkan manajemen perpustakaan
yang baik, maka pengelola perpustakaan perlu:
- Mengembangkan
kemampuan professional sebagai guru-pustakawan
- Memperhatikan
kemampuan yang diperlukan dan prosedur yang dibutuhkan untuk dapat mengelola
perpustakaan secara efektif, dari perpustakaan yang sekedar bertahan hidup
menjadi perpustakaan yang benar-benar berjalan secara baik
- Mengembangkan
kebijakan dan prosedur dengan prinsip-prinsip yang mengaktualisasikan visi
dari perpustakaan sekolah
- Memperlihatkan
keterkaitan antara sumber-sumber informasi dan tujuan dan prioritas
sekolah, serta program perpustakaan.
- Menunjukkan
peran guru-pustakawan melalui rencana manajemen.
C.
Faktor-faktor Manajemen Perpustakaan Sekolah
- Prosedur
dan Kebijakan
Sebagai pengelola perpustakaan
(guru-pustakawan), maka kita perlu secara jelas memahami bagaimana mengelola
perpustakaan secara efektif, dimana kebijakan sekolah, yayasan, pemerintah dan
kebijakan lainnya harus dijalankan, dan prosedur harus dapat merefleksikan
kebutuhan-kebutuhan sekolah itu sendiri. Kebijakan disini termasuk didalamnya
pendanaan, pengelola, dukungan untuk guru-pustakawan dan faktor-faktor lain
yang berhubungan. Hal-hal yang perlu dilakukan Guru-pustakawan atau pengelola
kaitannya dengan prosedur dan kebijakan adalah:
a. Melihat
kembali sumber-sumber yang dimiliki dan mendefinisikannya sesuai kebutuhan dan
perkembangan kebijakan sekolah
b. Melihat,
memperhatikan dan memperbaharui prosedur-prosedur lokal-Sirkulasi, Pemesanan
pustaka, dll
c. Membuat
sebuah pernyataan visi dari perpustakaan sekolah yang sesuai dengan kebijakan
yang ada
d. Memperhatikan
kebijakan-kebijakan baru dari sekolah mengenai perpustakaan sekolah
e. Perpustaakaan
juga perlu melakukan perencanaan strategis dalam menentukan prosedur dan
kebijakan dari perpustakaan itu sendiri, caranya:
1) Mulailah
dari sebuah visi
2) Kemudian
lakukan assessment
kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi
3) Terakhir,
buat sebuah kebijakan dan prosedur untuk berbagai macam wilayah manajemen
dimana anda bertanggungjawab di dalamnya.
- Manajemen
Koleksi
Manajemen koleksi merupakan area kunci
dari tangungjawab seorang guru-pustakawan. Koleksi sendiri dapat didefiniskan
sebagai sebuah bahan pustaka atau sejenisnya yang dikumpulkan, dikelola, dan
diolah dengan kriteria tertentu. Pengelolaan koleksi yang baik akan menentukan
sukses tidaknya sebuah program perpustakaan sekolah. Karena tanpa dikelola
dengan baik, maka koleksi akan tetap menjadi kumpulan atau tumpukan buku yang
tidak bermakna. Salah satu karakteristik dari sebuah koleksi perpustakaan
sekolah adalah beragamnya jenis sumber atau bahan pustaka tergantung pada
kebutuhan pengajar, ukuran atau jumlah koleksi, bagaimana cara mengaksesnya dan
keterbaruan. Banyak hal sebetulnya yang dapat dilakukan untuk mengelola
koleksi, mulai dari pengadaan, pengolahan teknis (seperti inventarisasi,
klasifikasi, pelabelan, penempatan, pemilihan), dan memang tentunya itu
membutuhkan perhatian yang serius dari guru-pustakawan. Dalam manajemen koleksi
sebetulnya jumlah bukan suatu hal yang menjadi sangat prinsip, akan tetapi
lebih penting bagaimana koleksi itu dapat dimanfaatkan dengan baik atau tidak.
Beberapa hal yang masuk dalam manajemen
koleksi perpustakaan diantaranya adalah:
a. Pemetaan
koleksi dan kurikulum
b. Seleksi:
Kebijakan dan Prosedur
c. Kegiatan
Katalogisasi
d. Pemilahan/Weeding
e. Rencana
Pengembangan Koleksi
- Pendanaan
dan Pengadaan
Pendanaan adalah masalah yang sering
menjadi momok bagi sebagian pengelola
perpustakaan dalam mengembangkan perpustakaannya. Untuk itu masalah pendanaan
ini harus direncanakan sedini mungkin. Melalui sebuah assesment terhadap koleksi dan tujuan pengembangan program-program,
sebuah rencana pendanaan dapat dilakukan dan dikeluarkan dalam sebuah dokumen
perencanaan bagi perpustakaan sekolah. Sebuah rencana pendanaan akan membantu
kita dalam meyakinkan dewan sekolah atau pemilik sekolah untuk menyetujui dan
juga sebagai bukti akuntabilitas dari program-program perpustakaan. Rencana pendanaan
harus menjadi bagian integral dari
pendanaan rutin sekolah. Langkah selanjutnya apabila sudah disetujui, maka
tugas dari pengelola perpustakaan untuk merancang dan mengawal penggunaan dana
yang sudah diajukan. Hal ini harus dilakukan secara sistematis dan sesuai
dengan prosedur yang sudah dirancang sebelumnya. Kegiatan pendanaan ini sangat
erat hubungannya dengan sebuah kegiatan pengadaan. Pengadaan di perpustakaan
dapat meliputi pengadaan koleksi, fasilitas, ruang, alat maupun lainnya.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan
dalam rencana pendanaan:
a. Pertimbangkan
biaya untuk pengiriman, biaya repackaging, biaya untuk pajak, dan sebagainya
b. Usahakan
agar pengadaan bahan pustaka 30% fiksi dan 70% non-fiksi, namun perlu juga
dipikirkan atau disesuaikan dengan kebutuhan
c. Rencana
pendanaan harus berkesinambungan dari tahun ke tahun.
d. Dibuat
diagram alur Pendanaan yang menggambarkan semua proses selama 1 tahun misalnya
e. Dibuat
sebuah keterangan yang menunjukkan implikasi rencana pendanaan dengan tujuan
kurikulum dan program sekolah.
- Fasilitas
Fasilitas perpustakaan menjadi sisi lain
yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan perpustakaan, yang terpenting dalam
pengelolaan fasilitas harus diperhatikan 3 hal yakni nyaman (Comfort), terbuka (Welcome) dan kemudahan bagi pengguna (User-friendly)
Ketika kita merancang sebuah fasilitas
untuk perpustakaan sekolah, setidaknya ada beberapa prinsip yang harus
dipenuhi:
a. Tata
letak harus dapat menunjukkan bahwa perpustakaan dapat difungsikan dengan baik.
b. Desain
harus memperhatikan aspek estetika dan ergonomis.
c. Akses
ke bahan pustaka ruang, dan informasi harus mudah bagi semua pengguna.
d. Harus
diperhatikan masalah arus 'lalu-lintas' pengguna, keselamatan dan keamanan.
e. Ruangan
sedapat mungkin mengakomodir kebutuhan pengguna, juga tentunya untuk keperluan
penyimpanan dan pengolahan.
- Manajemen
SDM
Faktor lain yang penting dalam
pengelolaan perpustakaan sekolah adalah masalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang
mengelolanya. Kita sering menemui bahwa pekerjaan yang berhubungan dengan
perpustakaan 'hanya' menjadi kerjaan 'sampingan' sehingga tidak dikelola secara
baik. Bahkan dalam beberapa kasus ketiadaan SDM ini membuat sekolah sama sekali
tidak memperdulikan adanya perpustakaan sebagai bagian integral dari sistem
pendidikannya. SDM atau staf pengelola perpustakaan merupakan kunci utama dalam
kesuksesan sebuah perpustakaan. Inovasi dan ide-ide kreatifnya akan membawa
perpustakaan menjadi perpustakaan yang berdayaguna dan juga nyaman digunakan
oleh murid maupun guru. Untuk itu, pengelolaan perpustakaan memang membutuhkan
guru atau pengelola yang cukup tahu masalah manajemen, mempunyai ide-ide segar
dan bekerja secara professional di perpustakaan.
Setidaknya ada beberapa Sumber Daya Manusia
di Perpustakaan SMAN 1 Jamanis:
a. Guru
Pustakawan
Guru pustakawan merupakan orang yang
bertanggungjawab secara penuh terhadap perpustakaan. Guru pustakawan harus
mempunyai kemampuan untuk mengelola perpustakaan, memahami visi dan misi
sekolah, dan juga memahami kurikulum yang diterapkan di perpustakaan
b. Staf
Pendukung
Biasanya diambilkan dari staf yang
mempunyai kemampuan teknis dalam bidang perpustakaan, yang akan membantu
guru-pustakawan dalam mengelola perpustakaan dalam keseharian
c. Staf
Divisi
Staf Divisi mempunyai kemampuan khusus
dalam pengelolaan perpustakaan, seperti dalam pembuatan OPAC, Katalogisasi,
Pengelolaan koleksi referensi, Pengelolaan Koleksi Multimedia, Rancangan
Program Khusus seperti “kemampuan membaca”, dan sebagainya.
d. Murid
Pustakawan
Murid atau siswa juga dapat dijadikan
pengelola perpustakaan terutama apabila adanya keterbatasan SDM di sekolah.
Murid Pustakawan ini dengan diberikan pelatihan singkat dapat membantu paling
tidak pelayanan di perpustakaan.
- Perencanaan
Perencanaan merupakan hal yang sangat
penting dalam sebuah manajemen perpustakaan. Untuk itu mulailah selalu dengan
perencanaan dalam pengelolaan perpustakaan sekolah. Perencanaan akan menentukan
sejauh mana perpustakaan sekolah dapat berjalan dengan baik dan mendukung
proses pembelajaran yang inovatif di sekolah.
BAB IV
PENUTUP
Dalam manajemen
perpustakaan sebetulnya ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesannya. Akan
tetapi hal yang paling penting sebetulnya adalah sejauh mana pengelola dapat
mensinergikan program-program perpustakaan dengan visi-misi sekolah serta
kebutuhan kurikulum yang diterapkan. Proses manajemen perpustakaan adalah
sebuah proses kreatif dan inovatif yang mestinya menjadi bagian penting dalam
kegiatan belajar-mengajar di sekolah.
Akhir kata penulis
menyadari banyak kekurangan dalam penulisan makalah program kerja perpustakaan
ini oleh karena itu kritik dan saran sangat penulis harapkan. Terima Kasih.
No comments:
Post a Comment